RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI PAPUA BARAT

26 Jul

tempat wisata menawan di papua barat

Papua Barat menyimpan banyak sekali Tempat Wisata Menawan.  Sebut saja Raja Ampat, Pulau Salawati, Pulau Wayag, Desa Sauwandarek, Taman Nasional Teluk Cendrawasih.  Itu barulah sebagian dari Tempat Wisata Menawan di Papua Barat.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA MENAWAN DI PAPUA BARAT

 

RAJA AMPAT, PAPUA BARAT

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Keindahan alam di wilayah Kabupaten Raja Ampat sudah sangat mendunia. Dari sekitar 610 pulau kecil yang berada di areanya, hanya sekitar 35 pulau saja yang dihuni oleh penduduk. Terumbu karang di perairan Raja Ampat dinilai sebagai yang terlengkap di dunia, karena dari 537 jenis karang yang ada di dunia ini, 75 persennya berada di perairan ini. Selain itu, setidaknya ada 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska dan 537 jenis hewan karang yang terdapat di seluruh wilayah perairannya.

Pulau Waigeo adalah pulau terbesar dari empat pulau utama dari Kepulauan Raja Ampat. Pulau ini berada antara Pulau Halmahera dan Pulau Papua dengan jarak sekitar 65 km barat laut Pulau Papua. Luas pulau ini 3155 km², dengan titik tertinggi 1000 m. Jarak antara barat ke timur sekitar 110 km, serta utara ke selatan sekitar 50 km.  Kota Waisai terdapat di bagian barat Pulau dan merupakan ibukota dari Kabupaten Raja Ampat.

Pulau Misool memiliki luas wilayah 2.034 km², dengan titik tertinggi 535 m dan kota utama adalah Waigama ini berbatasan langsung dengan Laut Seram. Daerah ini terletak di kepala burung papua barat dan dekat dengan kota sorong . Misool terbagi atas dua bagian yaitu misool timur selatan dan misool barat. Daerah ini terkenal juga dengan keanekaragaman budaya, adat, laut dan darat.  Pulau misool termasuk daerah segitiga karang dunia dan puluhan banyak ikan hias yang terdapat di dalam lautnya yaitu sekitar 75% ikan hias dan segitiga karang dunia juga terdapat di daerah misool ini. Dan daerah ini juga memiliki laut lepas yang sangat luas sekali sehingga menjadi jalur lintasnya hewan-hewan besar yaitu seperti ikan paus dan gurita.

 

PULAU SALAWATI

pulau-salawati-raja-ampat-papua-eloratour
Pulau Salawati di Papua.  Sumber: jalan2

Pulau Salawati yang merupakan satu dari 4 pulau utama di Kepulauan Raja Ampat memiliki keunikan alam yang mempesona, sebab hampir hampir 3/4 dari pulau ini ditumbuhi pohon sagu.  Terbilang masih belum terjamah tangan-tangan manusia karena belum adanya fasilitas wisata, namun justru itulah yang menjadi daya tarik pesonanya.

Selain alamnya yang unik dan perawan, Pulau Salawati juga memiliki pesona budaya berupa tarian wor, serta adanya bunker-bunker bersejarah sisa dari perang dunia II juga bisa ditemui.

Pulau Salawati memiliki luas 1.623 km², terletak di antara Pulau Batanta dan Wilayah Papua Nuguinea.  Batanta merupakan salah satu dari empat pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat di provinsi Papua . pulau ini memiliki total luas 453 km ².

 

PULAU WAYAG

pulau-wayag-raja-ampat-papua-eloratour
Pulau Wayag di Papua.  Sumber: anekawisatabahari

Pulau Wayag di Kabupaten Raja Ampat, Papua, menyimpan keindahan yang sangat luar biasa dan sulit bisa kita temui di tempat lain. Pulau Wayag yang merupakan ikon tempat wisata di Kabupaten Raja Ampat ini dijuluki surga penyelam di Raja Ampat.

Pulau Wayag menyimpan aneka terumbu karang dan ribuan jenis ikan memberikan pemandangan yang sangat indah untuk para penggila diving.  Keindahan alam berupa perpaduan gundukan pulau-pulau kecil dan laut yang biru jernih, menampilkan pesona alam yang sungguh memanjakan mata siapapun yang memandangnya.

 

DESA WISATA SAUWANDAREK

diving-di-desa-sauwandarek-papua-eloratour
Diving di Desa Sauwandarek, Papua.  Sumber: wisatasauwandarek

Desa Sauwandarek masih berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Di Desa Sauwandarek kita bisa melihat rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami.   Tempat wisata budaya ini hanya ditempati sekitar 46 kepala keluarga. Perempuan-perempuan di Desa Sauwandarek biasa membuat topi dan tas dari daun pandan laut, bisa kita beli sebagai oleh-oleh.

Wisata yang ditawarkan di Desa Sauwandarek antara lain menyelam,  snorkeling, serta trekking ke Telaga Yenauwyau — telaga unik yang ada di desa ini. Telaga Yenauwyau dikatakan unik karena air di telaga ini air asin, bukan air tawar seperti kebanyakan air di telaga lain. Menurut kepercayaan warga di sana sekitar, di telaga Telaga Yenauwyau ada penyu putih, dan bagi siapa  yang melihatnya akan mendapatkan keberuntungan.

TAMAN NASIONAL TELUK CENDRAWASIH, PAPUA BARAT

taman nasional teluk cenderawasih papua barat eloratour

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Papua Barat juga memiliki satu tempat lagi yang mempesona, khususnya bagi pecinta diving, yakni Taman Nasional Teluk Cendrawasih.  Tempat ini adalah taman nasional terluas di Indonesia yang 89,8% wilayahnya merupakan wilayah laut.  Tercatat ada sekitar 209 jenis ikan yang menghuni kawasan ini, diantaranya adalah butterflyfish, angelfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish, dan anemonefish. Selain itu, terdapat empat jenis penyu yang sering mendarat di taman nasional ini yaitu penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang dan penyu belimbing. Bahkan duyung (dugong), paus biru, ketam kelapa, lumba-lumba dan hiu pun sering sekali terlihat di perairan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

Ada 2 akses untuk mencapai tempat ini, yaitu dari Manokwari atau Nabire. Dari Manokwari ke lokasi taman nasional (Pulau Rumberpon), kita bisa menggunakan longboat dengan waktu tempuh sekitar 5,5 jam. Atau dari Manokwari ke kota kecamatan Ransiki dengan mobil sekitar tiga jam dan dilanjutkan dengan motorboat sekitar 2,5 jam.

Selain wisata bahari, di tempat ini juga terdapat goa alam peninggalan zaman purba, sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam di Pulau Misowaar, goa dalam air di Tanjung Mangguar. Sejumlah peninggalan dari abad 18 masih bisa dijumpai pada beberapa tempat seperti di Wendesi, Wasior dan Yomber. Umat Kristiani banyak yang berkunjung ke gereja di desa Yende (Pulau Roon), hanya untuk melihat kitab suci terbitan tahun 1898.

 

TELUK TRITON, KAIMANA, PAPUA BARAT

teluk triton papua barat eloratour
Teluk Triton, Papua Barat, Indonesia.  Sumber: di sini

Teluk Triton terletak di Kabupaten Kaimana, Propinsi Papua Barat, 40km tenggara dari Kota Kaimana. Daerah ini dikenal dengan keindahan bawah air yang dikenal sebagai surga bawah laut dan warisan budaya.
Bagi anda yang suka dengan kegiatan menyelam maka jangan lupa kunjungi dive site di sekitar Temintoi, Pulau Iris.  Teluk Triton menyimpan berbagai macam keindahan yang mampu memanjakan anda dalam masa liburan yang indah. Kawasan di Teluk Triton terdapat 959 jenis ikan karang dan 471 jenis karang di mana 16 dari mereka adalah spesies baru, dan 28 jenis udang mantis. Kita dengan mudah dapat menemukan Paus Bryde mencari makanan. Selain itu karang-karang di Teluk Triton merupakan karang lunak atau lebih dikenal dengan soft coral. Banyaknya ikan dan biota laut di sini juga menjadikan tempai ini cocok untuk arena pemancingan.

ATRAKSI PAUS BRYDE, KAMPUNG LOBO

Paus Bryde Kampung Lobo Papua barat eloratour
Paus Bryde di Teluk Triton Papua Barat, Indonesia.
  Sumber: di sini

Masih berada di Teluk Triton, pesona lain datang dari Kampung Lobo, yakni atraksi paus Bryde yang sering menampakkan diri di samping perahu para nelayan desa Lobo. Mereka tidak takut berdekatan dengan perahu dan manusia.  Masyarakat kampung Lobo juga tidak memburu paus paus ini. Menurut mereka, paus Bryde adalah keluarga penyelamat, jadi nelayan Lobo membiarkan saja paus paus ini berenang di Teluk Triton. Paus yang bisa mencapai panjang 12 meter ini bahkan sering terlihat muncul di permukaan teluk.

 

LUKISAN PRASEJARAH TEBING MAI-MAI

lukisan tebing mai-mai papua Barat eloratour
Lukisan Prasejarah Tebing Mai-Mai, Kaimana, Papua Barat, Indonesia.  Sumber: di sini

Bila kita pergi ke daerah Mai-mai, Kaimana, Papua Barat, kita akan menjumpai tebing karang yang di dindingnya terdapat lukisan prasejarah. Meskipun dibuat dari bahan alami, namun warna lukisannya terlihat gat jelas. Lukisan berupa tengkorak, telapak tangan, dan binatang, menandakan bahwa masyarkat setempat pada jaman dahulu suka berburu.

Lukisan Prasejarah Tebing Mai-Mai berupa Lukisan dinding batu yang merupakan peninggalan prasejarah pada jaman mesolitikum ini terletak di kampung Mai-mai distrik kaimana dengan batas utara kampong mai-mai, batas timur dengan hutan rakyat, batas selatan dengan teluk triton dan batas sebelah barat dengan selat erana.Gambar atau lukisan/relief telapak tangan manusia, binatang, manusia, matahari, arah angin dll yang digambar sebelum manusia mengenal tulisan dan agama resmi.

 

PULAU RUMBERPON

pulau-rumberpon-di-papua-eloratour
Pulau Rumberpon di Papua.  Sumber: ngasihtau

Pulau Rumberpon berada di Teluk Wondama, sekitar 5 jam perjalanan dengan kapal dari Manokwari. Pulau Rumberpon memiliki pantai yang disebut dengan Pantai Pasir Panjang sebab garis pantainya sangat panjang, mencapai 6 km.

Di Pantai pasir Panjang, Pulau Rumberpon ini, kita dapat melakukan kegiatan air seperti menyelam, snorkeling, berenang dan memancing.  Jika ingin pengalaman berbeda, cobalah mengunjungi hutan bakau yang ada di pesisir lain di pulau ini. Kita juga bisa ke padang alang-alang untuk melihat burung rusa.

 

BENTENG FORT DU BUS

 

Benteng Fort du Bus dibangun oleh tentara Hindia Belanda pada tahun 1828. Dinamakan Fort de Bus karena Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang berkuasa saat itu, L.P.J. Burggraaf du Bus de Gisignies. Sayangnya, setelah wabah Malaria membunuh hampir seluruh tentara Hindia Belanda, benteng ini lalu dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Berbagai pesona seperti Lukisan kuno dari jaman prasejarah di sisi dinding karang sepanjang 1 Km di Maimai, Bryde’s paus di Lobo, dan menyelam atau snorkeling di dekat Temintoi, Selat Iris, akan memanjakan petualangan wisata kita di Teluk Triton, Papua Barat ini. Selain itu jangan lewatkan juga melihat sunset di Teluk Triton. Warna semburat jingga sunsetnya, dijamin akan meyihir mata anda.

PULAU MANSINAM

Pulau mansinam papua barat eloratour
Pulau Mansinam, Papua Barat, Indonesia.  Sumber: di sini

Satu obyek wisata di Papua Barat lainnya adalah Pulau Mansinam. Pulau Mansinam sangat cocok untuk dijadikan tempat diving. Kita bisa menikmati keindahan bangkai bangkai kapal yang tenggelam dalam laut. Bangkai bangkai kapal yang sudah ditumbuhi oleh terimbu karang dan dijadikan rumah oleh ikan ikan kecil berbagai warna benar benar menyajikan pemandangan yang indah dan mempesona.

Di Pulau Mansinam kita juga bisa mempelajari peradaban awal masyarakat Mansinam lewat bangunan Gereja, sumur tua dan makam makam Zendeling juga Asrama. Tempat ini merupakan saksi bagaimana dulunya Hindia Belanda masuk ke Papua.

 

SITUS PURBAKALA TAPURARANG, FAKFAK, PAPUA BARAT

Situs Purbakala Tapurarang Papua Barat eloratour
Situs Purbakala Tapurarang, Papua Barat, Indonesia.
  Sumber: di sini

Situs Purbakala Tapurarang terletak di Disrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat merupakan peninggalan zaman prasejarah. Situs ini berupa sebuah lukisan telapak tangan manusia dan binatang di sebuah tebing bebatuan yang sangat terjal. Lukisan prasejarah yang terdapat di tebing ini bisa Anda jumpai di Andamata, Fior, Forir, Darembang dan Goras.

Meski sudah berumur ratusan tahun, lukisan yang dibuat dengan pewarna dari bahan-bahan alami tersebut masih tetap terlihat jelas hingga saat ini. Warna merah pada lukisan tebing ini menyerupai warna darah manusia sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai lukisan cap tangan darah.

 

TAMAN WISATA ALAM GUNUNG MEJA, MANOKWARI, PAPUA BARAT

Taman Wisata Alam Gunung Meja Papua Barat eloratour
Taman Wisata Alam Gunung Meja, Papua Barat, Indonesia. 
Sumber: di sini

Taman Wisata Alam Gunung Meja terletak di pusat kota Manokwari.  Tempat ini memiliki fungsi utama untuk pariwisata dan rekreasi alam, perlindungan sistem penyangga kehidupan dan pengawetan keragaman jenis tumbuhan, satwa dan keunikan alam. Di tempat ini kita bisa melakukan aktivitas trekking, hiking dan lain-lain.

Perjalanan menuju tempat ini pun cukup memanjakan mata karena kita bisa melihat Kota Manokwari dan Teluk Doreri yang menyembul di sela-sela pepohonan.  Taman Wisata Alam Gunung Meja menyimpan pesona berupa flora hutan tropis yang sangat beragam dan memiliki bentuk unik. Tempat ini dipercaya memiliki ratusan jenis pohon, puluhan jenis perdu, semak, liana dan paku serta tanaman herbal. Selain itu, belasan jenis anggrek dan beberapa jenis palem dan rotan juga hidup di sini.

 

Salam Jelajah Indonesia

 

 


Sumber :

https:// id. wikipedia. org/wiki/Kepulauan_Raja_Ampat
http:// www. tempatwisataid. com/tempat-wisata-di-papua-barat-dengan-keindahan-lautnya.html
https:// www. skyscanner. co. id/berita/5-objek-wisata-utama-di-provinsi-papua-barat

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: