RSS

IKAN KAKAKTUA SI PEMBERSIH KARANG DAN PRODUSEN PASIR

03 Agu

 

Ikan Kakaktua hidup di Karang

IKAN KAKAKTUA IKAN CANTIK DARI PERAIRAN TROPIS

Ikan Kakaktua merupakan salah satu spesies ikan yang memiliki tubuh dengan warna-warni cantik dan mengagumkan.  Ikan Kakaktua ini biasa biasanya hidup di terumbu karang perairan tropis. Di terumbu karang, karena kecantikan warna sisiknya, ikan kakaktua termasuk yang paling mudah dikenali, serta tidak takut pada manusia, sehingga termasuk paling mudah untuk diamati.

Diperkirakan ada sekitar 80 jenis ikan kakaktua di seluruh dunia.  Diberi nama Kakaktua, karena ikan ini memiliki mulut seperti paruh burung kakaktuaIkan dari family Scaridae ini dapat hidup hingga umur 20 tahun, dan mencapai panjang sekitar 1 meter.

IKAN KAKAKTUA BERPERAN MENJAGA KESEIMBANGAN TERUMBU KARANG

Dengan giginya yang berbentuk paruh burung kakatua, ikan kakaktua ini melakukan peran penting dalam menjaga kelangsungan dan keseimbangan terumbu karang: memakan karang mati yang ditumbuhi alga dan tanaman lain. Pola makan yang unik ini telah menjaga kondisi terumbu karang tetap baik, sebagaimana disampaikan buku Reef Life: jika tidak ada pemakan tumbuhan ini, terumbu karang yang ada sekarang bentuknya akan sangat berbeda.

 

Ikan KakaktuaIkan Kakaktua di Pulau Pahawang

 

Mulut ikan kakaktua yang berbentuk paruh sangat kuat menjadi alat untuk memotong dan menghancurkan karang mati, dan menyerap kandungan makanan yang tersisa di karang yang ditelannya, dan kemudian memuntahkan sisanya.

 

IKAN KAKAKTUA MERUPAKAN PRODUSEN PASIR ALAMI

Dari kebiasaan makan ikan kakaktua yang unik : yakni memotong, menghancurkan, menyerap nutrisi serta membuang sisa karang mati itu, maka terciptalah butiran pasir karang. Di beberapa daerah, ikan kakatua yang memakan karang mati, menghasilkan lebih banyak pasir alami daripada sumber pasir alami lainnya.  Beberapa peneliti memperkirakan, seekor ikan kakaktua dapat menghasilkan pasir sekitar 100 kg dalam setahunProdusen pasir yang luar biasa !

 

Ikan KakatuaSnorkeling di Pahawang Menikmati Kecantikan Ikan Kakaktua

 

SISTEM PERTAHANAN DIRI IKAN KAKAKTUA

Biasanya setelah seharian memakan karang mati, ikan Kakaktua beristirahat di malam hari.  Untuk menghindari predator, ikan hiu misalnya, biasanya ikan kakaktua tidur di sela-sela terumbu karang.  Tapi berhubung sela-sela karang tidak selalu dapat melindungi dirinya dari serangan predator, ikan kakaktua mengembangkan senjata pertahanan diri: dengan membungkus tubuh mereka dengan cairan transparan.  Para ilmuwan meyakini, bau dari cairan tersebut yang melindungi mereka dari para predator.

 

Yuk Menikmati Kecantikan Ikan Kakaktua dengan membeli Paket Wisata SNORKELING DI PAHAWANG

 

 

Sumber :

Ngasih.com

Artikel majalah Sadarla

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Agustus 2015 in FENOMENA ALAM

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: