RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI JAWA TENGAH

15 Jan

Tempat Wisata Menawan di Jawa Tengah - Dieng

Ketika membicarakan tentang wisata Jawa Tengah, satu tempat yang sudah pasti tak boleh luput adalah Candi Borobudur. Candi megah ini merupakan ikon wisata di Jawa Tengah.  Namun, Jawa Tengah adalah propinsi yang sangat luas. Berbagai jenis tempat wisata akan kita temukan di propinsi ini. Mulai dari wisata pegunungan seperti Dieng hingga wisata bahari sekelas Karimunjawa.

Provinsi Jawa Tengah sesuai namanya berada di tengah – tengah Pulau Jawa dari sisi timur ke barat.  Letaknya cukup strategis, diapit nsi besar di Jawa, yakni Provinsi Jawa Timur di sisi timur, dan Provinsi Jawa Barat di sisi sebelah barat.  Ada banyak Tempat Wisata Menawan di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi, dari wisata alam, wisata sejarah, pendidikan, dan budaya, wisata belanja, dan tak ketinggalan wisata kulinernya.

 

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI PROVINSI JAWA TENGAH

Bagi warga Jawa Tengah, menikmati liburan bersama keluarga tidak mesti jauh-jauh ke luar negeri, karena ternyata ada banyak sekali obyek wisata di berbagai daerah di Jawa Tengah yang menarik untuk kita kunjungi. Mari kita tengok satu per satu Daftar Tempat Wisata Menawan di Jawa Tengah.

 

CANDI BOROBUDUR, MAGELANG, JAWA TENGAH

Candi Borobudur eloratourPanorama permai Candi Borobudur. Sumber: eloratour

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Candi Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di bagian tengah, sekaligus memahkotai bangunan ini. Stupa itu dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan sikap tangan memutar roda dharma  (Dharmachakra mudra).

 

DATARAN TINGGI DIENG, WONOSOBO, JAWA TENGAH

Dieng Plateau Elora Tour & AdventureWisatawan berfoto di Tugu Selamat Datang Dieng

Dataran Tinggi Dieng ( Dieng Plateau ) terletak di sebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.  Dataran Tinggi Dieng merupakan adalah salah satu dataran tinggi yang memiliki tempat wisata eksotis di Jawa Tengah.

Dataran Tinggi Dieng berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, kurang lebih 30 km dari kota Wonosobo.   Dataran Tinggi Dieng dikelola sebagai tempat wisata di Jawa Tengah secara bersama oleh Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Nama Dieng konon berasal dari bahasa Kawi  “di hyang”, “Di” berarti Tempat Tinggi, sedangkan “Hyang” artinya Dewa, sehingga Dieng artinya “Tempat atau Gunung tempat tinggal para Dewa Dewi”.  Ada pula yang megatakan nama tersebut berasal dari kata “Di Hyang” yang merupakan dari Bahasa Sunda, sebab diperkirakan pada abad ke-7 Masehi daerah ini berada dalam wilayah politik kerajaan Galuh.

Terletak di ketinggian 2.093 mdpl, Dataran Tinggi Dieng Wonosobo memiliki udara yang sejuk lengkap dengan kabut saat matahari tidak muncul di langit. Dengan kisaran suhu antara 15 sampai 20 derajat Celcius, Dieng Plateau memiliki 7 tempat wisata eksotis yang sayang untuk dilewatkan.

Selengkapnya dapat dibaca di : Dataran Tinggi Dieng

 

GUNUNG PRAU, JAWA TENGAH

 Gunung Prau Jawa Tengah eloratourGunung Prau, Jawa Tengah

Gunung Prau yang memiliki tinggi 2560 m dpl ini berbentuk memanjang seperti perahu, sehingga secara administratif masuk ke dalam wilayah 4 Kabupaten, yakni: Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal.

Sunrise Gunung Prau merupakan peristiwa yang ditunggu-tunggu oleh para pendaki, keindahan warna keemasan di ufuk langit menjelang pergantian hari  ini sungguh memukau. Menjelang musim kemarau, Bunga Daisy mulai bermekaran. Sehingga padang hijau yang tadinya hanya berupa rerumputan dan semak pun berubah menjadi lautan bunga Daisy.

Menurut penduduk setempat, gurung prau merupakan sisa letusan gunung purba dieng dan sebagian dari gunung prau mengalami sedimentasi dan menutup bagian dari pusat erupsi (dataran tinggi).

Di Gunung Prau terdapat beberapa hewan langka dan unik yang termasuk Fauna endemik Jawa, diantaranya adalah burung elang jawa namu, Owa Jawa, Macan Kumbang , Sigung Jawa, Rusa.

Karena bentuk Gunung Prau yang memanjang meliputi beberapa Wilayah Kabupaten memungkinan Gunung ini untuk ditempuh melalui beberapa Alternatif Jalur Pendakian. Lewat Jalur utara, bisa melalui Kabupaten Kendal.  Alternatif lain pendakian bisa dilakukan melalui jalur selatan, yaitu lewat Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Lamanya perjalanan melalui jalur ini relatif lebih singkat, yaitu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan.

 

KARIMUN JAWA, JAWA TENGAH

Karimun Jawa eloratourKepulauan Karimun Jawa, Jawa Tengah

Karimunjawa merupakan kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, yang berlokasi di utara kota Jepara dan Semarang.  Dari puluhan pulau, hanya 5 pulau saja yang berpenghuni.

Kepulauan Karimun Jawa merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang paling terkenal karena keindahan laut dan pantai nya. Selain menikmati wisata pantai, di Karimun Jawa wisatawan biasanya  juga menikmati snorkeling dan diving, menikmati keindahan bawah laut dan bermain bersama penyu dan hiu.

 

KAWASAN WISATA BATURADEN, BANYUMAS, JAWA TENGAH

 Baturaden eloratourKawasan Wisata Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah

Kawasan Wisata Baturaden terletak di lereng arah selatan Gunung Slamet, salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan hawa udara yang sejuk. Dari kawasan wisata ini kita dapat menyaksikan kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, serta sejumlah pantai berpanorama indah di daerah Cilacap.

Salah satu yang terkenal dari Baturaden adalah pemandian air panasnya yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pancuran Pitu.  Tempat wisata di Banyumas ini kita dapat berekreasi di Wana Wisata Baturaden, sebuah hutan alam hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau teman-teman Anda. Lokasi Wana Wisata ini berjarak sekitar 2 km dari Baturaden. Masih ada juga Taman Kaloka Widya Mandala, sebuah kebun binatang di Baturaden serta memiliki museum untuk menyimpan kerangka satwa khas Indonesia.

 

AGROWISATA TAMBI, JAWA TENGAH

 Agro Wisata Tambi eloratourHamparan hijau kebun Teh Tambi di lereng Gunung Sindoro-Sumbing

Agrowisata Tambi terletak di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.  Terletak tidak terlalu jauh dari obyek wisata Dataran Tinggi Dieng, Telaga Menjer, dan tempat perkemahan Jlumprit.

Agrowisata Tambi berupa kawasan perkebunan teh yang berada di ketinggian 800-2.000 meter di atas permukaan laut, dengan produk utama berupa teh hitam. Perusahaan Perkebunan Teh Tambi cocok untuk dijadikan sebagai obyek wisata edukatif dengan mengamati proses pembuatan teh, sambil menikmati hijaunya tanaman teh yang luas terhampar.

 

CURUG BELOT, BANYUMAS, JAWA TENGAH

 Curug Belot Banyumas Jawa Tengah eloratourCurug Belot, Banyumas, Jawa Tengah

Curug Belot terletak di dua kecamatan dan dua desa, yakni Kecamatan Baturaden Desa Rempoah, dan Kecamatan Sumbang Desa Banjarsari Kulon. Ketinggiannya sekitar 40 meter. Dinamai Curug Belot karena letaknya berada di tepi Sungai Belot.  Airnya dingin dan bersih, ditambah suasana yang alami akan membuat wisatawan betah berlama-lama di sana.

Selain menikmati derasnya aliran curug ini, para pelancong juga bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar dengan tumbuhan yang tumbuh subur. Udara di Curug Belot inipun terasa sejuk dan hanyanya juga terasa dingin karena letaknya yang berada di lereng Gunung Slamet.

 

CURUG BAYAN, BATURADEN, BANYUMAS, JAWA TENGAH

 Curug Bayan Kalipagu Jawa Tengah eloratourCurug Bayan Kalipagu, Banyumas, Jawa Tengah

Curug Bayan berlokasi di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.  Curug Bayan memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan areal kolam yang memiliki luas sekitar 200-300 m2 dengan kedalaman 2-5 meter. Bukan hanya sebagai genangan air yang bisa dinikmati keindahannya saja, namun kolam ini juga bisa digunakan untuk mandi dan berenang.

Berada tidak jauh dari kawasan Baturraden, kurang lebih sekitar 3 km dan hanya beberapa puluh langkah dari lokasi Dam Jepang Kalipagu. Di kawasan curug ini juga terdapat villa “Wisma Curug Bayan” yang berdiri di atas sungai Banjaran.  Di villa ini kita bisa menikmati pemandangan langsung ke arah Curug Bayan dan Dam Jepang.

 

KOMPLEK WISATA GUCI INDAH, TEGAL, JAWA TENGAH

 Guci Indah Tegal Jawa Tengah eloratourSuasana liburan di Komplek Wata Guci Indah, Jawa Tengah

Komplek Wisata Guci Indah berada di Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Memiliki luas 210 Ha, terletak di kaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian kurang lebih 1.050 meter. Dari Kota Slawi berjarak sekitar 30 km, sedangkan dari Kota Tegal berjarak tempuh sekitar 40 km ke arah selatan.

Air yang mengalir dari pancuran-pancuran di obyek wisata Pemandian Air Panas Guci Indah dipercaya bisa menyembuhkan penyakit seperti rematik, koreng serta penyakit kulit lainnya, khususnya Pemandian Pancuran 13 yang memang memiliki pancuran berjumlah tiga belas buah.

Komplek Wisata Pemandian Air Panas Guci Indah selain memiliki Tempat Pemandian Air Panas Terbuka dan Tertutup, juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang, seperti:  kolam renang, wisata alam outbound, pendakian bukit Perkasa, Wana Wisata, Penyewaan Kuda, Hotel, villa, dan Homestay, Kios Souvenir, Agro Wisata berupa Kebun strowberi, wortel, dan kubis.

 

LAWANG SEWU SEMARANG JAWA TENGAH

 Lawang Sewu Semarang eloratourLawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, tampak dari depan

Lawang Sewu, Semarang, merupakan salah satu objek wisata sejarah yang menampilkan keindahan arsitektural bangunan yang unik. Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904, dan selesai 3 tahun kemudian. Rancang bangun Lawang Sewu dibuat oleh dua orang Belanda yang bernama B.J. Quendag dan J.F. Klinkhamer.

Bangunan peninggalan masa lampau ini mampu menyuguhkan sebuah pemandangan yang disukai banyak kalangan, terutama para penikmat fotografi.   Salah satu tempat wisata sejarah di Kota Semarang ini kerap juga dijadikan sebagai tempat pre-wedding bagi sebagian pasangan yang hendak menikah.  Masyarakat Semarang menyebut bangunan tersebut sebagai “Lawang Sewu” karena memiliki pintu yang  banyak, jumlah lubang pintunya terhitung sebanyak 429 buah dengan daun pintu lebih dari 1.200. Dalam bahasa Jawa, “lawang” berarti pintu dan “sewu” berarti seribu. Secara harfiah, berarti pintu seribu.

Bangunan Lawang Sewu memiliki tiga lantai. Anda akan diarahkan ke lantai dua melewati sebuah tangga besar. Saat menaiki anak tangga, Anda dapat menyaksikan sebuah dinding kaca berukiran indah dan warna-warni. Kaca yang langsung didatangkan dari Belanda ini masih asli dan terawat.  Tatkala menelusuri pintu-pintu dan lorong-lorong sepanjang lantai dua, pemandu biasanya akan menjelaskan sejarah bangunan ini. Coba lihat keadaan di luar bangunan, Anda dapat menyaksikan lalu lintas di kawasan Tugu Muda saat berada di balkon gedung ini.

 

KOTA LAMA SEMARANG, JAWA TENGAH

 

Kota Lama Semarang eloratourGereja Bleduk, salah satu icon Kota Lama Semarang, Jawa Tengah

Kota Lama Semarang merupakan tempat dima kita dapat menemukan rekaman tata bangun wilayah berarsitektur Eropa yang ada di tempat ini, sehingga tak heran jika ada pula yang menyebutnya sebagai Little Netherland.  Berlokasi di jl. Kartini, Semarang, Jawa Tengah, Kota Lama Semarang merupakan destinasi favorit bagi para penikmat sejarah dan pecinta fotografi yang ada di Indonesia.

Landmark paling menarik di kawasan Kota Lama adalah Gereja Blenduk, sebuah bangunan berusia lebih dari 2.5 abad. Atapnya yang melengkung dan berwarna merah terasa kontras dengan dindingnya yang bercat putih. Empat pilar kokoh dan menara kembarnya yang khas di bagian depan membentuk ciri khas gereja yang satu ini.  Kata blenduq berasal dari bahasa Jawa, yang berarti kubah, merujuk pada kubah gereja ini.

Selain Gereja Blenduk, Kawasan Stasiun Tawang dan Polder Air Tawang adalah landmark lain yang patut Anda kunjungi saat berada di Kota Lama Semarang. Di area Polder, terdapat pabrik rokok Praoe Lajar (Prau Layar) yang masih beroperasi sejak dulu sampai sekarang. Menikmati suasana di Kota Lama Semarang pada malam hari adalah salah satu cara terbaik di tempat ini.

 

KLENTENG SAM POO KONG SEMARANG, JAWA TENGAH

 

Klenteng Sam Poo Kong, Jawa Tengah eloratourKlenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah.  Sumber: di sini

Klenteng Sam Poo Kong berlokasi di Jl. Simongan Raya 129, Kota Semarang, Jawa Tengah.  Dibangun oleh Sam Poo Tay Djien dalam lawatannya ke Semarang. Klenteng ini memberikan inspirasi bagi berkembangnya berbagai legenda mengenai Kota Semarang.

Tiap tahunnya bertepatan tanggal 29 Lak Gwee penanggalan Tionghoa, diadakan upacara ritual memperingati hari ulang tahun Sam Poy Tay Djien. Diawali dengan pawai dari Klenteng Tay Kak Sie Gang Lombok menuju Klenteng Sam Poo Kong.

Klenteng Sam Poo Kong dibuka untuk umum setiap saat selama 24 jam.  Komplek Klenteng Sam Po Kong terdiri atas sejumlah anjungan yaitu Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, dan empat tempat pemujaan (Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan Mbah Kyai Tumpeng).  Klenteng Besar dan gua merupakan bangunan yang paling penting dan merupakan pusat seluruh kegiatan pemujaan. Gua yang memiliki mata air yang tak pernah kering ini dipercaya sebagai petilasan yang pernah ditinggali Sam Po Tay Djien (Zheng He).

 

MUSEUM KERETA API AMBARAWA, JAWA TENGAH

 

Museum Kereta Api Ambarawa eloratourMuse Kereta Api, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

Museum Kereta Api Ambarawa berlokasi di pusat kota Ambarawa, sekitar 20 KM dari Semarang. Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya.

Museum Kereta Api Ambarawa mempunyai koleksi kereta api yang unik dan lengkap di antaranya 21 kereta uap, alat telegraf morse, telepon antik, perabotan antik, dan juga bel antik. Koleksi kebanggan milik Museum Kereta Api Ambarawa adalah kereta uap bergerigi yang hanya ada 3 di seluruh dunia.

 

PANTAI KARTINI, JEPARA, JAWA TENGAH

pantai-kartini-jepara-jawa-tengah

Pantai kartini terletak di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Letak Pantai Kartini ini sangat strategis karena berda di jalur transportasi laut menuju Taman Laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.  Dari kota Jepara untuk menuju pantai ini Anda hanya perlu berkendara sejauh 3 km saja. Perjalanan dari Jepara ke Pantai kartini tidak sulit karena nanti Anda akan dibantu dengan petunjuk arah yang telah tersedia di sepanjang perjalanan.  Kita akan menemukan dua gerbang pintu masuk di Pantai Kartini; gerbang pintu masuk yang pertama adalah akses menuju dermaga Pantai Kartini, biasa digunakan wisatawan yang hendak ke Karimun Jawa; sedangkan Gerbang kedua adalah gerbang masuk menuju Pantai Kartini.Kita masuk melalui gerbang kedua ini.

Pantai Kartini memiliki pasir yang putih dan ombak yang tenang. Pantai ini cocok dikunjungi sebagai wisata keluarga. Selain menawarkan keindahaan panorama alami pantai, ada beberapa wahana yang tersedia di pantai Kartini, seperti: seperti Kura-kura Ocean Park, wahana bermain anak-anak, spoor mini, catur raksasa, panggung hiburan, tugu Kartini, kolam kecek, dan masih banyak lainnya. Selain wahana ini, pemerintah setempat juga berencana akan membangun wahana lain seperti wave house, rumah bajak laut, bianglala, mini bumper boat, kapal pesiar mini, dan lain-lain.

kura-kura-ocean-park-pantai-kartini-jawa-tengah

Dari sekian banyak wahana yang ada di Pantai Kartini, salah satu wahana yang terkenal dan banyak diminati oleh para wisatawan adalah Kura-kura Ocean Park. Kura-kura Ocean park adalah sebuah akuarium raksasa berbentuk kura-kura, yang dibangun sebagai sarana edukasi mengenai kehidupan bawah laut Indonesia yang beragam.

 

Demikian Sahabat elora, artikel berjul TEMPAT WISATA MENAWAN DI JAWA TENGAH.

Terimakasih sudah mampir ke Blog Wisata Menawan Indonesia,

Jangan lupa Like & Share ya 🙂

 

 

Sumber :

http: //anekatempatwisata. com/10-tempat-wisata-di-jawa-tengah-yang-harus-dikunjungi/
http:// wisatajateng. com/
http:// www. initempatwisata. com/wisata-indonesia/jawa-tengah/inilah-14-tempat-wisata-di-jawa-tengah-paling-terkenal/2554/
http:// gumayatowerhotel. com/interesting-places-in-semarang/
http:// www. initempatwisata. com/wisata-indonesia/semarang/lawang-sewu-semarang-keindahan-arsitektural-bangunan-yang-unik/3102/

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Januari 2016 in WISATA JAWA TENGAH

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: