RSS

MENCICIPI JALUR RAFTING WAY BESAI

26 Nov

 MENCICIPI JALUR RAFTING WAY BESAI

 

20110623arung20jeramRafting di Way Besai, Lampung Barat

Suka Rafting atau Arung Jeram ?  Provinsi Lampung juga punya lokasi rafting yang cukup menantang lho, tempatnya di Pekon Sidang Jaya, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.  Artikel eloratour kali ini mengenai Rafting di Lampung Barat, tepatnya di Way Besai.

JALUR RAFTING WAY BESAI PUNYA 13 JERAM GRADE II dan III

Sungai Way Besai, sni memiliki panjang sekitar 113 kilometer, 7 kilometer di antaranya telah dikembangkan sebagai jalur rafting. Start point untuk jalur rafting dimulai dari Pekon Sidang Jaya hingga finish di Pekon Sukananti, Kecamatan Sumber Jaya. Waktu tempuh untuk rafting sekitar 2,5 hingga 3 jam.  Di sepanjang jalur rafting terdapat sekitar 13 jeram yang harus diarungi, dengan tingkat kesulitan Grade II dan III.

 

MEMACU ADRENALIN DI JALUR RAFTING WAY BESAI LAMPUNG BARAT

Rafting di Way Besai
Pak Mukhlis Basri, Bupati Lampung Barat, dan kawan-kawan saat Mencicipi Rafting di Way Besai

Meskipun Jalur Rafting Sungai Way Besay  tergolong dalam kategori grade II dan III, namun sungai ini tetap menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang suka olahraga pemicu adrenalin  karena jeram-jeram tersebut umumnya termasuk tipe jeram panjang yang cukup deras dan bertangga-tangga.

Selain itu, banyaknya batu-batu besar di tengah sungai yang dapat mengakibatkan arus sungai berombak menuntut kelincahan dan kekompakan tim agar perahu tidak terbalik saat melewati jeram panjang tersebut. Menariknya, semakin dekat dengan titik finish, jeram-jeram yang ada di sungai ini semakin bagus dan menantang.

 

rafting 1  rafting 2
Dihadang batu dan jeram disepanjang jalur, team mesti kompak agar perahu lincah berkelit

 

Selain cocok untuk tempat menguji adrenalin, Jalur Rafting Way Besay Lampung Barat ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Anda dapat menyaksikan pemandangan alam dan aneka flora dan fauna khas Lampung di sepanjang perjalanan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kesejukan air Sungai Way Besay yang cukup jernih dengan berenang atau sekadar berendam setelah sampai di titik finish.

 

BERBURU OLEH-OLEH KHAS LAMPUNG BARAT SEPULANG RAFTING DI WAY BESAI

Aliran Sungai Way Besai mulai dikembangkan menjadi jalur rafting setidaknya sejak tahun 2003, sebab elora sendiri sempat Mencicipi jalur Rafting ini sekitar tahun 2004, waktu itu acara dadakan, ada teman yang mau nengok kerabatnya di sana.  Jadi kami diajak nemenin, dan menginap di rumah kerabat teman tadi, yang tinggal di Perkampungan Sunda.

Aktivitas pagi sebangun dari tidur: yang laki-laki jala ikan mas di kolam, lalu diserahkan ke teman2 perempuan untuk dimasak.  Menunggu ikan mas hasil menjala matang, kami ngopi sambil ngerokok, untuk mengurangi dinginnya udara.  Setelah makan, langsung menuju titik start rafting, dan keceriaan pun dimulai.

Pas jalan pulang ke Bandar Lampung, kami dikasih tau kalau daerah itu punya panganan khas berupa dodol  tomat.  Namanya juga daerah penghasil tomat … :D.  Salut sama keratifiktas petani setempat dalam meningkatkan nilai tambah produk mereka !

Sahabat elora, selain Menjajal rafting dengan kelokan dan jeram di Way Besai di Lampung Barat masih banyak hal menarik lainnya, seperti :  Surfing Tanjung Setia South Sumatra, Menikmati Keindahan Danau Ranau dengan Wisata Terpadunya, atau hunting Kopi Luwak, serta menikmati  Tarian Lumba-lumba di Pulau Pisang.

.
Demikianlah Sahabat, artikel  eloratour Mencicipi Jalur Rafting Way Besaisemoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel eloratour selanjutnya.

Thanks udah mampir, dan jangan lupa Like & Share nya ya Guys  … 😀

 

 

 

SUMBER :
http://mahamerulambar.blogspot.com/2011/05/enjoynya-wisata-petualangan-arung-jeram.html,
http://andaru.student.umm.ac.id/2010/07/29/dodol-tomat/,
http://www.antaranews.com/berita/264316/wisata-arung-jeram-di-lampung-barat
,
http://www.indonesiawonder.com/id/tour/wisata-olahraga/arung-jeram-way-besay,
http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?1585-Way-Besai-Rafting-Lampung

Save

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 26 November 2013 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , , , , , , , ,

2 responses to “MENCICIPI JALUR RAFTING WAY BESAI

  1. Mr. T

    26 November 2013 at 17.10

    Arung Jeramnya maknyus, untuk pemula kaya gue rasanya puas banget …

     
    • eloratour

      26 November 2013 at 17.14

      Elora juga baru sekali itu Rafting … 😀
      Yap, do agree … jalurnya cukup menantang

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: