RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI PAPUA

08 Okt

 TEMPAT WISATA MENAWAN DI PAPUA

perahu-asmat-tempat-wisata-menawan-di-papua-eloratourPerahu Suku Asmat, Kekayaan Tempat Wisata di Papua.  Sumber: kebudayaanindonesia

TEMPAT WISATA MENAWAN DI PROVINSI PAPUA

Tempat wisata di Papua merupakan kekayaan wisata yang indah di Indonesia khususnya di wilayah Timur Indonesia.  Kondisi alam yang masih sangat alami dan indah merupakan kelebihan yang dimiliki oleh Tempat Wisata di Provinsi Papua.  Hampir di seluruh penjuru Papua menyimpan keindahan alam yang menawan, indah, serta unik. Maka dari itu, tidak salah jika ada banyak pilihan Tempat Wisata Menawan di Papua yang bisa dikunjungi. Bahkan Tempat Wisata yang ada di Provinsi Papua sebagian sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia.

Budaya masyarakat Papua yang unik dan sangat beragam, penduduknya yang ramah, menjadi daya pesona tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi Tempat-tempat Wisata di Provinsi Papua.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA MENAWAN DI PROVINSI PAPUA

Untuk Anda yang ingin berlibur ke Papua, berikut ini Daftar Tempat Wisata Menawan di Provinsi Papua yang perlu Anda kunjungi.

 

PUNCAK JAYA WIJAYA

puncak-jaya-wijaya-cartenz-pyramid-eloratour
Puncak Jaya Wijaya di Papua.  Sumber: okezone

Puncak Jaya Wijaya  atau Carstensz Pyramid merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia, tak heran selalu masuk dalam Daftar 7 puncak yang menjadi incaran para pendaki gunung dari berbagai belahan dunia.  Salah satu tujuan wisata di Provinsi Papua yang puncaknya selalu tertutup oleh salju ini masuk dalam wilayah Taman Nasional Laurentz.

Puncak Jayawijaya mempunyai panorama yang sangat indah, dan langka sebab puncaknya selalu tertutup oleh salju. Tidak banyak gunung di wilayah tropis yang puncaknya tertutup salju.  Jika dilihat dari udara, Puncak Jayawijaya yang memiliki tinggi 4.884 dapl itu bagaikan permadani yang diselimuti tudung putih. Saat matahari sedang cerah, maka hamparan salju tersebut akan akan memantulkan cahaya matahari yang mempesona.

 

TAMAN NASIONAL LORENTZ

taman-nasional-lorentz-di-papua-eloratour
Taman Nasional Loretz di Papua.  Sumber: wikipedia

Taman Nasional Lorentz dengan luas sekitar 2,4 juta hektar, merupakan taman nasional terbesar yang ada di Asia Tenggara.  Namanya yang agak kebarat-baratan berasal dari nama seorang penjelajah asal Belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz yang melakukan eskpedisi pada tahun 1909.

Taman Nasional Lorentz punya koleksi satwa yang sangat bervariasi, ada 630 jenis burung dan 123 jenis mamalia hidup di sana . Contoh mamalia dan burung yang ada di Taman Nasional Lorentz antara lain: dari kangguru pohon, kuskus, kucing liar, babirusa, walabies, burung cendrawasih, kasuari, beo, burung udang, dan masih banyak lagi.

 

DESA WISATA UGIMBA

desa-ugimba-di-provinsi-papua-eloratour
Rimba di dekitar Desa Ugimba, Desa Wisata di lereng Cartenz, Papua.  Sumber: detiktravel

Desa Wisata Ugimba yang berada di Kabupaten Intan Jaya, merupakan destinasi lain yang ada di Provinsi papua.  Desa Ugimba terletak di ketinggian 3.200 mdpl, adalah desa paling ujung dan terakhir yang ditemui pendaki yang menempuh perjalanan ke Carstensz, satu-satunya tempat bersalju di Indonesia.  Dari Jakarta, wisatawan bisa naik pesawat ke Timika atau ke Nabire dan lanjut menuju Intan Jaya. Perjalanan dari Sugapa, ibukota Kabupaten Intan Jaya ke Desa Wisata Ugimba memakan waktu sekitar 8 jam.

Di Desa Wisata yang diresmikan pad tahun 2014 ini, wisatawan dapat menjajal adrenalin dengan wisata arung jeram di Sungai Kemabu, sungai unik yang mengeluarkan bau harum dan menghasilkan garam.    Ada juga air terjun Degemaga, Mboemaga dan air keramat Sungai Simagabu.  Penduduk desa ini ada sekitar 1.600 orang. Mereka hidup dengan cara berkebun. Kehidupan mereka masih tradisional dan masih banyak pria yang memakai koteka

 

TAMAN NASIONAL WASUR

taman-nasional-wasur-papua-eloratour
Taman Nasional Wasur di Papua.  Sumber: wikipedia

Taman Nasional Wasur merupakan bagian dari lahan basah terbesar di Papua dan sedikit terganggu oleh aktivitas manusia. Biodiversitasnya membuat taman ini dijuluki sebagai “Serengeti Papua“.  Taman Nasional Wasur yang terletak di Kabupaten Merauke ini termasuk lahan basah terbvesar di tanah Papua.

Sekitar 70% dari luas wilayah ini terdiri dari sabana, sementara vegetasi lainnya merupakan hutan rawa-rawa, hutan monsoon, hutan pantai, hutan bambu, padang rumput dan hutan sagu.  Taman Nasional Wasur juga menjadi habitat bagi aneka satwa.

candi-alam-musamus-di-papua-eloratour
Candi Alam Musamus, Papua, rumah ribuan rayap.  Sumber: maulmu

Masih di Taman Nasional Wasur, Kabupaten Merauke, terdapat Candi Alam Musamus, candi hasil karya rayap.  Betul, rayap binatang kecil itu sanggup membuat sarang yang tingginya mencapai 2 meter.  Candialam nan unik ini tersebar di daerah dengan karakter padang sabana.

 

LEMBAH BALIEM

festival-lembah-baliem-papua-eloratour
Festival Lembah baliem, Papua.  Sumber: travel.kompas

Lembah Baliem merupakan lembah di pegunungan Jayawijaya yang berada di ketinggian 1.600 meter dpal, terletak di Desa Wosilimo, 27 km dari Wamena, Papua.  Lembah Baliem merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali, dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Lembah Baliem memiliki beberapa keunikan.  Pertama, karena letaknya yang tinggi maka suhu udara di Lembah Baliem bisa mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari.

Kedua, di Lembah Baliem terdapat pasir putih seperti pasir pantai.  Seperti lembah lainnya, Lembah Baliem dikelilingi perbukitan hijau yang memiliki pemandangan sangat indah dan alami, namun di sana juga ada pemandangan seperti pantai karena adanya pasir putih. Pasir putih di Lembah Baliem mempunyai tekstur sama persis dengan pasir yang ada di pantai, bahkan terasa asin.  Lembah Baliem juga memiliki batu-batu granit yang menyembul dari tanah, hal ini menguatkan pendapat bahwa Lembah Baliem dulunya adalah danau, yang akibat gempa, terjadilah perubahan alam karena lempeng-lempeng bumi yang bergeser.

Warga Lembah Baliem masih mempertahankan adat budayanya, itu terlihat dari kaum pria yang masih memakai koteka, dan kaumperempuan yang masih mengenakan rok rumbai. Di Lembah baliem, setiap tahunnya selama tiga hari di Bulan Agustus, diselenggarakan acara tahunan yaitu Festival Lembah Baliem. Festival ini awalnya merupakan cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang sering terjadi di sini. Banyak wisatawan mancanegara hadir untuk menyaksikan keunikan Festival Lembah Baliem yang membuat mereka terpesona.

 

AIR TERJUN WAFSARAK

air-terjun-wafsarak-di-papua-eloratour
Air Terjun Wafsarag di Papua.  Sumber: traveldetik

Air Terjun Wafsarak terletak di Distik Warsa, sekitar 2 jam dari kota Biak, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.  Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter, terbilang cukup perawan.  Air terjun ini masih jarang dikunjungi wisatawan, padahal alam di sekitar air terjun termasuk sangat indah. Banyaknya pepohonan membuat suasana menjadi sejuk. Airnya yang jernih sangat nyaman saat menyentuh kulit.

Tempat Wisata Air terjun Wafsarak ini bisa membuat wisatawan serasa memiliki tempat pribadi; bisa bermain air, juga lompat terjun dari tebing ke dalam air, secara bebas tanpa terganggu pengunjung lain.  Alternatif lain yang bisa dilakukan di Tempat wisata Wafsawrag ini menyusuri bukit di sekitar air terjuan.

 

DANAU SENTANI

danau-sentani-di-papua-eloratour
Danau Sentani di Papua.  Sumber: travelinghematnusantara

Danau Setani memiliki luas 9.360 hektar, merupakan danau terbesar di Papua. Danau Sentani menawarkan keindahan luar biasa, sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini.Terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura, Danau Sentani menawarkan bermacam wisata air seperti  berenang, memancing, berperahu, hingga menyantap kuliner di sekitar danau  untuk berkeliling danau.

Di sekitar Danau Sentani terdapat 24 desa di sekitar tempat wisata ini yang bisa Anda kunjungi untuk mengenal keunikan budaya nya dan berinteraksi langsung dengan warganya. Pemandangan deretan rumah panggung dengan jaring ikan menjadi hal yang wajar Anda saksikan di sini. Yang menarik adalah adanya acara tahunan yaitu Festival Danau Sentani yang biasa diselenggarakan setiap pertengahan bulan Juni.

 

KAMPUNG WISATA ASEI

penari-kampung-wisata-asei-pulau-eloratour

Penari Kampung Wisata Asei. Sumber: tourismgoestoschool

Pulau Asei terletak di tengah Danau Sentani, yang merupakan Danau terbesar di tanah Papua. Secara geografis berada di kawasan lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops, Jayapura. Kampung ini dihuni oleh sekitar 300 penduduk yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Untuk mencapai kampung ini anda harus menempuh perjalanan darat dengan waktu 30 menit dari Kota Jayapura dan 10 menit dari Bandara Sentani menuju dermaga di Danau sentani. Setelah sampai di dermaga hanya butuh waktu 5 menit menyeberang menggunakan perahu kayu untuk bisa sampai ke Pulau Asei.

Pulau Asei ini merupakan pulau yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan karena keunikan kreativitas lokal dan jejak sejarah Perang Dunia Ke II yang tersimpan di tempat ini.  Beberapa jenis senjata mesin, tangki-tangki bahan bakar, dan berbagai artefak lainnya tersebar di seluruh wilayah pulau. Peninggalan lainnya yang tidak kalah bersejarah adalah sebuah gereja tua peninggalan Belanda yang sudah dibangun sejak 1928 dan masih terus berfungsi sebagai gereja hingga saat ini. Bangunan ini terletak di puncak tertinggi pulau Asei dan dari halamannya Anda dapat menyaksikan pemandangan Danau Sentani yang luar biasa memukau.

Warga Asei memiliki sebuah seni yang sudah diwariskan antar generasi dan kini menjadi sebuah hasil seni yang begitu terkenal luas di seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Lukisan Kulit Kayu adalah karya seni asli Asei yang sudah diakui sebagai karya seni khas Papua dan sangat disukai oleh para wisatawan.Kulit kayu ini diambil dari pohon Ombou yang tumbuh subur di pulau itu.

Tiga pilihan warna lukisan kulit kayu yaitu  putih, hitam, dan merah, yang berasal dari pewarna alami. Putih dari kapur, hitam dari arang, dan merah dari buah merah Papua. Motifnya biasanya bercerita tentang kehidupan dan penggambaran hewan-hewan di dalam keseharian mereka.  Pada setiap motif memiliki arti yang berbeda-beda, seperti misalnya motif Fouw, Motif ini sebenarnya milik keluarga raja dan juga merupakan yang paling terkenal disini. Motif nya bergaris-garis membentuk spiral yang memiliki arti “ikatan kebersamaan dan kekeluargaan”. Motif lainnya seperti Hakhalu yang memiliki arti “putri raja”, motif Yoniki yang berarti “kebesaran seluruh Sentani” dan motif Rasyimrale yang berarti “tempat pijakan raja”

 

KAMPUNG WISATA ABAR

kampung-wisata-abar-papua-eloratour
Kampung Abar
sentra kerajinan gerabah di Papua.  Sumber: beautynesia

Kampung Wisata Abar berlokasi di pulau yang terletak di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Kampung Abar menjadi satu-satunya sentra gerabah yang bertahan sampai saat ini di Papua.  Menurut penelitian, tradisi pembuatan gerabah juga ditemukan di pesisir utara Papua, seperti di kampung Kayu Batu, Depapre, Saberi, Mansinam, Kurudu, dan Abar. Tetapi sekarang, hanya tinggal kampung Abar saja yang masih membuat gerabah.

Kampung Wisata Abar bisa diakses menggunakan kapal motor dari Pantai Khalkote, tepian Danau Sentani.  Kampung Abar adalah kampung tua yang merupakan tempat ditemukannya arkeologi berupa situs pemukiman kuno budaya neolitik. Di Kampung Abar juga terdapat kandungan tanah liat yang dapat diolah menjadi gerabah hingga saat ini.

SITUS MEGALITIKUM TUTARI

situ-megalitikum-doyo-papua-eloratour
Situs Megalitikum Tutari, Doyo, dengan latar Danau Sentani.  Sumber: berandapapua

Situs Megalitikum Tutari adalah sebuah Situs Prasejarah dari zaman megalitikum atau zaman batu besar yang berada di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua. Seluruh kawasan situs megalitikum Tutari dikelilingi atau di tumbuhi hamparan pohon akasia. Akses jalan dalam lokasi situs juga cukup baik yaitu jalan yang terbuat dari beton dan menghubungkan setiap objek wisata dalam situs.

Objek wisata di situs wisata Tutari jika di pandang dari segi cerita dibagi dalam 4 bagian yaitu : Pertama, Batu bergambar Hewan (menceritakan hasil tangkapan atau mata pencaharian masyarakat prasejarah Kampung Doyo yang di dapat dari Danau Sentani.  Kedua, Batu Bergambar Gelang (menceritakan tentang harta masyarakat untuk membayar denda atau maskawin).  Ketiga, Batu Ondofolo (menceritakan kisah ondofolo atau kepala suku yang berubah menjadi batu).  Terakhir, Batu barisan laki-laki dan perempuan (sebagai simbol pekuburan).

Selain cerita masa prasejarah  lokasi situs Megalitik Tutari juga menawarkan pemandangan yang sangat indah mulai dari pemandangan danau sentani, hamparan rumpun hijau, batu-batuan besar di bukit dan lain-nya yang dapat di manfaatkan sebagai background foto bagi anda yang hobi fotografi.

 

DANAU PANIAI

danau-paniai-di-papua-eloratour
Danau Paniai di Papua.  Sumber: biasputih

Danau Paniai yang berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas 14.500 hektar disebut sebagai danau terindah pada Konferensi Danau Se-Dunia di India pada tanggal 30 November 2007 yang diikuti 157 negara. Danau Paniai merupakan salah satu penghasil ikan air tawar terbesar di Papua, banyak ikan yang Anda temukan di sini seperti ikan mas, ikan nila dan ikan mujair.  Di Danau Paniai kita bisa belajar memancing bersama perempuan-perempuan suku Mee dan Moni yang biasa dipanggil ‘mama’.

Danau Paniai disore hari akan menampilkan pemandangan yang sangat mempesona. Di sana kita dapat menikmati siluet dari tebing-tebing, burung-burung berterbangan di atas danau ditambah perahu nelayan setempat yang mulai merapat pulang.

 

PULAU MANDENA

diving-di-pulau-mandena-papua-eloratour
Diving di Pulau Mandena, Yapen, Papua.  Sumber: kepyapenkab

Pulau mandena terletak di Kabupaten yapen, Provinsi Papua.  Pulau ini terletak dekat dengan Pulau Miosindi. Berwisata di Pulau Miosindi tak lengkap rasanya bila anda tak mengunjungi Pulau Mandena.

Pulau Mandena merupakan pulau tak berpenduduk, namun pulau ini memiliki keistimewaan khusus untuk berwisata selam dikarenakan keindahan panorama bawah lautnya yang tak kalah dihiasi beragam jenis terumbu karang dan ikan hias yang tak dijumpai pada spot-spot selam pada wilayah lain.

 

KAMPUNG WISATA BURUNG CENDRAWASIH

wisata-burung-cendrawasih-papua-eloratour
Wisata Burung Cendrawasih di Kabupaten Yapen, Papua. Sumber: kepyapenkab

Wisata Burung Cendrawasih, ini terdapat di beberapa tempat di Kabupaten Yapen, Papua, diantaranya: Kampung Sawendui, Kampung Barawai, dan Kampung PoomCenderawasih atau paradisoaeidae apoda, minor, cicinnurus regius, dan seleudicis melanoleuca merupakan burung khas dari Provinsi Papua . Dari 43 spesies burung surga ini, 35 di antaranya bisa ditemukan di Papua.  Oleh masyarakat di Papua, burung cenderawasih dipercaya sebagai titisan bidadari tak berkaki atau Apoda, burung yang cantik tetapi tak berkaki, karena mereka berjalan atau hanya bertengger di dahan pohon saja.

Lokasi wisata dapat dijangkau dari Kota Serui, Ibukota Kabupaten Yapen.  Setelah berada di Kota SERUI, wisatawan kemudian dapat melakukan perjalanan menuju destinasi Burung Cendrawasih dengan menggunakan transportasi laut, yakni perahu lokal atau speedboat, dengan waktu tempuh kurang lebih 3-4 jam dari kota Serui.

Burung ini biasanya hidup di hutan yang lebat atau di dataran rendah. Ia memiliki kebiasaan bermain di pagi hari saat matahari mulai menampakkan cahaya di ufuk timur.  Cenderawasih jantan memakai bulu lehernya yang menawan untuk menarik lawan jenis. Tarian cenderawasih jantan amat memukau. Sambil bernyanyi di atas dahan, pejantan ini bergoyang-goyang ke berbagai arah. Kadang malah bergantung terbalik bertumpu pada dahan.
Demikian artikel berjudul TEMPAT WISATA MENAWAN DI PAPUA, semoga bermanfaat.
Jangan lupa klik Like & bantu Share ya guys, biar Keindahan Tempat Wisata Papua,Indonesia, tersebar ke seluruh dunia.

Save

Save

Save

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 8 Oktober 2016 in WISATA PAPUA

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: