RSS

CATATAN TOUR TELUK KILUAN

12 Jan

CATATAN TOUR TELUK KILUAN

 

Ini adalah Catatan Perjalanan eloratour dalam mendampingi wisatawan yang hendak menikmati keindahan Pulau Kelapa,
Menjajal sensasi Tour Lumba-lumba dan trekking pada Tour Laguna di Teluk Kiluan.

Jalan ke Teluk Kiluan
Jalan menuju Teluk Kiluan, habitat lumba-lumba di Teluk lampung

 

PERJALANAN TOUR MENUJU TELUK KILUAN

 

Tour Teluk Kiluan dimulai hari Minggu pagi, 28 Desember 2014.  Sekitar jam 07.00 kami bersiap dari Bandar Lampung, dengan jumlah rombongan 18 orang, 16 dewasa dan 3 anak-anak.  Setelah rombongan kumpul semua, sekitar pukul 8 pagi kami berangkat dengan 3 mobil, tidak langsung menuju kiluan, tapi mampir dulu ke Pasar Ikan di Teluk Betung, untuk persiapan barbeque malamnya.  Pada hari biasa hal ini tidak perlu kami lakukan, karena di Teluk Kiluan ikan tangkapan nelayan sudah mencukupi.  Tapi berhubung peak sesason, para nelayan di Teluk Kiluan tidak mencari ikan, tapi fokus melayani wisatawan yang Tour Lumba-lumba. 

Pukul 08.30 kami sudah masuk ke pasar ikan.  Secara ‘naluri’ terjadi pembagian tugas menurut gender: kaum perempuan belanja ikan, kaum lelaki belanja arang dan cumi untuk acara mancing .. he he 🙂  Empat puluh lima menit cukup untuk menyiapkan keperluan BBQ, kami pun bergegas melanjutkan perjalanan menuju Teluk Kiluan.  Perjalanan yang menempuh waktu sekitar 3 jam sebenarnya sangat menarik dan menghibur.  Kita akan disuguhi pemandangan berselang-seling, dari suasana perkotaan, pasar, pedesaan, pantai, sawah yang menghampar, sungai di bawah jembatan jalan, serta bukit dan pegunungan yang cukup megah.  Menarik kan Lampung ?! makanya Guys, ayo Visit Lampung 🙂

 Jalan menuju Teluk Kiluan. eloratour
Jalan menuju Teluk Kiluan, 30% masih penuh lubang.

Tapi ada tapinya Guys .. Buat kalian yang suka off-road sih mungkin malah ‘anugerah’, tapi yang suka kenyamanan berkendara .. siap-siap tabah, sebab dari total perjalanan sepanjang sekitar 90 km, jalan yang berlubang ada hampir 30% -nya.  But, itung-itung hiburan lah ya, pengalaman ber-offroad ria 😀 .

Tepat pukul 12.15 rombongan kami sampai ke penginapan.
Setelah ber say-hello dengan teman pemilik home-stay, kami memindahkan tas dan barang-barang ke kamar.  Tak lama kami sudah beres pindah-pindah barang, dan teman pemilik home-stay memberitahu bahwa makan siang sudah siap, dan mempersilahkan kami makan.
Horee, makaaaaann !   .. 😀

Makan Siang di Teluk Kiluan Makan siang
Makan siang dengan Menu Lokal

 

Dilanjutkan Foto-foto ya Guys 😀

di depan home-stay Teluk Kiluan
Foto di depan home-stay

Kami makan dengan menu lokal : ikan goreng + sayur asem + tahu bacem + sambal lampung … wuiih, yummiiiee  Guys 😀
Kami pun makan dengan nikmat dan lahap, sebab posisi memang cukup lapar dan menunya pas 🙂

Rehat sejenak ya Guys, .. kekenyangan 😀
Meresapi perut kenyang sambil menenikmati suasana pantai dengan semilir angin Teluk Kiluan.
Kopi hitam elora kopi 100% khas Lampung menjadi pelengkap nikmatnya hidup. he he 🙂

Wallaaah ! Lagi enak-enak ngantuk sambil nyruput kopi kok anginnya jadi kencang begini !?!  Minggir dulu ke teras home-stay yang lebih terlindung.  Sayang sungguh di sayang sore ini cuaca kurang bersahabat.  Angin berhembus makin kencang, hingga pasir pun beterbangan, dan ombak pun menjadi besar.  Perahu-perahu yang bersandar di pantai ikut terombang-ambing.  Skedul Tour Laguna yang sedianya dimulai pukul 15.00 terpaksa kita batalkan.  alasan keamanan guys !

Tapi bersyukur, pada akhirnya cuaca alam Teluk Kiluan berbaik hati, Menjelang magrib angin sudah reda .. so, kami bisa tetap bisa menyiapkan barbeque, bakar-bakar ikan yang kami beli di Pasar Teluk Betung pagi tadi.

Persiapan BBQ - eloratour

Barbeque dan pilsener
Persiapan BBQ.  Menghibur diri dengan Gitar & Pilsener

Setelah mandi sore, dilanjutkan makan malam, acara BBQ pun digelar.
Untuk menghibur diri akibat skedul Tour Laguna terpaksa ditunda, eloratour & the band pun tampil untuk menghibur wisatawan.  Dengan 3 gitaris, seorang Vokalis, dan puluhan backing vocal, mengharu-birukan suasana di Teluk Kiluan malam itu dengan Lagu-lagu ’70-an sampai ’90-an .. ha ha 😀
Ikan bakar + sambal tomat Lampung, dan pilsener, menghangatkan malam syahdu di akhir tahun 2014, at Kiluan Bay, Lampung.
Pesta berakhir tepat pukul 24.00.  Kami harus istirahat, supaya besok subuh cukup Vit untuk Tour Lumba-lumba dan dilanjutkan Snorkel di Pulau Kelapa dan Tour Laguna.
Zzzzz .. have a nice dream Guys ..
Malam itu eloratour tidurnya serasa Si Roy yang mimpi indah tentang Venus ..
Kalian yang angkatan ’90-an pasti tahu cerita Balada Si Roy yang keren pol itu.

TOUR LUMBA-LUMBA TELUK KILUAN

Teluk Kiluan, 29 Desember 2014, pukul 05.30 pintu kamar diketok pemilik home-stay, eloratour buru-buru cuci muka, ganti pakaian siap basah-basahan, dan sarapan !  Menunya Nasi Uduk + Telor Goreng plus Sambal Lampung .. Sarapan yang banyak, buat ngelawan angin laut Guys.  😀  Setelah semua sarapan, satu per satu mengenakan life jacket, standard keamanan Guys, kita mau Tour Lumba-lumba ke tengah samudera.

Sarapan sebelum Tour Lumba-lumba Berangkat Tour Lumba-lumba
Kiri, Sarapan sebelum Tour.  Kanan, Berangkat Tour Lumba-lumba

Kawanan besar Lumba-lumba. eloratour

Tour Lumba-lumba
Atas, Kawanan Besar Lumba-lumba, namun kurang jelas.  Bawah, atraksi sekelompok kecil lumba-lumba

Untuk Dolphin Tour itu kami menggunakan Perahu Jukung, yaitu perahu tradisional dengan moncong depan melengkung dan berbentuk pipih membentuk ‘blade’. Teknologi sederhana yang terbukti mumpuni melawan hempasan ombak samudera.   Alkisah, di jaman dahulu, sebelum jalan darat bisa diakses dengan mobil, para penduduk setempat yang beretnis Banten atau Sunda, stiap lebaran mudik ke Serang dan Bawa Barat dengan perahu Jukung itu Guys.  Keren kan ?!  Hingga sekarang pun masih ada, tapi tinggal satu – dua.

Pantai Teluk Kiluan
Perahu Jukung, Perahu Tradisional yang mampu membelah ombak samudera

Setiap perahu jukung dimuati 3 penumpang, 4 orang dengan nahkodanya. Total 6 perahu berangkat mengangkut rombongan kami pagi itu.
Perjalanan menuju samudera membutuhkan waktu sekitar 30 menit.  Selanjutnya perahu berputar-putar mencari lokasi Lumba-lumba, mendekatinya untuk menyaksikan dari jarak lebih dekat dan mengabadikannya dengan kamera.  Rombongan kami beruntung, menemukan sekelompok kecil lumba-lumba berjumlah kurang dari 10 ekor, serta menemukan rombongan besar lumba-lumba berjumlah puluhan ekor.  Sayangnya ombak pagi itu lumayan tinggi, jadi liukan tarian lumba-lumba kurang terlihat dari permukaan.  Tapi wisatawan cukup puas !  sudah melihat langsung lumba-lumba di habitat asli mereka.
Pukul 08.30 lumba-lumba mulai pergi ke tengah samudera, kami pun bergeser ke destinasi berikutnya : Pulau Kelapa, atau yang dikenal dengan Pulau Kiluan.

 

KEINDAHAN PULAU KILUAN

Sampai di Pulau Kelapa, kami beristirahat sejenak, meghilangkan pusing akibat goyangan perahu oleh ombak samudera.  Sambil berfoto-ria tentu saja.

Pulau Kiluan
Pulau Kiluan, penduduk setempat menyebutnya “Pulau Kelapa”

Sebelum masuk laut, disarankan minum air mineral yang banyak dan snack ringan yang dibawa, sebagai persiapan untuk snorkel supaya nggak dehidrasi dan masuk angin.  Guide lokal memandu cara memakai alat snorkel, lalu .. Byuuurrr !  kami pun mulai petualangan bawah air, menikmati keindahan flora dan fauna bawah laut Pulau Kelapa.   Meskipun air dan pantai kurang bersih akibat sampah yang dibawa arus laut kemari sore, namun wisatawan masih bisa menikmati keindahan terumbu karang dan aneka hewan di Pulau Kiluan.

 

Foto di Pulau Kelapa

Snorkel di Pulau Kiluan
Atas, Sesi foto di Pulau kelapa.  Bawah, Menikmati keindahan Pulau Kelapa (Pulau Kiluan)

Pukul 11 siang rombongan ikami kembali ke penginapan.
Setelah bersih-bersih badan, dan berganti pakaian yang kering.  Lelah mendera, kami pun kompak merebahkan diri di kamar.   Zzzzz .. kali ini nggak ada Venus Guys, judulnya “tidur pulas”  🙂 .  Satu jam terpejam pulas, cukup untuk memulihkan stamina.
Kami pun bangun, dan disarankan oleh teman pemilik home-stay untuk santap siang.  Oke, siapa takut ! .. Loh ?! 🙂
Menu makan siang dengan menu ikan bakar, tumis sayuran, kerupuk, dan sambal Lampung.
Badan segar, perut lapar … sikaaat ! 😀
Setelah makan, menu wajibnya kopi + kretek … This Life just so so beautiful Guys 😀

 

TOUR LAGUNA TELUK KILUAN

Pukul 14.30 kami bersiap berangkat Tour Laguna.
Seluruh peserta kembali mengenakan life jacket.  Perahu pun berangkat menuju pintu gerbang Laguna.
Setelah mendarat, kami berjalan menuju posko pintu masuk Laguna yang terletak di kaki bukit.  Jalan menanjak, sebagian dengan kemiringan lebih dari 35 derajat, cukup menguji otot kaki dan paru-paru para perokok .. ha ha 😀

Gerbang Laguna  Pendakian bukit
Kiri, Pintu Gerbang Laguna.  Kanan, Jalur mendaki bukit, ditengah kebun kakao

Sampai di puncak bukit, wisatawan dihadapkan pada medan menurun.  otot kaki kembali diuji.
Sekitar 15 menit test fisik, sampailah kami ke Pantai di balik bukitPantai yang bersih, dengan ombak yang biruAmazing !
Sejenak berfoto-foto ria, memuaskan kenarsisan kami .. 🙂

Susur Pantai menuju Laguna

Susur Tebing Batu menuju Laguna Teluk Kiluan
Kiri, Pantai Laguna, tak kalah eksotis dari Pantai Marina.  Kanan, jalur tebing menuju Laguna.

Antri di Laguna Teluk Kiluan

  Jembatan di Tebing Laguna Kiluan. eloratour
Foto di Jalur tebing & Jembatan Kayu

Kemudian kami lanjutkan perjalanan menyusuri pantai dengan medan tebing bebatuan, untuk sampai ke laguna.  Setelah melewati jalur berbatu dengan kontur naik turun, melewati jembatan kayu darurat, selama sekitar 30 menit, sampailah kami ke Laguna Kiluan.
Terbayar semua lelah !
Peserta tak sabar, langsung menceburkan diri ke kolam Laguna, kolam alami air laut nan segar .. 😀

Suasana di laguna Teluk Kiluan. eloratour
Menikmati segarnya Laguna

 

Menjelang pukul 16.30 kami bergesas pulang.  Jalur tebing bebatuan, jembatan darurat, naik-turun bukit kembali kami lalui sampai ke pantai dimana perahu menunggu untuk membawa kami kembali ke penginapan.

Kembali dari Tour Laguna  Kembali dari Tour Laguna. eloratour
Selesai Tour Laguna, menaiki Perahu kembali ke home-stay

Sesampai di home-stay kami segera membersihkan tubuh, berganti pakain kering, dan mengemasi barang-barang.  Sebagai penutup, kami hunting foto sunset Teluk Kiluan.

Sunset di Teluk Kiluan - eloratour

Sunset di Teluk Kiluan. eloratour
Sunset di Teluk Kiluan

 

Pukul 6.30 sore kami pamit ke pemilik home-stay, agar sampai Bandar Lampung tidak terlalu malam.  Perjalanan masih berlanjut hingga 4 jam ke depan.  Dan pukul 22.30 sampailah kami kembali dengan selamat di Bandar Lampung.  Tubuh boleh terasa lelah, namun hati gembira riang.

 

Terimakasih Tuhan, kami boleh menutup tahun 2014 ini dengan sebuah Catatan Indah.

 

Demikian Sahabat elora, CATATAN TOUR TELUK KILUAN – ELORATOUR DI AKHIR TAHUN 2014.

Jika berminat mengikuti Tour Teluk Kiluan, silahkan kontak eloratour.

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa like & share ya Guys 🙂

Salam Wisata Indonesia !

 

Kembali ke : ELORATOUR – BLOG WISATA DI INDONESIA

Save

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 Januari 2015 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: