RSS

CATATAN TOUR MALANG BROMO MADAKARIPURA

18 Jan

CATATAN TOUR MALANG BROMO MADAKARIPURA

 Pantai Bajul Mati. eloratourSuasana Tour Pantai Bajul Mati di Malang, Jawa Timur.

TOUR MALANG BROMO MADAKARIPURA ELORATOUR

Program Tour Malang Bromo Madakaripura rencananya akan berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 28 Desember – 30 Desember 2014, dengan peserta 19 orang. Langit kota Malang pada dini hari ini sedikit muram. Mendung dengan rintik gerimis menyambut ku menapakan kaki keluar dari kereta. Semoga mendung menghilang saat matahari muncul nanti pagi. Waktu masih menunjukan pukul 03.40 pagi, penjemputan peserta Tour Malang – Bromo – Madakaripura masih sekitar 4 jam lagi. Segera ku bergegas menuju ke tukang ojek depan stasiun yang siap 24 jam membawa pelanggan ke setiap tujuan di kota Malang. Tujuan eloratour saat ini adalah garasi mobil, segera mandi, istirahat sejenak melepas lelah, dan kemudian menyiapkan 2 buah mini bus elf untuk penjemputan peserta tour. Lima belas menit dari Stasiun, akhirnya tiba di garasi.

Program Tour Hari pertama kami akan membaa peserta mengunjungi dua atau tiga pantai di selatan Malang, yaitu pantai Bajul Mati, Gua Cina, dan Pantai Balekambang. Hari kedua, eloratour akan mengajak wisatawan berwisata khusus di kota Malang, yaitu wisata Petik Apel Malang, dilanjutkan dengan bersantai di Air Terjun Coban Rondho. Sore hari, Tour berlanjut dengan wisata adventure naik Jeep dari Tumpang, Malang melalui Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ke Hotel di area Bromo. Dalam perjalan dengan jeep ini, peserta tour akan dimanjakan dengan pemandangan dataran yang sangat unik, seperti melewati salah satu desa tertinggi di Jawa, Gunung Semeru dengan letusannya setiap 30 menit, Bukit Teletubis, Padang Savana Tengger, Pasir berbisik Bromo, dll. Hari Ketiga, peserta tour akan menikmati keindahan matahari terbit di Viewpoint Penanjakan satu. Dari spot ini keindahan Kaldera Tengger yang sangat terkenal akan terlihat dengan jelas. Selanjutnya wisatawan akan kami bawa dengan Jeep menuju Kawah Gunung Berapi Bromo. Dari Bromo perjalan berlanjut dengan mengunjungi Air terjun Madakaripura yang sangat istimewa.  Sore hari service tour selesai dengan mengantar peserta tour ke Surabaya dan Malang.

Tour kali ini, transfer-in di dua tempat berbeda; ada 4 orang peserta yang dijemput di Bandara Abdul Rachman Saleh pukul 08.15, dan rombongan kedua 15 peserta dijemput di Stasiun Kota Malang pada pukul 10. Pagi itu kedatangan Kereta Api juga mengalami kemunduran selama 45 menit, sementara pesawat yang membawa rombongan wisatawan kami terpaksa mendarat di Surabaya karena faktor cuaca.  Kami sangat bersyukur akhirnya pesawat yang membawa rombongan wisatawan kami landing dengan selamat di Malang menjelang tengah hari.  Sebab hari itu kita mendengar pesawat Air Asia QZ8501 hilang, dan belakangan kita ketahui seluruh penumpang dan kru pesawat yang ditemukan meninggal dunia.  Guys, mari kita doakan mereka yang meninggal menemukan kedamaian di kehidupannya yang baru, dan keluarga yang ditinggalkan tabah dan iklas.

 

Kembali ke Tour Malang – Bromo – Madakaripura ….
Akhirnya tour yang seharusnya dimulai jam 10.00 pagi untuk mengunjungi beberapa pantai di selatan Kabupaten Malang terpaksa harus kami atur ulang karena rombongan baru lengkap sekitar pukul 12.00 siang. Tour hari pertama, dari sisi waktu rombongan hanya bisa mengunjungi satu pantai saja, maka kami putuskan untuk mengunjungi pantai Bajul Mati saja.

 

PESONA PANTAI BAJUL MATI, MALANG

Pantai di Malang Jatim Pantai Bajul Mati
Pantai Bajul Mati

Perjalan dari Kota Malang ke pantai selatan Malang memakan waktu sekita 3 jam. Jalan menuju ke pantai bergunung-gunung, turun naik dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam. Pemandangan menuju kearah pantai cukup indah. Rombongan juga melewati jembatan Bajul Mati yang cukup unik. Jembatan ini menjadi ikon untuk wisata pantai di selatan Malang.

Akhirnya sampai juga rombongan dua mini bus di Pantai Bajul Mati. Lelahnya perjalanan terobati dengan suasana semilir angin pantai. Beberapa wisatawan bersantai dengan ngopi di pinggiran pantai. Pantai Bajul Mati adalah salah satu pantai dengan pemandangan terunik di selatan Malang. Pemandangan arah laut yang bertemu dengan langit membentuk segaris horizon. tengah laut ada beberapa karang yang berdiri kuat menghalau gelombong. Sebelah sisi kanan dan kiri pantai ada menjulang karang-karang laut menambah kesan indah. Namun sayang keadaan ombak laut sedang tinggi-tingginya, jadi petugas pantai melarang pengunjung untuk berenang. Sebenarnya juga saat ombak sedang tenang pengunjung tidak boleh berenang terlalu jauh.

Bajul Mati. Icon pantai di Malang

Satu jam menikmati keindahan pantai Bajul Mati, kami pun sudah harus berangkat pulang menuju Hotel di kawasan kota wisata Batu, Malang. Lama perjalan ke hotel tidak terasa karena dipenuhi dengan canda dan tawa para peserta tour. Akhirnya pukul 08.00 malam rombongan tiba di Hotel Pondok Jatim Park. Peserta Tour yang sudah merasa lapar langsung menuju ke resto hotel. Paket menginap di Pondok Jatim Park dari eloratour sudah termasuk makan malam, jadi rombongan tour tidak dipusingkan dengan mencari resto di area Batu. Segera setelah menyelesaikan proses check in group, eloratour berpamitan kepada peserta untuk kembali ke garasi mempersiapkan energy untuk tour hari kedua.

 

WISATA PETIK APEL, JATIM PARK & SECRET ZOO

Jatim Park. Batu. eloratour

Jatim Park & Secret Zoo
Wahana Wisata Jatim Park & Secret Zoo, Malang.

Hari kedua, mini bus kami sudah siap di depan hotel untuk mengantar rombongan tour mengunjungi kebun apple. Namun ternyata malamnya peserta sepakat untuk mengubah kunjungan ke Jatim Park dan Secret Zoo Malang. Perubahan kunjungan adalah hak peserta tour, jadi tidak masalah selama kami masih bisa handle dan biaya masih tercover.

Wahana Jatim Park dan Secret Zoo Malang ini berada dalam satu area, dan menjadi salah satu unggulan wisata kabupaten Malang. Ada ratusan wahana permainan di Jatim Park 1 dan 2, sehingga butuh waktu seharian untuk explore permainan di tempat ini. Agar tour selanjutnya dapat berjalan dengan lancar maka kunjungan ke taman wisata Jatim Park disepakati sampai pukul 12.00 siang. Selesai menikmati wahana wisata Jatim Park & Secret Zoo, sekitar pukul 12.00 siang rombongan kami ajak ke kawasan Selekta, Batu untuk makan siang.

 

TOUR JEEP MENYUSURI TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU

Tour Jeep Malang - Bromo via Tumpang

TDuduk di atas Jeep. eloratour Tour Jeep Malang - Bromo via Tumpang juga
Tour Jeep dari Malang ke Bromo via Tumpang

Makan siang selesai, kamipun melanjutkan perjalanan ke sebuah desa di dekat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru: Desa Tumpang. Kami sampai di sana sekitar pukul 15.00, dan 4 buah Jeep sudah siap mengantar peserta untuk berpetualang melewati jalan terjal di kawasan Taman Nasional.
Let’s Go Guys 😀

Tour Jeep pun dimulai. Perjalan dimulai dengan suguhan pemandangan kebun apple malang di lereng bukit Taman Nasional. Jalan menanjak dan menikung dilalap dengan mudah oleh jeep-jeep yang membawa kami. Pemberhentian pertama di loket Taman Nasional dimana setiap pengunjung harus melapor dan membeli tiket masuk. Setelahnya jalanan mulai menyempit dikanan kiri jurang dalam ratusan meter. Akhirnya kami sampai di Desa Ngadas, satu desa tertinggi yang terletak pada ketinggian 2.100 meter diatas permukaan laut. Kami disuguhi pemandangan atas perbukitan dengan lahan perkebunan yang unik di lereng-lereng bukit. Dari titik ini pemandangan sungguh sangat istimewa, kami melihat Gunung Semeru mengeluarkan letusan beberapa kali.

View di perjalanan. Desa Ngadas

 Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru - Foto

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
View di perjalanan, hijau menyegarkan. Pas buat foto bersama

Perjalan berlanjut dan rombongan tiba di sebuah persimpangan antara Bromo – Ranu Pane, disebut Jemplang. Dari sini rombongan dimanjakan dengan pemandangan Kaldera Tengger yang sangat luas dan hijau. Jeep membawa rombongan turun ke Kaldera, kami pun melewati hamparan savanna yang sangat luas. Disitu ada salah satu pemandangan unik disebut sebagai Bukit Teletubis, karena ada gundukan-gundukan yang mirip sekali dengan rumah Teletubis. Tempat ini sangat bagus untuk foto-foto, dan kami pun tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. .. Foto2 dulu Guuuuuys 😀

 

Ceria di Jalur Kaldera Nggandol Jeep. eloratour

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru - foto
Jalur Kaldera Tengger yang Luas dan Hijau dengan Bukit Teletubis-nya

Hari sudah semakin gelap, saya pun mengajak rombongan untuk bergegas menuju Hotel. Ada kejadian seru, saat salah satu Jeep tersangkut lumpur di jalanan kaldera yang lumayan dalam. Dengan menggunakan Jeep yang lain, kami berupaya menarik dengan tali untuk membebaskan Jeep yang terperosok di lumpur tadi. Tepuk tangan meriah peserta pecah ketika jeep berhasil keluar dari kubangan lumpur. Horeeeee 😀 😀

Perjalanan dengan Jeep di kaldera Bromo ini akan menjadi kenangan istimewa .. he he 😀
Sekitar pukul 7.00 malam, rombongan tiba di Hotel Sion View, sebuah hotel sederhana di kawasan Lereng utara Kaldera Tengger.

MENIKMATI BROMO SUNRISE DARI PUNCAK PENANJAKAN

Puncak Gunung Batok Bromo Tengger Semeru
Panorama memukau, sunrise di Penanjakan pointview satu

Hari ketiga, rombongan bangun pagi-pagi sekitar pukul 3.00, bersiap untuk berangkat menuju Puncak Penanjakan dengan Jeep. Waah, ternyata pagi itu sangat ramai Guys .. ratusan jeep berlomba-lomba menuju puncak Penanjakan. Karena banyaknya Jeep yang ingin naik, maka terjadi kemacetan sekitar 3 kilometer sebelum puncak. Dengan terpaksa perjalanan ke puncak Penanjakan dilanjutkan dengan naik Ojek. Banyak improve Tour kali ini Guys .. he he 😀

Akhirnya, seluruh peserta Tour menikmati Sunset terindah sedunia, di Puncak Penanjakan (Beugh! 😀 ).  Dari spot ini terlihat keseluruhan Kaldera Tengger, dengan Gunung Bromo, Batok, dan Segoro Ombo ditengah-tengah Kaldera. Sungguh ini adalah pemandangan yang sangat fantastis ! Gunung Semeru terlihat menjulang tinggi di belakang Kaldera Tengger. Sesekali Gunung Semeru menyemburkan letusan kecil untuk memberikan pertunjukan kepada para penikmat wisata. It’s an Amazing place to see Guys .. 😀

 

Beautiful Sunrise
Panorama Kaldera Tengger lengkap dengan Gunung Batok, Bromo, dan segoro ombo, serta Gunung Semeru yang menjulang.

Puncak Bromo Tengger Semeru
Panorama Bromo

Setelah puas menikmati indahnya Kaldera Tengger, kami turun dengan Jeep menuju Kawah Gunung Bromo. Dari Parkiran Jeep, peserta harus berjalan sekitar 30 sampai 45 menit atau bisa lebih cepat dengan naik kuda.

Transporter menuju Puncak Bromo Berkuda di Bromo
Berkuda di Bromo

Kawah Bromo adalah kawah aktif yang megeluarkan uap belerang putih kekuningan terus menerus. Saat peserta tour sampai di bibir kawah, bau belerang yang seperti aroma telur busuk menyambut .. he he 😀 . Dari bibir kawah ini, pemandangan padang pasir Bromo terhampar luas, sangat indah sekali.

Tangga menuju Puncak Bromo

Lautan Pasir Bromo
Tangga menuju Puncak Bromo, dan Pasir Berbisik

Selesai menjelajahi kaldera Tengger, Jeep membawa rombongan kembali ke Hotel Sion view untuk mandi dan sarapan pagi.

Tour masih berlanjut …

 

TERPESONA KEANGGUNAN AIR TERJUN MADAKARIPURA

 

Gerbang Madakaripura

Setelah check out dari hotel, kami akan mengunjungi salah satu Air Terjun yang sangat fenomenal, yakni Air Terjun Madakaripura. Satu jam perjalan dari Hotel Sion View, akhirnya kami sampai di parkiran tempat wisata Madakaripura. Dari tempat parkir ke air terjun peserta harus berjalan sekitar 30 menit. Untunglah jalan menuju ke air terjun Madakaripura sudah diperbaiki, sehingga memudahkan pengunjung, terutama yang berusia lanjut.

Rintik hujan dengan langit yang cukup gelap menyambut ketika rombongan mulai berjalan ke air terjun. Lelah berjalan selama 30 menit terobati saat rombongan melihat sendiri Air Terjun Madakaripura. Tidak Cuma satu air terjun, ada banyak air keluar dari hijau lereng Madakaripura. Pengunjung harus berjalan dibawah air terjun pertama, kalau yang tidak mau basah cukup memakai payung atau mantol. Pada spot air terjun paling ujung, pemandangan yang tersaji adalah sebuah air terjun besar yang menjulang tinggi sekitar 200 meter. Inilah yang membuat air terjun Madakaripura sangat istimewa.

Air Terjun di Madakaripura
Kumpulan Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura - eloratour
Foto Bersama di bawah terjunan Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Wisatawan berfoto di Madakaripura

Puas menikmati Air Terjun Madakaripura, eloratour mengantar peserta tour ke transfer –out masing-masing . Satu minibus mengantar rombongan pertama ke Bandara Juanda Surabaya untuk kejar pesawat. Satu minibus lagi membawa rombongan kembali ke Stasiun Malang.

Demikian Sahabat elora, Catatan Tour Malang Bromo Madakaripura di akhir 2014 – eloratour.

Pesan Paket Tour Malang Bromo Madakaripuro sekarang : kontak eloratour.

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa komen, like & share ya Guys 🙂

 

Salam Wisata Indonesia !

 

Kembali ke : ELORATOUR BLOG WISATA INDONESIA

Save

Save

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Januari 2015 in WISATA JAWA TIMUR

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

4 responses to “CATATAN TOUR MALANG BROMO MADAKARIPURA

  1. Danan Wahyu Sumirat

    18 Januari 2015 at 13.23

    wah bikin trip ke luar sumatra juga

     
    • eloratour

      20 Januari 2015 at 22.31

      Iya Mas Danan.
      Modal dengkul ngejalanin prinsip Palugada .. ha ha 😀
      Makasih udah mampir

       
    • Danan Wahyu Sumirat

      20 Januari 2015 at 22.36

      Sedep, kalo bikin trip singapur kabar2in siapa tahu bisa ketemuan

       
    • eloratour

      20 Januari 2015 at 22.39

      Siap Mas Danan ..
      Emang sekarang tingal di SIngapur Mas ?

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: