RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI BALI TENGAH

11 Des

monumen-bajra-sandhi-di-bali-tengah
Monumen Bajra Sandhi
, Destinasi Wisata Bali Tengah

 

Melanjutkan tulisan tentang Wisata Menawan di Bali, eloratour kali ini mau nulis tentang Tempat Wisata Medi Bali Tengah.  Wilayah Bali Tengah  memiliki banyak Tempat Wisata Menawan. Setidaknya terdapat  21 Tempat Wisata Menawan di Bali Tengah, yang tersebar di wilayah Denpasar, Gianyar dan Tabanan.  

 

DAFTAR TEMPAT WISATA DI BALI TENGAH

Yuk kita cek Tempat Wisata apa saja yang masuk dalam Daftar Tempat Wisata Paling Menawan di Bali Tengah versi eloratour.

 

TEMPAT WISATA MENAWAN DI DENPASAR BALI TENGAH

Ada beberapa Tempat wisata menawan di Denpasar yang dapat kita kunjungi sekaligus.  eloratour mencatat setidaknya ada 6 Tempat Wisata Paling Menawan di Denpasar Bali Tengah yang wajib dikunjungi. Mari kita lihat satu per satu …

 

Pasar Badung dan Kumbasari, Denpasar, Bali Tengah

 Pasar Kumbasari

Kita bisa mengunjungi Pasar Badung dan Pasar Kumbasari jika mencari pasar tradisional yang konvensional sekaligus pasar seni.  Untuk urusan oleh-oleh khas Bali, orang biasanya ingat pasar Sukawati, tapi  kalau posisi lagi take around di seputaran Denpasar, Pasar Kumbasari dan Pasar Badung bisa jadi pilihan.

Pasar Badung dan Pasar Kumbasari ini berdampingan, letaknya di jalan Gajah Mada, dekat dengan pusat kota Denpasar.  Petang hingga pagi hari, pasar ini adalah pasar  konvensional yang menjual aneka sayuran, daging, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Ngga beda kan dengan pasar-pasar rakyat itu.  Tapi kalau pagi hingga sore hari, pasar ini akan berubah menjadi pasar seni yang memanjakan kita dengan aneka barang-barang unik khas Bali. Ada perlengkapan upacara umat hindu, baju dan celana khas Bali, tas, dan pernak-pernik khas Bali lainnya.

 

Pantai Sanur, Denpasar, Bali Tengah

Pantai Sanur 

Pantai Sanur, pantai yang terkenal karena sunrise nya berjarak hanya sejauh 6 km dari pusat Kota Denpasar.  Dapat dijangkau dengan mobil, sepeda motor atau kendaraan umum yang menghubungkan pantai Sanur dengan Kota DenpasarKawasan Sanur sendiri dikenal sebagai awal perkembangan pariwisata di Bali dengan hadirnya hotel seperti Inna Grand Bali Beach dan beberapa hotel pertama lainnya di Bali.

Pantai Sanur sangat ramai di kunjungi oleh Wisatawan mancanegara maupun Nusantara. Hari minggu dan hari libur, tempat itu menjadi pilihan penduduk kota Denpasar untuk rekreasi, atau mandi di laut.  Pada hari bulan Purnama malamnya banyak orang datang untuk santai dan mandi kesana, sambil melihat keindahan pantai Sanur di malam hari. Selain pantainya, Museum Le Mayeur juga banyak menarik wisatawan.

 

Pura Sakenan, Denpasar, Bali Tengah

 pura-sakenan 

Pura Sakenan adalah Pura Dangkahyangan terletak disebuah pulau yaitu Pulau Serangan. Dulu, untuk mencapai Pura Sakenan ini dari Denpasar kita menuju arah selatan dengan jarak 8,5 km, dan  selanjutnya menyebrangi lautan melalui sela-sela hutan bakau selama 30 menit.  Dalam penyebrangan setelah melewati hutan bakau kita akan melihat di sebelah barat Pelabuhan Benoa di sebelah timur Pulau Nusa Penida.  Kini, kita bisa lewat jalan darat yang bisa langsung menuju Pura Sakenan

Pura Sakenan paling ramai dikunjungi saat perayaan hari raya Kuningan di Bali, 10 hari setelah hari raya Galungan, bisa dicapai dari By Pass Ngurah Rai. Kalau dari arah Kuta, 10 meter setelah Makro, bisa belok ke kanan dan masuk ke areal pulau Serangan.  Yang paling menarik adalah setelah ritual persembahyangan, kita bisa menikmati sayur rumput laut dan sate bakar khas Serangan.

 

Museum Bali, Denpasar, Bali Tengah

 

Museum Bali 

Museum Bali dibangun pada tahun 1910, menggunakan arsitektur tradisional dengan ornamen yang khas Bali. Struktur fisiknya mengikuti struktur fisik bangunan kraton (puri) atau tempat pemujaan (kahyangan, pura merajan) berdasarkan konsep trimanandala yaitu nista mandala jaba pisan ( bagian luar ) madya mandala : Jaba tengah ( bagian luar sebelum memasuki bagian inti), dan utama mandala jeroan (bagian inti).

Di pojok depan sebelah kanan di bagian tengah Museum Bali terdapat sebuah bangunan yang disebut bale bengong.  Dipojok depan sebelah kiri terdapat sebuah bangunan yang disebut bale kulkul. Di bagian inti (jeroan) terdapat bangunan yang terdiri dari tiga gedung yaitu gedung Tabanan di utara, gedung karangasem di tengah – tengah, gedung Buleleng di sebelah selatan.

Gedung penyimpanan peninggalan sejarah dan etnografi sejak sejak masa prasejarah sampai masa modern ada tiga buah gedung, masing-masing dinamai gedung Tabanan, Karangasem dan Buleleng.   Ketiga gedung menjadi tempat penyimpanan barang-barang kesenian barang etnografis, naskah-naskah kuno (prasasti), keramik, patung-patung porselin, alat-alat rumah tangga, alat-alat pertanian, senjata, alat-alat upacara, lukisan, wayang kulit dan lain sebagainya. Ketiga gedung itu difungsikan untuk tempat pameran tetap Museum Bali.

Gedung-gedung baru, di bagian selatan, yang dibangun pada tahun 1969 merupakan pengembangan fasilitas guna memperlancar pelayanan bagi pengunjung.  Di sana tersedia fasilitas berupa : perpustakaan, laboratorium, gedung untuk pameran sementara dan beberapa koleksi barang-barang peninggalan sejaman, kantor para karyawan. Di bagian depan sepanjang jalan Letkol Wisnu tersedia fasilitas parkir kendaraan bermotor bagi pengunjung. Tersedia pula sebuah kantin yang menjual minuman dan makanan untuk para pengunjung.

 

Taman Budaya Bali, Denpasar, Bali Tengah

  Taman Budaya Bali

Taman Budaya Bali ini awalnya merupakan sebuah Proyek Pengembangan Pusat Kesenian Bali di Denpasar,  dibentuk pada tahun 1969 dengan tujuan untuk melestarikan kekayaan seni budaya daerah Bali. Proyek tersebut merupakan gagasan dari almarhum Prof. dr. Ida Bagus Mantra, dan diberi nama ‘Werdhi Budaya/ Art Centre.

Pada tanggal 16 Agustus 1978 dirubah namanya menjadi ‘Taman Budaya’ (art centre). Taman Budaya Bali ini terletak di Jalan Nusa Indah, sekitar 2 km ke arah timur dari pusat Kota Denpasar. Taman Budaya Bali terdiri beberapa gedung yang menjadi daya tarik wisata, diantaranya :

  • Mahudara Mandara Giri Bhuwana merupakan gedung tempat pameran karya seni
  • Ardha Candra adalah panggung terbuka yang biasa dipergunakan untuk pementasan kolosal
  • Ksirarnawa (panggung tertutup) yang digunakan untuk pementasan kesenian kolosal, serta masih banyak lagi gedung lainnya yang menjadi daya tarik wisatawan.

Setiap tahunnya, sekitar pertengahan bulan Juni s/d Juli Taman Budaya Bali digunakan sebagai pusat penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali.

 

Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Bali Tengah

 Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan, sekaligus  merupakan lambang pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi yang yang diharapkan memberi kontribusi dalam mengisi dan menjaga keajegan negara Kesatuan RI.  Monumen Bajra Sandhi terletak di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Propinsi Bali yang juga di depan Gedung DPRD Propinsi Bali Niti Mandala Renon persisnya di Lapangan Puputan Renon.

Keseluruhan data daerah Monumen Bajra Sandhi yang berbentuk segi empat bujur sangkar dengan penerapan konsepsi Tri Mandala :

  1. Sebagai Utama Mandala adalah pelataran/gedung yang paling ditengah
  2. Sebagai Madya Mandala adalah pelataran yang mengitari Utama Mandala
  3. Sebagai Nista Mandala adalah pelataran yang paling luar yang mengitari Madya Mandala

Bangunan gedung monumen pada Utama Mandala tersusun menjadi 3 lantai :
Utamaning Utama Mandala adalah lantai 3 yang berposisi paling atas berfungsi sebagai ruang ketenangan, tempat hening-hening menikmati suasana kejauhan disekeliling monumen.

Madyaning Utama Mandala adalah lantai 2 berfungsi sebagai tempat diaroma yang berjumlah 33 unit. Lantai 2 (dua) sebagai tempat pajangan miniatur perjuangan rakyat Bali dari masa ke masa.  Di bagian luar sekeliling ruangan ini terdapat serambi atau teras terbuka untuk menikmati suasana sekeliling.

Nistaning Utama Mandala adalah lantai dasar Gedung Monumen, yang terdapat ruang informasi, ruang keperpustakaan, ruang pameran, ruang pertemuan, ruang administrasi, gedung dan toilet. Ditengah-tengah ruangan terdapat telaga yang diberi nama sebagai Puser Tasik, delapan tiang agung dan juga tangga naik berbentuk tapak dara.

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI GIANYAR, BALI TENGAH

Sahabat eloratour dapat menikmati beberapa Tempat Wisata Menawan di Wilayah Gianyar.  Setidaknya ada 10 Tempat Wisata di Gianyar Bali Tengah yang Wajib Dikunjungi. Mari kita cek satu per satu …

 

Pura Tampak Siring, Gianyar, Bali Tengah

Pura Tampak Siring

Pura Tampak Siring dikenal juga dengan sebutan Pura  Tirtha Empul, terletak di Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, sekitar 1,25 jam berkendaraan dari Bandara Ngurah Rai. Dengan latar belakang perbukitan, dimana diatas puncak sebuah bukit berdiri megah sebuah Istana Kepresidenan yaitu Istana Presiden Ir. Soekarno yang dikenal juga sebagai Istana Tampak Siring.

Di kawasan Pura Tampak Siring terdapat sebuah Pura yang dilengkapi dengan kolam dan pancuran-pancuran yang airnya sangat disucikan yang didirikan pada jaman Raja Indrajayasinghawarmadewa pada tahun 882 Caka (960 M).  Tirtha Empul berasal dari kata Tirtha Hampul yang artinya Air yang Mengepul, yaitu sebuah kolam atau mata air suci yang airnya mengepul dan dialirkan melalui beberapa buah Pancuran yang masing-masing mempunyai kegunaan tersendiri. Bagian utama dari Pura Tirtha Empul adalah sebuah Pura yang yang bangunan-bangunannya terdiri dari Tepasana yaitu bangunan yang menyerupai sebuah teras dimana disekeliling bangunan tersebut terukir relief yang merupakan simbul Tahun Caka 1889 yang diwujudkan dalam bentuk Matahari, Gajah, Naga dan Candi Bentar. Tahun Caka 1889 merupakan tahun selesainya pemugaran bangunan Tepasana tersebut.

Pura Tampak Siring juga memiliki beberapa kelompok Pancuran Suci yaitu :

  • Bagian paling Timur terdapat 5 buah Pancuran yang sangat disucikan yang airnya digunakan sebagai Tirtha atau air suci untuk upacara Agama Hindu.
  • Di sebelah barat dari 5 Pancuran tadi, terdapat 8 Pancuran khusus untuk kaum pria yang terdiri dari 2 bagian yaitu; bagian 5 Pancuran sebagai tempat pengeluran beberapa jenis penyakit dan bagian 3 Pancuran merupakan tempat penetralan segala jenis sumpah yang membelengu kaum pria.
  • Bagian yang terdiri dari 13 Pancuran merupakan tempat penyucian bagi kaum kaum wanita untuk ritual tertentu dan sebagai tempat pengeleburan mala atau musibah dan penyakit, juga air dari beberapa pancuran ini digunakan sebagai air (tirtha) untuk menyucikan spiritual dan rohani dari orang yang telah meninggal.
  • Di bagian yang agak terpisah dari semua pancuran tadi terdapat 5 buah Pancuran lagi yang menghadap kebarat yang digunakan khusus untuk penyucian dan pengeleburan penyakit wanita yang Haid sebelum waktunya.

 

Tegallalang, Gianyar, Bali Tengah

Tegallalang

Tegallalang terletak di sebelah utara Ubud, sekitar 20 menit waktu tempuh dengan kendaraan bermotor. Daerah ini terkenal dengan sawah terasering,  sawah dengan membentuk teras-teras di perbukitan dan pertanian berkontur, yang bertujuan menahan erosi air dan angin.

Tegallalang mempunyai hamparan sawah yang indah berwarna hijau membuat banyak wisatawan yang telah selesai berwisata di Ubud ingin melihat sawah terasering dan juga wisatawan yang mau ke Kintamani singgah di tempat ini untuk menyaksikan keindahan pemandangan sawah berteras yang menghijau atau makan siang di rumah makan sambil menikmati pemandangan sawah berteras yang indah.

Toko & Art Shop Tegallalang berjejer sepanjang 10 Km, kalau kita berbelanja disini, sehingga kita punya banyak pilihan dalam mencari barang-barang kerajinan tangan.

 

Desa Ubud, Gianyar, Bali Tengah

Desa Ubud

Desa Ubud merupakan pusat kerajinan seni di Bali. Banyak seniman baik seniman pahat dan ukir, patung, tari, lukis, dll lahir di Ubud. Hasil-hasil karya seni mereka ditampung dalam sebuah wadah yang dikenal dengan Artshop, Gallery dan Museum. Juga banyak sanggar-sanggar tari terdapat di daerah Ubud.

Desa Ubud terletak di Kabupaten Gianyar tepatnya di Ubud, kira-kira 1 jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Sebagai daerah pusat seni, di Ubud terdapat sebuah pasar seni yang letaknya di pusat kota Ubud, yang masyarakatnya sebagian besar berjualan hasil-hasil kerajinan seni. Juga di pasar tersebut dijual berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari.

Di seberang pasar seni, berdiri sebuah megah sebuah Istana yang merupakan peninggalan jaman kerajaan Ubud dahulu. Istana ini dikenal dengan nama Istana Puri Saren. Banyak peninggalan bersejarah jaman dahulu disimpan di Istana ini.

 

Desa Mas, Gianyar, Bali Tengah

Desa Mas

Desa Mas terletak di Daerah Mas, Kabupaten Ginayar, sekitar  45 menit dari Bandara Ngurah Rai. Desa Mas terkenal dan merupakan pusat kerajinan seni ukir dan patung kayu di Bali. Berbagai macam jenis dan bentuk patung dan ukiran kayu dihasilkan didaerah ini.

Di sepanjang jalan Desa Mas terdapat banyak Artshop yang menjual hasil-hasil kerajinan ukiran dan patung kayu masyarakat desa ini lengkap dengan workshopnya.  Sebagai daerah seni, Desa Mas juga banyak melahirkan seniman-seniman (maestro) terkemuka, yang hasil-hasil karyanya bisa dilihat di Artshop-artshop ini dan sangat diminati baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Desa Mas ini sangat cocok sebagai daerah tujuan wisata belanja atau Shopping Tour.

 

Desa Celuk, Gianyar, Bali Tengah

Desa Celuk

Obyek Wisata ini terletak di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, kurang lebih 45 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Desa Celuk dikenal sebagai pusat kerajinan Emas dan Perak.  Sebagai pusat kerajinanan emas dan perak, hampir semua masyarakat daerah ini adalah pengerajin emas dan perak. Berbagai bentuk dan corak perhiasan emas dan perak dihasilkan dan dipasarkan di Desa Celuk.

Di sepanjang jalan Desa Mas berdiri Artshop atau Gallery yang memajang dan menjual hasil-hasil kerajinan ini. Juga dilengkapi dengan workshop, dimana kita bisa langsung melihat dan belajar bagaimana cara pengerajin ini mengkreasikan ide-ide seni mereka sehingga terwujud sebuah hasil karya dengan nilai estetika, mutu dan kwalitas yang tinggi.

Desa Batubulan

Desa Batu Bulan

Desa Batubulan adalah bagian wilayah administratif Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Propinsi Bali, Indonesia.   Desa Batubulan merupakan jalur perlintasan strategis antara Denpasar—Kota Gianyar. Batubulan merupakan pintu gerbang paling barat dari Kabupaten Gianyar (berjarak sekitar 25 km arah barat Kota Kabupaten Gianyar) dan sekaligus pintu masuk menuju kawasan Bali bagian timur dari arah Kota Denpasar. Jalur yang melintasi Desa Batubulan terbilang cukup ramai karena merupakan jalur menuju Kintamani maupun Ubud, sehingga wisatawan yang ingin menuju Kintamani atau Ubud dapat mampir di desa ini untuk menyaksikan pertunjukan kesenian maupun kreasi seni ukir dan patung karya seniman lokal.

Dari Kota Denpasar, Batubulan berjarak sekitar 10 km atau membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum (taksi/mobil carteran). Sementara, jika wisatawan memulai perjalanan dari Pantai Kuta maupun kawasan Nusa Dua, dibutuhkan waktu + 45 menit.  Untuk memasuki desa wisata ini wisatawan tidak dipungut biaya. Hanya saja, apabila wisatawan ingin menyaksikan pertunjukan kesenian, seperti Tari Kecak maupun Tari Barong, maka wisatawan akan dikenai bea tiket

Wisatawan dapat menyewa jasa penyedia travel untuk memudahkan perjalanan wisata ke desa ini. Penyedia jasa travel umumnya telah memiliki jadwal tetap tiap pertunjukan kesenian di Desa Batubulan maupun jadwal kunjungan ke berbagai art shop yang ada di desa ini.  Kecuali menyaksikan pertunjukan tari, salah satu agenda wisata yang biasa dilakukan oleh wisatawan di desa ini adalah berbelanja aneka cenderamata yang dijual oleh toko-toko suvenir maupun galeri seni yang ada di sepanjang jalan Desa Batubulan. Benda-benda seni seperti patung maupun ukiran merupakan cenderamata khas dari Desa Batubulan ini

Pasar Seni Sukawati, Gianyar, Bali Tengah

Pasar Sukawati

Pasar Seni Sukawati merupakan sebuah pasar yang sangat terkenal di Bali.  Pasar Sukawati menjual pakaian-pakaian santai dengan harga yang sangat miring.  Kalau nyari Batik khas bali, atau berbagai macam baju-baju serta celana pendek harga miring yang akan cocok dipakai di pantai, pasar Sukawati tempatnya.

Tips berbelanja di Pasar Sukawati harganya bisa sepertiga dari harga pertama yang ditawarkan oleh penjualnya.  Tips lainnya, sebaiknya datang ke pasar sukawati ini ketika pagi sekitar jam 8-10 karena para penjualnya baru selesai sembahyang dan mereka menggap jika jualan mereka berhasil di pagi tersebut akan mendatangkan kelarisan untuk jam-jam selanjutnya.  Selain pakaian-pakaian murah, di pasar ini juga terkenal dengan barang-barang seni seperti lukisan dari berbagai aliran lukisan, dan juga aneka model tas.

Pura Gunung Kawi, Gianyar, Bali Tengah

Pura Gunung Kawi

Kompleks Pura kuno Gunung Kawi adalah salah satu situs paling kuno di Bali. Pura Gunung Kawi ini dibangun oleh Raja Marakatapangkaja dan diselesaikan oleh Raja Anak Wungsu. Dikelilingi oleh sawah yang subur dan hijau dan tersembunyi di lembah. Gunung Kawi terletak di daerah Tampak Siring tertutup ke istana.

Pura Gunung Kawi berdiri di sebelah Sungai Pakrisan, sebuah anak sungai suci yang berasal dari pegunungan di sebelah utara. Terdapat sepuluh ceruk besar dengan ukiran batu candi atau kuil, yang konon merupakan makam raja-raja dan permaisuri mereka. Makam Gunung Kawi adalah makan yang memiliki kondisi terbaik dari lima belas makan yang telah ditemukan di Bali. Dengan desain yang kuat dipengaruhi oleh budaya India, monumen Hindu ini dibuat pada akhir abad ke-11, mirip dengan yang ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tapi bagaimanapun , candi yang ditemukan di Bali ini sangat unik, karena candi ini diukir di sebuah gunung.

Pada bagian atas dari setiap ukiran adalah atap bertingkat tiga yang besar, dihiasi dengan simbol kesuburan lingga-yoni.  Bagi masyarakat Hindu di Bali terdapat keyakinan bahwa air, yang mengalir di atas candi dipenuhi dengan sifat suci. Karena keyakinan dan lokasi yang sangat berdekatan dengan sungai, kompleks ini merupakan sumber penting bagi air suci yang akan digunakan dalam upacara-upacara Hindu di Bali. Saat anda berjalan di sekitar, anda akan melihat pipa dan salurah air tua dengan air murni yang mengalir. Ini semua aman untuk diminum langsung dari sumbernya.  Pura utama Hindu terdapat di bagian tengah kompleks, tetapi di belakang anda dapat melihat pertapaan Buddha. Leluhur kita sudah mempraktekkan tentang Persaudaraan sejati atau Persatuan kan guys ?!   So, jangan suka berantem, ribut, kisruh … ok ?!  Suasana tenang dan energi spiritual yang kuat membuat Pura Gunung Kawi adalah tempat yang sangat spesial untuk dikunjungi.

 

Goa Gajah , Gianyar, Bali Tengah

 

Goa Gajah

Goa Gajah terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Berada persis di sebelah kanan jalan raya jalur Ubud – Kintamani sehingga memudahkan perjalanan kesana. Apabila dari Kota Denpasar hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit saja untuk menempuh perjalanan ke Goa Gajah yang berjarak 30 km ke arah timur laut.

Goa Gajah adalah sebuah goa dimana terdapat peninggalan sejarah Bali masa lampau. Namun tidak hanya artefak sejarah yang ada tapi juga suasana alamnya yang begitu indah dan memikat. Objek wisata ini juga dikelilingi persawahan dan sungai dengan air yang selalu mengalir. Ada empat kompleks di Goa Gajah yaitu kompleks goa dengan relief Ganesha, Trilingga, Petirtaan (tempat mandi), dan lembah Tukad Pangkung, dimana terdapat relief stupa bercabang tiga, relief payung bersusun 13, dan arca Budha.

Sebelum masuk lokasi, sebaiknya kita terlebih dahulu ke tempat informasi untuk mendapatkan pamflet atau keterangan tertulis tentang objek wisata ini. Berbeda dengan objek wisata lain di Bali, Goa Gajah memiliki kelebihan yaitu karena adanya tempat informasi ini. Jadi kita tahu tentang sejarah benda-benda yang ada disini.

 

Wanara Wana, Gianyar, Bali Tengah

Wanara Wana

Obyek wisata Wanara Wana atau Ubud Monkey Forest terletak di Desa Padang Tegal, Kelurahan Ubud. Obyek wisata ini berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Denpasar.  Di pintu masuk, pengunjung bisa membeli pisang untuk diberikan kepada ratusan ekor kera yang ada di dalam hutan.   Memasuki kawasan wisata Wanara Wana atau Hutan Kera Ubud, pengunjung atau wisatawan akan disuguhi pemandangan hutan yang rimbun dan masih alami. Sebuah sungai yang mengalir melewati hutan menambah daya tarik obyek wisata ini.

Yang paling menarik perhatian pengunjung Wanara Wana tentu aneka tingkah polah lucu sekitar 600 ekor kera abu yang menjadi penghuni hutan wisata ini. Ratusan kera abu di hutan ini terbagi dalam lima kelompok besar yang memiliki batas wilayah tempat tinggal dan punya pemimpin yang berbeda-beda. 

Setiap pengunjung yang datang ke Wanara Wana diwajibkan untuk mematuhi beberapa larangan seperti dilarang memegang dan menggoda kera, dilarang memberi kera makan kacang dengan alasan kesehatan kera, hingga larangan menyimpan buah atau makanan dalam tas. Jika pengunjung tetap nekat menyimpan buah di dalam tas, maka kera akan mengetahui dan mengambilnya secara paksa.  Dengan keindahan dan keunikan yang dimiliki, tak heran jika obyek wisata Wanara Wana ini sempat dilirik untuk dijadikan lokasi syuting film Eat,Pray and Love yang dibintangi artis Julia Roberts, meski akhirnya batal.

 

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI TABANAN, BALI TENGAH 

Ada beberapa Tempat wisata menawan di Tabanan yang dapat kita kunjungi sekaligus.  eloratour mencatat setidaknya ada 5 Tempat Wisata Paling Menawan di Tabanan Bali Tengah yang wajib dikunjungi. Mari kita lihat satu per satu …

Pura Tanah Lot, Tabanan, Bali Tengah

Pura_Tanah_Lot

Tanah Lot merupakan salah satu tujuan wisata favorit di pulau Bali. Objek wisata Pura Tanah Lot, terletak terpisah dari daratan, namun kalau air laut surut bisa dijangkau tanpa harus menggunakan perahu. Pura ini merupakan salah satu pura utama di Bali yang dikenal dengan Sad Kahyangan. Pura Tanah Lot terletak di desa Beraban, Tabanan, kurang lebih 1 jam 15 menit perjalanan dari Kuta.   Menurut cerita, pura ini dibangun pada abad ke-16 oleh Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan ajaran Hindu di pulau Bali.

Selain sarat dengan nilai historis, Pura Tanah Lot juga menawarkan pesona yang menakjubkan di antaranya sunset, maka sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama di sore hari.  Pemandangan yang ditawarkan mirip dengan yang di pura Uluwatu.

Bedugul, Tabanan, Bali Tengah

Bedugul

Bedugul merupakan salah satu tempat wisata Bali yang menawarkan keindahan alam pegunungan dan danau. Tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu diselimuti kabut dan berhawa dingin. Daerah Bedugul adalah bagian dari kabupaten Tabanan dan berjarak kurang lebih 70 km atau 2,5 jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Alas Kedaton, Tabanan, Bali Tengah

alas kedaton

Alas Kedaton terletak di desa Kukuh Kecamatan Marga, sekitar 4 km dari kota Tabanan. Pura Alas Kedaton mempunyai dua keunikan yang sangat menarik. Pertama memiliki empat pintu masuk ke dalam Pura, yaitu dari barat yang merupakan pintu masuk utama,  dari Utara, Timur dan dari Selatan yang kesemuanya menuju ke halaman tengah. Keunikan yang kedua adalah halaman dalam yang merupakan tempat yang tersuci justru letaknya lebih rendah dari halaman tengah dan luar.

Tempat suci Alas Kedaton ini dikelilingi oleh hutan yang dihuni oleh sekelompok kera yang dianggap keramat. Disamping itu pula terdapat sekelompok kalong yang hidup bergantungan di dahan-dahan pohon kayu yang besar dan sewaktu-waktu beterbangan, merupakan suatu atraksi yang sangat menarik bagi wisatawan baik bagi wisatawan Nusantara maupun mancanegara.  Upacara Piodalan di Pura ini adalah jatuh pada hari Selasa (Anggara Kasih), dua puluh hari setelah Hari Raya Galungan. Upacara Piodalan dimulai pada siang hari dan harus sudah selesai sebelum matahari terbenam. Pura Alas Kedaton sering pula disebut Pura Dalem Kahyangan.

Museum Subak Bali, Tabanan, Bali Tengah

museum-subak

Subak adalah sistem pengelolaan distribusi aliran irigasi pertanian khas masyarakat Bali. Sistem ini sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu dan terbukti mampu meningkatkan produktifitas pertanian di Bali. Museum Subak terletak di jalan Gatot Subroto, Desa Sanggulan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, Indonesia.  Berjarak sekitar 20 km dari kota Denpasar, Ibukota Provinsi Bali, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum (bus) menuju terminal bus kota Tabanan. Dari terminal ini, wisatawan dapat naik angkutan umum (bemo) sejauh 2 km untuk sampai di lokasi Museum.

Museum Subak merupakan satu-satunya museum yang mengetengahkan segala hal ihwal pertanian di Bali. Museum ini memamerkan miniatur Subak lengkap dengan gambar-gambar proses pembuatannya, seperti tahapan menemukan sumber mata air, membuat terowongan air dan membangun bendungan, serta membuat saluran penghubung untuk mengalirkan air ke sawah-sawah penduduk. Museum Subak juga memiliki data audio-visual yang menerangkan tentang proses budidaya padi, mulai dari musyawarah anggota Subak, kesepakatan pengaturan air, serta ritual memohon hasil panen yang melimpah.

Selain itu, museum ini juga memamerkan alat-alat pertanian tradisional Bali, seperti alat pemotong dan penumbuk padi, alat untuk membajak sawah, alat untuk membetulkan saluran irigasi, serta miniatur dapur tradisonal lengkap dengan tata ruang dan perabot untuk memasak nasi. Pengunjung Museum Subak juga dapat menambah pengetahuan tentang pertanian dengan mengunjungi fasilitas pepustakaan di komplek museum ini. Koleksi buku dalam perpustakaan cukup lengkap, mulai dari berbagai kajian lintas disiplin mengenai sistem Subak hingga masalah-masalah pertanian secara umum.

Jatiluwih, Tabanan, Bali Tengah

 jatiluwih

Jatiluwih terletak di daerah Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Berada pada ketinggian 700 meter diatas permukaan air laut, merupakan daerah yang berdekatan dengan Gunung Batur yang terkenal dengan panorama sawah terasering. Anda akan selalu menikmati udara sejuk sambil menikmati pemandangan alam yang indah.  Ingin menikmati suasana pedesaan yang masih tenang, asri, dan alami di pulau Dewata, maka anda bisa dapatkan dengan berkunjung ke Jatiluwih. Tempat ini memang menjadi tujuan wisata bagi mereka yang ingin menghilangkan kepenatan dengan suasana perkotaan yang penuh keramaian.

Sebagian besar  Wilayah Jati Luwih merupakan kawasan persawahan yang ditata bertingkat atau berundak, dan Bali sangat dikenal dengan sawah terasering. Luasnya sekitar 636 hektar sawah berbentuk terasering, jadi daerah ini menjadi kawasan terbesar untuk pemandangan sawah terasering di Bali. Sistem pengairan sawah yang digunakan adalah pengairan Subak, yaitu sistem irigasi tradisional Bali yang berbasis masyarakat. Subak ini memiliki pura yang dibangun untuk memuja dewi kemakmuran atau dewi kesuburan.

Sesuai namanya, Jatiluwih konon berasal dari kata “ Jati “ dan “Luwih” yang berarti “benar-benar indah”.  Selain pemandangan sawah berteras, anda juga dapat menikmati pemandangan sungai, pura, atau rumah-rumah penduduk yang masih sederhana. Suasana pedesaan yang benar-benar alami dan damai dapat anda rasakan di objek wisata Jatiluwih, Bali. Kita dapat menggunakan sepeda, atau menyewa mobil Volkswagen untuk berkeliling di areal persawahan ini. Hampir setiap hari daerah Jatiluwih ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara dengan suasana alam pedesaan dengan ciri khas sawah terasering yang sangat menarik perhatian para wisatawan.

Keunikan sawah berteras inilah yang membuat Jatiluwih  masuk daftar UNESCO World Heritage sebagai warisan budaya dunia.  Di sini juga ada fasilitas permainan air. Lokasi permainannya disebuah sungai yang dibendung airnya. Aliran sungai tersebut akan menuju ke lokasi rafting atau arung jeram.

 

Demikian Sahabat eloratour, semoga artikel TEMPAT WISATA MENAWAN DI BALI TENGAH ini bermanfaat.

Trimakasih ya sudah mampir di blog elora, jangan lupa bantu like & share

 

 

Link Tempat Wisata di Bali berikutnya : Tempat Wisata Menawan di Bali Selatan.

 

Sumber :
http: //wisatabali2010.wordpress. com/museum-subak-sanggulan/
http:// organizebalitours. com/?lang=in&act=areawis&idarea=2
http:// www. rentalmobilbali. net/jatiluwih-bali/
http:// wisatabali2010.wordpress. com/desa-wisata-batubulan/
http:// balibackpacker.blogspot. com/2012/10/wisata-sejarah-di-pura-goa-gajah-bali.html
http:// www. beritabali. com/index.php/page/berita/gyr/detail/2011/06/26/Melihat-petKampung-Bojogpet-Monkey-Forest-Ubud/201106260002
http ://www. pawongan. com/id/bali-tour-destination/temple/gunung-kawi-tmple/
http ://www. ariputranta. com/2010/07/exotic-denpasar.html
http :// www. flickr. com/photos/kukkaibkk/
http :// meja-kotak.blogspot. com/2011/04/sanur-beach.html
http ://www. berwisatadibali. com/obyek-wisata-bali/pura-sakenan/
http ://touristspotsinbali.blogspot. com/2013/05/sidan-village.html
http:// abaditransport.wordpress. com/bali-tour/
http ://www. wisatamelayu.com/id/object.php?a=SG1OL3FYdy9P=&nav=geo
http ://thesickles.blogspot.com/2012/04/tegallalang-rice-terraces.html
http ://java-travelling.blogspot. com/2012/02/balinese-wood-masks-and-sculpture.html
http:/ /www. topholidaysbali.com/archives/ubud-market
http:// fantasticbali. com/Tempat-Wisata/Desa-Celuk
http:// langkahgue.blogspot. com/2010/04/belanja-ke-pasar-sukawati-yuk.html
http:// photo. net/photodb/
http:// 100thingstodoinbali.blogspot. com/2013/07/things-to-do-in-bali-12.html
http:// www. griyawisata. com/internasional/asia/artikel/kunjungi-wanara-wana-dan-rasakan-kampung-yang-alami
http:// commons. wikimedia. org/wiki/
http:// baliglobaltransport. com/?page_id=256
http:// apen5.blogspot. com/2010/07/alas-kedaton-bali-monkey-forest.html
http:// pariwisatadanteknologi.blogspot. com/2010/03/desa-wisata-jatiluwih-unesco-world.html

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Desember 2013 in WISATA BALI

 

Tag: , , , , , , , , , ,

2 responses to “TEMPAT WISATA MENAWAN DI BALI TENGAH

  1. eloratour

    12 Juni 2014 at 22.05

    Trimakasih Bung Wisata Unik.
    Semoga Wisata Dalam Negeri menjadi Tuan Rumah di Negara Sendiri ya …

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: