RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI MALUKU

06 Jun

tempat wisata menawan di maluku blog wisata indonesia
Foto Tempat Wisata di Maluku, Pantai Kepulauan Kei, sumber: amitrips instagram

Maluku merupakan salah satu provinsi di bagian timur Indonesia yang menyimpan banyak Tempat Wisata Menawan, baik destinasi berupa destinasi alam seperti pantai dan pulau, atau destinasi sejarah seperti benteng, tugu, atau museum.  Sebut saja Obyek Wisata bernama Pantai Pintu Kota, Pantai Natsepa, Benteng Victoria, Gong Perdamaian, atau Kepulauan Kei yang disebut sebagai Maldives nya Indonesia.

Tentunya sangat menarik mengunjungi Tempat Wisata di Maluku yang memiliki panorama indah menawan, serta keunikan yang tidak ditemukan di tempat wisata provinsi lain di Indonesia.  So, mari kita simak Destinasi Wisata di Provinsi Maluku yang menunggu untuk kalian kunjungi.

 

TEMPAT WISATA MENAWAN DI PROVINSI MALUKU

Daftar Tempat Wisata di Provinsi Maluku kita buat berdasar lokasi per Kabupaten / Kota, jadi nanti jumlahnya ada 11, sesuai jumlah 9 Kabupaten dan 2 Kota. Langsung saja yuk …

 

TEMPAT WISATA DI KOTA AMBON

PANTAI LIANG

Pantai Liang di ambon tempat wisata di maluku
Foto Pantai Liang atau Pantai Hunimua, sumber: lihat . co . id

Pantai Liang terletak di Desa Liang Kecamatan Salahutu, berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Ambon.  Pantai yang terkadang juga disebut dengan nama Pantai Hunimua ini pada tahun 1991 pernah dinobatkan oleh PBB sebagai pantai terindah di Indonesia. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, tempat wisata pantai di Ambon ini memiliki hamparan pasir putih dipadu dengan air jernih kebiruan yang membuat Anda tak pernah bosan menikmati keindahannya. Ombak Pantai Liang tidak terlalu tinggi, membuat aman dan nyaman untuk berenang atau bermain di tepiannya.

 

BENTENG VICTORIA

benteng victoria di ambon tempat wisata di maluku
Foto benteng Victoria di Ambon, Maluku.  Sumber: panoramio

Benteng Victoria adalah salah satu benteng peninggalan Portugis, dibangun oleh Portugis pada tahun 1775, tetapi kemudian diambil alih oleh Belanda.  Benteng Victoria merupakan benteng tertua di Ambon, terletak di Kecamatan Sirimau Kota Ambon.  Saat ini benteng ini difungsikan sebagai markas militer TNI.

 

PANTAI PINTU KOTA

 

pantai pintu kota tempat wisata di maluku
Foto Pantai Pintu Kota, sumber: KSM Tour . com

Pantai Pintu Kota terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Salah satu pantai terindah di Ambon ini memiliki ciri khas adanya sebuah tebing yang menjorok ke laut di mana tebing tersebut memiliki lubang di tengahnya. Bentuknya mirip dengan pintu gerbang, mungkin karena itu disebut Pantai Pintu Kota.  Sementara itu pantainya sendiri tidak terlalu luas, dengan pasir berwarna putih kecoklatan dipenuhi batu karang dan bebatuan.

Pantai Pintu Kota memiliki beberapa spot untuk snorkeling dan diving. Di pantai Pintu Kota juga terdapat beberapa pondokan untuk beristirahat dan juga penginapan.   Tempat wisata di Kota Ambon ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan untuk sampul majalah atau sekedar mengabadikan momen indah berada di pantai ini.

 

PANTAI SANTAI

pantai santai di ambon tempat wisata di maluku
Foto Pantai Santai di Ambon, Maluku. Sumber: Pergi Blog

Pantai Santai terletak di Desa Latuhalat, Nusa Niwe, Ambon, atau berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Ambon ini sesuai namanya cocok untuk tempat bersantai.  Pasirnya putih, airnya jernih dan relatif dangkal, cocok untuk bermain menghilangkan kepenatan rutinitas sehari-hari.  Pantai Santai juga memiliki spot diving yang cukup cantik, berjarak hanya beberapa menit dari pantai menggunakan perahu motor.

Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Kota Ambon, Provinsi Maluku selengkapnya :

  1. Pantai Liang
  2. Pantai Natsepa
  3. Pantai Pintu Kota
  4. Pantai Santai
  5. Pantai Namasua
  6. Pantai Lawena
  7. Pantai Nusa Pombo
  8. Pantai Nanseri
  9. Pantai Desa Hukurila
  10. Pantai Pasir Panjang
  11. Pantai Namalatu
  12. Pantai Sopapei
  13. Pantai Lelisa
  14. Morea Desa Waai
  15. Gong Perdamaian
  16. Monumen Martha Christina Tiahahu
  17. Monumen Pattimura
  18. Benteng Victoria
  19. Benteng Amsterdam
  20. Benteng Ferangi
  21. Pemandian Air Panas Negeri Tulehu
  22. Pemandian Air Panas Hatuasa
  23. Kolam Pemandian Wailatu
  24. Museum Siwalima (Musium Kelautan)
  25. Gereja Silo (Gereja Tertua di Kota Ambon)
  26. Masjid Waulape (Masjid Unik dari Pelepah Sagu)

 

TEMPAT WISATA DI KOTA TUAL

pulau kur kota tual maluku
Foto Pantai di Pulau Kur, Kota Tual, Maluku.  Sumber: rezanarindra

Kota Tual merupakan pemekaran dari Kabupaten Maluku Tenggara, memiliki 66 pulau kecil, 13 diantaranya berpenghuni. Sebagai wilayah Kepulauan, Tempat Wisata Kota Tual didominasi Wisata Laut dan Pantai.  Jika Anda berkunjung ke Kota Tual, Anda akan disuguhi keindahan laut nya yang mempesona. Secara Administratif Kota Tual terbagi menjadi 4 Kecamatan, yaitu: Pulau Kur, Tayando Tam, Dullah Utara, dan Dullah Selatan.

Yuk kita cek langsung Tempat Wisata Menawan yang ada di Kota Tual.

PANTAI PASIR PANJANG ( NGUR BLOAT )


pantai pasir panjang atau pantai ngur bloat
Foto Pantai Pasir Panjang di Kota Tual  Sumber: Blog Imansyah Tamnge

Pantai Pasir Panjang atau Ngurbloat konon merupakan pantai dengan pasir terhalus dan terlembut se-Indonesia.  Berjarak sekitar 30 menit menggunakan motor dari pusat Kota Tual, pantai ini sangat cocok untuk liburan kita.  Pasirnya yang putih dan lembut, ombaknya yang tenang, dan teduhan berupa pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang terpian pantai membuat pemandangan Pantai Ngur Bloat ini sangat istimewa.  Pantai Pasit Panjang juga memiliki batu karang yang cantik, sehingga cocok untuk pecinta snorkeling.

Di Pantai Pasir Panjang juga tersedia aneka kuliner lokal seperti Embal yang terbuat dari kasbi (singkong dalam bahasa lokal), Sirsir yang terbuat dari daun singkong, dan ikan segar bakar, serta kelapa pantai yang baru dipetik dari pohon.  Kita bisa menikmati itu semua sambil bersantai di pondok-pondok kayu yang tersedia di pinggir Pantai Ngurbloat ini.

PULAU BAIR


pulau bair di kota tual
Foto Pulau Bair, Kota Tual.  Sumber: Timurnesia
Pulau Bair adalah sebuah pulau yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan menggunakan boat dari Desa Dullah Laut di Kota Tual. Pulau yang juga dikenal oleh pecinta wisata dengan sebutan Bair Island ini memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pulau Bair memiliki dua teluk yang saling berhadap-hadapan, air lautnya yang sangat tenang dan jernih sehingga anda bisa melihat secara langsung dasar lautnya. Ketika berada di pulau tak berpenghuni ini, Anda akan melihat beberapa bukit batu berukuran kecil yang berdiri berjejaran menyerupai Raja Ampat, sehingga Pulau Bair sering disebut dengan Raja Ampat-nya Maluku.
Dengan komposisi air laut berwarna biru kehijauan dan ditemani tebing-tebing batu bertanamkan pepohonan Mangrove, pulau Bair terlihat begitu menawan.  Saat menuju pulau Bair dari Desa Dullah Laut, Anda akan melewati pulau-pulau indah lainnya, dan jika Anda beruntung, di tengah perjalanan, Anda akan bertemu dengan segerombolan anak Hiu Blackpit yang melompat-lompat di tengah laut.

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN BURU

Kabupaten Buru menawarkan Tempat Wisata yang Menawan, diantaranya berupa pantai, air terjun, maupun hamparan sawah.

 

PANTAI JIKUMERASA


Foto Pantai Jiku Merasa di Kabupaten Buru, Maluku.  Sumber: Direktori Wisata Dunia

Pantai Jikumerasa terletak di Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.  Terletak sekitar 10 km dari Pusat Kota Namlea, Pantai Jikumerasa menjadi tempat wisata favorit di Kabupaten Buru. Pasir pantai yang putih, ombak laut yang cukup tenang, dan air lautnya yang biru jernih, serta pepohonan yang tumbuh disepanjang pantai memberikan pesona alam yang menawan mata, memberikan keteduhan jiwa kita.

Salah satu keunikan pantai Jikumerasa yang tak dimiliki pantai-pantai lain adalah air laut akan terlihat memancarkan 3 warna berbeda saat siang hari ketika matahari tepat di atas kepala.  Selain itu panorama sunsetnya juga menawan.  Bagi pecinta olahraga diving, pantai Jikumerasa juga merupakan tempat yang cocok untuk menyalurkan hobi.

 

DANAU RANA


Foto Danau Rana di Kabupaten Buru, Maluku.  Sumber: Carapedia . com

Danau Rana merupakan danau terbesar di Provinsi Maluku, terletak di Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru, berjarak sekitar 80 km dari Kota Namlea.  Danau Rana berlokasi di pedalaman Pulau Buru, sehingga cocok untuk mereka yang menyukai wisata alam.  Permukaan air Danau Rana yang luas dan jernih, dihiasi dengan tanaman teratai, menambah keindahan salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Buru ini.  Panorama akan semakin menawan disaat matahari tenggelam, pemandangan awan putih di langit berganti warna menjadi jingga, memanyul indah di permukaan danau.

 

Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku :

  1. Telaga Jikumerasa
  2. Pantai Merah Putih Namlea
  3. Pantai Ratu Waeperang
  4. Air terjun Waeura
  5. Air Terjun Dataran Tinggi Rana
  6. Air Terjun Wae Tele
  7. Pantai Lala
  8. Pantai Waplau
  9. Hamparan Sawah dan Gembala

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN BURU SELATAN

Pesona Tempat Wisata di Kabupaten Buru Selatan tak kalah menawan dengan kabupaten lain di Provinsi Maluku. Obyek wisata di Kabupaten Buru Selatan memang belum begitu dikenal secara luas, namun justru itu pula kelebihan yang tersembunyi, yakni tantangan bagi para petualang untuk menikmati wisata alam yang masih perawan, serta wisata budaya nya yang unik.

Kabupaten Buru Selatan merupakan pemekaran dari Kabupaten Buru, menyimpan potensi wisata alam khususnya wisata bahari, dan wisata sejarah. Yuk kita lihat ada Obyek Wisata apa saja di Kabupaten Buru Selatan :

Berikut ini Daftar Tempat Wisata di kabupaten Buru Selatan, yaitu :

  1. Pulau Tomoho
  2. Air Jin
  3. Air Babunyi
  4. Pantai Mas Nana

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN KEPULAUAN ARU

kepulauan aru tempat wisata di maluku
Foto Kepulauan Aru, Maluku, Sumber: Jitu News

Kabupaten Kepulauan Aru memiliki keanekaragaman alam yang menjadi daya tarik wisata, meliputi pantai, sungai, gua, hutan dengan flora dan fauna nya, serta keragaman budaya.  Mengunjungi Kabupaten Kepulauan Aru bagaikan mengujungi keajaiban dunia pariwisata. Di Pulau Eno, Anda dapat menjumpai penyu hijau yang sudah langka, Pulau Toba , Anda bisa memancing, berenang dan menikmati keindahan alamnya.

Ada juga pantai Kora Evar yang cantik, seperti pantai pantai lainnya di Maluku.  Selain itu pulau ini kaya akan setwa yang endemik, hutan di Pulau Aru juga merupakan habitat bagi Cendrawasih Raja, burung Kaka Tua Titam, Manukodia Kilap, Manukodia Terompet, Kangguru dan masih banyak macam jenis hewan yang mendiami kawasan hutan di Pulau Aru.

mutiara emas dari kepulauan aru, malukuFoto Mutiara Emas hasil laut Kepulauan Aru, Sumber: Aru Island

Kabupaten ber Ibu Kota di Kota Dobo ini selain memiliki alam yang indah dan beragam, juga berkilau lewat hasil lautnya, terutama hasil Mutiara Emas nya yang indah menawan, serta hasil lautnya seperti, ikan, udang, rumput laut, teripang.

Untuk menuju ke Kabupaten Kepulauan Aru dari Bandara Internasional Pattimura Ambon, menuju ke Bandara Dumatubun Kota Tual, selanjutnya baru menuju ke Bandara Rar Gwamar, Pulau Aru. Sementara kalau memakai transportasi laut, menggunakan kapal Pelni KM.Tidar dari Kota Ambon transit ke Pulau Banda, ke Kota Tual, selanjutnya ke pulau Aru. Lama perjalanan menggunakan kapal laut dari Ambon ke Aru kira kira 2 hari 1 malam.

 

CAGAR ALAM LAUT PULAU ENO ( CAGAR ALAM LAUT KEPULAUAN ARU TENGGARA)

cagar alam laut pulau eno
Foto Flora Fauna Bawah Laut Cagar Alam Laut Pulau Eno, Sumber: Aru Island

Cagar Alam Laut Pulau Eno, Pulau Karan dan Pulau Jey, memiliki Penyu Hijau (Green Turtle) sebagai salah satu warisan dunia yang hingga saat ini terancam punah akibat perburuan liar oleh para pelaut lokal maupun datang dari luar Aru.

 

SUAKA MARGASATWA PULAU BAUN

suaka margasatwa pulau baun kepulauan aru
Foto Burung Endemik Suaka Margasatwa Pulau Baun.  Sumber: Aru Island

Selain Cagar Alam Laut Pulau Eno (Kepulauan Aru Tenggara), juga terdapat Suaka Margasatwa Pulau Baun, seluas 13.000,00 Ha, yang didalamnya terdapat Aneka Burung khas Aru, misal, Cenderawasih, Kaka Tua Putih Jambul Kuning (Cockatoos), Kakatua Raja, Pombo, Nuri, dan sebagainya.  Sebagaimana Penyu Hijau, nasib burung-burung di Pulau Baun juga sama, menuju kepunahan. Cenderawasih adalah salah satu yang paling rentan terancam punah saat ini. Cenderawasih (Bird of Paradise) memang telah menjadi idola yang diburu sejak datangnya Bangsa-bangsa Eropa ke Kepulauan Aru.

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN MALUKU TENGAH

PULAU BANDA

pulau banda kabupaten maluku tengah
Foto Pulau Banda di Kabupaten Maluku Tengah.  Sumber: Wisata Tanah Air

Pulau Banda ataun juga dikenal dengan nama Banda Naira merupakan Tempat Wisata Menawan di Maluku Tengah.  Wisata Pulau Banda menawarkan beragam wisata bawah laut yang menajubkan. Obyek wisata itu ada di Pulau Neira, yang diapit oleh Pulau Gunung Api, Pulau Ai, Pulau Sjahrir.  Untuk dapat mencapai obyek wisata di Maluku Tengah ini, kita dapat menumpang kapal feri dengan jarak tempuh sekitar satu malam dari Kota Ambon.

Diving di kedalaman laut, kita dapat menikmati beragam binatang dan tumbuhan laut, sementara dari atas perahu kita dapat menikmati tarian ikan paus mamalia laut terbesar, serta lumba-lumba. Ditaman bawah laut ini, kita bakal dihidangkan sekurang-kurangnya 350 spesies biota laut yang menajubkan mata.

Untuk yang mempunyai hobby memancing, kita dapat coba memancing ikan tuna serta beragam cakalang. Waktu memancing kita bakal dipandu oleh nelayan yang ada di sekitar obyek wisata ini. Selain menyajikan wisata alam, Pulau Banda menyimpan potensi wisata sejarahm sebab pulau ini pernah jadikan sebagai tempat pembuangan dari tokoh-tokoh besar kemerdekaan seperti Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, serta Dr Cipto Mangunkusumo yang dibuang pada saat koloni Belanda. Selain itu kita dapat melihat Benteng Belgica yang megah.

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA

wisata maluku barat daya
Foto Kunjungan Wisatawan Australia menggunakan Kapal Orion ke Maluku Barat Daya.  Sumber: ellejar travel hunt

Daya tarik wisata yang paling dominan di Kabupaten Maluku Barat Daya adalah daya tarik wisata bahari yang terdiri dari pantai dan keindahan alam bawah laut. Disamping itu, daya tarik wisata budaya dan sejarah juga dimiliki oleh Kabupaten Maluku Barat Daya.  Secara umum masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya merupakan masyarakat yang ramah dan terbuka terhadap pendatang, hal ini merupakan suatu kekuatan dalam pengembangan sektor pariwisata.

 

PANTAI NAMA


Foto Elle i Pantai Nama, Maluku Barat Daya.  Sumber: Ellejar Travel Hunt

Pantai Nama terletak di kecamatan P.P Terselatan, di sebelah barat Pulau Kisar, merupakan pelabuhan utama Wonreli yang berjarak 1 km dari pusat kota Wonreli.  Panorama Pantai Nama sangat menawan, perpaduan antara pasir pantai yang putih, biru toska air laut yang jernih, dan dipadu dengan hijaunya pepohonan serta warna cokelat abu-abu bebatuan perbukitan.  Sayangnya jalan setapak menuju pantai nama belum memadai karena jalan menuju pantai tersebut masih berupa pasir gembur, seringkali menyebabkan ban kendaraan slip.

 

PANTAI LITI

pantai liti tempat wisata menawan di maluku barat daya
Foto Pantai Liti, Tempat Wisata menawan di maluku Barat Daya.  Sumber : Ellejar Travel Hunt

Pantai Liti terletak sekitar 10 km dari dari pusat kota Wonreli. Pantai Liti berada di sebelah selatan Pantai Jawalang, memiliki pasir putih yang memukau, dan dihiasi dengan tebing tanjung yang memacu adrenalin, sayangnya lokasi pantai ini belum dapat dijangkau dengan kendaraan.

 

DANAU TIHU

danau tihu tempat wisata menawan di maluku barat daya
Foto Danau Tihu di Maluku Barat Daya.  Sumber: Ellejar Travel Hunt

Danau Tihu merupakan satu-satunya danau di Pulau Wetar, terletak 30 km dari pusat kecamatan Wetar. Panjang danau ini sekitar 36 km.  Air danau bergejolak layaknya air laut, bahkan juga mengalami air pasang dan surut.  Danau Tihu memiliki jenis ikan yang sama dengan jenis ikan diperairan Wetar.  Ditengah-tengah Danau Tihu terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Ibu. Pengunjung Danau Tihu harus berhati-hati karena di danau ini ada buaya nya.

 

GUNUNG KERBAU

gunung kerbau di pulau moa maluku barat daya
Foto Gunung Kerbau, Pulau Moa, Maluku Barat Daya.  Sumber: Ellejar Travel Hunt

Gunung Kerbau merupakan gunung tandus dan kering, namun di gunung ini terdapat banyak hewan kerbau yang hidup bebas. Keberadaan kawanan kerbau di gunung ini melambangkan kekayaan peternakan kerbau yang merupakan ciri khas Pulau Moa.  Di daerah daratannya memiliki padang rumput yang luas cocok untuk peternakan. Kawasan ini menyajikan panorama menawan berupa gunung-gunung tandus.

Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku:

  1. Pantai Nama
  2. Pantai Kiasar
  3. Pantai Uhum
  4. Pantai Jawalan
  5. Pantai Liti
  6. Pantai Kiou
  7. Pantai Tutu
  8. Pantai Intuntun
  9. Pantai Ienhayer
  10. Bukit Doa getsemani
  11. Nus Eden
  12. Maupora
  13. Air Terjun Telaa
  14. Pasir Panjang tepa
  15. Pantai Wati
  16. Pantai Laitutun
  17. Gunung Kerbau
  18. Pantai Patty
  19. Danau Tihu
  20. Tut Eden
  21. Gunung Berapi Pulau Damer
  22. Pemandian Air Panas Desa Keli
  23. Air Terjun Regoha
  24. Pulau Luang
  25. Pulau Metimarang
  26. Piramida Jerman di Pulau Kisar
  27. Benteng Delfshaven
  28. Gereja Tua dan Rumah Raja Wonreli
  29. Benteng Vollen Hagen
  30. Kerajinan Emas Desa Letwurung
  31. Tari Kerpopo
  32. Tenun Adat Babar
  33. Gereja Tua Patti

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN MALUKU TENGGARA

Kabupaten Maluku Tenggara terdiri dari 119 buah pulau kecil dengan ibukota Langgur. Kabupaten Maluku Tenggara hanya terdiri atas 1 gugus kepulauan  yaitu: gugus kepulauan Kei yang terdiri atas  Kepulauan Kei Kecil dengan Luas seluruhnya 722 km2 dan Pulau Kei Besar dengan Luas 550 km2. Dengan jumlah puluau sebanyak 25 buah pulau.

Pulau Kei Besar dominasi dengan bukit-bukit yang masih sangat asri, sedangkan untuk Pulau Kei Kecil di dominasi pantai-pantai yang memilik pasir putih yang sangat lembut bagaikan tepung.

Penduduk asli Kabupaten ini adalah suku Kei, disamping orang-orang asal daerah lain yang menetap di kabupaten ini, misalnya orang asal Jawa, Bugis dan Makasar serta Buton yang menetap sebagai pedagang.  Yuk kita lihat keindahan Tempat Wisata di Kepulauan Kei Kecil, Maluku Tenggara.

Untuk mencapai Pulau Kei, jika Jika anda datang dari Jakarta, anda bisa naik Garuda jurusan Jakarta – Bandara Pattimura (Ambon) – Bandara Dumatubun (Langgur) – kemudian anda menaiki kendaraan ke Desa Debut – lalu anda menumpang kapal motor menuju ke Warbal.  Yuk kita lihat Tempat Wisata Menawan yang ada di Maluku Tenggara.

 

PANTAI NGURTAFUR


pantai ngurtafur di kabupaten maluku tenggara
Foto Pantai Ngurtafur, Pulau Waha, Kabupaten Maluku Tenggara.  Sumber: Blog Reservasi

Pantai Ngurtafur terletak di Pulau Waha, Kota Tual ini merupakan salah satu pantai terindah di Provinsi Maluku.  Pantai Ngurtafur merupakan pasir timbul yang memiliki hamparan pasir putih selebar 7m dengan panjang sekitar 2 km, memiliki 2 sisi pantai dengan air laut yang biru jernih yang memungkinkan Anda menikmati keindahan terumbu karang dari atas kapal.


Foto Burung pelikan di Pantai Ngurtafur.  Sumber: Telusur Indonesia

Jika beruntung di Pantai Ngurtavur ini Anda akan menjumpai penyu belimbing — langka dan bahkan dilindungi oleh organisasi WWF (World Wide Fund for Nature), yang oleh masyarakat lokal lebih dikenal dengan sebutan “Tabob“, serta bisa melihat kawanan burung Pelikan yang sedang bermigrasi dari Australia ke Maluku.

 

GUA HAWANG


gua hawang di maluku tenggara
Foto Gua Hawang, Kei, Maluku Tenggara.  Sumber: Merdeka . com

Gua Hawang terletak di Desa Desa Letvuan, Kei Kecil, berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Tual.  Goa Hawang dalam bahasa setempat berarti “goa setan” memiliki air yang jernih.  Air dalam Gua Hawang berasal dari Mata air Evu yang merupakan sumber mata air terbesar di Kepulauan Kei.

Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku :

  1. Pantai Ngurtafur / Pair Timbul Ngurtavur
  2. Gua Hawang
  3. Pantai Ngur Sarnadan
  4. Bukit Masbait (Patung Kristus Raja dengan panorama Sunrise dan Sunset)
  5. Desa ADat Tanimbar Kei
  6. Gua Luvat (Tebing Lukisan Tangan)
  7. Pulau Ngav
  8. Pulau Er
  9. Pulau Ngodan

 

PULAU KAPAL

 

Pulau Kapal terletak sekitar 7 km dari Langgur Ibu Kota Kabupaten Maluku Tenggara.  Lokasinya di sebelah Desa Sathean, berupa sebuah pulau kecil yang berbentuk Kapal.  Penduduk setempat percaya bahwa dahulu kala ada kapal yang digunakan oleh leluhur mereka yang berasal dari Bali tiba di Kei. Menurut Legenda kapal tersebut karam di lokasi ini dan kemudian berubah menjadi batu. Di depan Pulau kapal ini merupakan lokasi yang cocok untuk kegiatan snorkeling dengan airnya yang biru dan bersih dan karang-karangnya yang indah. Di Sana juga terdapat sebuah Café di tepi pantai yang berhadapan dengan jarak hanya 200 m dari pulau kapal tersebut. Tersedia pula perahu untuk disewakan ke pulau ini.

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT

Kabupaten Maluku Tenggara Barat merupakan daerah kepulauan yang terdiri atas pulau besar dan kecil dengan jumlah 85 pulau. 57 pulau diantaranya telah dihuni dan 28 pulau belum dihuni.  Berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa dijadikan referensi saat mengunjungi wilayah Maluku Tenggara Barat.

 

PERAHU BATU

perahu batu di maluku tenggara barat
Foto Perahu Batu atau Natar Sory Fampompar, sumber: republika

Perahu Batu yang terletak di desa Sangliat Dol, kecamatan Wertamrian, kabupaten Maluku Tenggara Barat ini merupakan peninggalan mahakarya budaya megalitikum yang selalu mengandung nilai holistik, sakral dan historis.  Penyusunan batu sedemikian rupa sehingga tetap kokoh dan kuat oleh kondisi cuaca apapun. Bangunan yang dibuat kurang lebih pada abad 16 Masehi dengan nama lokal Natar Sory Fampompar dengan ukuran lebar lambung 9,8 meter dan panjang 18 meter menghadap kearah timur. Di depannya terdapat Pamaru dan bagian belakang terdapat meja batu yang berfungsi sebagai tempat sesajian dan meja persembahan ketika dilaksanakan ritual adat pada siding adat, rapat desa maupun pada saat menerima tamu.

 

Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku:

  1. Desa Tumbur, Desa Kerajinan Patung
  2. Perahu Batu, Natar Sori Fampompar
  3. Monumen Kristus Raja
  4. Monumen Pembaptisan Pertama
  5. Pantai Kelyar
  6. Pelabuhan Laut Saumlaki
  7. Pantai Matakus

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Kabupaten Seram Bagian Barat Yang berjuluki Saka Mesa Nusa merupakan Kabupaten yang memiliki semua keindahan yang lengkap, dari hutan, daratan dan lautan, semua menjadi satu kesatuan yang menawan.  Sejak tahun tahun 2016 obyek wisata di Kabupaten Seram Bagian Barat ini mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat.

Yuk kita tengok Tempat Wisata yang ada di kabupaten ini :

PULAU KASA

pulau kasa seram bagian barat blog wisata indonesia
Foto Pulau Kasa di Kabupaten Seram Bagian Barat, sumber: Majalah Laras

Pulau Kasa selain memiliki pemandangan alam yag indah juga memiliki sumber daya alam laut yag begitu besar dengan terumbu karang yang beraneka ragam. Tebaran pasir putih yang mengililingi pulau ini dengan pemandangan bawah laut yang indah dan alami sangat cocok bagi wisatawan. Bagi wisatawan yang suka olah raga air dapat berenang dan menyelam ditemani ikan sambil menikmati terumbu karang dan berbagai biota laut.

Pulau Kasa selain memiliki pemandangan alam yang indah juga memiliki sumber daya alam laut yang begitu besar dengan terumbu karang yang beraneka ragam. Berbagai corak kehidupan laut dengan ikan, karang yang beraneka ragam bentuk dan ukuran.  Surat Menteri Pertanian, No : 653/KPTS/ KUM /10/1978 tanggal 25 Oktober 1978 Pulau Kasa memiliki luas PTWAL atau Taman Wisata Alam laut seluas 1100 Ha, sementara luas datarannya adalah 900 Ha.

Pulau Kasa juga memiliki beberapa potensi flora dan Fauna. Beberapa potensi flora Pulau Kasa adalah Anggrek Bulan Ambon, Cemara Laut, Waru Laut, Bintanggor, Pandan Laut dan Beringin Pantai. Sementara Potensi Fauna adalah merupakan habitat burung Camar, Burung Pantai, dan Burung Gosong ( Maleo )

Untuk mencapai Pulau ini bisa ditempuh sekitar satu jam 30 menit dari Kota Piru — Ibukota Seram Barat dengan menggunakan angkutan laut berupa speedboat. Selain itu, bisa juga melalui akses lain yang ditempuh sekitar dua jam Pantai Natsepa Ambon.

 

PULAU OSI

pulau osi kabupaten seram bagian barat
Foto Pulau Osi di Kabupaten Seram bagian Barat, Maluku. Sumber: kompasiana, Muhamad Irsyad

Pulau Osi merupakan pulau terbesar di antara lima pulau yang berjejer di tepi Pulau Seram, tepatnya Desa Eti, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat.  Luas Pulau Osi sekitar 9 hektar. Empat pulau lain, yakni Tatobo Lasungke, Tatobo Besar, Tatobo Buntal, dan Tatobo Surati, luasnya masing-masing kurang dari 2 hektar.  Kebanyakan orang menyebut lima pulau yang dirangkai jembatan itu dengan satu nama, yakni Pulau Osi, mungkin karena hanya Pulau Osi yang ada penghuninya, yakni sekitar 300 keluarga.

Tak hanya keindahan mangrove atau kesunyian di kala malam atau langit biru berpadu laut yang disajikan di tempat itu, Pulau Osi juga menawarkan keindahan bawah laut lewat terumbu karang.  Itu yang membuat wisatawan datang ke sana. Dari Pulau Osi, Anda juga bisa menjelajah pulau-pulau terdekat, seperti Pulau Marsegu yang merupakan habitat kelelawar, serta Pulau Buano yang indahnya tak kalah menawan.

 

DESA SOLEH

pantai soleh di kabupaten seram bagian barat provinsi maluku
Foto Pantai Soleh di Pulau Kelang, Kabupaten Seram Bagian Barat.  Sumber: Blog Reservasi

Desa Soleh terletak di Pulau Kelang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku. Daerah ini dijuluki dengan nama seribu pulau.  Untuk menjangkau Desa Soleh jika dari Bandara Pattimura / Terminal Ambon Anda bisa rental mobil atau naik angkot ke Pelabuhan Tahoku Desa Hila sekitar 30 menit, dengan biaya rental mobil sekitar 150-200 ribu, untuk naik angkot per-orang 15 ribu. Lalu naik speedboat ke Desa Soleh Pulau Kelang sekitar 3 jam, per-orang dikenakan biaya 100 ribu.

Di Desa Soleh kita dapat menikmati beberapa obyek wisata sekaligus, diantaranya:

  • Pantai Soleh,
  • Tanjung Sole,
  • Pantai Mahua,
  • Tanjung Kasa,
  • Batu Itang, dan
  • Pantai Tanjung Ular.

Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku:

  1. Pulau Kassa,
  2. Pulau Osi,
  3. Desa Soleh
  4. Air Terjun Wasia di Desa Ruma Kay,
  5. Danau Tapala di Kecamatan Taniwel Timur,
  6. Air Putri di Desa Piru
  7. Air Terjun Homoli

 

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR

Sama seperti Kabupaten lain di Provinsi Maluku, Kabupaten Seram bagian Timur juga memiliki tempat wisata yang menawan, khususnya wisata bahari berupa pantai yang cantik yang menanti untuk dikunjungi.

PANTAI ENGLAS

pantai englas kabupaten seram bagian timur provinsi maluku
Foto Pantai Englas di Kabupaten Seram Bagian Timur.  Sumber: Wisata Alam

Pantai Englas`terletak di sebelah barat Bula, yang lebih dikenal sebagai “kota minyak”.  Pantai Englas dikenal sebagai pantai yang indah, berpasir putih dengan air lautnya yang jernih serta pemandangan alamnya yang eksotik. Tempat wisata Pantai Englas kerap digunakan sebagai tempat rekreasi, renang dan memancing.

Bagi yang sedang berkunjung ke Kota Ambon, Pantai Englas bisa menjadi salah satu agenda tujuan wisata. Menumpangi kapal Pelni Pangrango dengan biaya tiket Rp.150.000.- wisatawan sudah tiba di Kota Bula. Lama perjalanan dengan kapal ini 2 hari. Wisatawan selanjutnya dapat memilih menginap untuk sementara di beberapa penginapan murah di Bula baru kemudian menyiapkan segala sesuatunya untuk menuju ke pantai ini. Menggunakan mobil sewaan atau motor, wisatawan tiba di Pantai Englas hanya dalam trempo 15 menit.

 

PANTAI TANJUNG SESAR

pantai tanjung sesar seram bagian timur
Foto Pantai Tanjung Sesar di Kabupaten Seram Bagian Timur.  Sumber: Detik Travel

Pantai Tanjung Sesar terletak tak jauh dari pantai Englas, hanya perlu waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan.  Wisatawan yang sedang menikmati keindahan Pantai Englas, dapat mengarahkan pandangan ke sebelah barat, di sana tampak terbentang Tanjung Sesar dengan segala pesonanya.

Wisatawan domestik yang berkunjung ke Pantai Tanjung Sesar biasanya menikmati ikan bakar hasil tangkapan sendiri dengan jaring yang disewa dari penduduk setempat. Situasi dan kondisi alam yang asri, pohon pohon kelapa dan kasuaria yang tumbuh sepanjang pantai, dipastikan memberikan kesan yang damai dan tenang.

 

DANAU SOLE

danau sole di kabupaten seram bagian timur provinsi maluku
Foto Danau Sole di Kabupaten Seram Bagian Timur.  Sumber: issilayar goranriun

Danau Sole merupakan danau air asin yang berada di Desa Amarsekaru Dusun Arwouw, Kecamatan Pulau Gorom. Objek wisata Danau Sole ini sesungguhnya sudah dikenal di seluruh dunia. Wisatawan mancanegara sangat sering berkunjung ke danau air laut ini melalui perjalanan panjang dari negara mereka menggunakan kapal pesiar.

Danau Sole sering dikatakan sebagai salah satu danau air laut terunik dan sangat eksotik di dunia. Airnya jernih dan tenang, sehingga sangat cocok untuk renang, mancing, maupun untuk menikmati pemandangan bawah laut dengan melakukan snorkeling dan diving. Ini karena Danau Sole merupakan tempat berkumpulnya beragam biota laut, berbagai jenis terumbu karang yang indah dan ratusan jenis ikan.

Dari Kota Ambon, perjalanan ke Danau Sole di Amarsekaru menggunakan kapal laut Manusela tujuan kota kecamatan Seram Timur, Geser. Bila sudah tiba di Geser, wisatawan melanjutkan perjalanan menggunakan Speed Boot atau Long Boat menuju Amarsekaru, Kecamatan Gorom.

 

Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku:

  1. Pantai Englas
  2. Pantai Tanjung Sesar
  3. Pulau Karang Bais
  4. Pulau Kon
  5. Danau Sole

 

Demikian artikel berjudul TEMPAT WISATA MENAWAN DI PROVINSI MALUKU, semoga bermanfaat.

 

Kembali ke : Daftar Tempat Wisata Menawan di Indonesia

 

Terimakasih sudah mampir ke Blog Wisata Indonesia, bantu Like & Share ya.

 

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Juni 2017 in WISATA MALUKU

 

Tag: , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: