RSS

PULAU KELAPA GILI TRAWANGAN NYA PROVINSI LAMPUNG

05 Sep

Panorama Pulau Kelapa gili trawangannya lampungKeindahan Pantai Pulau Kelapa, gradasi warna alamnya mempesona

Pulau Kelapa, demikian penduduk setempat menyebutnya, sementara, para wisatawan kebanyakan mengenalnya sebagai Pulau KiluanPulau seluas kurang lebih 5 ha itu berjarak sekitar 3 km dari bibir Pantai Teluk Kiluan.  Untuk mencapai Pulau Kelapa hanya butuh waktu tempuh sekitar 10 menit menggunakan perahu jukung.

 

PULAU KELAPA TELUK KILUAN GILI TRAWANGANNYA LAMPUNG ?

Benarkah Pulau Kelapa adalah Gili Trawangannya Lampung ?  Apa sebab Pulau Kelapa disebut Gili Trawangan Lampung ? Wisatawan yang datang ke Pulau Kelapa akan merapat lewat sisi timur, sebab pantainya paling ideal untuk menyandarkan perahu.  Selain itu Sisi timur Pulau Kelapa pasirnya paling lembut, dan bersih.

Hamparan pasir itu berlanjut ke sisi utara dan barat, namun di sisi utara dan barat sebagian bercampur dengan koral-koral yang terdampar.  Wisatawan biasanya mandi dan bermain ombak dan pasir di sisi timur Pulau Kelapa, dan untuk yang bersnorkeling biasanya memilih spot di sisi utara atau timur laut.

 

MENIKMATI SUNRISE DAN SUNSET DI PULAU KELAPA

Sunrise Pulau Kelapa dapat dinikmati sebelum pergi ke tengah laut menggunakan jukung untuk melihat kawanan lumba-lumba di habitat aslinya.  Meskipun terhalang Bukit, namun kemunculan Sunrise di Pulau Kelapa Teluk Kiluan tak berkurang indahnya. Ketika Dolphin Tour, wisatawan akan menyaksikan atraksi lumba-lumba muda, melompat dari air, meliuk, seolah mengajak menari wisatawan yang datang.  Tour Lumba-lumba Teluk Kiluan biasanya mulai pukul 06.00 dan berakhir pukul 09.00.  Setelah itu kawanan lumba-lumba pergi entah ke mana.  Ada yang mengatakan pergi ke laut lepas, ada yang mengatakan pergi ke Batu Layar.

Setelah menikmati Sunrise Pulau Kelapa dan Tour Lumba-lumba, biasanya wisatawan akan diajak mampir ke Pulau Kelapa.  Jika tour lumba-lumba dimulai lebih cepat, sekitar pukul 06.00, dan diakhiri pukul 07.15, dan langsung merapat di Pulau Kelapa, dan cuaca cerah, maka akan melihat terbitnya matahari di sisi timur.  Terhitung siang ya sunrise nya.  Memang begitu, sebab di sisi timur ada deretan bukit memanjang.

eloratour Sunrise Pulau KelapaMentari pagi mengintip dari balik bukit

eloratour Sunrise di Pulau KelapaSunrise tertutup awan, menampilkan keindahan yang agak berbeda

Sunrise Pulau Kelapa Teluk Kiluan yang muncul di atas deretan bukit akan terlihat indah, berpadu dengan laut yang membentang di bawahnya.  Gradasi warna awan, cahaya matahari, hijaunya bukit, dan birunya air laut akan menampilkan lukisan alam yang mempesona mata kita.

eloratour bermandi cahaya sunrise Pulau KelapaSunrise di Pulau Kelapa, cahya mentari pagi menyaput bukit, dengan kilaunya menyaput permukaan laut

 

Jika wisatawan menginap di Teluk Kiluan, baik di Penginapan yang ada di Pantai, ataupun yang di Pulau Kelapa, seloratour sarankan tiba di Teluk Kiluan sebelum pukul 5 sore.  Kenapa begitu ?  Supaya wisatawan bisa berperahu ke Pulau Kelapa, dan menikmati sunset di sana.

 

eloratour Sunset Pulau KelapaMenikmati sunset di Pulau Kelapa

eloratour Wisatawan mengabadikan Sunset Pulau KelapaMembidik sunset Pulau Kelapa

Sunset Pulau Kelapa terlihat lebih luas di sisi barat Pulau Kelapa, sebab bisa dikatakan bebas dari bukit dan gunung, dan langsung menghadap lautan lepas.  Sebenarnya ada, tapi letaknya cukup jauh, sehingga tidak menghalangi pandangan mata yang ingin melihat matahari sore tenggelam ke permukaan laut.  Bagi penyuka Fotografi, hunting Sunset di Pulau Kiluan, merupakan satu aktifitas yang nggak boleh ketinggalan.

eloratour Wisatawan menikmati Sunset di Pulau KelapaMengabadikan momen Sunset Pulau Kelapa

eloratour Sunset di Pulau KelapaBermandi cahya sunset Pulau Kelapa

KENAPA PULAU KELAPA DISEBUT GILI TRAWANGAN NYA LAMPUNG ? 

eloratour Panorama sisi barat Pulau KelapaPanorama di sisi barat Pulau Kelapa yang begitu memikat

Jawaban dari pertanyaan tadi adalah: karena 2 hal yang kita ‘obrolin’ di atas tadi: Sunrise & Sunset. Ya, di Pulau Kelapa, kita bisa menikmati Sunrise dan Sunset sekaligus, seperti halnya di Gili Trawangan.  Tapi kalau soal fasilitas & akomodasi, jaaauuuh … jadi nggak usah dibanding-bandingkan, apalagi disama-samain 🙂

Tapi buat penyuka Adventure, wisata jenis semi petualangan, Pulau Kelapa rasanya akan lebih pas di hati. Sebab di sana, kita bisa menikmati kesunyian tanpa diganggu hiruk-pikuk ‘kehidupan malam’, serta menikmati malam hanya ditemani pendaran cahya dari satu dua lampu penginapan yang mencoba menembus pekatnya malam, menikmati taburan bintang.

So, tunggu apa lagi ? Yuk Visit Teluk Kiluan Lampung, dan menikmati Sunrise & Sunset di Pulau Kelapa, Gili Trawangannya Lampung

 

 

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 September 2015 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: