RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI NUSA TENGGARA TIMUR

25 Apr

komodo-nusa-tenggara-timur

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur semakin dikenal ketika Pulau Komodo yang masuk ke dalam New Seven Wonder World.  Daftar Tempat Wisata Menawan di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga semakin bertambah menawan dengan adanya Pantai Pink, sebab hanya ada delapan ( 8) pantai berpasir pink di seluruh dunia.

 

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Di awal kemerdekaan Indonesia, kepulauan ini merupakan wilayah Provinsi Sunda Kecil. yang beribukota di kota Singaraja, kini terdiri atas 3 provinsi — berturut-turut dari barat: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.  Selain ‘kesamaan’ kisah masa lalu tadi, ketiganya juga memiliki kesamaan dalam hal Tempat Wisata Alam yang menawan. Yuk kita cari tau, ada Tempat Wisata Menawan Apa saja yang ada di Provinsi Nusa Tengara Timur.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI FLORES

DANAU KELIMUTU, FLORES

Danau Kelimutu NTT eloratourPanorama menawan dari Danau Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kelimutu terletak di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru, sekitar 66 km dari kota Ende dan 83 kilometer dari Maumere tepatnya di puncak Taman Nasional Kelimutu. Danau Kelimutu ini memiliki keunikan tersendiri, air Danau Kelimutu memiliki tiga warna yang berbeda Keindahan Danau Kelimutu mampu mempesona siapapun yang memandangnya.

 

LABUAN BAJO, FLORES, NTT

Labuan Bajo Flores NTT eloratour
Suasana Senja Labuan Bajo, Flores, NTT

Labuan Bajo merupakan pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Taman Nasional Komodo. Di labuan Bajo anda dapat mengunjungi beberapa pulau yang menghadap ke pelabuhan ini seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu. Selain itu anda juga dapat mengunjungi Gua Batu Cermin di Labuan Bajo.

Yang sangat menarik dari Labuan Bajo adalah saat sunset mulai mengubah warna langit menjadi jingga. Di sini Anda akan ditawarkan pemandangan yang menakjubkan. Matahari yang mulai tenggelam menciptakan siluet dramatis pulau-pulau kecil yang dekat dengan pelabuhan.

 

PULAU KOMODO, FLORES, NTT

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, eloratour
Panorama Pantai Pulau Komodo, NTT.

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo atau Taman Nasional Komodo ? Taman Nasional yang masuk dalam “7 Keajaiban Dunia” ini  merupakan tempat favorit para wisatawan yang mengunjungi Flores. Di pulau Komodo wisatawan bisa melihat Komodo di habitat alami nya dari dekat, tentunya dengan pemandu wisata.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

 

PINK BEACH, FLORES, NTT

DCIM103MEDIA
Pemandangan Pink Beach, Flores, NTT yang sangat menawan.

Pernahkah anda melihat hamparan pasir pantai berwarna pink /merah muda ?  Jika ingin melihatnya, silahkan datang ke Flores, Nusa Tenggara Timur. Jika pasir pantai biasanya berwarna putih atau coklat, maka sesuai namanya, pasir di Pink Beach ini berwarna merah muda. Warna pink pasir pantai yang berada di Pulau Komodo ini merupakan pasir pantai putih yang bercampur dengan serpihan karang, cangkang kerang, dan kalsium karbonat dari biota laut, dan juga Foraminifera, Amuba Mikroskopis yang memiliki cangkang tubuh berwarna merah.

Pink beach atau pantai berpasir merah muda ini hanya dapat ditemukan di 7 Negara, yakni: Indonesia, Bermuda, Filipina, Italia, Yunani, Bahamas, Karibia.  Luar biasanya, Indonesia memiliki 2 Pink Beach, satu Pink Beach di NTB, satu lagi di Flores, NTT ini.  Pink Beach letaknya agak terpencil karena berada di balik bukit. Di pantai ini kita dapat bersantai-santai di pantainya, berenang dan main air di lautnya, dan juga ber-snorkeling di lautnya yang jernih.

 

PULAU KANAWA, FLORES, NTT

Pulau Kanawa Flores NTT eloratour
Panorama Menawan Pulau Kanawa, Flores, NTT.

Pulau Kanawa terletak 15 kilometer dari Labuan Bajo dan memiliki luas sekitar 32 hektar. Pasir putih dan airnya sangat jernih sehingga anda dapat melihat keindahan karang bawah lautnya.  Di pulau seluas 32 hektare ini dibangun bungalow yang terletak dibibir pantai dengan sebuah pelabuhan kecil di dekatnya untuk melabuhkan perahu para wisatawan yang berkunjung. Konon, Pulau Kanawa dikelola oleh warga Italia, setelah sebelumnya berada dalam pengelolaan warga Labuan Bajo.

Pulau Kanawa memiliki keindahan alam dan bahari yang sangat mempesona, terutama keindahan pantai dan kehidupan bawah lautnya begitu menawan. Laut yang biru kehijauan begitu jernih seperti kaca, pasir pantai yang putih bersih dan disempurnakan dengan bentang langit luas berhiaskan awan.  Buat yang suka menyelam, akan dimanjakan dengan berbagai hewan laut yang menakjubkan seperti: manta, hiu paus, dan sebagainya.

 

AIR TERJUN CUNCA WULANG, FLORES, NTT

Air Terjun Cunca Wulang, Flores, NTT. eloratour
Panorama sejuk dan menawan Air Terjun Cunca Wulang, Flores,  NTT.  Sumber: di sini

Air Terjun Cunca Wulang berlokasi sekitar 300 meter ke arah timur kota Labuan Bajo. Utuk mencapai keindahan air terjun ini kita harus melakukan trekking melalui hutan selama kurang lebih 30 menit.  Setelah trekking selama 30 menit, kita akan disuguhi pemandangan tebing-tebing tinggi yang serupa dengan tebing Green Canyon dan air sungai berwarna biru yang jernih.

Untuk melihat lebih dekat keindahan air terjun Cunca Wulang, kita bisa berenang mendekatinya.  Dan bagi yang menyukai aktivitas ekstrim yang memacu adrenalin, bisa mencoba untuk melompat dari tebing dengan ketinggian 3 sampai 10 meter

 

AIR TERJUN CUNCA RAMI, FLORES, NTT

Air Terjun Cunca Rami, Flores, NTT. eloratour
Panorama Menawan Air Terjun Cunca Rami.

Air Terjun Cunca Rami berjarak 30 km dari Labuan Bajo. Untuk mencapai air terjun ini kita harus menyusuri hutan Mbelling dan melakukan perjalanan sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk mencapainya. Nama Cunca Rami berasal dari kata cunca yang artinya air terjun, dan rami yang artinya hutan.  Jadi Cunca Rami berarti air terjun yang dikelilingi hutan kecil di kiri kanan airtnya, Air terjun ini berada di kawawan hutan Mbeliling.  Ketinggian air terjun ini sekitar 30 m dengan tiga tingkatan.

Di bawah terjunan air terdapat kolam air berukuran berdiameter sekitar 5-7 m dan berkedalaman sekktar 12 m yang biasanya dijadikan tempat untuk berenang oleh pengunjung yang datang ke sini.  Jika berkunjung ke Manggarai Barat tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata Air Terjun Cunca Rami ini.

 

DANAU SANO NGGOANG, FLORES, NTT

Danau Sano Nggoang, Flores, NTT. eloratour
Panorama Menawan Danau Sano Nggoang, Flores, NTT.

Danau Sano Nggoang terletak di Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Danau Sano Nggoang merupakan danau vulkanik yang terletak di sebelah tenggara kawasan Hutan Mbeliling dan blok Hutan Sesok. Hutan Mbeliling sendiri berperan penting sebagai penyimpan dan sumber air bagi daerah di sekitarnya termasuk Labuan Bajo. Labuan Bajo sendiri merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat sekaligus pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) serta banyak keajaiban alam dan budaya di Pulau Flores lainnya.

Danau Sano Nggoang adalah danau terbesar di Nusa Tenggara Timur, memiliki luas sekitar 513 ha, berada pada ketinggian 750 m dpl dan memiliki kedalaman sekira 600 m itu menjadi daya tarik karena memiliki kadar belerang yang cukup tinggi. Bau belerang yang menyengat akan tercium saat berada di kawasan danau ini.

Kegiatan yang bisa kita lakukan disini adalah rekreasi dengan melakukan olahraga trekking, menungang kuda keliling danau, atau mandi air panas untuk kesehaadalah salah satu tujuan utama datang ke danau ini selain untuk refreshing, berkeliling danau dengan menunggangi kuda, bird watching, dan lain sebagainya.

 

PANTAI KOKA, FLORES, NTT

Pantai Koka, Flores, NTT. eloratour
Pemandangan Menawan Pantai Koka, Flores, NTT

Pantai Koka berada di desa Wolowiro, kecamatan Paga, kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Konon, nama pantai Koka diambil dari nama burung yang sering beterbangan disana. Hingga saat ini burung tersebut masih bisa dijumpai.  Dengan air berwarna biru toska serta pasir yang putih lembut, rasanya tak tahan untuk segera bermain dengan air ketika sedang berada di pantai ini.

Di sekitar pantai Koka terdapat beberapa pulau serta batu yang konon cukup sakral, salah satunya adalah batu karang besar berwarna hitam yang disebut dengan Watu Kuda yang konon merupakan jelmaan seekor kuda.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA ALAM DI KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR

Kupang akan menjadi kota yang indah pada bulan-bulan akhir tahun mulai dari September sampai dengan Desember.  Pada bulan-bulan terebut Kota Kupang seolah berubah seperti Negeri Sakura. Bunga-bunga yang biasanya berbunga pada bulan-bulan Desember serentak berbunga, diantaranya adalah bunga Flamboyan dan bunga sejenisnya mulai berbunga. Saat itulah kupang benar-benar menjadi kota indah dan menawan.

 

PANTAI LASIANA, KUPANG, NTT

Pantai Lasiana, Kupang, NTT. eloratour
Panorama Menawan Pantai lasiana, Kupang, NTT

Pantai Lasiana adalah pantai unggulan di Kupang. Pantai ini mempunyai pasir putih dan hamparan batu karang yang ada di tepi pantai. Di sekeliling Pantai Lasiana terdapat pohon kelapa. Dapat dikatakan Pantai Lasiana merupakan Brazilnya Indonesia.

Ombaknya yang tenang, hamparan pasir putihnya yang luas, membuat Pantai Lasiana sangat cocok untuk berlibur menghabiskan waktu luang bersama keluarga.Hanya 12 km dari pusat Kota, area wisata pantai seluas 3,5 ha, diapit oleh dua pantai yakni pantai Manikin dan pantai Batu Nona, tak heran selalu ramai saat liburan.

 

PANTAI TABLOLONG, KUPANG, NTT

Pantai Tablolong, Kupang, NTT. eloratour
Pemandangan menawan Pantai Tablolong, Kupang, NTT

Pantai Tablolong berada sekitar 30 kilometer dari Kota Kupang, Ibu Kota NTT ini memiliki pesona wajah pantai yang luar biasa memukau setiap pengunjung, lantaran kekayaan aneka biota laut, terumbu karang dan hamparan pasir putih.

Bila air laut sedang surut, kita bisa leluasa berjalan menyusuri pantai sambil satu persatu menikmati berbagai terumbu karang dan pemandangan yang ada di pantai tersebut.  Tak hanya itu, aneka biota laut pun dapat kita jumpai seperti bulu babi, bintang laut dan ubur-ubur.  Bila Anda pecinta mancing, Tablolong juga menjadi surga bagi para pemancing ikan laut.

 

PULAU KERA, KUPANG, NTT

Pulau Kera, Kupang, NTT. eloratour
Pulau Kera, Kupang, NTT.

Pulau Kera terletak di tengah laut luas dan dapat anda lihat dari tepi pantai Kupang. Kita perlu menggunakan perahu nelayan untuk sampai di Pulau ini, dengan lama waktu perjalanan sekitar 1 jam. Pulau Kera mempunyai hamparan pantai dengan pasir seputih salju, berpadu dengan merah karang serta warna air laut yang biru kehijauan. Keindahannya bahkan bisa terlihat dari seberang lautan. Pasir putihnya berkilau menawan dan mengundang kita untuk mendekat.

Ombaknya pun tenang, jadi kita bisa bermain sepuasnya di bibir pantai, berjemur, bermain ombak atau pasir, sambil menikmati keramahan penduduk pulau Kera.  Jika berkunjung, sebaiknya kita membawa makanan yang banyak untuk berbagi dengan penduduk Pulau kera, sebab penduduk Pulau Kera hidup dengan sederhana sekali.

 

AIR TERJUN OENESU, KUPANG, NTT

Air Terjun Oenesu, Kupang, NTT. eloratour
Air Terjun Oenusu, Kupang, NTT.

Kupang di NTT dikenal kering dan panas, namun dibalik itu terdapat Air Terjun Oenesu yang menjadi oase dari panasnya kota Kupang.  Hanya berjarak sekitar 20 Km dari Kota Kupang, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.  Air Terjun Oenesu memiliki pemandangan yang cantik menawan serta sangat unik, karena memiliki batuan yang mirip singa dan mulut gorila. Suasana di lokasi air terjun sangat asri dan sejuk karena dipenuhi banyak pepohonan.

Bagi kita yang mau ke sana, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, karena di sekitar lokasi Air Terjun Oenusu belum ada warung yang menjual makanan dan minuman.

 

AIR TERJUN OEHALA, TIMOR TENGAH SELATAN, NTT

Air Terjun Oehala, TTS, NTT. eloratour
Pemandangan yang asri dan menawan dari Air Terjun Oehala, TTS, NTT. 

Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mempunyai objek wisata yang sangat indah dan unik yaitu Air Terjun Oehala.  Oe dalam bahasa suku Timor berarti Air.  Air terjun Oehala ini berjarak sekitar 100 km dari kota Kupang. butuh dua jam untuk mencapainya. Jika dari kota Soe, Air terjun Oehala berjarak 10 km arah utara, dapat ditempuh dalam waktu hanya 15 menit.

Air Terjun Oehala mempunyai bentuk yang unik, memiliki tujuh tingkat, dengan pemandangan menawan.  Banyak pepohonan di sekitar air terjun ini sehingga menimbulkan suasana yang sejuk. Air di sana sangat segar, pastinya kita tak mau ketinggalan menikmati keindahan air terjun ini dengan airnya yang sangat segar.

Air terjun ini menyimpan keindahan yang luar biasa dan dikelilingi dengan pepohonan yang cukup tinggi dan rindang yang menambah kesejukkan di tempat ini. Banyak wisatawan yang datang ke Air Terjun Oehala untuk mandi atau sekedar berfoto maupun duduk menikmati keadaan alam disekitar air terjun. dengan menggunakan mobil rental, angkutan pedesaan maupun motor ojek dengan harga yang terjangkau.

 

TAMAN LAUT SELAT PANTAR, NTT

Taman Laut Selat Pantar, NTT. eloratour
Taman Laut Selat Pantar, NTT, salah satu Taman Laut Terindah di dunia.

Taman laut Selat Pantar berada di antara Pulau Alor dan Pulau Pantar.  Panorama keindahan taman laut yang menjadi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini konon terbaik setelah Kepulauan Karibia. Keindahannya sangat menawan, tidak kalah indahnya dengan taman laut lain yang berada di Indonesia semisal Taman Laut Bunaken atau Taman Laut di Raja Ampat.

Keindahan Taman Laut Selat Pantar mencakup perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate dan Pulau Pura.  Taman laut yang terdapat di sana bisa di golongkan sebagai Taman Laut terindah di dunia.  Setidaknya ada 26 titik penyelaman yang dapat dinikmati, diantaranya: Half Moon Bay; Peter’s Prize; Crocodile Rook; Cave Point; The Edge; Coral Clitts; Baeylon; The Arch; Fallt Line; The Patch; Nite Delht; Kal’s Dream; The Ball; Trip Top; The Mlai Hall; No Man’s Land; The Chatedral; School’s Ut; dan titik selam Shark Close.

Hebatnya, semua terumbu karang dan berbagai jenis ikan laut masih terawat dengan baik. Penduduk yang berprofesi sebagai nelayan pun juga turut menjaga dalam penangkapan ikan. Dan menurut penyelam dunia, ada satu titik penyelaman di mana titit tersebut digunakan sebagai tempat berkumpulnya hiu dasar yang mengagumkan dan sangat bersahabat dengan para penyelam.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA ALAM DI BAJAWA, NUSA TENGGARA TIMUR

DESA BENA, BAJAWA, NTT

Desa Bena, Bajawa, NTT. eloratoour
Panorama asri dan menawan Desa Bena, Bajawa, NTT. 

Hanya sekitar 1 jam perjalanan dari kota Bejawa, kita akan mencapai Desa Bena.  Bagi yang menyukai sejarah dan budaya, serta berminat soal bangunan adat, menhir, sarkovagus, akan betah disini.   Yang perlu diingat: jangan harap kita akan disapa terlebih dahulu oleh warga, sebab mereka tidak diperbolehkan mengganggu wisatawan.  Tetapi setelah anda sapa mereka sangat sangat ramah sekali.  Udara yang sejuk, dengan pemandangan pegunungan dipadu dengan kampung adat khas yang sulit untuk  ditemui di tempat lain akan memanjakan mata kita, sementara lidah kita akan dimanjakan oleh nikmatnya kopi panas.  Di Desa Bena kita juga bisa menyaksikan kegiatan menenun kain tradisional, atau upacara adatnya.

Ada yang menyebut Desa Bena sebagai kota di atas awan karena kalau pagi kita bisa melihat awan ke bawah dari kota ini.  Kota kecil ini sangat indah dan berhawa dingin. Dingin ?  Ya, dingin ! Memang secara umum Flores bercuaca panas, namun ada beberapa tempat yang sangat dingin, misalnya kota Ruteng dan kota Bajawa.  Karena itu, bila hendak bepergian ke Bajawa atau Ruteng, jangan lupa memperlengkapi diri dengan baju hangat. Suhu Ruteng dan Bajawa waktu musim kemarau bisa mencapai 0 derajat Celsius. Jangan lupa juga obat-obatan.

 

BATU BOLONG REEF, BAJAWA, NTT

Batu Bolong Reef, NTT. eloratour
Panorama Batu Bolong Reef yang menawan.

Pemandangan bawah laut Batu Bolong Reef sangat menakjubkan.  Menyelam di Batu Balong reef akan disuguhi pemandangan berupa begitu banyak ikan tropis, hiu, penyu, dan terumbu karang yang menghuni. Karang yang masih sangat sehat dengan begitu banyak jenis karang keras dan lunak.  Buat pecinta diving, Batu Bolong Reef dengan pemandangan dasar lautnya yang sangat menawan ini patut dicoba.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA ALAM DI RUTENG, NUSA TENGGARA TIMUR

DESA WAE REBO, RUTENG, NTT

Desa Wae Rebo, Ruteng, NTT. eloratour
Pemandangan menawan Desa Wae Rebo, Ruteng, NTT.

Untuk mencapai Desa Wae Rebo, kita harus treking sekitar 3 – 4 jam.  Lintasan trekking cukup menantang, namun pemandangan sepanjang perjalanan sungguh mempesona, dan kita akan disuguhi suara binatang liar seperti siamang, monyet dan burung liar.  Sampaidi Desa Wae Rebo, pemandangan berupa rumah adat, dengan suasana yang masih asri, dan kehidupan masyarakat yang sangat alami. Kita diperbolehkan untuk tinggal disini dengan membayar biaya penginapan dan biaya konsumsi.

Mbaru Niang, rumah kerucut suku Manggarai yang berada di desa Wae Rebo, Flores. Rumah berbentuk kerucut yang memiliki lima tingkatan terbuat dari kayu dan bambu. Lantai dasar berfungsi sebagai tempat tinggal bagi keluarga.  Pada lantai kedua digunakan untuk menyimpan makanan, untuk lantai ketiga digunakan menyimpan biji-bijian, dan lantai keempat sebagai penyimpanan makanan. Sedangkan pada lantai teratas atau lantai kelima sebagai tempat berdoa atau persembahan rohani. Untuk eksteriornya, menggunakan material yang berasal dari alam sekitar.  Menginap didalam rumah adat Niang menjadi pengalaman menarik, kita bisa belajar mengenal kopi dan bagaimana menyajikannya, atau tentang kain tenun, dan madu tanah nya.  Kita juga dapat menikmati seni Mbata yang selalu diturunkan dari generasi ke generasi.

 

SAWAH LODOK, RUTENG, MANGGARAI, NTT

Lodok Sawah berbentuk jaring laba-laba di Ruteng, NTT. eloratour
Lodok, desain sawah spektakuler yang terdapat di Ruteng, Manggarai, NTT.

Tak hanya misteri tentang Homo floresiensis yang menggoyahkan teori penyebaran manusia di dunia yang konon dari Afrika, Ruteng pun menjadi titik keberangkatan ke sebuah fenomena budaya dimana setengah masyarakat dunia menganggapnya fenomena alam berpangkal dari mahluk berinteligensi tinggi yaitu circle crop. Dari situlah mungkin tercipta Desain Sawah jaring laba-laba yang diakui dunia.  Karya spektakuler yang dinamakan Lodok itu konon terlahir dari adat istiadat setempat sehingga sawah jaring laba-laba dapat ditemukan di banyak tempat di Manggarai selain di Lingko Cara Cancar Kecamatan Ruteng.

Manggarai dikenal sebagai salah satu kabupaten di Pulau Flores yang paling berkembang, dengan Ibu kotanya Ruteng, sebuah kota yang cukup maju di kaki Gunung Anak Ranaka. Manggarai semakin berani menampakkan wajah cantiknya dengan pelayanan yang semakin prima bagi pengunjung. Bila berkunjung ke kota Ruteng, sempatkan waktu anda untuk berkunjung ke Kampung Ruteng.  Lokasi hanya berjarak tempuh 10 menit dari pusat kota Ruteng.  Arsitek kampung Ruteng penuh dengan pesan budaya leluhur, terdapat mesbah atau Compang dalam bahasa Manggarai menunjukan adanya kebiasaan menyembah pencipta dari budaya Bangsa Manggarai.

Di Ruteng, kita akan menyaksikan pemandangan puluhan gunung yang jarang di temukan di tempat lain — kecuali mungkin Gunung Kidul, Yogyakarta.  Bedanya, Ruteng bercurah hujan tinggi, berudara dingin dan penuh dengan kabut.  Bahkan kamera tidak dapat menangkap keindahan seluruh lanskapnya. Pemandangan hamparan sawah yang ditutup oleh gunung membuat kita terpesona.  Belum lagi penduduk yang ramah, suka menyapa bahkan orang yang baru kali pertama mereka jumpai.  Pagi hari, melihat anak-anak ke sekolah berjalan kaki bersama, menyusuri  jalan kampung, suatu pemandangan yang tidak ada lagi di perkotaan.

 

GOA RANGKO, MANGGARAI BARAT, NTT

Goa Rangko, Manggarai Barat, NTT, eloratourAir kolam yang jernih di dalam goa.  Sumber: di sini

Obyek wisata Goa Rangko terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur kini tengah ramai diperbincangkan di jagad media sosial, khususnya instagram.  Untuk mencapai Goa Rangko yang keren ini, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam berkendara dari Labuan Bajo atau dari Bandara Komodo.  Problem klasik obyek wisata baru adalah belum adanya kendaraan umum untuk menuju lokasi.  Selain jalannya yang masih berupa jalan berbatu, untuk ke sana, wisatawan harus sewa mobil atau motor.

Setelah sampai desa nelayan yang bernama Rangko, perjalanan dilanjutkan dengan perahu tradisional; dengan waktu tempuh sekitar 10 – 15 menit.  Sama juga, perahu nelayan tak selalu siap mengantar wisatawan.  Menurut travel.kompas.com. perahu-perahu hanya ada dan siap mengantarkan sekaligus masyarakat desa pergi ke kota.  Belum lagi soal kondisi pantainya yang dangkal menyulitkan kapal untuk bersandar.  Terkadang wisatawan harus berenang ke pantai saat laut surut.  Tapi justru itulah seru nya traveling:Serunya Traveling terletak pada prosesnya, spontanitas & ketidakpastian yang diakibatkannya … bukan saat sampai di obyek wisatanya itu yang membedakan dengan wisata-liburan … yang terskedul dengan rapi.  Lagipula setelah melalui keseruan-keseruan itu tadi kita akan mendapatkan sensasi yang sebanding, kolam yang jernih dan airnya yang segar.   Uniknya, air kolam di dalam Goa Rangko berasal dari resapan air laut .. yang rasanya tentu saja asin.

 

 

Demikian artikel berjudul TEMPAT WISATA MENAWAN DI NUSA TENGGARA TIMUR.

 

Terimakasih sudah mampir di Blog Wisata Menawan Indonesia, jangan lupa Like & Share ya Guys .. 🙂

 

 

 

Sumber :

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 April 2016 in WISATA NUSA TENGGARA TIMUR

 

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: