RSS

BUAH UNIK DAN LANGKA DARI KALIMANTAN, INDONESIA

04 Okt

 

Buah Durian Merah

Pernahkah kalian mendengar nama Buah Kepayang, Buah Kapul, Buah Maritam, Buah Ihau ?  Itu tadi nama Buah Unik dan Langka dari Kalimantan.  Ada banyak jenis buah unik dan langka di Indonesia, sensasional bentuk, warna, serta rasanya.  Buah-buahan tersebut bahkan hanya dikenal oleh beberapa, bahkan ada yang dikenal di suatu kampung saja, dan di lain kampung saja kita akan mendapatkan jenis buah unik yang berbeda.  Indonesia memang memiliki kekayan Flora yang luar biasa, salah satunya dengan adanya buah-buah unik dan langka tadi.

 

BUAH UNIK DAN LANGKA DARI KALIMANTAN TIMUR

Mengunjungi Kalimantan di kala musim buah adalah satu anugerah yang tiada tara. Apalagi jika anda bersedia untuk masuk hutan. Kita akan dimanjakan oleh alam dengan berbagai macam buah unik dan langka yang tak bisa kita dapatkan di pasar tempat kalian tinggal, apalagi di supermarket. Bulan November sampai Maret adalah waktu yang cocok untuk berburu buah hutan Kalimantan. Berikut adalah beberapa Buah Unik serta langka dari wilayah hutan Lesan di Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Kalimantan, Indonesia.

 

Baca juga : Tempat Wisata Menawan di Kalimantan Utara

 

Buah Durian Merah

Buah Durian merah ini rasanya sama seperti durian umumnya, yang membedakan hanya ukurannya lebih kecil dan dagingnya bewarna merah.

 

Durian Merah

Buah Ihau

Buah Ihau yang satu ini dikenal dengan beberapa nama lain, masyarakat Tanjungselor Kabupaten Bulungan menyebutnya Buah Mata Kucing karena isi buah dan bijinya mirip dengan mata kucing yang bersinar, sedangkan masyarakat Dayak Kenyah di Tering Kabupaten Kutai Barat menyebutnya Buah Duku.

Buah Ihau

Bentuk Buah Ihau bundar sebesar kelereng dengan daging buah mirip klengkeng dengan rasa manis yang juga menyerupai rasa buah klengkeng. Tak heran sebagian masyarakat kota menyebutnya sebagai buah Klengkeng asli Kalimantan.  Layaknya pohon-pohon yang tumbuh dihutan Kalimantan, pohon ihau memiliki batang yang besar dan kokoh serta menjulang tinggi. Memiliki dua jenis warna, yaitu berwarna kuning kecoklatan dan ada juga yang berwarna hijau, menjadikan ihau atau si mata kucing ini sebagai santapan lezat para monyet, burung enggang dan satwa lainnya.

 

Buah Rambai

Musim buah Rambai ini setahun sekali ini. Buah rambai berasa manis-manis masam, dengan buah yang berisi 2-4 juring. Buah Rambai  ini hampir mirip dengan langsat / Duku, yang membedakanya Rambai menyebar dari Indomalesia ke arah Pasifik Barat. Biasanya kemunculan buah rambai ini merupakan tanda bahwa musim buah akan segera berakhir.

Buah Rambai  Daging Buah Rambai

 

Buah Kapul

Buah Kapul sungguh sangat mirip dengan buah mangis. Hanya kulitnya persis seperti kulit kayu. Beda lainnya adalah pada ujung buah tidak terdapat bentuk bintang, sedangkan di pangkal tangkainya tidak terdapat mahkota. Buah Kapul ada dua jenis Kapul berdaging putih dan kapul berdaging kuning.

Buah kapul daging buah kapul

 

Buah Keledang

Buah Keledang termasuk buah langka bumi Kalimantan. Bentuknya persis nangka, demikian pula dengan daging buahnya, hanya ukurannya mini. Keledang merupakan buah yang mulai terlupakan seiring dengan habisnya hutan-hutan alami. Pohonnya dapat menjulang tinggi mencapai 30 meter dan berdaun lebar dan sedikit berbulu. Pohon keledang dapat berbuah sejak 5 tahun setelah tanam. Tumbuh diberbagai jenis tanah dan umumnya dihutan tropis dan penuh dengan humus.

Buah Keledang

Buah Keledang (Artocarpus lancifolius Roxb) termasuk Famili Moraceae (suku nangka-nangkaan). Kerabat dekatnya buah Mentawa, Kluwih, Pintau, Cempedak, Sukun, Selanking, Benda, dan Nangka.  Buah Keledang rasanya manis dan daging buahnya terpisah dari bijinya seperti nangka. Sensasi rasanya merupakan campuran antara nangka dan manggis. Warna kulit buahnya jingga kemerahan dan bentuk buahnya seperti cempedak. Buah keledang termasuk salah satu buah buahan hutan Kalimantan (Borneo) yg tumbuh merata di seluruh daratan pulau ini.

Bersyukur, ketika musim buah pada Desember ini di Kota Samarinda, masih banyak penjaja buah dipinggir jalan yang menjualnya. Buah sebesar genggaman tangan orang dewasa dijual dengan harga Rp. 2500 per buahnya. Sungguh harga yang murah untuk buah yang sudah jarang ditemukan ini.  Pelestarian Pohon Keledang belum mendapat perhatian, begitupun dengan buah buah eksotis hutan Kalimantan lainnya. Padahal potensi tumbuhnya sangat mudah dengan perbanyakan melalui biji yang disemai.

 

Buah Maritam

Buah Maritam

Buah Maritam, buah jenis rambutan tapi tidak berbulu, Rasa manis dan daginya sama seperti rambutan

 

Buah Lahung

Buah Lahung
Buah lahung, adalah buah sejenis durian dengan kulit bewarna merah dan daginya warna kuning

 

Buah kepayang

Buah Kepayang
Buah kepayang.  Jika selama ini kita hanya kenal istilah mabuk kepayang, tetapi tidak tahu kepayang itu apa, nah kepayang itu adalah buah, dari biji buah ini ada isi setelah melalui proses pengolahan, maka isi dalam biji buah ini bisa dimakan, rasanya bikin keenakan, sampai sampai lupa pekerjaan lain karena mabuk keenakan makan buah kepayang ini.

So Sahabat elora, kalau kebetulan ke Kalimantan pada musim buah, jangan lupa hunting buah-buah unik dan langka tersebut.

 

Sampai di sini artikel BUAH UNIK DAN LANGKA DARI KALIMANTAN, INDONESIA.  Semoga bermanfaat 🙂

Thanks sudah mampir ke blog elora, jangan lupa Like & Share ya

 

Source link  :

www. beritaunik. net/unik-aneh/25-buah-langka-dari-kalimantan.html

Save

Save

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Oktober 2013 inci WISATA INDONESIA

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

8 responses to “BUAH UNIK DAN LANGKA DARI KALIMANTAN, INDONESIA

  1. WISATA UNIK

    2 Juni 2014 at 20.31

    a good posting..
    asyik ni klo liburan ke kalimantan 😀
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di Minangkabau Tours
    Terima kasih….

    Suka

     
    • eloratour

      12 Juni 2014 at 21.59

      Trimakasih Bung Wisata Unik.
      Semoga Wisata Dalam Negeri menjadi Tuan Rumah di Negara Sendiri ya …

      Suka

       
  2. Nathanael Irmus

    18 November 2014 at 08.17

    Jenis buah asli kalimantan memang matappp….

    Suka

     
    • eloratour

      18 November 2014 at 10.44

      Indonesia memang Firdaus yg ada di bumi Bung Nathanael Irmus … semoga kita semua menjaga dan bisa memanfaatkannya bagi kesejahteraan bersama.

      Salam Indonesia – dari Bumi Ruwa Jurai, Lampung.

      Suka

       
  3. dedi

    2 Juli 2015 at 16.05

    Yang punya buah nya atau bibit atau biji nya. Saya lagi cari buah tarap merah, mentawak, keledang. Yang punya atau yang jual tolong hub 081289343435. Sy mau beli nya buat istri yang sedang hamil (ngidam). Sy sekarang dipalembang. Trims

    Suka

     
    • eloratour

      5 Juli 2015 at 17.55

      Barangkali ada yg mau & bisa bantu Mas Dedi ?

      Suka

       
  4. Intan

    25 April 2017 at 20.45

    Ass … Saya mau beli buah kepayang… Mhon info.nya hub 6282372623842

    Suka

     
    • eloratour

      8 Mei 2017 at 23.21

      Maaf kami tidak menjual bibit buah Mbak Intan.

      Suka

       

Tinggalkan komentar