RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI SUMATERA SELATAN

07 Des

Tempat Wisata Menawan di Sumatera Selatan

Palembang, Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini telah terkenal sejak dahulu karena kota ini merupakan pusat Kerajaan Sriwijaya.  Selain kaya akan sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara, Sumatera Selatan juga memiliki banyak Tempat Wisata Menawan. Jenis Obyek Wisata di Sumatera Selatan cukup beragam, diantaranya adalah gunung, goa, wisata air terjun, wisata kota dan budaya.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA MENAWAN DI SUMATERA SELATAN

Mari kita tengok Daftar Tempat Wisata  di Provinsi Sumatera Selatan.

 

CURUP MAUNG SUMATERA SELATAN

Curup Maung Sumatera Selatan eloratour

Destinasi Wisata di Sumatera Selatan bernama Air Terjun Maung atau lebih populer dengan sebutan “Curup Maung” terletak di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu., Kabupaten La, Provinsi Sumatera Selatan.   Berjarak sekitar 25 Km dari ibukota Lahat atau 220 Km dari Palembang. Air terjun Curup Maung memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar yang hampir sama dengan tingginya.

Sejak ditemukan oleh warga sekitar awal tahun 2014, Air Terjun Curup Maung ini menjadi buah bibir di kalangan pecinta alam dan wisatawan, bahkan sempat menjadi trending topic dibeberapa situs destinasi wisata nasional. Pemandangan alam disekitar lokasi Curup Maung yangmasih sangat hijau dan alami, menjadi daya tarik utama wisatawan berkunjung ke sini. Di lokasi  wisata, wisatawan bisa berenang,  atau sekadar duduk santai di atas batu-batu besar sambil menikmati panorama alamnya yang memukau, dan udara sejuk yangmenyegarkan.

 

JEMBATAN AMPERA SUMATERA SELATAN

Jembatan Ampera Palembang eloratour

Jembatan Ampera adalah ikon kota Palembang, Ibu kota provinsi Satera Selatan.  Obyek Wisata di Sumatera Selatan ini mulai dibangun pada tahun 1962, dan selesai pengerjaannya dalam waktu 3 tahun.

Jembatan Ampera menghubungkan wilayah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi, salah satu sungai Musi terpanjang di Indonesia. Tak jauh dari dari Jembatan Ampera, hanya sekitar 100 meter, terdapat sebuah pasar yang merupakan pusat souvenir dan makanan, menjadi lokasi yang cocok untuk menikmati kuliner khas Sumatera Selatan, dan membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

 

AIR TERJUN LEMATANG INDAH SUMATERA SELATAN

Air terjun lematang indah sumatera selatan eloratour

Tempat Wisata di Sumatera Selatan selanjutnya adalah Air Terjun Lematang Indah yang terletak di kota Pagar Alam, merupakan salah satu tempat wisata di provinsi Sumatera Selatan yang cukup diminati wisatawan.   Air Terjun Lematang Indah ini mempunyai terjunan tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 40 meter, namun memiliki lingkungan sekitar yang masih sangat asri.

Selama perjalanan menuju Air Terjun Lematang Indah, kita akan disuguhi pemandanga alam yang indah, sehingga Anda tidak akan bosan di perjalanan. Bila Anda datang berkunjung pada musim hujan, berhati-hatilah karena tangga yang ada di Air Terjun Lematang Indah dapat menjadi sangat licin bila terkena hujan. Harga tiket masuk Air Terjun Lematang Indah adalah 4,000 Rupiah per orang.

 

AIR TERJUN TEMAM SUMATERA SELATAN

Air Terjun Temam Lubuk Linggau Sumatera Selatan eloratour

Air Terjun Temam terletak sekitar 50 m dari jalan yang menghubungkan antara Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahma, Kota Lubuk Linggau, Propinsi Sumatera Selatan.  Berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Lubuk Linggau, menuju ke arah selatan, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.  Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun Team ini berbentuk memanjang, dengan lebar mencapai 25 meter, sementara tingginya hanya 12 meter.

Air Terjun Temam ini berasal dari aliran sungai Temam yang masih bersih dan bebas dari sampah.  Kebanyakan wisatawan yang datang mengambil foto dari atas dan dengan background air terjun, atau dari posisi depan air terjun, sambil menikmati hempasan embun air terjun dan dengan mendekat sambil bermain air di kolam yang berada di bawah air terjun.  Bagi yang punya nyali, bisa terjun dari atas air terjun ke kolam yang mempunyai kedalaman sekitar 4 meter itu.

 

GUNUNG DEMPO SUMATERA SELATAN

Gunung Dempo Sumatera Selatan eloratour

Gunung Dempo yang berketinggian 3159 mdpl ini terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu, tepatnya di Kota Pagaralam, kota berhawa sejuk penghasil kopi robusta yang terkenal nikmat.   Kota Pagaralam dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.

Untuk mencapai Gunung Dempo di kota Pagaralam, diperlukan waktu tempuh darat sekitar 7 jam dari Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan.  Rute yang biasa digunakan, dari terminal Pagar Alam biasanya mencarter mobil jurusan Pabrik Teh PTPN VII Persero.

Meski jaraknya hanya sekitar 8 km, untuk mencapai desa bernama Kampung 4, yakni terdekat dari puncak gunung Dempo , memakan waktu sekitar 20 menit.  Hal itu disebabkan karena jalan yang cukup terjal dan berkelok.  Namun selama perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan indah berupa hamparan hijau kebun teh hijau .

Dari Kampung 4 inilah proses pendakian dimulai.  Pada hari-hari biasa di Gunung Dempo dapat ditemui banyak orang yang sengaja naik ke puncak utuk mencari kayu atau sekedar berhiking. Adapun wisatawan yang sengaja menyambangi pintu pendakian dengan hanya untuk berwisata di lereng gunung Dempo.

 

AIR TERJUN BIDADARI SUMATERA SELATAN

Air Terjun Bidadari Sumatera Selatan eloratour

Air Terjun Bidadari terletak di Kaben Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, lebar atas sekitar 10 m, dan lebar kolam sekitar 15 meter.  Dari kolam inilah air mengalir ke Sungai Lematang melalui sungai kecil.  Air Terjun Bidadari memiliki keunikan dan keindahan yang akan membuat Anda kagum dan tidak bosan menikmati wisata alam ini. Di tepian sungai, tumbuh pohon-pohon rindang membentuk sebuah goa, sehingga membuat suasana semakin teduh. Pepohonan yang tumbuh antara lain mahoni dan bambu. Di lokasi air terjun, kadang ditemukan beberapa hewan menarik, seperti jenis burung madu, jenis bondol, dan kupu-kupu.

Di sekitar lokasi Air Terjun Bidadari, terdapat enam air terjun lagi, tiga di antaranya adalah: Air Terjun Bujang Gadis,  Air Terjun Naga, dan Air Terjun Sumbing.  Air Terjun Bujang Gadis beketinggian empat meter, Air Terjun Naga dengan ketinggian sekitar 10 meter, dan Air Terjun Sumbing dengan ketinggian sekitar 35 meter.

 

PULAU KEMARO SUMATERA SELATAN

Pulau Kemaro Palembang eloratour

Pulau Kemaro merupakan salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal. Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, tak jauh dari Jembatan Ampera Palembang, hanya sekitar 6 km jaraknya. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah.

Di Pulau Kemaro terdapat beberapa hal menarik, misalnya pagoda berlantai 9 yang dibangun pada tahun 2006, dan pohon cinta. Masyarakat setempat percaya bahwa bila sepasang kekasih mengukir namanya di pohon cinta ini, maka hubungan cinta mereka akan berlanjut sampai dengan pernikahan.

Pulau Kemaro ini juga terdapat sebuah makam, yang dipercaya sebagai makam dari seorang putri Palembang.  Keberadaan makam putri ini mempunyai cerita legenda sendiri, diceritakan bahwa sang putri menikah dengan seorang pangeran dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, namun karena suatu hal, pasangan tersebut menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam.

 

GOA PUTRI SUMATERA SELATAN

Goa Putri Sumatera Selatan eloratour

Goa Putri merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal di Provinsi Sumatera Selatan.   Gua Putri berlokasi di Desa Padang Bindu, terletak 230 kilometer dari Palembang, atau 35 kilometer dari Baturaja, ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).  Dibutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan dari kota Palembang. Dengan rincian perjalanan sekitar 5 jam ke Baturaja dan 1 jam menuju arah Goa Putri.

Gua Putri di Sumatera Selatan ini memiliki kolam yang airnya berasal dari dari Sungai Semuhun, yang bermuara di Sungai Ogan.  Gua ini penuh dengan stalaktit dan stalagmit yang saling bertemu membentuk pilar yang unik dan indah dipandang mata.

 

TAMAN HUTAN WISATA PUNTI KAYU SUMATERA SELATAN

Taman Hutan Wisata Punti Kayu eloratour

Taman Hutan Wisata Punti Kayu berlokasi cukup dekat dari dari pusat kota Palembang, Sumatera Selatan.  Taman Hutan Wisata Punti Kayu ini memiliki luas 5o hektar, menjadikannya sebagai hutan pinus kota yang terbesar di Indonesia.  Hutan wisata ini ditetapkan sebagai hutan lindung sejak tahun 1998, dan pengelolaannya diampu oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan.

Hutan Wisata Punti Kayu miliki sarana berupa area rekreasi keluarga, sudah memiliki berbagai fasilitas wisata yang cukup lengkap.  Selain berenang, bermain perahu, berpiknik, dan bermain di taman, Anda juga dapat melihat atraksi gajah dan menunggang kuda. Tak heran jika Taman Hutan Wisata ini mejadi wisata favorit keluarga.  Taman Wisata ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 4 sore.  Taman Hutan Wisata Punti Kayu ini juga punya tempat penangkaran buaya dan kebun binatang,  serta menjadi tempat hunian monyet lokal.

 

TAMAN KAMBANG IWAK SUMATERA SELATAN

Taman Kambang Iwak Sumatera Selatan

Taman Kambang Iwak adalah satu tempat wisata yang telah ada sejak jaman Belanda.  Dahulu, konon taman ini merupakan  tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar lokasi Taman Kambang Iwak.

Kini Taman Kambang Iwak merupakan salah satu tempat wisata favorit di Palembang, Sumatera Selatan. Banyak pengunjung berlari pagi di taman ini, sambil mengelilingi kolam sepanjang lebih dari 800 meter, menikmati keindahan landscape di sana. Selain memiliki berbagai fasilitas permainan, di Taman Kambang Iwak terdapat banyak restoran, tempat yang cocok untuk berkumpul anak muda.

 

BENTENG KUTO BESAK SUMATERA SELATAN

Benteng Kuto Besak Sumatera Selatan eloratour

Benteng Kuto Besak merupakan bangunan peninggalan kerajaan yang menjadi salah satu tempat wisata Kota Palembang, Sumatera Selatan. Benteng Kuto Besak dibangun pada tahun 1776-1803 Masehi pada saat pemerintahan Sultan Muhammad Badaruddin. Benteng Kuto Besak adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang sudah menjadi ikon unik karena keindahan yang ditawarkannya, terutama pada sore hari.

Benteng Kuto Besak adalah bangunan kebanggan kota Palembang. Berdiri kokoh dengan bahan batu, Benteng Kuto Besak merupakan saksi perjuangan melawan para penjajah. Di setiap sudut benteng ini terdapat benteng pertahanan, salah satunya yang ada di sebelah barat laut, memiliki ukuran lebih besar dari ketiga benteng pertahanan lainnya.  Benteng dengan ukuran tinggi sekitar 10 meter, panjang 289 meter dan lebar 184 meter, serta tebalnya mencapai 2 meter, masih menyisakan kemegahan dari jamannya. Dari Benteng Kuto Besak, Anda dapat melihat banyak kapal berlayar di Sungai Musi.

 

 

MASJID AGUNG SULTAN MAHMUD BADARUDDIN PALEMBANG

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin eloratour

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin merupakan masjid terbesar di kota Palembang.  Arsitektur Bangunan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin merupakan gabungan dari arsitektur Indonesia, Eropa, dan China.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang, cocok untuk wisata budaya dan wisata religi. Tapi tak hanya itu, tajauh dari Masjid Agung ini, terdapat 2 pasar yang menjual berbagai macam souvenir, kain tenun, kerajinan kayu, dan makanan.

 

MASJID CHENG HOO SUMATERA SELATAN

Masjid Cheng Hoo Sumatera Selatan eloratour

Masjid Cheng Hoo adalah masjid yang unik sebab Masjid ini memiliki perpaduan budaya Melayu, China, dan Nusantara.  Terletak di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.  Sekarang ini, Masjid Cheng Hoo tidak hanya sekedar tempat ibadah, melainkan sudah menjadi salah satu tempat wisata favorit di Palembang.

Masjid Cheng Hoo mulai dibangun pada tahun 2003, dan diresmikan tahun 2006. Masjid ini didirikan atas prakarsa para sesepuh, penasehat, pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumatera Selatan, dan tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang.

Pengunjung Masjid Cheng Hoo tidak hanya dari sekitar Palembang, melainkan juga dari kota-kota lain di Indonesia seperti dari Medan, Jakarta, bahkan dari Macanegara seperti dari Malaysia, Taiwan, dan Singapura.

 

Demikian artikel kami tentang TEMPAT WISATA MENAWAN DI SUMATERA SELATAN,  Semoga bermanfaat

Bantu “Like” & “Share” ya Guys,

 

Sumber :

wikipedia. com.sumsel

tribunnews. com.curupmaung

wikipedia. com.gndempo

ragapnianwordpress. com.airterjun

eljohnmedia. airterjunlematangindah

mongabai. com.airterjun

masdonieblogspot. com

anekatempatwisata. com

 

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: