RSS

SOSIO EKOWISATA DI PULAU PAHAWANG

01 Feb

sosio ekowisata di pulau pahawang

Pulau Pahawang merupakan surga kecil di Lampung, dimana Anda dapat melihat keindahan alam sekitar pulau dan berenang bersama ikan Nemo.  Tour Wisata Pulau Pahawang sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur tanpa ambil cuti karena cukup ditempuh dengan liburan akhir pekan  setiap Jumat-Minggu.

 

AGENDA SOSIO WISATA DI PULAU PAHAWANG

Sekitar seminggu menjelang hari H Tour Ekowisata Pahawang, eloratour menyampaikan kepada kontak person Clipan Finance, jika mau ada kegiatan sosial dengan warga Pulau Pahawang, kami bisa mempertemukan dengan benefeceries – nya.  Gayung pun bersambut ! Jadilah agenda dadakan Sosio Ekowisata di Pulau Pahawang

“Memberi adalah salah satu jalan menuju bahagia yang sederhana, kuncinya adalah kerelaan … itu saja”

 

MENUJU PULAU PAHAWANG, LOKASI SOSIO EKOWISATA

Pagi itu, sejak pukul 04.00 WIB itu eloratour bersiap menunggu rombongan wisatawan yang mau ber Ekowisata di Pulau Pahawang, yakni Sahabat elora dari PT. Clipan Finance Indonesia, Tbk, cabang Palembang.  Rencananya para wisatawan ingin snorkeling di Pulau Pahawang dengan Paket berkonsep Ekowisata, yakni kombinasi Snorkeling dan Konservasi Mangrove di Pantai Pulau Pahawang.

Pukul 05.15 telpon berdering, driver bus yang membawa sahabat eloratour, para wisatawan dari Palembang sudah tiba di Bandar Lampung.  Kami pun segera bertemu di dekat Bundaran Gajah.  Setelah bertemu, kami meluncur mencari sarapan.  Keliling ke Lapangan Enggal dan Stadion Pahoman, pagi itu tidak ada penjual sarapan.  Akhirnya kami meluncur ke salah satu mall, dan sarapan di gerai cepat saji yang buka 24 jam.

Sambil sarapan eloratour mengontak team yang berjaga di Dermaga Ketapang, mendapat info bahwa cuacca mendung dan gerimis. Di Bandar Lampung cuaca cukup cerah, semoga acara hari ini cukup lancar dan cuaca bagus.  Namun di perjalanan menuju dermaga, hujan mulai menetes, bahkan semakin deras mengguyur.  eloratour kembali mengontak teman yang berjaga di Dermaga Ketapang, dan mendapat informasi bahwa di sana hujan lebat dan berkabut, sehingga perahu tidak dapat jalan, sebab jarak pandang aman sangat pendek.  Akhirnya kami jalan pelan, sambil menikmati pemandangan di sepanjang jalan antara Bandar Lampung menuju Dermaga Ketapang.

Sampai di Dermaga Ketapang, hujan masih deras, terpaksa kami menunggu redanya sang hujan, sambil menikmati goreng-gorengan dan minuman hangat.

Tiba di Dermaga Ketapang Menanti Hujan Reda di Dermaga Ketapang
Dermaga Ketapang, menanti hujan sedikit reda dengan tahu, bakwan. dan pisang goreng.

Pukul 09.30, ini artinya sudah mundur satu jam lebih dari skedul semula, Kapten Perahu mengkonfirmasi bahwa jarak pandang sudah aman, akhirnya daripada menunggu terlalu lama, meski masih hujan gerimis rombongan berangkat menuju Camp di Pulau Pahawang Besar.

naik perahu berangkat sosio ekowisata
Semangat meski hujan rintik masih menyertai.

Turun dari Perahu menuju Camp
Kepalang sudah basah kuyup tidak sandar di dermaga, tapi di depan homestay.  Meletakkan Tas, lalu lanjut ke Spot 1.

WISATA SNORKELING DI SPOT PAHAWANG BESAR

Ceria di Spot Pahawang Besar Tak Sabar
Kiri : Naik Perahu menuju Spot 1. Kanan : Tak sabar, melompayt dan berenang sebelum perahu bersandar.

Foto model Perahu di Spot Pahawang Besar

di Spot Pahawang Besar
Sesi Foto di Spot Pahawang Besar

Foto di Spot Pahawang Besar Pembulian di Spot Pahawang Besar
Kiri: masih Sesi Foto di Spot Pahawang Besar, Kanan : Pembulian di depan Villa Kudus 🙂

Hujan deras pagi itu mengakibatkan air laut agak keruh, dan ombak jadi tinggi, sehingga kurang nyaman untuk snorkeling.  Ditambah pula ada kawanan ubur-ubur transparan dengan tentakel kecil dan panjang yang susah terlihat mata mengenai beberapa orang diantara kami, bahkan elora kena 2 kali, di kaki dan di jari-jari tangan.  Cukup perih dan membuat kulit memerah …

Akhirnya teman-teman memilih alternatif bermain dpasir di pantai.  dengansatu orang korban, harus rela dikubur pasir, dan diberi asesories seronok .. ha ha 🙂  Setelah puas bermain pasir, foto-foto, dan waktu menunjukkan pukul 12.00 kami bergegas ke camp untuk makan siang.

Makan Siang di Camp
Suasana Makan siang di Camp, nikmat dengan menu lokal sederhana, tumis kerang, tahu tempe dan sayur asem.

BERMAIN PASIR DI PANTAI PAHAWANG KECIL

Ke Perahu menuju Pahawang Kecil Menuju Spot Pahawang Kecil
Sehabis makan siang, kami bergegas ke Pulau Pahawang Kecil.

Bermain di Pahawang Kecil

Foto Bersama di Pahawang Kecil

Foto di Pahawang Kecil

Mencari Kerang di Pahawang Kecil  Villa di Pahawang Kecil

Siang menjelang sore itu, pemandangan pantai di Pulau Pahawang Kecil tidak secantik biasanya.  Efek hujan deras membuat warna pantai dan pasirnya menjadi keruh.  Syukurnya Sahabat dari Palembang tetap gembira menikmati pantai, yang menurut pengakuan mereka jarang mereka nikmati, sebab Sumatera Selatan memang tidak memiliki Pantai Wisata.

 

WISATA SNORKELING DI PULAU KELAGIAN KECIL

Setelah puas bermain di Pantai Pulau Pahawang Kecil, kami lanjut ke Pulau Kelagian Kecil.

Menuju Spot Pulau Kelagian Snorkel di Spot Kelagian
Kiri : Berangkat menuju Spot Kelagian, Kanan : Mulai Snorkeling di Pulau Kelagian Kecil

Foto Snorkeling di Spot Pulau Kelagian

Foto Snorkel di Spot Kelagian Foto di Pulau Kelagian

Cuaca masih belum berpihak kepada rombongan kami, hujan memang sidah reda, namun hempasan gelombang menyulitkan sesi foto bawah air, sehingga hasilnya kurang memuaskan.  namu setidaknya kami masih dapat melihat jelas keindahan terumbu karang dan ekan-ikan cantik di sana, meski tidak sebanyak biasanya.  Sore menjelang, kami pun bergegas ke camp, untuk mandi dan melanjutkan acara tematik : Teamwork.

 

MENGISI SOSIO EKOWISATA DI PULAU PAHAWANG DENGAN OUTBOUND TEMATIK

 

Setelah sampai di camp, kami mandi.  Sahabat dari Clipan Fiannace terpaksa mandi menumpang di rumah warga kolega eloratour, sebab hujan deras membuat air sumur menjadi keruh. Sambil menunggu makan malam, sebagian sahabat bermain sepeda di paving yang ada di samping belakang homestay, sebagian yang lain memuaskan diri foto di pantai.

 Bersepeda di Pulau Pahawang Besar
Foto bersepeda di jalan paving block, di belakang Camp

Bidadari Terbang

Sesi Foto di Camp Pahawang
Atas : Para Bidadari mencoba Terbang, Bawah : Berebut Selendang ? 🙂

Sesi Foto di Gubuk Camp

Sesi Foto di Camp Pahawang suasana senja
Atas : Selfie di gubuk, Bawah : mengabadikan Senja di Pulau Pahawang


Makan Malam menu Lokal
Menu Makan Malam

Setelah makan malam dengan menu lokal Tumis kangkung dan Ikan Goreng, peserta sejenak beristirahat, menikmati senja di Pulau Pahawang ditemani Kopi dan Teh hangat yang nikmat.

Pukul 19.30 Fasilitator Pemandu Game tiba.  eloratour tidak main-main dalam menyiapkan game tematik ini, maka eloratour menggandeng sahabat yang memang memiliki kualifikasi dalam hal ini, satu dari hanya 2 orang yang memiliki sertifikat nasional untuk outbound tematik.  Tujuannya supaya sahabat dari PT. Clipan Finance Indonesia Tbk, Cabang Palembang benar-benar termotivasi sebagai team, dan dapat menggenjot produktivitas mereka sekembalinya dari Lampung.

  Game Motivasi TeamWork eloratour

Game Team Work
Game Motivasi: Fokus dan Konsentrasi

Game TeamWork 2 eloratour  Game Motivasi TeamWork
Game tematik : TeamWork atau Kerjasama Team

Game TeamAkselerasi
Game Tematik : Akselerasi Kerjasama Team

Selama kurang lebih satu jam, sahabat Clipan Finance diajak bermain game tematik oleh fasilitator.

Membuat Api Unggun Acara BBQ

Acara selanjutnya adalah acara Barbeque dan api unggun.  Teko kopi sudah diisi ulang, api unggun sudah dinyalakan, arang bara sudah dihidupkan, dan kemudian ikan diletakkan di atasnya menunggu matang.  Malam itu, suasana kebersamaan terbangun lebih kuat.  Semoga hasil game motivasi, dan acara api unggun + barbeque ini sesuai harapan Manajemen PT. Clipan Finance Indonesia, Tbk, Cabang Palembang.

 

SOSIO EKOWISATA DI PULAU PAHAWANG BESAR

Pagi hari kedua, eloratour diberitahu oleh Manajemen Clipan Palembang, karena urusan officialy, acara hari kedua di Pahawang hanya bisa sampai pukul 09.30.  Eloratour segera mengontak team yang menyiapkan makanan, juga team yang menghubungi benefeceries, tentang perubahan jadwal.

Team elora segera meluncur menemui Pak RT setempat, untuk menyiapkan sahabat-sahabat kecil yang menjadi benefeceries pada pukul 08.00. Yang lain memberitahu, agar lauk yang rencananya untuk makan siang, diolah untuk tambahan lauk sarapan, dan sebagian lain diberikan ke team yang mengolah, yang juga warga setempat.  Team yang menghandel Konservasi Mangrove juga dikontak, agar bersiap mewakili penanaman mangrove.

Setelah para peserta wisata mandi, memakai seragam perusahaan untuk keperluan memberikan “tanda kasih”, kemudian sarapan menggunakan menu lokal, nasi goreng dan ikan goreng.

Menu Lokal Sarapan  Sarapan. antri menunggu giliran Sarapan Sarapan di Pondok
Sarapan dengan Menu Lokal.  Nikmatnya ,makan di Pantai 🙂

Pukul delapan tepat, kami diberitahu oleh sahabat penjaga homestay, bahwa para sahabat kecil sudah bersiap di samping camp.  Manajemen PT. Clipan Finanace kemudian meluncur ke lokasi yang berada di samping homestay.

Sosio-ekowisata-di-pahawang
Pemberian tanda kasih dari Clipan Finance cabang Palembang ke perwakilan sahabat kecil di Pulau Pahawang

Acara berlangsung singkat, tanpa seremonial, namun mengharukan.  Semoga menjadi pendorong semua yang berlebih dalam sisi apapun, baik finansial, materi, pengetahuan, jaringan, untuk berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan.

Selanjutnya team Clipan berfoto bersama, sebab harus segera meninggalkan Pulau Pahawang untuk kembali ke Palembang.

Sosio-Ekowisata
Foto bersama di Camp Pahawang

Employee Gathering PT. Clipan Finance Indonesia Cabang Palembang
Foto bersama di Camp dan di Pantai sebelum meninggalkan Pulau Pahawang

Pagi menjelang Pulang
Pukul 09.00 Semua peserta sudah berkumpul di Dermaga Desa Pahawang Besar

 Wajah wajah lelah namun bahagia
Wajah wajah lelah namun bahagia dari Team Clipan Finance cabang Palembang

Terimakasih Sahabat CLIPAN FINANCE Cabang Palembang, berkenan BER- SOSIO EKOWISATA DI PULAU PAHWANG, bersama eloratour.  Semoga kinerja Team semakin solid dan produktif, dan sampai jumpa lagi di Lampung.

Minat PAKET SOSIO EKOWISATA seperti Teman-teman PT. Clipan Finance Palembang ?  Langsung saja:  Kontak

Trimakasih juga buat Sahabat elora, sudah berkenan mampir ke blog elora, jangan lupa like & sharenya ya Guys 🙂

 

Salam SosioWisata

 

Kembali ke : Tempat Wisata di Lampung

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Februari 2015 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: