RSS

KULINER LEZAT KHAS LAMPUNG

07 Okt

Nyeruit Kuliner khas Lampung Nyeruit, makan bersama dengan menu kuliner khas Lampung

Bicara soal Kuliner Khas Lampung, maka yang nggak boleh terlewat adalah nyeruit (aktivitas melakukan seruit).  NYERUIT.  Yang dimaksud dengan  nyeruit kurang lebihnya adalah kegiatan makan yang dilakukan secara bersama-sama.  Nyeruit adalah Makan bersama Khas Lampung yang biasanya dilakukan dalam suatu acara adat, tentunya dengan Menu Kuliner Khas Lampung dengan hidangan sambol seruit, tempoyak (fermentasi buah durian) ikan gabus bakar, lalapan berupa ketimun, labu siam rebus, daun-daunan segar, terong lurik muda yang bulat-bulat, dengan nasi putih yang masih mengepul panas.  Sudah siap mencicipi Kuliner Lezat Khas Lampung ? Yuuuk …

 

KULINER KHAS LAMPUNG YANG MESTI KAMU COBA KELEZATANNYA

 

Menu Seruit lampung
Menu Seruit Khas Lampung

DAFTAR KULINER KHAS LAMPUNG YANG WAJIB DICOBA KELEZATANNYA

SAMBAL TEMPOYAK

Salah satu yang khas dari menu seruit adalah Sambal Tempoyak.  Tempoyak merupakan makanan khas lampung dari hasil fermentasi daging buah durian.  Dugaan saya, karena dulunya durian melimpah di Lampung, dan akibatnya mubazir, maka masyarakat Lampung mengembangkan satu teknologi pengawetan durian, salah satunya dengan melakukan fermentasi dan jadilah Tempoyak.  Selain tempoyak, sebenarnya ada juga panganan khas dari olahan durian, yakni dodol durian dan lempok durian.


Sambal Tempoyak lampung

Anda tak sempat berkunjung ke Lampung, tapi ingin mencicipi atau justru kangen dengan rasa sambal tempoyak ?
ingin tau cara membuat tempoyak ?   Berikut ini resepnya :

RESEP MEMBUAT SAMBAL TEMPOYAK KHAS LAMPUNG

Bahan Membuat Sambal Tempoyak:

  • 200 gram daging buah durian, diamkan dalam toples tertutup selama 4 hari
  • 5 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas
  • 1 tangkai serai, dimemarkan
  • 250 gram udang, kerat punggungnya
  • 500 ml santan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula

Cara membuat Sambal Tempoyak :

  • Haluskan bawang merah, kunyit, dan lengkuas lalu aduk dengan bahan lainnya
  • Masukkan tempoyak, didihkan sampai matang
  • sajikan bersama sambal

Selamat mencoba rasanya yang sensasional …  🙂

DURIAN

Durian lampung

Durian, buah berduri dengan rasa dan aroma khas membuat sebagian orang menyingkir, tapi membuat sebagian yang lain tergila-gila.  Durian bisa disantap langsung daging buahnya yang sudah masak, bisa juga disantap dengan cara lain.  Dicampur kolak, dicampur es buah, atau diseduh kedalam gelas kopi  tubruk … hmmmm, semuanya Maknyuuuss !  😀 😀

DODOL DURIAN & LEMPOK DURIAN

Lempok Durian lampung

Dodol Durian dan Lempok Durian dibuat dari daging buah durian masak, santan, gula merah (gula kelapa / aren), dan tepung ketan.  Komposisi durian pada dodol berkisar 25%, sedangkan pada Lempok, berkisar 70%.  Rasanya ? … bagi penyuka durian, pastiakan tergila-gila.   🙂  😀

KERIPIK PISANG LAMPUNG

Industri Keripik Lampung
Gerbang masuk Kawasan Sentra Keripik Lampung

Penjual keripik Lampung

Aneka Keripik Khas Lampung

 Suasana di pusat keripik Lampung

Di sentra kerajinan Keripik Lampung, maupun di Toko Oleh-oleh Khas Lampung Sahabat elora dapat menemukan Keripik Pisang Lampung aneka rasa, dari rasa original, gurih, coklat,  keju, moka, strobery, melon, barbekiu, dan lain-lain.   Tinggal pilih sesuai selera.

 

KOPI LAMPUNG

Minum Kopi Lampung    kopi lampung asli elora kopi
Kiri: Kopi Lampung, Kanan : elora Kopi, 100 % Kopi Lampung Asli.

Kopi Lampung cukup terkenal di dalam negeri.  Jenis kopi yang tumbuh di Lampung hampir 80% adalah jenis Robusta.   Kopi yang paling  maknyus tentunya Kopi Luwak, sebanding dengan harganya yang mencapai ratusan ribu hingga jutaan per kilogram nya.

eloratour pernah beli Kopi Luwak Lampung masih bentuk green-bean, harganya Rp. 650ribu/kg.   Konon, menurut Oprah Winfrey Show harga kopi luwak di Amerika mencapai USD $ 500-600 / kg.

Kopi Luwak  Kopi Luwak masuk TV

Pengrajin kopi tradisional di Lampung cukup kreatif.  Mereka mengkombinasikan Kopi Lampung dengan aneka buah yang banyak tumbuh di Lampung, dari stroberi, nanas, melon, dan tentunya durian.  Maka jadilah Kopi Lampung rasa buah.

Kopi Lampung rasa buah   Produk Kopi rasa Buah lampung

 

 

GULAI TABOH

Gulai Taboh

 

 

 

 

 

 

 

Gulai Taboh, Gulai Andak, Gulai Pekhos Masin dengan segala variannya adalah makanan khas Suku Lampung Sai Batin, yang juga dapat diartikan sebagai gulai santan. Gulai Taboh ini biasanya berisi khattak atau kacang kacangan seperti kacang / khattak gelinyor, kacang merah / khattak ngisi, kacang panjang / khattak kejung, khattak tuwoh, rebung, kentang dan lain lain.

 

GULAI ANDAK

gulai-andak-khas-lampung

Gulai Andak, adalah kuliner khas Lampung yang merupakan jenis masakan gulai bersantan. Cita-rasa masakannya pun mirip sekali dengan masakan Padang.  Ciri khas Gulai Andak adalah santan dan aneka bumbu yang melimpah.

 

GABING

gabing

 

 

 

 

 

 

 

Gabing ialah makanan khas lampung yang terbuat dari batang kelapa muda.  Wah pasti banyak nih para pembaca yang belum makan atau belum pernah dengar . ya batang kelapa muda tersebut di potong dengan ukuran sedang setelah itu di sayur dengan kuah santan , rasa yang di berikan oleh batang kelapa ini adalah rasa manis dan gurih apa bila di gigit, rasa yang di timbulkan ialah rasa unik dan menarik.

 

UMBU

umbu

 

 

 

 

 

 

 

 

Umbu ialah suatu lalapan yang asli dari lampung. lalapan ini bukan berbentuk dedaunan hijau , umbu ialah lalap yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak . mungkin tebakan kalian makanan ini rasanya mirip dengan gabing? tetapi kenyataannya makanan ini jauh berbeda dengan gabing , umbu lebih cendrung berasa pahit seperti pare , tetapi rasa pahit umbu ini dapat membangkitkan napsu makan loh.

 

So, Sobat Elora … kalau ke Lampung, jangan lupa selain menikmati kecantikan alam dan budayanya, tinggalkan jejak rindu jejak rindu kalian dengan mencicipi KULINER LEZAT KHAS LAMPUNG, supaya suatu saat kembali kangen mengunjungi Lampung.

Makasih ya sudah mampir ke blog eloratour, jangan lupa like & share Guys …  🙂

 

Menuju : TEMPAT WISATA DI LAMPUNG

 

Source Link :
http ://lifestyle.kompasiana. com/catatan/2013/07/29/apakah-semua-orang-lampung-suka-seruit–579573.html
https ://www.google. com/search?q=seruit+lampung&source
http ://lampungsaibertapis. blogspot. com/p/makanan-khas-lampung.html
http ://fadhliipad. blogspot. com/2013/01/luwak-coffee-expensive-coffee-from.html

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Oktober 2013 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: