RSS

GUNUNG KRAKATAU YANG MENAWAN

07 Okt
gunung-krakatau-blog-wisata-indonesia

Gunung Krakatau memancarkan lava

Gunung Anak Krakatau sedang mengeluarkan pijar lava yang mempesona

Gunung Krakatau satu gunung yang letusannya begitu melegenda ? Pada waktu terjadi letusan Gunung Krakatau ombak pasang sangat besar setinggi 40 meter, yang kemudian menghancurkan 295 desa dengan membawa korban lebih dari 36.000 orang meninggal, khususnya disekitar daerah Selat Sunda, Pantai Teluk Lampung.  Material yang dimuntahkan pada Letusan Gunung Krakatau lebih kurang 18 km kibik, dengan debu yang beterbangan mencapai ketinggian 80 km dari permukaan laut dan mengakibatkan keadaan gelap total selama 22 jam. Letusan Krakatau memang seolah cerita legenda karena begitu dasyatnya.  Gunung Krakatau memang sungguh Menawan.  Akibat dari letusannya itu, Gunung berapi yang juga disebut Krakatoa tersebut hanya tersisa lebih kurang sepertiganya.

 

Baca juga : Surfing Tanjung Setia South Sumatra

 

CERITA KEDASYATAN LETUSAN GUNUNG KRAKATAU YANG MENAWAN

Kronologi letusan Gunung Krakatau

Sampai dengan bulan Mei, bahkan hingga Agustus tahun 1883, aktifitas Gunung Krakatau saat itu masih berupa aktivitas gunung berapi normal.  Gunung Krakatau, pertama kali meletus dari arah puncak, didahului dengan rangkaian gempa bumi.  Pada tanggal 26 dan 27 Agustus 1883 terjadi letusan dahsyat yang terdengar sampai 4500 km dari titik letusan, antara lain di Australia Selatan, Ceylon dan Filipina.

 

Lahirnya Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau muncul dari permukaan laut pada tahun 1927, dan sampai dengan bulan Desember 1999 ketinggian Anak Krakatau telah mencapai lebih kurang 400 meter. Ketinggian Gunung Anak Krakatau terus bertambah dengan kecepatan sekitar 5 meter setiap tahun.  Gunung Anak Krakatau yang ada saat ini merupakan sisa dari Gunung Krakatau Purba yang legendaris. Diameter Gunung Krakatau Purba sebesar 11 km dan tinggi 2 km (tercatat pada Javanees Book of Kings) diperkirakan meletus dan terpecah menjadi 3 gugusan Pulau pada sekitar Abad VI. 

 

KAWASAN CAGAR ALAM KEPULAUAN KRAKATAU YANG MENAWAN

Kepulauan Krakatau mempunyai daya tarik yang unik, baik bagi Wisatawan Nusantara maupun Mancanegara, khususnya bagi peneliti, karena Pulau ini merupakan laboraturium alam bagi berbagai disiplin ilmu (Geologi, Konservasi, Biologi dan Vulkanologi). Disamping itu, aktivitas Anak Krakatau, sunset pada sore hari merupakan panorama alam yang sangat menarik untuk disaksikan.

Sejak tahun 1990-an, Pemda Provinsi Lampung mengadakan FESTIVAL KRAKATAU untuk memperingati letusan Gunung Krakatau itu, sekaligus untuk memperkenalkan Pariwisata Lampung.

cagar-alam-krakatau-blog-wisata-indonesia

Cagar Alam Gunung Krakatau

pengibaran-bendera-di-gunung-krakatau

Pengibaran Bendera di Gunung Anak Krakatau

SUNRISE GUNUNG ANAK KRAKATAU YANG SANGAT MENAWAN

Kepulauan Krakatau meliputi Pulau Rakata atau Krakatau Besar ,  Pulau Panjang atau Krakatau Kecil, Pulau Sertung, dan Pulau Anak Krakatau.   Wilayah Krakatau merupakan Cagar Alam, sehingga untuk masuk kita perlu memperoleh terlebih dahulu SIMAKSI singkatan dari Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi yang hanya dapat diperoleh di Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Lampung.  JIka memperoleh SIMAKSI, kita akan diperbolehkan memasuki wilayajh cagar alam, termasuk trekking di Gunung Anak Krakatau, untuk menikmati sunrisenya yang memukau.

 

PANORAMA BAWAH LAUT KEPULAUAN KRAKATAU YANG SANGAT MENAWAN

menyelam-di-perairan-krakatau

Menyelam di perairan Krakatau

panorama-menawan-bawah-laut-krakatau

Panorama cantik menawan bawah laut krakatau

Panorama Bawah Laut Kepulauan Krakatau begitu cantik menawan

Cagar alam Laut Kepulauan Krakatau menyimpan pemandangan bawah laut yang indah mempesona.  Cagar Alam yang terletak di selat sunda antar ujung barat Pulau Jawa dan ujung selatan Pulau Sumatra, yang merupakan perluasan cagar alam pulau krakatau yang luasnya semula 2405,1 Ha. Berdasarkan surat keputusan mentri kehutanan no; 85/Kpts-II/1990 tgl 26 februari 1990 luas cagar alam tersebut menjadi 13.735,1 Ha.

Biota laut yang ada di kepulauan Krakatau, diantaranya adalah aneka ikan hias.  Jenis ikan hias kurang lebih ada 54 species, diantaranya 7 jenis ikan kepe-kepe yang merupakan merupakan indikator atas keutuhan terumbu karang diperairan setempat. Sedangkan jenis yang dominan adalah famili Chaetodontidae.  Pantai dan panorama bawah laut Kepulauan Krakatau sangan cantik, terumbu karang, anemon, ikan dan hewan laut yang hidup di perairan Krakatau sangat menawan.  Tak heran para pecinta scuba diving betah berlama-lama menyelam di sana.

Demikian Sahabat Elora, tulisan tentang GUNUNG KRAKATAU YANG MENAWAN. Semoga bermanfaat.

Thanks udah mampir di blog eloratour, jangan lupa like & share Guys

 

 

 

Sources Link :

http ://www. wisatanesia. com/2010/08/wisata-lampung-selatan.html
http ://indonesia. travel /id/event/detail/534/festival-krakatau-2012

Save

Save

Save

Save

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 7 Oktober 2013 inci WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , , , , , , , ,

2 responses to “GUNUNG KRAKATAU YANG MENAWAN

  1. ridwan

    8 April 2016 at 11.46

    wiiiih! mantep banget Krakatau itu ya, mas

    Suka

     
  2. eloratour

    15 April 2016 at 13.50

    Iya Mas Ridwan,
    Krakatau yang ada di Selat Sunda ..

    Trimakasih sudah mampir di blog eloratour

    Suka

     

Tinggalkan komentar