RSS

ADA PERISTIWA APA DI TANGGAL 6 AGUSTUS 2016 MALAM ?

05 Agu

ADA FENOMENA APA LAPAN MEMINTA LAMPU DIMATIKAN PADA PUKUL 20.00 – 21.00

 

FENOMENA LANGKA DI TANGGAL 6 AGUSTUS 2016

Taburan Bintang di Langit Gunung Bromo eloratourLangit Malam Bertabur Bintang, Sumber Gambar : di sini

Ada peristiwa langka yang akan terjadi di 6 Agustus 2016 malam, yaitu kita akan bisa melihat fenomena alam istimewa, dimana Galaksi Bima Saksi dengan ratusan miliar bintang membentang dari Utara ke Selatan menampilkan sinarnya.

Galaksi kita Bima Sakti, yang memiliki banyak nama, antara lain Sungai Perak atau Gingga dalam bahasa Jepang, Jalur Susu atau Milky Way dalam bahasa Inggris, atau Selendangnya Bima atau Bima Sakti dalam bahasa Indonesia, adalah gugusan ratusan miliaran bintang yang redup namun mampu menampilkan panorama langit yang sangat indah.

Sayangnya, bagi kita yang tinggal di perkotaan, polusi cahaya dari hamburan cahaya lampu perkotaan menyebabkan langit tampak terang, sehingga mengalahkan cahaya bintang-bintang di langit malam.  Tapi nggak usah sedih guys, ada masalah pasti ada solusinya.
Ahli astronomi dan astrofisika, Thomas Djamaluddin menggagas “kampanye langit gelap” untuk kembali menikmati indahnya malam bertabur bintang.”


Caranya, pada malam itu semua lampu di luar ruangan, sedapat mungkin termasuk lampu jalan dimatikan. Cukup satu jam saja, pukul 20.00–21.00. Saat itu ketika langit mulai gelap total (karena matahari sudah jauh terbenam dan cahaya senja sudah menghilang) dan aktivitas di luar ruangan mulai berkurang, kita matikan semua lampu luar
,”.  Kita semakin berpeluang besar untuk mengamati langit yang cerah bertabur bintang kalau gangguan polusi cahaya diminimalkan.ucap Thomas melalui tulisan di blog-nya.

KENAPA DIPILIH TANGGAL 6 AGUSTUS ?

Lapan mengadakan kegiatan tahunan “Malam Langit Gelap” setiap 6 Agustus, sebab bertepatan dengan Hari Keantariksaan.  Namun ada alsan lain selain kaitannya denganHari Keantariksaan, yaitu terkait dengan musim kemarau pada bulan Agustus.

 “Mematikan lampu luar selama satu jam, juga sekaligus mengkampanyekan hemat energi seperti Earth Hour,” jelas Thomas.

Thomas Djamaludin juga menyampaikan gagasan LAPAN yang kedua, yakni menjadikan daerah tertentu sebagai kawasan bebas polusi cahaya yang biasa disebut Taman Langit Gelap (Dark Sky Park).  Lapan mengusulkan kawasan sekitar Observatorium Nasional yang akan dibangun di Kupang sebagai kawasan Taman Langit Gelap.  Di kawasan Taman Langit Gelap, penggunaan lampu sangat dibatasi, hanya boleh untuk di dalam ruangan yang tidak memancar ke luar.

Beberapa kawasan di Nusa Tenggara Timur sangat potensial, untuk dijadikan Taman Langit Gelap,” ujar pria lulusan Kyoto University itu.

Kondisi cuaca yang kering, memungkinkan jumlah malam cerah paling banyak. Kawasan seperti ini bisa menjadi daya tarik turis untuk wisata astronomi yang menarik.

 

KITA LELUASA MENIKMATI FENOMENA LANGIT UTARA & SELATAN

Apalagi Indonesia yang berada di wilayah ekuator, memungkinkan kita mengamati langit Utara dan langit Selatan. Di Amerika, Jepang, dan Eropa pengamat astronomi lebih banyak mengamati langit Utara,” papar nya.  Sejauh ini pengamat di Australia lebih banyak mengamati langit Selatan. Di Indonesia, kata Thomas, kita bisa menikmati bintang-bintang di langit Utara dan Selatan lebih leluasa.

Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN),  menuturkan bahwa bisa juga dilihat rasi Angsa (Cygnus) di langit Utara dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle), tiga bintang terang di sekitar rasi Angsa: Vega, Deneb, dan Altair. Di langit Selatan pun terlihat rasi Layang-Layang atau Salib Selatan (Crux), yang sering digunakan sebagai penunjuk arah Selatan.  Hampir di atas kepala bisa kita saksikan rasi Kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares.

 

BEBERAPA TEMPAT TERBAIK MENIKMATI LANGIT  MALAM BERTABUR BINTANG

Buat kalian yang suka berpetualang, dan punya waktu untuk mewujudkannya, kalian bisa memilih lokasi-lokasi terbaik untuk menikmati Fenomena Langit Malam Bertabur Bintang persembahan Galaksi Bima Sakti atau  Milky Way pada malam minggu 6 Agustus nanti.

 

GUNUNG GEDE, JAWA BARAT

Taburan Bintang di Langit Gunung Gede eloratour
Taburan Bintang di Langit Gunung Gede, Sumber Gambar : di sini

Salah satu tempat terbaik untuk melihat taburan bintang Galaksi Bimasakti di Indonesia adalah di Gunung Gede, yang berlokasi di Taman Nasional Gede Pangrango.  Terletak di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Di siang hari, suhu udara di Gunung Gede berkisar 18 derajat celcius, sedangkan suhu puncak di malam hari bisa mencapai 5 derajat celcius.

Untuk melihat taburan bintang Galaksi Bima Sakti, berkemahlah di alun-alun Suryakencana yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Sambil berkemah, menikmati secangkir kopi hangat, kita bisa puas memandangi keindahan langit malam yang dihiasi taburan bintang.

 

DATARAN TINGGI DIENG, JAWA TENGAH

Taburan Bintang di Langit Dieng eloratour
Taburan Bintang di Langit Dieng, Sumber Gambar : di sini

Salah satu tempat terbaik untuk melihat taburan bintang Galaksi Bimasakti di Indonesia juga ada di Dataran Tinggi Dieng. Dari sisi tenda, kita bisa menyaksikan pesona ribuan bintang dalam bentangan langit di atas Candi Arjuna, Gunung Prau, Dieng, serta di Bukit Sikunir.

 

GUNUNG MERAPI, YOGYAKARTA

Taburan Bintang di Langit Merapi eloratour
Taburan Bintang di Langit Merapi, Sumber Gambar : di sini

Gunung Merapi merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat taburan bintang Galaksi Bimasakti di Indonesia .  Dalam dingin yang menyelimuti, kita bisa menyaksikan pesona ribuan bintang berpadu anggunnya merapi yang menjulang.

 

PANTAI PANTAI DI LAMPUNG

Taburan Bintang di Langit Kelumbayan eloratour
Taburan Bintang di Langit Pantai Batu Layar, Sumber Gambar : di sini

Tak harus mendaki gunung untuk menikmati taburan bintang di langit. Bagi kalian yang kurang hobi mendaki gunung namun ingin melihat Milky Way, pantai-pantai di Lampung dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk tetap bisa menikmati Milky Way.

Selain  kemegahan Pantai Batu Layar atau Batu Gigi Hiu, Kelumbayan, kita juga bisa menikmati Taburan Bintang di Pantai Pahawang, Pantai Tanjung Putus, Pantai Teluk Kiluan, Pantai Merak Belatung, dan lain-lain.

 

PANTAI – PANTAI DI GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

Taburan Bintang di Langit Pantai Kukup eloratour
Taburan Bintang di Langit Pantai Kukup Gunung Kidul, Sumber Gambar : di sini

Pantai-pantai di Gunung Kidul ini dapat menjadi salah satu opsi terbaik untuk tetap bisa menikmati Milky Way. Selain  Pantai Kukup, kita juga bisa menikmati Taburan Bintang di Pantai Krakal,  dan Pantai Drini.

 

GUNUNG BROMO, JAWA TIMUR

Taburan Bintang di Langit Bromo eloratour
Taburan Bintang di Langit Bromo, Sumber Gambar : di sini

Pesona keindahan Gunung Bromo sudah tersiar hingga ke berbagai penjuru dunia. Selain dapat melihat sunrise, sunset, dan lautan pasir luas bak Gurun Sahara, di Gunung Bromo kita pun dapat melihat fenomena Milky Way. Fenomena Milky Way di Gunung Bromo disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di dunia.

 

RANU KUMBOLO, KAKI GUNUNG SEMERU, JAWA TIMUR

Taburan Bintang di Langit Ranu Kumbolo eloratour
Taburan Bintang di Langit Ranu Kumbolo, Sumber Gambar : di sini

Ranu Kumbolo adalah danau air tawar yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru.  Danau Ranu Kumbolo ini menjadi tempat transit bagi para pendaki dalam perjalanan mereka untuk mencapai puncak Mahameru. Para pendaki mendirikan tenda di dekat Danau Ranu Kumbolo, dan di malam hari mereka bisa menyaksikan taburan gugusan bintang Milky Way.

 

TANJUNG PAPUMA, JEMBER, JAWA TIMUR

Taburan Bintang di Langit Tanjung Papuma eloratour
Taburan Bintang di Langit Tanjung Papuma, Sumber Gambar : di sini

Tanjung Papuma terletak di Kecamatan Wuluhan, sekitar 45 km arah selatan Kota Jember, Jawa Timur.  Tanjung Papuma memiliki keindahan pantai yang eksotis berupa pantai berpasir putih, dengan batu-batu karang besar.  Keindahan Pantai Papuma semakin bertambah dengan didampingi sebuah pulau karang di tengah laut yang dinamai Pulau Kodok. Tak heran jika Pantai Papuma menjadi salah satu Tempat Wisata Menawan di Jawa Timur yang ramai dikunjungi wisatawan.

Sesuai namanya yang merupakan akronim dari “Pasir Putih Malikan“, di pantai ini memang terdapat batu-batu malikan yang dapat mengeluarkan bunyi serupa musik saat terkena ombak. Tanjung Papuma ini menjadi salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk melihat Milky Way.

SEGARA ANAKAN, LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT

Taburan Bintang di Langit Segara Anakan eloratour
Taburan Bintang di Langit Segara Anakan, Sumber Gambar : di sini

Segara Anakan yang memiliki arti “Anak Laut” adalah danau kawah Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Danau Segara Anakan adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat Milky Way di Indonesia. Dengan berkemah di tepi Danau Segara Anakan kita bisa menikmati indahnya fenomena Milky Way.

 

PULAU KEPA, ALOR, NUSA TENGGARA TIMUR

Taburan Bintang di Langit Pulau Kepa eloratour
Taburan Bintang di Langit Pulau Kepa, Sumber Gambar : di sini

Pulau Kepa merupakan sebuah pulau kecil yang berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari kota Kalabahi, ibu kota Kepulauan Alor.  Jarak antara Kepulauan Alor Kecil dengan Pulau Kepa hanya sekitar 500 meter, sehingga terlihat dengan mata telanjang.

Pulau Kepa memiliki pantai berpasir putih, dengan laut biru jernih yang menyimpan keindahan terumbu karang. Alor merupakan surga terumbu karang.  Keindahan alam bawah lautnya, dipadu dengan jutaan kerlip bintang dari Milky Way di langit malam.

 

WAE REBO, NUSA TENGGARA TIMUR

Taburan Bintang di Langit Wae Rebo eloratour
Taburan Bintang di Langit Wae Rebo, Sumber Gambar : di sini

Nusa Tenggara Timur memang surganya Milky Way. Selain Pulau Kepa, masih ada Desa Wae Rebo yang terletak di Kabupaten Manggarai, Kecamatan Satarmese Barat. Ciri khas Desa Wae Rebo yang masih sangat terjaga keasriannya, adalah tujuh buat rumah kerucut Flores yang dinamakan Mbaru Niang.

Walaupun di Desa Wae Rebo sudah ada listrik, namun Desa Wae Rebo masih cukup bersih dari polusi cahaya. Itulah sebabnya mengapa kita bisa menikmati Milky Way dengan cukup jelas dari sini.

 

Akhir kata, selamat menikmati Malam Minggu Bertabur Bintang Guys  🙂

 

Sumber :
Global.Liputan6.com
Radarbanyumas.co.id
bersabda.com
kaskus.co.id
klik.hotel.com
isikulkas.com
fotografer.net

Save

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 Agustus 2016 in Fenomena Alam

 

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: