RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI BENGKULU

22 Nov

TEMPAT WISATA MENAWAN DI BENGKULU

 

Tempat Wisata di Bengkulu ada banyak ragam, dari wisata alam seperti pulau dan pantai, wisata arung jeram, Bengkulu juga memiliki situs-situs sejarah yang lekat dengan masa revolusi Republik Indonesia, sebab salah atu proklamator kita Bung Karno pernah diasingkan di sana oleh Pemerintahan Hindia-Belanda, pada sekitar tahun 1938-1942.  Tempat Wisata Menawan di Provinsi Bengkulu juga semakin mendunia, salah satunya berkat keberadaan bunga Rafflessia Arnoldi.

 

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI BENGKULU

Provinsi Bengkulu merupakan nama salah satu provinsi di Pulau Sumatera, terletak di pesisir barat Pulau Sumatera,  dengan salah satu sisi nya berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia.  Maka salah satu keunggulan Wisata Bengkulu adalah Wisata Laut dan Pantai. Sekarang kita lihat Daftar Tempat Wisata Paling Menawan di Provinsi Bengkulu ini

 

PANTAI PANJANG, BENGKULU

Pantai Panjang Bengkulu eloratourPantai Panjang Bengkulu, sumber : liburan info

 

Pantai Panjang, Bengkulu, memiliki garis pantai yang sesuai namanya “panjang”, yakni sekitar 7 km.  Terletak sejarak 15 menit dari pusat kota, serta sudah lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang, menjadikan Pantai Panjang sebagai obyek wisata favorit bagi para wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Panjang, Bgkulu, antara lain: penginapan, restoran dan cafe, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, sertafasilitas olah raga.

Karena memiliki butiran pasir putih yang halus, saat kita berjalan menapakinya, maka pasir pantai tidak akan mengotori kaki.  pasir pantai yang halus juga menjadi tempat yg nyaman untuk berolahraga di pantai, apalagi sepanjang pantai tersedia jogging trek.  Maka tak heran, banyak masyarakat lokal yang berjogging pagi atau sore hari di lintasannya, baik pada pagi ataupun sore hari.

Sunset Pantai Panjang Bengkulu Elora Tour & Adventure
Sunset di Pantai Panjang, Bengkulu, di tepian Samudera Hindia,
sumber : Pedoman Bengkulu

Deretan pohon cemara serta pinus di sepanjang bibir pantai menambah keindahan panorama Pantai Panjang.  Bagi pecinta fotografi, menikmati panorama pantai Panjang di sore hari, sambil mengabadikan momen sunset, merupakan kesempatan tersendiri.  Pantai Panjang juga berotensi menjadi lokasi Surfing, sebab ketinggian ombaknya dapat mencapai 5 m.

 

PULAU TIKUS, BENGKULU

Pulau Tikus Bengkulu eloratourPanorama Pulau Tikus, Bengkulu, sumber : Darah Garuda

Pulau Tikus, Bengkulu, merupakan salah satu tempat wisata favorit di Provinsi Bengkulu.  Sebuah pulau karang dengan luas sekitar 2 hektar, berjarak sekitar 10 km dari kota Bengkulu.  Untuk mencapai Pulau Tikus, Bengkulu, menggunakan perahu motor dari Pantai Pasir Panjang, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Pagi hingga sore hari, wisatawan bisa menikmati panorama pulau yang eksotis, atau bermain dan berolahraga di pantai yang berpasir putih bersih, serta ber – snorkeling, atau diving, dan menikmati keindahan panorama bawah laut Pulau Tikus, Bengkulu.

Snorkeling di Pulau Tikus Bengkulu eloratour
Snorkeling & Diving menikmati keindahan bawah air Pulau Tikus, Bengkulu.
Sumber : Warung Kopi Okezon

Pada malam hari wisatawan akan dapat melihat penyu sisik dan penyu hijau yang sedang bertelur.

 

SUNGAI AER BERAU, BENGKULU

 Arung Jeram di Sungai Aer Berau Bengkulu eloratourArung jeram di Sungai Aer Berau, Bengkulu.  Sumber : Blog Reservasi

Sungai Aer Berau terletak di kabupaten Muko-muko, Bengkulu. Di Sungai Aer Berau ini dapat kita saksikan sebuah upacara adat yang unik yaitu upacara anak daro mandi ke air.  Upacara ini merupakan upacara memandikan anak bayi yang baru lahir ke sungai ini.

Sungai Aer Berau, Bengkulu, memiliki arus air yang sangat deras, sehingga dijadikan pula sebagai wahana arung jeram yang cukup menantang.

 

RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO, DI BENGKULU

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu eloratour

Kediaman Bung Karno saat diasingkan di Bengkulu. Sumber: Okezone

Bung Karno menempati rumah ini saat pembuangan, antara tahun 1938 – 1942.  Di tempat ini pula Bung Karno bersua dengan Fatmawati, gadis asli Bengkulu yang kemudian menjadi istrinya.  Ibu Fatmawati inilah yang nantinya menjahit Bendera Sang Saka Merah Putih, yang dikibarkan saat Proklamasi 17 Agustus 1945 dikumandangkan di Jakarta.

Sebelumnya, rumah pengasingan ini merupakan milik pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian, seorang penyumplai sembako untuk Pemerintah Belanda. Kemudian Belanda menyewanya untuk dijadikan sagai rumah pengasingan bagi Bung Karno.

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu ini merupakan tempat Bung Karno menyusun strategi perjuangan melawan kolonialisme selama di asingkan.  Rumah Pengasingan ini menyimpan benda-benda peninggalan Bung Karno yang memiliki nilai sejarah, seperti: koleksi buku, hingga surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati.

 

BENTENG MARLBOROUGH, BENGKULU

Benteng Marlborough Bengkulu eloratourBenteng Marlborough peninggalan Inggris di Bengkulu.  Sumber : Travel Detik

Benteng Marlborough dibangun oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini dianggap sebagai benteng terkuat kedua milik Inggris di wilayah timur setelah benteng St. George di Madras, India.  Jika dilihat dari atas benteng ini menyerupai kura-kura, memiliki luas 240 x 170 meter.

Bentuk arsitektur bangunan Benteng Marlborough jika dilihat dari atas, mirip kura-kura.  Terdapat jembatan yang menghubungkan bagian kepala dan badan, sebuah jembatan di atas parit yang membentuk ekor dan jembatan yang menghubungkan jalan masuk dengan bagian luar.

Kini Benteng Marlborough menjadi salah satu tempat wisata di Bengkulu.  Wisatan yang berkunjung ke sini, dapat menyaksikan sebuah benteng menghadap ke arah selatan dan membelakangi Samudra Hindia, yang berdiri kokoh di lahan seluas 44.100 m.

 

PANTAI TAPAK PADERI, BENGKULU

Pantai Tapak Paderi Bengkulu eloratourPantai Tapak paderi, Bengkulu.  Sumber : eljohn Media

Pantai Tapak Paderi, dahulu merupakan pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu, serta menjadi penunjang transporasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu pada masa itu.  Letaknya tak jauh dari Benteng Marlborough, hanya sekitar 100 meter.

Pantai yang terhubung dengan Pantai Panjang, serta Pantai Jakat ini menawarkan pemandangan pantai yang indah, apalagi untuk menikmati sunset di sore hari, sambil berjalan kaki menyusuri pantai, atau sambil menikmati jagung bakar.

 

PANTAI JAKAT, BENGKULU

Pantai Jakat Bengkulu eloratourPantai Jakat di Bengkulu. Sumber : Pariwisata Bengkulu

Pantai Jakat, Bengkulu, terletak di sebelah utara pantai Tapak Paderi.  Pantai Jakat memiliki ombak yang lebih bersahabat dibanding Pantai Tapak Paderi, serta Pantai Panjang, sehingga cocok untuk wisata keluarga, sebab lebih aman untuk anak-anak.  Tak heran, jika di musim liburan, pantai Jakat tak ubahnya seperti Pantai Ancol yang ada di Jakarta.

Pantai ini banyak didatangi pengunjung untuk berenang.  Selain itu Pantai Jakat sudah memiliki beraneka fasilitas permainan air, sehingga para wisatawan dapat menikmati berbagai wahana di sana,  misalkan: jet ski, banana boat, dan ban pelampung.

 

DANAU DENDAM TAK SUDAH, BENGKULU

Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu eloratourDanau Dendam Tak Sudah, Bengkulu.  Sumber : Tempat Wisata Daerah

Danau Dendam Tak Sudah terletak di Kota Curup, Bengkulu Utara, cukup dekat dengan pusat kota Bengkulu, hanya sekitar 7 km jaraknya. Danau Dendam Tak Sudah ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau,  sehingga berudara sejuk, serta memberikan panorama yang menawan pada pagi hari.

Berperahu, atau menaiki rakit untuk mengelilingi danau adalah salah satu kegiatan menarik yang patut dicoba pengunjung Danau Dendam Tak Sudah.  Atau, jika kita hobi memancing, tempat ini adalah salah satu yang tepat untuk Anda.

Kawasan Danau Dendam Tak Sudah merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem. Kekayaan flora dan fauna di kawasan Danau Dendam Tak Sudah adalah saklah satu harta berharga yang dimiliki tempat wisata Bengkulu ini.

DANAU MAS HARUN BASTARI, BENGKULU

Danau Mas Harun Bastari Bengkulu eloratourDanau Mas Harun Bastari, Bengkulu.  Sumber: Travelmate Kamu

Danau Mas Harun Bastari terletak di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, berjarak sekitar 17 km dari Kota Curup.  Danau Mas Harun Bastari, Bengkulu,  merupakan salah satu tempat wisata keluarga favorit bagi masyarakat, hal ini dikarenakan di Danau Mas Harun Bastari telah tersedia fasilitas permainan air, seperti: sepeda air, perahu, dll.

Wisatawan yang berkunjung ke Danau Mas Harun Bastari dapat merasakan sensasi naik perahu keliling danau. Sementara anak-anak lazimnya lebih suka bermain komedi putar dan kursi ayun.

Kawasan wisata Danau Mas Harun Bastari ini memiliki luas sekitar 36 hektar.  Bukit bukit di sekelilingnya ditanami sayur-mayur segar, menambah indah panorama serta semakin menyejukkan mata yang memandngnya.

 

BUKIT KABA, BENGKULU

Bukit Kaba Bengkulu eloratourBukit Kaba, Bengkulu  Sumber: My Indonesia Info

Gunung Kaba atau masyarakat Bengkulu menyebutnya sebagai Bukit Kaba, Bengkulu, terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.  Bukit Kaba amerupakan gunung api aktif tipe A, yaitu tipe gunung yang pernah meletus tahun 1600 sampai sekarang, berketinggian sekitar 1.952 m dpl.

Ada 8 kawah yang dimiliki Gunung Kaba, tapi 5 diantaranya tertutup vegetasi.  Bukit Kaba, menyuguhkan pemandangan alam hijau dan menawan hati, namun untuk untuk dapat menikmati pemandangan dari kawah dan puncak Bukit Kaba, kita harus terlebih dahulu menaiki 307 anak tangga.

 

AIR TERJUN SEMBILAN TINGKAT, BENGKULU

Air Terjun Sembilan Tingkat Bengkulu eloratourAir Terjun Sembilan Tingkat atau Curug Sembilan Tingkat, Bengkulu.  Sumber : Griya Wisata

Objek wisata Air Terjun Sembilan Tingkat atau Curug Sembilan Tingkat ini terletak di desa Padang Jaya, Kecamatan Padang Jaya Korotidur yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.  Berjarak sekitar 120 km dari Bandara Fatmawati, Bengkulu.

Di Air Terjun Sembilan Tingkat ini, air yang mengalir dari atas tidak jatuh lurus, melainkan mengalir membentuk tingkatan-tingkatan. Air yang mengalir dari puncak bukit melewati liku-liku tingkatan di sela-sela hijaunya tumbuhan, sehingga membentuk pemandangan yang sungguh mempesona. Menariknya lagi, tingkatan-tingkatan itu juga membentuk air terjun kecil sehingga terlihat sangat indah.

Saat cuaca bersahabat dan matahari bersinar cerah, seringkali terlihat pemandangan yang akan membuat Anda terpana: pelangi yang terbentuk dari uap air yang mengalir dari air terjun.

Menatap hijaunya hutan, putihnya buih air, dan bias-bias pelangi dengan ditemani riuh kicau burung serta derik serangga, semuanya itu akan membuat wisatawan yang berkunjung terkenang pada keindahan Air Terjun Sembilan Tingkat.

Demikian Sahabat elora, artikel mengenai  TEMPAT WISATA PALING MENARIK DI PROVINSI BENGKULU.

Bantu Like & Share ya 🙂

 

 

Kembali ke : ELORATOUR, Blog Wisata Indonesia

 

SUMBER :

http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/bengkulu/ini-10-tempat-wisata-di-bengkulu-paling-terkenal/2439/
https://wisatasumatera.wordpress.com/wisata-bengkulu/air-terjun-sembilan-tingkat/
http://masdonie.blogspot.co.id/2014/12/11-tempat-wisata-di-bengkulu-yang-terkenal.html
http://www.ragamtempatwisata.com/2013/03/daftar-lengkap-nama-objek-tempat-wisata-di-propinsi-bengkulu.html
http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id/2015/04/12-tempat-wisata-di-bengkulu-yang-bagus.html
https://m.facebook.com/notes/kumpulan-komunitas-anak-kaur/nama-nama-tempat-wisata-di-daerah-bengkulu/605819689479988/
http://bengkulubeach.blogspot.co.id/2015/02/daftar-wisata-kab-rejang-lebong.html

 

 

 

 

 

Save

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 22 November 2015 in WISATA BENGKULU

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 responses to “TEMPAT WISATA MENAWAN DI BENGKULU

  1. Ke Sawarna yuk

    23 November 2015 at 20.25

    Banyak sekali tempat wisata yang bisa di kunjungi di Bengkulu ya ??? Budget untuk liburan kesana berapa ya kira – kira ???

     
  2. eloratour

    25 November 2015 at 00.38

    Iya Mas / Mbak “Ke Sawarna Yuk “,
    Destinasi Wisata Indonesia memang banyak banget, dan tersebar di semua Provinsi nya.
    Mengenai berapa budget, tergantung Start dari mana, akomodasi yang dipakai, berapa lama, dan kalau paket wisata tergantung jumlah pesertanya …

    Trimakasih kunjungannya Mas / Mbak.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: