RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI SUMATERA BARAT

02 Des

TEMPAT WISATA MENAWAN DI SUMATERA BARAT

Mencari Tempat Wisata Menawan di Sumatera Barat tidaklah bikin bingung, sebab banyak pilihannya.  Provinsi Sumatera Barat menawarkan varian Tempat Wisata cukup beragam, dari wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah dan budaya, dan masih banyak lagi.

 

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI SUMATERA BARAT

Dari sekian banyak Tempat Wisata di Provinsi Sumatera Barat , eloratour berupaya mensortir untuk mendapatkan Tempat Wisata Paling Menawan di Provinsi Sumatera Barat ini.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Inilah Daftar Tempat Wisata Paling Menawan di Provinsi Sumatera Barat versi eloratour

 

DANAU SINGKARAK

Danau SingkarakPanorama Alam Danau Singkarak, sumber : Wonderful Indonesia

Danau Singkarak berjarak 70 km dari Padang, atau sekitar 2 jam waktu tempuh; 20 km dari Solok dan sekitar 36 km dari Bukittinggi. Jika mengambil jalan darat, dari bandara internasional Minangkabau, kita dapat menyewa mobil atau minibus umum dengan rute Padang-Solok dan kemudian mengambil transportasi lain ke danau. Perjalanan menuju Tempat Wisata Danau Singkarak ini akan membawa kita melewati kawasan Sitinjau Laut yang terkenal dengan tikungan  tajam dan ngarai curam. Pemandangan terbaik dapat dilihat melalui jalan utama Solok-Bukittinggi, dimana pengunjung sering sekali berhenti untuk mengabadikan pemandangan danau yang menakjubkan.

Tour De Singkarak merupakan even tahunan balap sepeda resmi yang diselenggarakan oleh Union Cycliste International sejak tahun 2009.  Melalui even tersebut nama Singkarak, termasuk Danau Singkarak mendunia.

Tour De SingkarakPeserta Tour De Singkarak 2010 saat start etape 4 di depan Taman Jam Gadang, sumber : Wonderful Indonesia

Danau Singkarak, dengan luas sekitar 108 km2 ini merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera, setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Membentang di antara Kota Solok dan Kota Padang Panjang, Danau Singkarak menawarkan keindahan panorama alam kombinasi dari hijaunya pegunungan dan birunya hamparan air danau.

Di dalamnya hidup sekitar 19 spesies ikan, namun satu diantaranya merupakan spesies istimewa, yakni ikan Bilih/Biko (Mystacoleusus padangensis Blkr), sebab hanya hidup di danau ini. Olahan ikan bilih biasanya digoreng kering atau dicocol dengan sambal hijau. Pastikan kita membeli oleh-oleh ikan bilih yang telah digoreng kering dalam bungkusan untuk dibawa pulang.

Sudah banyak hotel dibangun didekat Danau Singkarak, seperti di sepanjang jalan utama solok-bukittinggi dan di Kabupaten Tanah Datar. Di Kota Umbilin yang berada di tepi danau, berbagai hotel dan restoran cukup banyak, bisa menjadi alternatif tempat bermalam yang nyaman. Wisatawan bisa menyewa perahu di situ untuk memancing ikan bilih atau menikmati keindahan danau. Aktivitas semacam berenang dan hiking juga bisa dilakukan.

 

DANAU MANINJAU

 

Danau ManinjauDanau Maninjau, sumber : Green Kompasiana

Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten. Danau Maninjau, yang seluas 99,5 km2, dengan kedalaman hingga 485 m ini merupakan salah satu yang terhening di Indonesia, sehingga cocok untuk tempat menenangkan diri dari suasana hingar-bingar kota, dan menikmati suasana hidup yang hening tenang.

Desa Maninjau terletak di dekat danau dan tempat ini terkenal sebagai tanah kelahiran Buya HAMKA. Seorang novelis  terkenal di Indonesia yang menulis buku fenomenal berjudul “Tenggelamnya Kapal Van der Wijk”. Tokoh lain yang lahir di sini adalah Rangkayo Rasuna Said, yang namanya telah diabadikan sebagai salah satu jalan protokol di Ibu Kota DKI Jakarta, dan diakui sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.

Danau yang terletak sekitar 35 km dari Kota Bukkittinggi ini berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan. Danau ini dapat dicapai dengan melintasi jalan berkelok yang terkenal dengan sebutan “kelok ampek-ampe” (empat puluh empat kelokan). Aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata inih, antara lain: menjelajahi daerah yang indah dengan mengayuh sepeda gunung, atau sepeda motor, atau melakukan petualangan yang santai: jelajahi danau dengan kano.

 

DANAU ATAS BAWAH

 

Danau Atas BawahPesona Pemandangan Danau Atas Bawah, sumber : Info Penting

Danau Atas Bawah atau juga dikenal dengan sebutan Danau Kembar, terletak di Desa Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kabupaten Solok. Berjarak sekitar 56 km dari Kota Padang, dan 47 km dari Kota Solok. Bila kita dari Padang menuju Alahan Panjang kita akan diantara kedua danau tersebut. Bila kita melihat ke sebelah Kanan kita akan melihat Danau Di Atas dan sebelah kiri kita adalah Danau di Bawah. Asal muasal dari Danau Atas Bawah ini, berkaitan dengan legenda Niniak Gadang Bahan (Kakek Tua bertubuh tinggi besar, dengan senjata kampak besar).

 

PULAU CUBADAK

 

Pulau CubadakKecantikan Alam Pulau Cubadak, sumber : Saribundo biz

Masih ingat dengan Video “Turis Lokal diusir Bule” yang sempat heboh di dunia maya belum lama ini ? Itu kejadiannya di Pulau Cibadak. Video yang berdurasi 21 menit 37 detik itu dimuat di YouTube oleh akun Watchdoc Documentary Maker. Di dalam video, terlihat pengelola kawasan Pulau Cubadak mengusir seorang fotografer dan videografer yang ingin mengabadikan keindahan pulau yang dinilai sebagai “Raja Ampat“-nya wilayah Barat.  Pulau Cubadak terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, 40 kilometer di sebelah selatan Kota Padang , tepatnya di Kawasan Wisata Mandeh (Mande Resort), dengan luas 705 Ha dan dikenal dengan nama Pincuran Talu. Dapat dicapai dengan kapal dari Pantai Kota Painan Carocok. Pulau Cubadak terdiri dari hutan di mana berbagai jenis satwa hidup, dan hanya didiami beberapa keluarga nelayan dan dikelilingi batu karang. Pulau Cubadak memiliki panorama alam yang sangat indah dengan pasirnya yang putih bersih, dan di sekitarnya terdapat beberapa teluk, batu dan tanjung.

Di pulau ini terdapat tempat penginapan yang terbuat dari bahan alami; kayu, rotan, dan atapnya dari Daun Rumbia yang telah dikelola secara professional sebagai tempat wisata bertaraf internasional oleh investor Itali. Perahu layar juga telah dipersiapkan bagi para pesiar didukung oleh penginapan pantai yang bergaya bungalow. Sarana / fasilitas lain yang tersedia di Pulau Cubadak antara lain fasilitas penginapan berupa cottage sebanyak 12 unit, 1 unit restoran dan juga dilengkapi dengan sarana air bersih, fasilitas telekomunikasi, radio dan taman.

Pulau Cubadak dikelilingi oleh beberapa pulau yang indah, sehingga banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Cubadak seperti snorkeling, main canoe, berlayar atau hiking. Ini semua bisa dilakukan sepuasnya dan sudah termasuk dalam biaya menginap. Mendaki ke arah bukit sekitar 45 menit, kita bisa berpuas diri melihat pemandangan pulau ini dari atas bukit secara utuh. Paduan pemandangan hutan lebat yang bertemu dengan laut berhadapan dengan pemandangan alam yang memukau.

 

PULAU SIKUAI

 

Pulau SikuaiPesona Kecantikan Pulau Sikuai, sumber : Sigma News

Pulau Sikuai merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dengan luas wilayah sekitar 40 hektar. Pulau Sikuai memiliki pemandangan alam yang masih alami, perpaduan antara keindahan laut dengan segala isinnya, pulau dan hutan yang masih terjaga kelestariannya. Laut di Pulau Sikuai memiliki ombak yang cukup tenang dan memiliki air yang jernih sehingga sangat cocok digunakan untuk aktivitas pantai seperti snorkeling untuk menyaksikan keindahan bawah laut. Berbagai biota laut seperti terumbu karang dan hewan serta aneka binatang yang hidup di laut seperti ikan-ikan hias yang bermacam-macam jenisnya bisa kita temui saat menjelajahi bawah laut Pantai Sikuai.

Jika ingin bersepeda, dipulau ini juga menyediakan menyewaan sepeda yang sudah disiapkan oleh penduduk setempat. Selain berjalan-jalan di sepanjang pantai, kita juga bisa berjalan-jalan mengelilingi pulau. Terkadang akan kita jumpai biawak dan monyet saat kita berjalan menikmati keindahannya. Sore hari merupakan saat-saat yang paling di tunggu oleh wisatawan yang ada di Pulau Sikuai, sebab pada sore hari saatnya menyaksikan sunset.

 

PANTAI AIE MANIH

 

Pantai Aie Manih, sumber : Hendri Nova

Pantai Aie Manih atau dalam bahasa Indonesia artinya “air manis”, berada di kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Kurang lebih 15 km arah selatan Kota Padang atau dibalik Gunung Padang.  Pantai Aie Manih terkenal luas dan landai, ketika pasang surut, wisatawan dapat mencapai Pulau Pisang Ketek yang letaknya kurang lebih 200 m di depannya dengan berjalan kaki saat pasang surut.   Pantai Aie Manih sangat populer dikalangan masyarakat Sumatera Barat karena cerita rakyat “Malin Kundang” yaitu tentang seorang anak yang durhaka kepada ibunya akhirnya ia dikutuk oleh ibunya sendiri menjadi batu. Hingga sekarang batu tersebut masih terdapat di pantai ini, meskipun bentuknya sudah tidak jelas lagi karna dimakan usia.

Bisa dicapai dengan berjalan kaki dapat dengan 2 rute, yang pertama biasanya di gunakan oleh wisatawan untuk rute haiking dari pantai pandang, dan yang kedua dari Teluk Bayur. Rute melalui Teluk Bayur berupa jalan setapak kecil, namun banyak warung yang dapat kita singgahi di sepanjang jalan. Pantai Manis indah yang cocok banget untuk surfing karena ombaknya yang besar. Warna pasir pantai di Pantai Manis itu hitam mirip pasir besi.

 

PANTAI CAROCOK

 

Pantai CarocokEloknya Pantai Carocok, sumber : travelmate kamu

Pantai carocok ini Terletak disebelah barat kota Painan, berjarak kira-kira 2 km dari Pasar Painan. Pantai ini Sangat Terkenal di Sumatera Barat Maupun Indonesia, menurut sebagian orang, Pantai Carocok ini tidak kalah dari Pantai Semenanjung Kra di Malaysia atau Pantai Sanur di Bali. Waktu yang paling indah di pantai Carocok Painan adalah disaat matahari akan tengelam, Panorama Jingga Sunset yang memantul diatas Permukaan Samudera Indonesia Sangat Bagus disaksikan disini.

Dalam kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan ini Juga terdapat sebuah Pulau Batu Karang yang tersambung dengan ujung Bukit Langkisau.Yaitu Pulau Batu Kareta. Dahulu Pulau Batu Kareta dapat dicapai hanya Pada saat air laut Surut, akan tetapi sejak dibangunnya Jembatan oleh Pihak Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Pulau Batu Kareta ini dapat dicapai kapan saja karna sudah terintegrasi dengan jembatan.

Tidak itu saja sekitar 200 meter Kebarat Pantai carocok ini terletak sebuah pulau kecil yang bersejarah,yaitu Pulau Cingkuak. Dipulau ini dapat kita jumpai bekas-bekas Reruntuhan Benteng Portugis. Menurut Sejarah Pertama kali Portugis menjejakan kakinya di Pesisir Pulau Sumatera adalah di Pulau Cingkuk ini. Pulau kecil yang berpasir putih dan berair sangat bersih serta sangat tenang ini sangat ramai dikunjungi orang untuk berwisata terutama pada saat hari libur.Berbagai kegiatan dapat dilakukan di pulau cingkuk ini mulai dari mandi air laut , Snorkling sampai memancing dapat dilakukan di sana.

Untuk mencapai pulau ini tidak susah,anda cukup berdiri di ujung jembatan wisata pantai Carocok Painan yang Berada dihadapan Pulau Cingkuk, Beberapa orang tukang perahu bermesin tempel akan menghampiri anda, menawarkan jasanya untuk mengantarkan anda Ke Pulau Cingkuk.

 

PANTAI PADANG

 

Pantai PadangPantai Padang, pantai ‘tanpa pasir’ sumber : jekardah

Pantai Padang, atau masyarakat setempat menyebutnya dengan Taplau (Tapi Lauik) merupakan salah satu tujuan wisata di Kota Padang. Pada malam hari di sana akan ramai dikunjungi para muda mudi, sekedar kongkow, nongkrong sambil menikmati jagung atau pisang bakar. Di pantai yang tidak memiliki pasir ini, terdapat area bermain anak-anak sehingga sangat cocok untuk keluarga yang mempunyai anak kecil.

 

PANTAI PASIR JAMBAK

Pantai Pasir JambakPantai Pasir Jambak, sumber : travelmate kamu

Pantai Pasir Jambak terletak 17 km dari kota Padang. Pantai Pasir Jambak adalah salah satu tempat wisata di Padang yang paling disukai oleh para muda-mudi karena panorama yang ditawarkannya begitu indah dan romantis, terutama pada saat matahari terbenam.

 

PANTAI NIRWANA

 

Pantai NirwanaPantai Nirwana, sumber : Sutomo Paguci – Wisata Kompasiana

Pantai Nirwana berlokasi sekitar 14 km di sebelah selatan Kota Padang. Pantai yang berlokasi tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur ini adalah salah satu tempat wisata di Padang yang paling disukai wiusatawan, karena selain jaraknya dekat, akses yang mudah, panoramanya yang indah bisa membuat fresh. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Nirwana adalah pada sore hari, karena dengan begitu Anda akan dapat menikmati indahnya sunset, kemudian dilanjutkan dengan pemandangan lampu sorot dari Pelabuhan Teluk Bayur.

 

PANTAI BUNGUS

 

Pulau BungusPanorama Pulau Bungus, sumber : Indonesia Travel

Pantai Bungus terletak di Teluk Bungus yang tenang, kurang lebih 20 km sebelah selatan Padang. Pantai ini mudah dicapai dengan transportasi darat. Pemandangan alamnya indah nian. Bukit-bukit yang mengelilingi pantai tampak seperti menara pandang ke arah laut lepas. Air lautnya hangat dan aman untuk berenang.

Dari sana, kita bisa menjelejahi lautan menuju pantai-pantai terdekat di lepas pantai Padang seperti Pulau Sirandah, Sikowi, Bintangur, Pasumpahan dan pulau lainnya. Pantainya landai dengan pasir putih yang cocok untuk berbagai aktivitas seperti berenang, menyelam, berjemur atau bersampan menuju pulau-pulau kecil tidak jauh dari Pantai Bungus. Bentuk pantainya menyerupai bulan sabit. Di tepi pantai tersedia fasilitas wisata seperti payung pantai dan kursi-kursi malas untuk berjemur.

Bila ingin bersantai, kita bisa duduk di tepi pantai sambil menikmati matahari terbenam di teluk yang menakjubkan ini. Duduk-duduk di bawah pohon kelapa yang rindang di sekitar pantai juga mengasyikkan, menyaksikan aktivitas nelayan menangkap ikan, apalagi sambil menyantap makanan laut (seafood) dan hidangan lainnya di restoran-restoran yang bertebaran di tepi pantai. Ada satu kegiatan yang juga sering dilakoni para pelancong di Pantai Bungus, yaitu memancing. Sungguh nikmat. Suasana hening ditingkahi deburan ombak akan memberikan kenikmatan tersendiri bagi wisatawan.

 

PANTAI GANDORIAH

 

Pantai GendoriahKeindahan Pantai Gandoriah, sumber : h4nk

Pantai Gandoriah berjarak sekitar 60 km dari Kota Padang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang dibalut hembusan angin sepoi serta gugusan pulau-pulau kecil. Pengunjung yang datang ke Pantai Gandoriah betah berlama-lama menikmati keindahan pantai sambil mencicipi makanan ringan yang dijajakan pedagang yang banyak ditemui di sekitar objek wisata kebanggaan orang Pariaman ini.

Pantai ini didukung sarana dan prasarana, termasuk fasilitas jalan yang menghubungkan antara Pantai Gandoriah dengan sejumlah objek wisata pantai yang ada di sekitarnya, seperti Pantai Cermin, Pantai Kata dan lainnya.  Oleh sebab itu, ada daya tarik lain dari Pantai Gandoriah ini, yaitu Sahabat elora dapat menikmati garis pantainya, baik dengan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, ataupun berjalan kaki.  Di saat matahari tenggelam, pemandangan di sekitar Pantai Gandoriah semakin menawan. Singkatnya, berkunjung ke Pantai Gandoriah Pariaman membuat Anda bakal ketagihan.

 

JANJANG KOTO GADANG

 

 Jajang koto GadangGreat Wall Sumatera Barat, sumber : Minang Saiyo

Melihat kemegahan Great Wall tak perlu jauh-jauh ke China. Kota Bukittinggi di Sumatera Barat juga punya, Janjang Koto Gadang namanya. Inilah tempat wisata baru di Sumatera Barat yang membawa kita serasa tamasya di Tembok China. Janjang Koto Gadang menghubungkan kawasan Bukittinggi dan Agam. Dilongok dari situs resmi Pemerintah Sumatera Barat, pada ahhir Juli 2013 lalu, objek baru ini menambah ikon bagi pariwisata di Sumatera Barat. Great Wall ala Sumatera Barat ini memiliki panjang sekitar 1 km. Karena menghubungkan dua tempat, ada dua pintu masuk bagi wisatawan yang ingin menapakkan kaki di tembok raksasa ini.

Dari Bukittinggi,wisatawan bisa masuk lewat pintu yang letaknya tak jauh dari Lobang Jepang. Dari sana, wisatawan akan melalui jalan yang menurun. Siap-siap terpana dengan pemandangan yang disuguhkan, berupa kegagahan Ngarai Sianok, persawahan dan tebing-tebing perkasa. Selain itu, di sana ada juga jembatan gantung dan anak tangga yang tinggi. Beberapa titik pun disiapkan pos-pos, untuk tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan sungai, sawah, dan tebing. Memang, perlu stamina kuat untuk menjelajahi tempat ini. Jika ingin menuntaskan perjalanan Janjang Koto Gadang ini, sebaiknya Sahabat elora menyiapkan air minum, sebab jarak tempuh sejauh 1 km dengan trekk naik-turun, bisa membuat tenggorokan kita kering.

 

LEMBAH HARAU

 Lembah HarauKemegahan Alam Lembah Harau, sumber : Forum Viva

Lembah Harau ini terlatak dekat dengan kota Payahkumbuh, Sumatera Barat. Lembah ini diapit oleh dua bukit cadas yang terjal dengan ketinggian lebih kurang 150 meter. Bentuk topografi dari Lembah Harau berbukit dan bergelombang, sangat menyenangkan saat berada di sekitaran lembah, karena masih mempunyai udara yang bersih dan pengunjung dapat melihat keindahan alam. Di sekitar Lembah Harau terdapat tebing granit yang terjal dan tingginya sekitar 80 – 300 meter.

Yang membedakan Lembah Harau dengan lembah lain, adalah adanya “lembah echo”. Jika kita berteriak di sana, maka akan menghasilkan gema yang sempurna. Pada lembah echo tersebut terdapat satu tempat yang dijadikan acuan jika ada orang yang mau berteriak agar menghasilkan gema yang sempurna.

Beberapa keindahan alam yang dapat kita nikmati saat berada di Lembah Harau antara lain jurang alam, air terjun, tebing dan beberapa gua, juga cagar alam dan suaka margasatwa yang di dalamnya hidup beberapa hewan lindung seperti Monyet Ekor Panjang, Siamang, Harimau Sumatera, Beruang, Tapir, Landak, Burung Kuau, dan yang lain.   Lokasi wisata Lembah Harau terbagi menjadi dua lokasi yaitu Sarasah Bunta yang terdapat 5 air terjun beserta kolam penampung air terjun, dan lokasi wisata yang lainsatu lagi adalah Akar berayun yang terdapat kolam bagi anda yang mau berenang bersama keluarga, dan juga terdapat lokasi untuk tempat berkemah.

 

LEMBAH ANAI

 Lembah AnaiPesona Alam Lembah Anai, sumber : Mentawai Paradise

Lembah Anai terletak di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto persisnya di jalan raya Padang-Bukittinggi. Lembah Anai terkenal dengan objek wisata air terjunnya. Air terjun yang berketinggian sekitar 35 meter ini, merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai.  Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai.

Jika kita melewati jalur lintas Bukit Tinggi ke Padang maka kita akan melewati Lembah Anai.  .Airnya sangat jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng dan mengalir terus melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah. Di sebelah kanan dan kiri jalan anda dapat menyaksikan lembah dan bukit yang menghijau ditumbuhi aneka pohon.

Di sepanjang jalan menuju Air Terjun Lembah Anai anda juga dapat menyaksikan monyet-monyet yang berkeliaran seakan-akan dengan senang hati menyambut kehadiran para wisatawan yang datang dari jauh. Bila Anda menempuhnya dari kota Padang ke wisata Air Terjun Lembah Anai ini, Anda akan memakan waktu selama kurang lebih satu jam perjalanan darat.

 

 

Demikian Sahabat elora, artikel elora berjudul DAFTAR TEMPAT WISATA DI SUMATERA BARAT semoga bermanfaat.

Thanks atas kunjungannya Guys, jangan lupa like & share ya 🙂

 

Kembali ke : ELORATOUR – BLOG WISATA INDONESIA

 

 

 

Save

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Desember 2014 in WISATA SUMATERA BARAT

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

6 responses to “TEMPAT WISATA MENAWAN DI SUMATERA BARAT

  1. iwan

    22 September 2015 at 22.01

    Kami dari media lumbung wisata ,media komunikasi,pariwisata,budaya dan,sejarah,siap meluncurkan tulisan dan gambar teman teman dimedia kami dan dilengkapi biodata teman teman
    kirimkan ke; email lumbungwisatanusantara@gmail.com

     
    • eloratour

      29 September 2015 at 21.03

      Trimakasih sudah mampir &
      Trimakasih infonya.

       
  2. Intan

    24 Desember 2015 at 01.31

    Foto danau maninjau indah banget 🙂

     
    • eloratour

      30 Desember 2015 at 17.31

      Iya Mba Intan, Indonesia memang mempesona keIndahannya 🙂
      Trimakasih sudah mampir ke blog eloratour 🙂
      Salam Jelajah Indonesia …

       
  3. marnu ahmad

    4 Juli 2016 at 09.34

    Wisata alamnya hebat. Mohon ijin copy bbrp foto.

     
    • eloratour

      5 Juli 2016 at 17.19

      Iya Bung manru ahmad, Indonesia memang mempesona.
      SIlahkan, namun tolong cantumkan sumber aslinya saja, yang ada di bawah foto atau di bawah artikel kami.
      Dan juga dirubah ukuran fotonya sebelum diupload, supaya tidak terjadi ‘benturan’ di search engine.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: