RSS

BUAH UNIK DAN LANGKA DARI KALIMANTAN, INDONESIA

04 Okt

BUAH UNIK DAN LANGKA DARI KALIMANTAN, INDONESIA

BUAH UNIK DAN LANGKA DARI KALIMANTAN KEKAYAAN FLORA INDONESIA

Mengunjungi Kalimantan di kala musim buah adalah satu anugerah yang tiada tara. Apalagi jika anda bersedia untuk masuk hutan. Kita akan dimanjakan oleh alam dengan berbagai macam buah unik dan langka yang tak bisa kita dapatkan di pasar tempat kalian tinggal, apalagi di supermarket. Bulan November sampai Maret adalah waktu yang cocok untuk berburu buah hutan KalimantanAda banyak jenis buah yang unik dan langka, sensasional baik dari segi bentuk dan rasa. Buah-buah tersebut bahkan hanya dikenal oleh beberapa kampung saja, dan lain kampung saja kita akan mendapatkan jenis buah unik yang berbeda.

 

DAFTAR BUAH UNIK SERTA LANGKA DARI KALIMANTAN

Berikut adalah beberapa Buah Unik serta langka dari wilayah hutan Lesan di Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Kalimantan, Indonesia.

 

Buah Durian Merah

Durian merah ini rasanya sama seperti durian umumnya, yang membedakan hanya ukurannya lebih kecil dan dagingnya bewarna merah

 

Buah Ihau

Buah Ihau yang satu ini dikenal dengan beberapa nama lain. Ada yang menyebutnya Buah Ihau, masyarakat Tanjungselor Kabupaten Bulungan menyebutnya Buah Mata Kucing karena isi buah dan bijinya mirip dengan mata kucing yang bersinar, sedangkan masyarakat Dayak Kenyah di Tering Kabupaten Kutai Barat menyebutnya Buah Duku.

Bentuk Buah Ihau bundar sebesar kelereng dengan daging buah mirip klengkeng dengan rasa manis yang juga menyerupai rasa buah klengkeng. Tak heran sebagian masyarakat kota menyebutnya sebagai buah Klengkeng asli Kalimantan.  Layaknya pohon-pohon yang tumbuh dihutan Kalimantan, pohon ihau memiliki batang yang besar dan kokoh serta menjulang tinggi. Memiliki dua jenis warna, yaitu berwarna kuning kecoklatan dan ada juga yang berwarna hijau, menjadikan ihau atau si mata kucing ini sebagai santapan lezat para monyet, burung enggang dan satwa lainnya.

 

Buah Rambai

Musim buah Rambai ini setahun sekali ini. Buah rambai berasa manis-manis masam, dengan buah yang berisi 2-4 juring. Buah ini hampir mirip dengan langsat / Duku, yang membedakanya Rambai menyebar dari Indomalesia ke arah Pasifik Barat. Biasanya kemunculan buah rambai ini merupakan tanda bahwa musim buah akan segera berakhir.

 

 

Buah Kapul

Buah Kapul sungguh sangat mirip dengan buah mangis. Hanya kulitnya persis seperti kulit kayu. Beda lainnya adalah pada ujung buah tidak terdapat bentuk bintang, sedangkan di pangkal tangkainya tidak terdapat mahkota. Buah Kapul ada dua jenis Kapul berdaging putih dan kapul berdaging kuning.

 

Buah Keledang

Buah Keledang termasuk buah langka bumi Kalimantan. Bentuknya persis nangka, demikian pula dengan daging buahnya, hanya ukurannya mini. Keledang merupakan buah yang mulai terlupakan seiring dengan habisnya hutan-hutan alami. Pohonnya dapat menjulang tinggi mencapai 30 meter dan berdaun lebar dan sedikit berbulu. Pohon keledang dapat berbuah sejak 5 tahun setelah tanam. Tumbuh diberbagai jenis tanah dan umumnya dihutan tropis dan penuh dengan humus.

Buah Keledang (Artocarpus lancifolius Roxb) termasuk Famili Moraceae (suku nangka-nangkaan). Kerabat dekatnya buah Mentawa, Kluwih, Pintau, Cempedak, Sukun, Selanking, Benda, dan Nangka.  Buah Keledang rasanya manis dan daging buahnya terpisah dari bijinya seperti nangka. Sensasi rasanya merupakan campuran antara nangka dan manggis. Warna kulit buahnya jingga kemerahan dan bentuk buahnya seperti cempedak. Buah keledang termasuk salah satu buah buahan hutan Kalimantan (Borneo) yg tumbuh merata di seluruh daratan pulau ini.

Bersyukur, ketika musim buah pada Desember ini di Kota Samarinda, masih banyak penjaja buah dipinggir jalan yang menjualnya. Buah sebesar genggaman tangan orang dewasa dijual dengan harga Rp. 2500 per buahnya. Sungguh harga yang murah untuk buah yang sudah jarang ditemukan ini.  Pelestarian Pohon Keledang belum mendapat perhatian, begitupun dengan buah buah eksotis hutan Kalimantan lainnya. Padahal potensi tumbuhnya sangat mudah dengan perbanyakan melalui biji yang disemai.

 

Buah Maritam

Buah Maritam, buah jenis rambutan tapi tidak berbulu, Rasa manis dan daginya sama seperti rambutan

 

Buah Lahung


Buah lahung, adalah buah sejenis durian dengan kulit bewarna merah dan daginya warna kuning

 

Buah kepayang


Buah kepayang.  Jika selama ini kita hanya kenal istilah mabuk kepayang, tetapi tidak tahu kepayang itu apa, nah kepayang itu adalah buah, dari biji buah ini ada isi setelah melalui proses pengolahan, maka isi dalam biji buah ini bisa dimakan, rasanya bikin keenakan, sampai sampai lupa pekerjaan lain karena mabuk keenakan makan buah kepayang ini.

So Sahabat elora, kalau kebetulan ke Kalimantan pada musim buah, jangan lupa hunting buah-buah unik dan langka tersebut.

 

Sampai di sini artikel BUAH UNIK DAN LANGKA DARI KALIMANTAN, INDONESIA.  Semoga bermanfaat 🙂

Thanks sudah mampir ke blog elora, jangan lupa Like & Share ya … 🙂

Save

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Oktober 2013 in WISATA INDONESIA

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

6 responses to “BUAH UNIK DAN LANGKA DARI KALIMANTAN, INDONESIA

  1. WISATA UNIK

    2 Juni 2014 at 20.31

    a good posting..
    asyik ni klo liburan ke kalimantan 😀
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di Minangkabau Tours
    Terima kasih….

     
    • eloratour

      12 Juni 2014 at 21.59

      Trimakasih Bung Wisata Unik.
      Semoga Wisata Dalam Negeri menjadi Tuan Rumah di Negara Sendiri ya …

       
  2. Nathanael Irmus

    18 November 2014 at 08.17

    Jenis buah asli kalimantan memang matappp….

     
    • eloratour

      18 November 2014 at 10.44

      Indonesia memang Firdaus yg ada di bumi Bung Nathanael Irmus … semoga kita semua menjaga dan bisa memanfaatkannya bagi kesejahteraan bersama.

      Salam Indonesia – dari Bumi Ruwa Jurai, Lampung.

       
  3. dedi

    2 Juli 2015 at 16.05

    Yang punya buah nya atau bibit atau biji nya. Saya lagi cari buah tarap merah, mentawak, keledang. Yang punya atau yang jual tolong hub 081289343435. Sy mau beli nya buat istri yang sedang hamil (ngidam). Sy sekarang dipalembang. Trims

     
    • eloratour

      5 Juli 2015 at 17.55

      Barangkali ada yg mau & bisa bantu Mas Dedi ?

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: