RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI KALIMANTAN UTARA

18 Jul

tempat wisata di kalimantan utara suku dayak

Blog Wisata Indonesia. – Kalimantan Utara yang berbatasan dengan Serawak dan Sabah, Malaysia Timur ini memiliki banyak tempat wisata menawan.  Kalimantan Utara merupakan provinsi ke 34, yang berdiri pada 25 Oktober tahun 2012. Tempat wisata di Kalimantan Utara ini kebanyakan merupakan wisata alam dan budaya.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA DI PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Provinsi Kalimantan Utara memiliki beragam tempat wisata menawan.  Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Kalimantan Utara yang menawan dari setiap Kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara yang wajib untuk dikunjungi:

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN BULUNGAN KALIMANTAN UTARA

Kabupaten Bulungan memiliki beberapa obyek wisata yang berpotensi untuk dikembangkan, sebab memiliki keindahan yang menawan, seni yang unik dan budaya yang tinggi.

 

GUNUNG PUTIH

gunung putih di bulungan kalimantan utara

Gunung Putih merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Disebut gunung putih karena gunung ini tersusun dari batuan kapur berwarna putih.  Gunung Putih memiliki relief-relief  alami yang menawan, bagaikan pahatan seorang seniman. Untuk menikmati obyek wisata Gunung Putih, bisa dengan cara memanjat dinding gunung sampai ke puncaknya, atau bisa juga dengan berjalan menapaki anak tangga yang tersedia. Dari puncak Gunung Putih kita bisa nikmati pemandangan alam yang indah menawan.
Di Gunung Putih juga terdapat sebuah goa yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Goa Burung, goa ini dipercaya sebagai tempat persembunyian Sultan Bulungan dari tentara Belanda. Selain itu di kaki gunung juga terdapat rumah panggung, dimana wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata gunung putih ini dapat menikmati sajian kesenian daerah.
AIR TERJUN IDAMAN / AIR TERJUN KM 18
 air terjun idaman di bulungan kalimantan utara
Air Terjun Idaman terletak di Desa Jelerai, Kecamatan Tanjung Selor, tepatnya di km 18 poros jalan Bulungan – Berau.  Air Terjun Idaman atau Air Terjun km 18 ini masih sangat alami, di sekelilingnya masih  berupa hutan cukup lebat.  Air Terjun Idaman tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 15m, namun memiliki keindahan yang menawan, sebab bentuknya yang berundak-undak.  Air mengalir dari celah-celah bebatuan, dan disekelilingnya dipagari pepohonan hijau, memberikan suasana yang teduh.

Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara :

  • Pantai Dusun Tanah Kuning
  • Gunung Putih
  • Goa Gunung Putih
  • Sungai Giran
  • Air Terjun Long Pin
  • Air terjun Idaman / Air Terjun km 18
  • Air Terjun Gunung Seriang / Air Terjun km 2
  • Selimau Park
  • Sumber Air Panas Sajau

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA

Nunukan merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Utara yang juga memiliki potensi wista budaya dan pariwisata yang tak kalah menariknya dengan daerah tujuan wisata lain di Indonesia.

 

TAMAN NASIONAL KAYANG MENTARANG (TNKM)

taman-nasional-kayan-mentarang-blog-wisata-indonesia

Taman Nasional Kayan Mentarang , kawasan wisata alam meliputi Pantai Pulau Datok dan Bukit Lubang Tedong, Gunung Palung , Gunung Panti ,Cabang Panti, Kampung Baru, Sungai Matan dan Sungai Simpang, dengan luasnya 1.360.500 hektar, merupakan suatu kesatuan kawasan hutan primer dan hutan sekunder tua yang terbesar dan masih tersisa di Kalimantan dan seluruh Asia Tenggara.

Taman Nasional Kayan Mantarang memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa bernilai tinggi baik jenis langka maupun dilindungi, keanekaragaman tipe ekosistem dari hutan hujan dataran rendah sampai hutan berlumut di pegunungan tinggi. Keanekaragaman hayati yang terkandung di Taman Nasional Kayan Mentarang memang sangat mengagumkan.  Pengamatan tumbuhan pulai , jelutung , ramin , Agathis , kayu ulin , rengas , gaharu , aren , berbagai jenis anggrek, palem, dan kantong semar. Selain itu, ada beberapa jenis tumbuhan yang belum semuanya dapat diidentifikasi karena merupakan jenis tumbuhan baru di Indonesia. serta mamalia endemik, primata (Beberapa jenis mamalia langka seperti macan dahan, beruang madu, lutung dahi putih , banteng) dan beberapa jenis burung terancam punah.

Sungai-sungai yang ada di Taman Nasional Kayan Mantarang seperti S. Bahau, S. Kayan dan S. Mentarang digunakan sebagai transportasi menuju kawasan. Selama dalam perjalanan, selain dapat melihat berbagai jenis satwa yang ada di sekitar sungai, juga dapat melihat kelincahan longboat dalam melewati jeram, ataupun melawan arus yang cukup deras.

Keberadaan sekitar 20.000 – 25.000 orang dari berbagai kelompok etnis Dayak yang bermukim di sekitar kawasan Taman Nasional Kayan Mantarang seperti Kenyah, Punan, Lun Daye, dan Lun Bawang, ternyata memiliki pengetahuan kearifan budaya sesuai dengan prinsip konservasi. Hal ini merupakan salah satu keunikan tersendiri di Taman Nasional Kayan Mentarang. Keunikan tersebut terlihat dari kemampuan masyarakat melestarikan keanekaragaman hayati di dalam kehidupannya. Sebagai contoh berbagai varietas dan jenis padi terpelihara dan terkoleksi dengan cukup baik untuk menunjang kehidupan masyarakat sehari-hari.

Banyak peninggalan arkeologi berupa kuburan dan alat-alat dari batu yang terdapat di taman nasional (umurnya lebih 350 tahun), dan diperkirakan merupakan situs arkeologi yang sangat penting di Kalimantan. Ditemukannya kuburan batu di hulu Sungai Bahau dan hulu Sungai Pujungan, yang merupakan peninggalan suku Ngorek, mengindikasikan bahwa paling tidak sejak kurang lebih 400 tahun yang lalu masyarakat Dayak sudah menghuni kawasan ini. Peninggalan arkeologi yang paling padat ini diperkirakan sebagai peninggalan yang paling penting untuk pulau Borneo.

Masyarakat di dalam kawasan taman nasional masih sangat bergantung pada pemanfaatan hutan sebagai sumber penghidupan, seperti kayu, tumbuhan obat, dan binatang buruan. Mereka juga menjual tumbuhan dan binatang hasil hutan, karena hanya ada sedikit peluang untuk mendapatkan uang tunai.

 

LONG BAWAN

Krayan Highland, Kab. Nunukan, Kaltim

Long Bawan ini merupakan tempat wisata di Kalimantan Utara yang terletak di perbatasan dengan wilayah Sabah, Malaysia. Long Bawan merupakan wilayah pemukiman suku Dayah Lundayeh. Upacara adat cukup sering dilakukan di Long Bawan, misalnya:  Nyumpei Semarang Mei Ulang. Long Bawan terkenal sebagai penghasil garam alam, perternakan kerbau, serta aneka seni tari yang menawan.

Berikut ini adalah Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara :

  • Ekowisata Taman Nasional Kayang Mentarang (TNKM)
  • Pantai Firdaus
  • Pembuatan Garam Gunung yang terletak di hulu Sungai Desa Long Layu
  • Wisata Budaya Suku Dayak Murud (Tegalen)
  • Air terjun Binusan

 

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN MALINAU KALIMANTAN UTARA

AIR TERJUN SEMOLON

air-terjun-semolon-nunukan-kalimantan-utara

Air Terjun Semolon merupakan air terjun unik, sebab merupakan sumber air panas terbesar di Kabupaten Malinau.  Air Terjun Semolon tidak berbentuk seperti terjunan kecil, mengalir ke sungai berbatu berbentuk layaknya sebuah tangga yang bertingkat-tingkat. Obyek Wisata air panas Air terjun Semolon terletak di kecamatan mentarang desa paking Kabupaten Malinau Kalimantan Utara.

Obyek Wisata Air Terjun Semolon selain dijadikan sebagai tempat berwisata dan rekreasi juga diyakini dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit dan penyakit lainnya. Banyak sekali wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara yang berwisata ke tempat ini.

.

Berikut ini adalah Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara :

  • Sungai Sentaban
  • Sungai Gita
  • Air Terjun Martin Billa
  • Sungai Tanjung Lima
  • Air Terjun Semolon

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN TARAKAN KALIMANTAN UTARA

Kota Tarakan adalah kota yang berada di Provinsi Kalimantan Utara yang sekaligus kota sentral dari pemerintahan Kalimantan. Nama Tarakan berasal dari bahasa Tidung “Tarak” yang artinya bertemu dan “Ngakan” yang berarti makan, karena menurut riwayat merupakan tempat para nelayan untuk istirahat makan, untuk bertemu serta melakukan barter hasil tangkapan dengan nelayan lain. Kota Tarakan juga merupakan tempat pertemuan arus muara Sungai Kayan, Sungai Sesayap dan Sungai Malinau.

HUTAN MANGROVE

hutan mangrove di tarakan kalimantan utara

Hutan Mangrove merupakan hutan konservasi alami yang berada di pusat Kota Tarakan Kalimantan Utara, tepatnya di jalan Gajah Mada. Konservasi alam ini adalah objek wisata paling populer di Tarakan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sebab alam di utn ini terawat, alami, serta dilindungi oleh pemerintah setempat.

kera bekantan di hutan mangrove tarakan kalimantan utara

Hutan Manggrove adalah hutan yang digunakan sebagai tempat berlindungnya hewan khas dari Kalimantan, yakni Bekantan atau kita sering menyebutnya sebagai Kera Belanda. Selain kelompok Bekatun, kita juga bisa menikmati keindahan pepohonan yang berjejer rapi yang berusia sekitar ratusan tahun.

 

Berikut ini adalah Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Tarakan, Kalimantan Utara :

  • Hutan Mangrove, Habitat alami Bekantan
  • Air Terjun Karungan
  • Baloy Adat Tidung
  • Pantai Amal
  • Pulau Sadau
  • Penangkaran Buaya Juwata
  • Museum Rumah Bundar

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN TANA TIDUNG KALIMANTAN UTARA

Berikut ini adalah Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara :

  • Batu Menangis Menjelutung
  • Hutan Lindung Sungai Sesayap
  • Air Panas Punduk Buong Baru
  • Batu Mapan Tideng Pale
  • Bunker Belanda Buong Baru
  • Gunung Rian di Kecamatan Muruk Rian.

 

 

Kembali ke : Daftar Tempat Wisata Indonesia per Provinsi

 

 

Sumber Foto :

RibangsemalanDinas Kebudayaan dan Pariwisata Bulungan, Indonesia Tourism, Humas Malinau, Lihat.Co, wwf.or.id,

Save

Save

Save

 
 

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan komentar