RSS

HEWAN DAN TUMBUHAN LAUT YANG BERBAHAYA

28 Nov

Crown of Thorns hewan laut berbahaya
Bintang Laut Crown Of Thorns dengan warnanya yang cantik namun mematikan

 

HEWAN DAN TUMBUHAN LAUT YANG CANTIK RUPA NAMUN BERBAHAYA

“Salah satu hal yang paling berbahaya adalah ketika bahaya itu tidak disadari” – @eloratour

Tahukah kalian, bahwa ada hewan dan tumbuhan laut yang bentuk rupa nya cantik, menawan, mempesona tapi berbahaya, bahkan mematikan.  Indonesia adalah negeri kepulauan yang dikelilingi laut-laut dengan pantai serta taman laut yang keindahannya amat menawan.  Tak heran jika pantai dan laut menjadi salah satu tempoat favorit untuk berwisata, atau sebagai tujuan traveling.

So, buat Sahabat elora para traveler yang doyan suasana pantai atau menyelam dan snorkeling, ada baiknya mengetahui tentang adanya Hewan & Tumbuhan Laut yang BerbahayaOleh sebab itu, eloratour mengupload tulisan ini, supaya liburan kita di pantai dan laut nggak berubah jadi menyedihkan dan menyebalkan gara-gara kita kurang informasi.

Hewan dan tumbuhan laut yang berbahaya kebanyakan justru memiliki bentuk yang lucu, cantik,  unik, menarik, sangat jauh dari kesan berbahaya !   Kecantikan, keimutan, kelucuan nya bikin kita pengen pegang, sentuh, tapi mereka punya alat pertahanan diri yang berbahaya.  Kalau ikan Hiu Macan, Buaya Muara, Ular laut, tentu sahabat elora udah paham lah ya kalau itu berbahaya.

 

DAFTAR HEWAN DAN TUMBUHAN LAUT YANG CANTIK RUPA NAMUN BERBAHAYA JIKA DISENTUH

1.  Bulu Babi (Sea Urchin )

Bulu Babi
Binatang laut  ini memiliki duri beracun disekujur tubuhnya. Dan dikarenakan durinya yang rapuh, maka kalau terinjak kaki kita, duri akan patah dan tertanam didalam kulit. Sakit so pasti !  So waspada, kalau main2 dipantai ya guys !

Ilustrasi Kaki injak Bulu Babi

Tips kalau terlanjur kena Sea Urchin alias bulu babi, sebaiknya patahan durinya dihancurkan saja dengan cara menumbuk-numbukan benda keras di bagian tertusuknya, dan kemudian diberikan amoniak. Air kencing (urine) bisa dijadikan amoniak dalam keadaan darurat.  So, jangan sampai kena bulu babi di muka ya … bisa facial pakai air kencing ! … ha ha 😀
 

2. Mantis shrimp atau Thumbspiltter

mantis_shrimp_body_armor-7  mantis_shrimp_claw

Mantis si Udang cantik ini juga berbahaya, kaki depannya yang mirip dengan kaki depan belalang sembah, mampu menendang hingga memutuskan capit kepiting.  Bayangkan kalau Udang Mantis ini menendang jari kalian yang gemes pengen megang.  Udang ini hidup dilubang-lubang pasir dan umumnya keluar dimalam hari untuk mencari mangsa.

Udang kipas ini memiliki warna yang sangat menarik. Biota ini dalam mencari makan memanfaatkan cakarnya yang terletak didekat kepalanya dan berguna juga sebagai alat pertahanan.  Selain cakar, dia juga punya ekor yg berduri tajam.  So, jangan sampai kena cakar & duri buntutnya guys, kecuali mau meringis … 😀

 

3. Sea Fern

sea-fern-melody-watson   sea-fern

Hewan ini tergolong hydroid yang dapat menyengat dengan alat yang sama yang dipergunakan oleh karang api, yaitu nematocycsts. Hewan ini banyak sekali ditemukan dilaut, walaupun kalian mengenalinya tetapi tidak menjaga buoyancy atau menjaga jarak ketika berenang, kemungkinan besar akan dapat salam tempel dari dia loh .. he he 😀

 

4. Fire coral

Fire Coral tumbuhan laut yang berbahaya

Teman-teman yang hobi diving sebaiknya lebih mendalami jenis karang ini, karena jika salah kita mengenali karang api dengan karang lainnya. Resikonya adalah rasa panas dikulit kalian jika tersentuh karang ini.

Fire Coral Burn

Karang api jika gambarnya diperbesar, akan terlihat bagian nematocycsts yang dapat menyengat dan menembus kulit. Jadi sebaiknya ketika snorkling atau menyelam lebih baik mengenal juga karang ini.

5.  Ubur-ubur Kotak / Box Jellyfish

Box jellyfish hewan laut yang berbahaya

Tidak disanksikan lagi betapa perihnya jika terkena tentakel ubur-ubur atau jelly fish.  Banyak jenis ubur-ubur dengan berbagai tingkatan rasa sakit tentunya. Mulai dari rasa perih, meninggalkan bekas terbakar hingga menyebabkan kematian. Kalau bertemu ubur-ubur, sebaiknya menghindar, agar tidak tersentuh tentakelnya, kecuali jika kalian berpakain serba tertutup seperti menggunakan wetsuit, gloves hingga boots.

kena jellyfish

Ubur-ubur Kotak atau Box Jellyfish merupakan jenis yang memiliki racun mematikan.  Sebenarnya Box Jellyfish hanya menggunakan sengat tentakelnya untuk mencari makan. Tapi karena dia sering berenang di perairan dangkal, banyak perenang yang ikut tersengat bisanya. Tercatat sampai saat ini Box Jellyfish sudah membunuh sekitar 6000 perenang. Ubur-ubur ini tinggal di laut Australia dan Negara-negara Asia Tenggara (termasuk Indonesia).

 

6. Armed Sea Anemone

armed sea anemoneArmed Sea Anemone

Anemon pada umumnya memiliki racun yang mematikan jenis-jenis ikan kecil dan invertebrata laut, tapi tidak berbahaya bagi manusia.  Tapi ada jenis ikan tertentu yang kebal terhadap racun si anemon.  Contohnya ikan badut alias Nemo, justru mencari perlindungan pada jenis anemon tertentu, agar terhindar dari predator.

Tapi anemon jenis Armed Sea Anemone (gambar di atas), Warty Sea Anemone, White Striped Anemone, Griffith’s Sea Anemone, jika tersentuh, akibatnya kulit akan terasarasa terbakar dan perih.

 

7.  Cone

deadly-cone

Cone, hewan gastropoda ini memiliki berbagai macam motif, namun dibalik corak-coraknya yang menarik ada beberapa jenis memiliki sengat yang beracun, yang berdampak menyebabkan kematian.

Cone menyengat dengan menembakkan tombak sepanjang 25mm dan seperti halnya selang, tombak tersebut kemudian dapat dialiri oleh racunnya. Berikut jenis-jenisnya yang harus diwaspadai : Geography cone, Striated Cone, Textile cone, Parian Cone, Seagrave’s Cone, Marble Cone, Tulip cone, Cat cone

 

8. Sea Star

Halsteads-Venomous-Sea-Star

Sea Star atau Bintang Laut yang perlu diwaspadai antara lain adalah jenis : Crown Of Thorns Sea Star, dan Mosaic Sea StarCrown Of Thorns memiliki duri dengan racun yang kuat dan dapat menembus wetsuit, sarung tangan (gloves) hingga boots para penyelam. Intinya adalah jangan menyentuh langsung hewan ini karena setiap durinya terdapat jarum-jarum kecil yang dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada tubuh,serta dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Guys, kalau kalian berwisata ke Lampung, khususnya wisata laut seperti Wisata Snorkling di Pahawang, yang perlu diperhatikan adalah terkadang ada Crown Of Thorns Sea Star dengan warna putih agak pinkNelayan Lokal menyebutnya “Kaki Seribu”.  Kok nggak nyambung ya ?! 😀  Jenis Mosaic, jika bersentuhan langsung dengan kulit kalian, dapat menyebabkan kulit kalian mati rasa untuk sementara waktu.

 

9. Southern blue ringed octopus

blue ring octopus  blue-ringed-octopus

Berikutnya adalah Southern blue ringed Octopus, saudaranya gurita Paul yg pandai meramal itu.  Ciri-ciri fisik Southern blue ringed, sesuai namanya adalah lingkaran biru ditubuhnya.

Gurita ini sangat berbahaya jika dalam kondisi terancam, gurita ini memiliki racun pada setiap gigitannya yang mampu membunuh 10-25 orang. Warning keras sekali jika bertemu dengan gurita ini, sebaiknya jangan diganggu.

 

10. Lined Catfish

lined cat fish

Lined Catfish atau Ikan Sembilang, merupakan nama beken lele laut ini. Ikan ini biasa ditemukan bergerombol dalam jumlah besar. Seperti lele pada umumnya ikan ini dapat mematil loh,  yaitu menggunakan duri yang terletak di bagian sirip dada (pectoral) dan sirip punggung (dorsal), duri-duri tersebut kadang tidak terlihat karena terselubung dibalik kulitnya. Ketika menyelam sebaiknya menjauhi gerombolan ikan Lined Catfish ini, dikhawatirkan mereka akan bersifat agresif jika merasa terganggu oleh kehadiran kalian.

 

11. Stonefish

stone fish  stone fish 2

Ada dua alasan mengapa Stonefish atau ikan batu ini terdaftar sebagai hewan yang berbahaya. Pertama, Stonefish adalah ikan yang paling beracun. 1 kelenjar racun ikan batu dapat membunuh 100 tikus.  Kedua, Sesuai namanya biasa disebut juga ikan batu yang paling suka berkamuflase menyerupai batu didaerah batu karang, lumpur, pasir maupun patahan karang. Meskipun ikan ini pasif jarang menyerang, jangan pernah menginjakan kaki di atasnya. Toksin dari ikan ini dapat menyebabkan kelumpuhan sementara dan mungkin saja kematian jika tidak segera diberikan perawatan.

Jika kalian suka berjalan dipantai atau perairan laut yang dangkal, sebaiknya berhati-hati dengan ikan batu. Karena hampir sebagain besar siripnya memiliki racun yang kuat. Jadi saran saya ketika bermain di pantai menggunakan boots atau alas kaki.

 

12. Scorpionfish and Lionfish

scorpionfish-102169-sw   lionfish_lg

Scorpionfish dan Lionfish sama halnya dengan stonefish, namun bentuknya jauh lebih elegan dengan sirip –sirip yang memanjang. Pada bagian ujung dari Sirip-sirip keras tersebut terdapat kelenjar racun juga, apabila terkena tubuh manusia dapat menyebabkan sakit yang berlangsung selama 6 jam.

Untuk mengurangi rasa sakitnya kalian dapat menggunaka air panas dicampur cuka atau irisan lemon.

 

13. Ikan Pari (Stingray Fish)

stingray-31994

Stingrayfish alias ikan pari.  Nama hewan ini begitu banyak menyita perhatian dunia semenjak kematian tragis ahli biologi sekaligus pembawa acara Crocodile Hunter Steve Irwin pada 2006. Ekor ikan pari yang berbentuk seperti tombak dan mengandung banyak racun telah menusuk Steve dan membuatnya mengalami gagal jantung.

 

14. Surgeonfish

ArabianSurgeonfish

Surgeonfish sering disebut dengan ikan Botana atau kulit pasir, jenis ikan herbivora ini hidup didaerah terumbu karang dan umumnya dikonsumsi oleh masyarakat pesisir. Namun jika diperhatikan dengan seksama dibagian pangkal sirip ekor Surgeonfish (penducle) terdapat duri yang menyerupai mata pisau dan setajam pisau bedah, oleh karena ciri khas ini sehingga ikan ini dberi nama Surgeonfish.  So jangan megang buntutnya ya guys.

 

15.  Rabbitfish ( Ikan Baronang )

Rabbit fish

Rabbitfish atau ikan baronang ini enak rasanya jika sudah disajikan dipiring dengan sambal kecap.  Tapi kalau nekad pegang ikan ini dalam keadaan hidup, waspadai sirip bagian punggung, perut dan anal sebab  terdapat duri yang beracun.  Racun ikan ini cukup membuat nyeri dalam waktu yang lama.  O ya, mungkin ibu2 di rumah malah udah tau, jika racun sirip pada ikan ini tetap ada walaupun si ikan sudah mati.

16. Sea Eel (Belut Laut)

40. Argus Moray Eel

Gigitan yang kuat dari gigi tajam Sea Eel alias belut laut dapat menyebabkan cedera serius rentan terhadap infeksi dari mulut hewan primitif ini. Belut laut sering bersembunyi di celah-celah dan lubang di terumbu selama siang hari dan berburu makanan di malam hari. Ahli kelautan menyarankan penyelam untuk menjaga tangan dari celah atau lubang untuk menghindari serangan Belut Laut. Satu hal lagi, jangan pernah memberi makan hewan-hewan atau bisa diserang.

Demikian Sahabat elora, semoga artikel mengenai Daftar Hewan Laut yang Berbahaya ini bermanfaat supaya acara wisata atau travelingnya tetap menyenangkan  .. 😀

 

Terimakasih sudah mampir ke blog elora, jangan lupa komen, like & share ya Guys … 😀

Link Wisata Laut Paket  : 1 Day Happy Snorkeling at Pahawang Island – On The Spot

 

 

SUMBER :

http ://ataplaut.wordpress. /2010/09/25/15-hewan-laut-yang-berbahaya/,
http ://travel.detik. com/read/2013/11/28/110529/2426086/1382/7/hati-hati-7-hewan-laut-ini-berbahaya, http :// www .didunia. net/2012/10/7-binatang-laut-paling-berbahaya-di.html#ixzz2lvCKugTe,  mantisshrimp. wordpress.com, fineartamerica. com, http :// www .gadis. co.id/gaul/ngobrol/hewanhewan.laut.mematikan/001/007/287, jalansantaisaja.blogspot. com, www. tambora. web.id, www. gizmag. com,  http ://blog.oceancaresolutions. com/, playingholidays.wordpress. com, openwaterpedia. com, www. abc. net.au, www .cape-york-australia. com, en. wikipedia. org, http ://stateofmiscellanea. blogspot.com/2012/02/most-poisonous-animals-in-world.html, www .halsteaddiving. com, en .wikipedia. org, www .petsfoto. com, photography.nationalgeographic. com, www. auto-bilder. org, richard-seaman. com, www .reefkeeping. com,  dict. space.4goo .net

Save

Save

Save

Iklan
 
14 Komentar

Ditulis oleh pada 28 November 2013 in FENOMENA ALAM

 

Tag: , , , , ,

14 responses to “HEWAN DAN TUMBUHAN LAUT YANG BERBAHAYA

  1. ace maxs

    14 Juni 2014 at 11.51

    ihhh ya ampunnnn menyermkn sekali,
    tapi yang aaku tau di antara itu cuman bulu babi saja, memang sangat berbahaya sih..tapi ada juga sebagian orang yang suka memakan buku babi dalam keadaan mentah

     
    • eloratour

      27 Juni 2014 at 11.30

      Ace Maxs,
      Iya dengan luas wilayah 2/3 Laut, idealnya kita juga kenal kekayaan laut kita, dan tau bahaya pas ada di laut.

      Mengingat laut udah tercemar, idealnya di masak dulu ya 😀

       
  2. adhe

    6 September 2014 at 15.17

    makasih 😉
    atas bantuannya

     
    • eloratour

      18 Oktober 2014 at 00.52

      Sama-sama Bung Adhe,
      Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

      Salam Hangat

       
  3. atman singgabo

    24 Mei 2015 at 03.06

    Mo nanya….kalo hewan lunak dan panjang di laut biasanya tinggal di rerumputan yang airnya dangkal, kalo disentuh biasanya licin dan badannya air semua, mirip ular sih tapi bukan coz dia nya gak gerak kesana kemari kalo gerak hanya ikut gerakan air laut aja….biasanya warnanya ada yang cokelat,hijau tua dll…binatang itu apa namanya sih? ku cari2 namanya tapi gak tahu juga…mohon bantuannya..thanks

     
    • eloratour

      28 Mei 2015 at 22.11

      Mungkin yang Bung Atman Singgabo maksud adalah Teripang (Timun Laut) ?!

       
  4. mobil datsun bandung

    23 Juni 2015 at 11.29

    bagaimana car mengatasinya jika kita terkena bulu babi?
    terimakasih 😉

     
    • eloratour

      23 Juni 2015 at 15.38

      Cara pengobatan jika tertusuk duri babi :
      1. Telapak kaki yg terkena dipukul dengan batu / benda keras / tangan
      2. Disiram dengan cairan amoniak / alternatifnya menggunakan air seni

      Langkah-langkahnya sebagai berikut:
      Jika saat berenang tertusuk duri bulu babi, segera pindah ke darat atau naik ke perahu.
      Kemudian pukul di bagian yang pas terkena duri (menggunakan batu/benda keras, atau jika nggak ada sama sekali bisa dengan tangan). Tujuannya untuk menghancurkan duri yang telah patah saat tertusuk dan tertinggal di badan kita. Jelas ini akan terasa sakit.

      Setelah dirasa cukup, siramkan amoniak (kalau tidak ada bisa pakai air kencing kita sendiri) ke bagian yang pas terkena bulu babi.
      Cara ini sifatnya sebagai pertolongan pertama, jika jauh dari rumah sakit.

      Begitu Mas / Mbak Mobil Datsun Bandung.

       
  5. atman singgabo

    30 Agustus 2015 at 10.21

    Bukan timun laut, Bang.Kalo timun laut sih saya tahu.Yang ini lebh panjang dan lebih lunak karna badannya semua dari air.Katanya sih kalo dipegang lengket gitu,tapi gak tahu apa berbahaya atau gak.

     
    • eloratour

      30 Agustus 2015 at 14.11

      Apa ya ?
      Saya kurang paham Bung Atman Singgabo.
      Mungkin bisa di search sendiri di google Bung Atman ..

       
  6. Eka

    31 Agustus 2015 at 18.45

    Bermanfaat banget makasi ya

     
    • eloratour

      31 Agustus 2015 at 19.10

      Sama-sama Mas Eka Karmada,
      Trimakasih sudah mampir ke blog kami.

      Salam jelajah Indonesia dari Lampung 🙂

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: