RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI JAMBI

31 Okt

TEMPAT WISATA MENAWAN DI JAMBI

Sebelum membahasa tentang Tempat Wisata di Jambi, mari kita mengenal terlebih dahulu provinsi ini.  Provinsi Jambi terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera, di sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Riau, sebelah Timur dengan Selat Berhala, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan dan sebelah Barat dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu.

Kondisi geografis yang cukup strategis di antara kota-kota lain di provinsi sekitarnya membuat peran provinsi Jambi menjadi cukup penting, apalagi dengan adanya dukungan sumber daya alam yang melimpah. Kebutuhan industri dan masyarakat di kota-kota sekelilingnya didukung suplai bahan baku dan bahan kebutuhan dari provinsi ini.  Jambi merupakan tempat berasalnya Bangsa Melayu yaitu dari Kerajaan Malayu di Batang Hari Jambi.  Bahasa Melayu Jambi sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, yaitu berdialek “o”.  (Sumber: Wikipedia).

 

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI JAMBI

Bicara tentang Tempat Wisata Menawan di Jambi tak hanya mengenai peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Ada Tempat Wisata Menawan di Jambi yang menarik untuk dikunjungi.  Mari kita cek satu per satu Daftar Tempat Wisata Paling Menawan di Provinsi Jambi.

 

 

DANAU KERINCI JAMBI

Danau KerinciDanau Kerinci, sumber: yukpegi.com

Danau Kerinci terbentuk setelah letusan gunung Kerinci, diduga terbentuk sejak 2000 tahun yang lalu. Danau Kerinci merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Danau Kerinci berada di dua kecamatan yakni kecamatan danau Kerinci dan kecamatan Keliling Danau, di gunung Raja,salah satu gunung vulkanik yang ada di jambi. Danau ini mempunyai kedalaman sekitar 110 meter dan terbentang seluas 4.200 hektar. danau ini menawarkan keindahan yang sangat menawan.

Banyak wisatawan yang datang ke danau ini untuk berkemah, berenang,atau memancing.  Selain itu wisatawan yang datang bisa mencicipi makanan khas di tengah danau, sebab banyak restoran yang menawarkan menu khas di restoran sekitar danau atau di tengah danau.

Makanan khas Jambi yang perlu Anda coba antara lain:  beras payi, dendeng beteko, jeruk pelompek, lemang, gulai ikan semah, dan tak ketinggalan adalah kopi Kerinci yang sudah cukup terkenal.

 

AIR TERJUN TALANG KEMULUN, JAMBI

Air Terjun Talang Kemulun Danau Kerinci Jambi eloratourAir Terjun Talang Kemulun, Danau Kerinci, Jambi.  Sumber: tribunnews.com

Air Terjun Talang Kemulun adalah air terjun berundak 12, dengan airnya yang bening, dan menyejukkan.  Air Terjun Talang Kemulun berada di Desa Talang Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Sekitar 15 menit naik mobil dari Kota Sungaipenuh, dan sekitar delapan jam dari Kabupaten Kerinci.

Air Terjun Talang Kemulun sepertinya merupakan surga tersembunyi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sebab meskipun berjarak hanya beberapa kilometer dari pusat Kota Sungaipenuh, ternyata tidak banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Untuk sampai ke air terjun ini, kita harus berjalan kaki satu jam dari Desa Kemulun, melewati perkebunan kopi, sayur, kulit manis dan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Letaknya yang ada di tengah taman nasional, membuat akses menuju air terjun cukup sulit, karena hanya bisa dijangkau dengan jalan kaki. Kendaraan roda dua dan empat hanya bisa sampai di Desa Kemulun.  Hal ini pula yang membuat kondisi Air Terjun Talang Kemulun tetap asri.

Untuk sampai di Air Terjun Talang Kemulun, kita harus melewatii jalan menanjak,  hadangan pohon besar yang tumbang, sungai dan jalan berbatu yang licin.  Namun, di sepanjang perjalanan, kita akan dihibur dengan suara kicauan burung, suara siamang, dan banyak satwa lain, yang saling bersahutan.  Setelah satu jam berjalan kaki melewati medan yang tak mudah, perjalanan kita akan terbayar oleh keindahan air terjun yang memiliki 12 undakan ini.

 

SOLOK SIPIN

Solok SipinSolok Sipin (Danau Sipin), sumber : travelmatekamu.com

 

Solok adalah sebutan lokal untuk Danau. Solok Sipin berada di Simpang Baluran Kenali, Kecamatan Telanaipura.  Selain sebagai salah satu tempat wisata di Jambi, danau ini merupakan tempat budidaya ikan air tawar seperti ikan mujair dan nila. Di tengah danau, terdapat banyak keramba dan jala milik nelayan. Jika ingin melihat aktifitas nelayan dari dekat, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Jika sudah puas berkeliling dan perut mulai merasa lapar, Anda bisa mampir ke deretan tempat makan yang ada di sekitar danau. Ikan yang dimasak pun dijamin segar karena merupakan hasil tangkapan baru nelayan setempat.

 

GENTALA ARASY

Gentala Arasy
Gentala Arasy, sumber: tribun Jambi

Gentala Arasy merupakan icon baru kota Jambi, berupa bangunan menara yang lokasinya terletak di Kelurahan Arab Melayu di Kecamatan Pelayangan dengan tinggi sekitar 85 meter. Pada puncak bangunan Gentala Arasy terdapat jam besar yang berdiameter 3,5 meter dan rencananya akan digunakan sebagai alat penanda ibadah bagi umat muslim.  Sedangkan pada lantai basemen terdapat museum dengan koleksi benda sejarah tentang masuknya Islam ke provinsi ini. Ini hal yang menarik dari tempat rekreasi ini.

 

TANGGO RAJO

Tanggo RajoTanggo Rajo, sumber: Tribunnews.com

Tanggo Rajo berada di pinggir sungai Batanghari, tepatnya di depan rumah dinas Gubernur Jambi. Selain pemandangan Sungai Batanghari dan matahari terbenam, Anda juga bisa menikmati kuliner yang banyak dijual di warung tenda sekitar tempat wisata ini. Menunggu momen matahari terbenam sambil menikmati jagung bakar bersama orang terkasih di sini tentu akan menyenangkan. Pada akhir pekan, tempat wisata di Jambi ini banyak didatangi pemancing.

Selain digunakan sebagai tempat rekreasi, Tanggo Rajo juga seringkali dijadikan lokasi peringatan HUT Jambi dan berbagai acara besar lainnya. Tempat wisata ini berada di Jalan Sultan Thaha, Pasar Jambi.

 

CANDI MUARO JAMBI


Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi, Sumber: indtravel

Candi Muaro Jambi ini terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 km dari pusat kota Jambi. Kompleks candi ini ditemukan oleh S.C Crooke, seorang letnan Inggris, pada tahun 1820. Candi Muaro Jambi kemudian dipugar oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1975. Hingga saat ini, terhitung ada 61 buah candi yang sebagian besar masih tertutup tanah.

Candi Muaro Jambi merupakan candi Buddhisme peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Tempat wisata di Jambi ini juga disebut sebagai kompleks candi terluas di Indonesia. Pada tahun 2009, UNESCO menetapkan candi yang berupa susunan batu bata merah ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi.  Situs Kepurbakalaan Muarojambi ini merupakan tempat peninggalan purbakala terluas di Indonesia, membentang dari Barat ke Timur sejauh 7,5 km di Tepian Sungai Batang Hari dengan luas kurang lebih 12 kilometer persegi.

Selain candi, ditemukan juga perkakas rumah tangga yang membuktikan bahwa kawasan ini dulu digunakan sebagai tempat tinggal para biksu. Ada juga keramik Cina dari dinasti Song yang menandakan adanya hubungan intermasional antara Kerajaan Sriwijaya dengan bangsa Cina dahulu.

 

PASAR SITIMANG

Pasar SitimangPasar Sitimang, sumber: fmchits.com

Jika Anda gemar mengoleksi keramik, maka jangan lewatkan kawasan Pasar Sitimang yang di Jalan Sisingamangaraja. Pasar Sitimang  ini telah dikenal sebagai pusat penjualan keramik di Jambi sejak tahun 1980an.  Di pasar ini, Anda bisa menemukan keramik dalam berbagai bentuk seperti toples, guci, peralatan makan sampai hiasan rumah.

Keramik-keramik yang dijual di sini dikirim langsung dari Cina dan motifnya sulit Anda temukan di tempat lain.  Selain itu, hiasan kristal impor juga banyak yang dijual murah di pasar yang terletak di belakang bioskop Mega Pasar Jambi ini.

 

MUSEUM NEGERI JAMBI

Museum Negeri JambiMuseum Negeri Jambi, sumber: jambikota.go.id

Jika Anda menyukai wisata budaya dan sejarah, maka datang ke Museum Negeri Jambi adalah pilihan yang tepat. Tempat wisata ini berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 1, Jambi.  Bangunan museum ini dibuat menyerupai Rumah Kajang Lako, rumah adat di Jambi. Di sini, Anda bisa menemukan banyak koleksi benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari masa ke masa seperti peralatan berburu, anyaman khas Jambi, batik tenun dengan motif bunga yang khas dan juga binatang yang diawetkan.

Tempat wisata di Jambi ini buka setiap hari Senin sampai Kamis pada pukul 08:00 – 15:00 dan Jumat pada pukul 07:15 – 11.00. Hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional museum ini tutup.

 

TAMAN RIMBA JAMBI

Taman Rimba JambiTaman Rimba Jambi, sumber: travel.detik.com

Taman Rimba Jambi, atau dikenal pula sebagai Taman Mini nya Jambi, merupakan tempat rekreasi keluarga ini terletak jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, dan 7 km dari pusat kota serta 500 meter dari Bandara Sultan Taha. Taman Rimbo seluas 18 ha ini berada sekitar 500 meter dari Bandara Sultan Thaha Jambi. Di sini wisatawan dapat menyaksikan berbagai bentuk arsitektur rumah-rumah tradisional dari berbagai kabupaten kota se-Provinsi Jambi, mirip dengan TMII di Jakarta.

Kawasan Taman Rimba ini dulunya dipakai untuk penyelenggaraan MTQ Nasional ke-17 tahun 1997 dan sering dipergunakan untuk event-event penting pemerintah dan swasta. Lokasi Taman Rimba ini di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan.

Lokasi rekreasi ini mempunyai luas 18 hektar dan berdampingan dengan Taman Rimba Kebun binatang.

 

SANGGAR BATIK JAMBI

Sanggar Batik JambiSanggar Batik Jambi, sumber: go.indonesia.com

Sanggar Batik Jambi memamerkan banyak Kerajinan tangan. Di sana banyak juga di jual aneka macam tenun dan kain songket yang merupakan ciri khas kota Jambi. Jalan2Cuap2 besutan Mas Danan Wahyu, sudah menyambangi sanggar batik Jambi di seberang sungai Batanghari ini dengan menggunakan perahu kecil atau yang biasa disebut ketek. Simak Video liputannya di sini : Sanggar Batik Jambi

 

TAMAN ANGGREK SRI SOEDEWI

Taman Anggrek Sri Soedewi
Taman Anggrek Prof Dr Sri Soedewi, sumber: blog.djarumbeasiswaplus.org

Taman anggrek ini berada di Jalan Ahmad Yani, di depan kantor gubernur Jambi. Tempat wisata ini menyediakan informasi mengenai cara perawatan anggrek yang baik dan tepat sesuai dengan jenisnya.  Di Taman ANggrek Sri Soedewi yang memiliki luas 2.5 ha ini, Anda bisa menemukan lebih dari 60 jenis bunga anggrek.  Anda tidak akan pulang dengan tangan kosong dari Taman Anggrek Sri Soedewi karena ada bibit bunga yang diberikan secara gratis untuk Anda bawa ke rumah.

Setelah mendapat informasi mengenai bagaimana cara merawat bunga anggrek dengan benar, Anda bisa mempraktekkannya di rumah dengan bibit tersebut.

 

Sebenarnya masih banyak lokasi wisata menarik di provinsi Jambi, Daftar lengkapnya dapat dilihat di sini: daftar lengkap tempat wisata di Jambi

 

Demikian Sahabat elora, artikel tentang LOKASI WISATA MENARIK DI PROVINSI JAMBI.  Bantu Like & Share ya 🙂

 

 

Salam Jelajah Indonesia,

 

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Jambi

http://www.yukpegi.com/indonesia/jambi/menikmati-indahnya-danau-kerinci-di-jambi/

http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-jambi-yang-wajib-dikunjungi/

http://www.goindonesia.com/id/pariwisata/10-tempat-wisata-di-jambi-murah-2015

http://www.ragamtempatwisata.com/2013/03/daftar-lengkap-nama-objek-tempat-wisata-di-propinsi-jambi.html

 

Save

Save

Save

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 31 Oktober 2015 in WISATA JAMBI

 

Tag: , , , , , , , , , , , , ,

2 responses to “TEMPAT WISATA MENAWAN DI JAMBI

  1. www.wisataku.net

    4 April 2016 at 10.11

    Jambi memiliki wisata Alam yang sangat alami dan indah, danaunya sangat jernih dan sangat alami. Mantab. Salam Wisata.

     
    • eloratour

      15 April 2016 at 13.45

      Eko Wisata Indonesia memang luar biasa Mas/Mba,
      terimaksih untuk komentar baiknya ..

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: