RSS

DANAU RANAU YANG MENAWAN

26 Nov

 Danau Ranau
Danau Ranau

Danau Ranau terletak di Desa Lumbok,  Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat.  Danau Ranau memiliki panorama yang menawan, sebagaimana kesaksian Mr Bob Harvey — wisatawan dari Inggris yang datang bersama rombongan Hash House Harrier pada acara Jungle Run di Seminung Lumbok Resort — ini:  “Ada dua tempat di dunia ini yang saya anggap paling indah. Pertama adalah suatu tempat di New Zealand saat salju mulai turun dan yang kedua adalah di sini, di Lumbok Danau Ranau“.  Gunung Seminung dan hijaunya Taman Nasional Bukit Barisan, membuat Danau Ranau terlihat semakin menawan.

 

Danau Ranau dan Gunung Seminung

Danau Ranau ibarat surga yang tersembunyi di tengah rimbunnya hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).  Taman Nasional Bukit Barisan Selatan adalah kawasan hutan alam tropika basah seluas sekitar 350.000 Ha, yang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.  Danau ini banyak diminati wisatawan karena keindahan alamnya, udaranya yang segar dan alami, bahkan tak sedikit wisatawan yang jatuh hati melihat kehidupan masyarakatnya yang masih kental dengan budaya tradisional, sesuatu yang sangat jarang kita jumpai di tengah hiruk pikuknya kota.

Danau Ranau juga merupakan danau Vulkanik, cekungannya terbentuk karena letusan Gunung Seminung, sebuah gunung berapi yang kini hanya menyisakan lerengnya, sebab bagian puncaknya telah hancur dan kini berubah menjadi danau. Dan sebagaimana beberapa  obyek wisata alam lainnya, asal usul Danau Ranau pun disertai cerita legenda: kisah Pohon RanauDanau Ranau merupakan Danau terbesar kedua, setelah Danau Toba.

 

panorama danau ranau yang menawan

Sepanjang perjalanan menuju Kawasan Wisata Seminung Lumbok Resort Anda akan menjumpai hamparan kebun sayur-mayur khas pegunungan, seperti tomat, kol, wortel.  Juga melewati perkebunan kopi rakyat dan areal persawahan. Sebagian besar masyarakat Lampung Barat bermata pencaharian dari sektor perkebunan kopi dan hortikultura, dan hasil panenan disuplay ke daerah lain di Propinsi Lampung.

kebun sayur Seminung2


KAWASAN WISATA TERPADU DI TEPI DANAU RANAU

Kawasan Wisata Terpadu Danau Ranau berada di Pekon Lumbok, Kecamatan Sukau, sekitar 27 Km dari Liwa, ibukota Kabupaten Lampung Barat. Namanya Seminung Lumbok Resort, resort ini menawarkan panorama alam danau, Bukit Barisan, dan Gunung Seminung yang mempesona.

hotel seminung

keramba di danau ranau  mancing di keramba desa lumbok

Di pagi hari, Sahabat Elora bisa menikmati keindahan Danau Ranau dan Gunung Seminung masih berbalut kabut.  Dari balik jendela kamar hotel Seminung, kita dapat menyaksikan jukung, perahu tradisional unik khas Lampung Barat yang hilir mudik memberi makan ikan di keramba.

Di tepi danau saat ini telah dibangun shelter untuk bersantai dan dermaga bagi wisatawan yang ingin menyewa perahu untuk berkeliling danau dan mandi air panas (hot spring) yang letaknya tidak jauh dari lokasi reosrt.  Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, tidak perlu khawatir mereka akan merasa bosan, sebab di pelataran hotel telah dipersiapkan arena bermain anak seperti komidi putar, bianglala, dll.

 

WISATA TERPADU DI SEMINUNG LUMBOK RESORT RANAU

Saat mentari mulai meninggi, Sahabat dapat mengelilingi kompleks Seminung Lumbok Resort menggunakan sepeda atau sepeda motor. Menyaksikan hamparan sawah menghijau di tepian danau sambil menghirup udara sangat alami dan bebas polusi. Di sinilah kita dapat mengagumi ciptaan Tuhan. Kita tidak perlu khawatir putra-putri kita akan jenuh, karena di sini juga telah tersedia arena bermain anak-anak seperti komidi putar, bianglala, dan sebagainya.

Kita juga dapat menyaksikan aktivitas masyarakat Pekon (desa) Lumbok, seperti bercocok tanam, gotong royong, dan keunikan khas budaya Lampung Barat. Bahkan bagi wisatawan yang gemar jogging sambil menghirup udara bersih pegunungan, tersedia jungle trekk hingga ke air terjun terdekat.

Seminung3   Seminung

Bagi wisatawan penggemar olahraga dirgantara, ada fasilitas paralayang. Titik terbang (take off) berada di ketinggian 1000 mdpl, bisa ditempuh sekitar 15 menit. Dari ketinggian itu kita dapat menyaksikan panorama bawah dengan latar ketenangan Danau Ranau. Udara sejuk terasa membersihkan paru-paru.

Jika menggemari air, wisatawan dapat berenang, menyelam di danau dan memanah ikan. Atau sewa perahu motor untuk berkeliling. Bila hobi mancing, bisa memancing ikan nila dan ikan mas yang terkenal tabokh (gurih). Ikan hasil tangkapan bisa diserahkan pada koki hotel untuk dimasak dengan bumbu tradisional. Kalau tidak mendapat ikan, kita bisa membeli ikan petani keramba di sepanjang tepian danau.

kuliner ikan danau ranau
Menu Ikan Danau Ranau … mau ?  😀

Atau jika kita bosan mandi di kamar mandi hotel, nanti akan dikembangkan tempat pemandian air panas tidak jauh dari lokasi Seminung Lumbok Resort. Mata air panas (hot spring) ini keluar secara alami dari kaki Gunung Seminung. Air panas ini juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit karena banyak mengandung belerang.

pemandian-air-panas
Mandi Kolam Air Hangat Belerang

Menjelang senja adalah kesempatan untuk memotret sunset dan panorama Gunung Seminung berwarna kuning keemasan tertimpa cahaya senja sang mentari. Keindahan senja itu oleh para penyair dalam gubahan terkenal Seminung ti kala dibi (Seminung di kala senja).

Nikmatilah kesunyian malam di kafe-kafe disana. Mintalah segelas kopi asli Lampung atau bandrek untuk menghangatkan badan. Kafe-kafe ini sederhana dengan sajian kerlip lampu nelayan menebar jala di tengah danau. Sayup-sayup terdengar alunan Sekhedam (seruling tradisional khas Lampung Barat) mengalunkan lagu sendu. Kita akan terbuai dengan suasana syahdu hingga terlelap di keheningan malam.

Seminung Lumbok Resort memiliki fasilitas cukup lengkap, juga melengkapi fasilitas yang diperuntukkan bagi perusahaan yang akan mengadakan kegiatan rapat, seminar, meeting atau “Team Building” bagi karyawan, pihak pengelola telah mempersiapkan fasilitas outbond lengkap dengan instruktur yang berpengalaman.

Kelengkapan fasilitas kamar hotel pun tak luput dari perhatian pihak pengelola. Saat ini seluruh kamar telah dilengkapi dengan sarana standar hotel berbintang seperti tv, ac, dan kulkas.  Selain hotel, terdapat dua buah cottage, hotel bersih dan asri ini dilengkapi dengan convention hall berkapasitas 400 orang,  yang bisa divariasi dengan gaya gedung pertunjukan (theatre style),  model ruang kelas, gaya konferensi, gaya koktail, gaya pesta makan  (banquet).

 

Tempat Wisata di Dekat Danau Ranau

Danau Ranau merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat. Masih banyak obyek wisata menarik lainnya di sekitar Danau Ranau. Di Kecamatan Sumberjaya misalnya, disana bisa Mencicipi Jalur Rafting Way Besai dengan jeram kelas II-nya yang sangat menantang. Tak jauh dari lokasi Seminung Lumbok Resort juga terdapat Air Terjun Sepapakiri yang sangat eksotik karena berada di tengah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Jalan menuju lokasinya juga sangat menantang sehingga oleh pihak pengelola taman nasional dibuatlah track menuju lokasi air terjun.

Tak kalah menariknya obyek wisata budaya dan sejarah berupa Museum Cagar Budaya di Situs Purbakala Desa Purawiwitan, Makam Gajah Mada di Pugung dan Makam si Pahit Lidah di Sukabanjar. Tak ketinggalan di pesisir terdapat lokasi olah raga selancar yakni Surfing Camp: Pantai Tanjung Setia  Daerah ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara yang menyukai surfing (selancar) karena memiliki ombak yang cantik, mencapai ketinggian 3-4 m dengan panjang gelombang hingga 100 m. Setiap tahun tidak kurang dari 1500-an wisatawan dari Australia, AS, Kanada, dan Jepang datang ke daerah ini.

Dengan banyaknya obyek wisata yang berada di sekitar Kawasan Wisata Danau Ranau, tentu bisa menjadi alternatif pilihan kunjungan saat anda menginap di Hotel Seminung. Jadi bila sudah sampai ke Bandarlampung, tujuan wajib Anda berikutnya adalah Danau Ranau. Istirahatlah sepuasnya di Seminung Lumbok Resort, karena masih banyak obyek wisata menarik lainnya yang dapat Anda kunjungi. Dijamin liburan Anda akan sangat mengesankan.

 

Demikianlah Sahabat elora, artikel DANAU RANAU YANG MENAWAN semoga bermanfaat.

Trimakasih udah mampir ke blog elora, jangan lupa like & share Guys

 

Kembali ke : TEMPAT WISATA DI LAMPUNG

 

SUMBER :
http ://mahmudiono. multiply.com/journal/item/42/Seminung_Lumbok_Resort,
http ://forum. viva.co.id/domestik/375849-perjalanan-relaksasi-di-kaki-gunung-seminung-kesejukan-danau-ranau.html, azistoni. blogspot. com, asparaliwa. blogspot.com, trimadatu. blogspot.com, newsoul-sayangidirimu. blogspot.com, veronikacloset. wordpress.com,
http :// satriomadangsego. blogspot.com/2012_03_01_archive.html,
http ://henisari.blogspot. com/2011/04/danau-ranau-dan-gunung-seminung_13.html,
http ://cybertravel. cbn.net.id/cbprtl/cybertravel/

 

 

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 26 November 2013 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , , ,

2 responses to “DANAU RANAU YANG MENAWAN

  1. Danan Wahyu Sumirat

    13 April 2014 at 20.19

    pengen lagi ke sini .. kmrn kesana belum puas jelajah danau ranau

     
    • eloratour

      17 April 2014 at 19.14

      Berarti darahnya sudah terkontaminasi Virus Petualangan itu Mas Danan Wahyu … ha ha 😀

      Tapi itu akan berkontribusi pada “Awet Muda dan Bahagia”. 😀 😀

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: