RSS

SURFING DI SUNGAI KAMPAR, PESONA RIAU, INDONESIA

04 Okt

SURFING DI SUNGAI KAMPAR, PESONA RIAU, INDONESIA

Surfing di Sungai Kampar, pesona Riau Indonesia

 

SURFING DI OMBAK BONO SUNGAI KAMPAR YANG MENAWAN

Di Teluk Meranti, Sungai Kampar, Kabupaten Palalawan, Riau, terdapat fenomena alam yang membuat penasaran traveler dan peselancar dunia. Namanya adalah Ombak BonoSurfing di Gelombang Bono Sungai Kampar merupakan satu dari sekian banyak keajaiban alam di dunia. Fenomena alam yang sejak beberapa tahun terakhir menjadi sorotan bagi khalayak ini bagai ‘magnet’ yang mampu ‘menyedot’ perhatian turis mancanegara. Ombak Bono merupakan peristiwa alam yang terjadi di aliran Sungai Kampar. Benturan antara air laut dengan dengan aliran sungai di pantai menghasilkan gelombang dan ombak besar yang bergulung,

Surfing di Ombak Bono Sungai Kampar yang mempesona

SEVEN GHOST GELOMBANG TUJUH HANTU SUNGAI KAMPAR YANG MEMPESONA

Ombak Bono juga dikenal dengan sebutan Seven Ghost atau Gelombang Tujuh Hantu. Hal ini karena gelombang yang dihasilkan dari peristiwa alam itu, bisa mencapai tujuh gelombang berurutan dan menciptakan kubah layaknya ombak laut yang begitu mempesona. Keunikan lainnya, adalah saat air laut bertemu dengan aliran sungai, maka secara alami akan terjadi gelombang tinggi disertai dentuman keras seperti suara petir disaat badai dengan diiringi hembusan angin kencang.

Gelombang Bono di Sungai Kampar, Riau adalah salah satu keajaiban dari Pesona alam Indonesia. Ombaknya bisa setinggi 6 meter dan panjang gelombangnya mencapai 300 meter lebih. Peselancar dunia pun berlomba-lomba menaklukkannya.

   

Meski di sungai, berselancar untuk menaklukkan Gelombang Bono ini tidaklah mudah.  Bayangkan saja, tinggi ombaknya bisa mencapai 4 sampai 6 meter dengan Panjang gelombang bisa mencapai 300 meter.

.

Bono berbeda dengan tempat lain, karena letaknya di garis ekuator. Jadi gelombangnya cepat, panjang, dan karakternya sulit,” ungkap peselancar asal Inggris, Steven King yang baru sama mencatatkan rekor setelah menaklukan Sungai Bono..

Gelombang Bono tercipta dari pertemuan arus sungai dan arus laut. Ditambah dengan angin dan tebing di kanan kirinya. Gelombang di sini menjadi tantangan tersendiri.

Di Bono itu air sungai, jadi akan sulit mengambang dan berdiri di sana daripada di laut, lanjut Steve.

.

Ada dua pintu akses ke Kawasan Palalawan, dari Batam bisa menyeberang pakai boat. Satu lagi dari naik mobil selama 4 jam dari Pekanbaru. Di sana ada banyak homestay di Desa Meranti.

Bulan terbaik mengunjungi Sungai Bono adalah di awal dan di akhir musim hujan. Sebabnya, saat itulah gelombang akan tinggi. Tepatnya di bulan Februari, Maret, Oktober, dan November. Saat siang dan malam hari, adalah waktu terbaik untuk berselancar di sana.

 

Demikian Sahabat elora, info tentang SURFING DI SUNGAI KAMPAR, PESONA RIAU, INDONESIA … semoga bermanfaat.

Trimakasih sudah mampir Guys, jangan lupa like & share ya … 🙂

 

SURFING CAMP DI LAMPUNG :  Pantai Tanjung Setia

 

Source Link :
http://www.antarariau.com/berita/26861/bono,-mutiara-pariwisata-riau-yang-kian-mendunia
http://travel.detik.com/read/2013/02/15/184808/2171546/1382/surfing-di-sungai-kampar-keajaiban-dari-indonesia

Source Photo :
https://www.google.com/search?q=Surfing+di+Bono+Riau&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=VFNOUqGXKYKFkAXg_IHwAw&ved=0CAcQ_AUoAQ&biw=1280&bih=622&dpr=1

Save

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Oktober 2013 in Wisata Riau

 

Tag: , , , ,

2 responses to “SURFING DI SUNGAI KAMPAR, PESONA RIAU, INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: