RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI SUMATERA UTARA

25 Nov
tempat-wisata-menawan-di-sumatera-utara

Panorama Danau Toba, Sumatera Utara

 

Tempat Wisata di Sumatera Utara yang paling mendunia adalah Danau Toba dengan Pulau Samosir nya.  Selain Danau Toba Provinsi Sumatera Utara menyimpan banyak Tempat Wisata Menawan.

 

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI SUMATERA UTARA

Inilah daftar tempat wisata yang ada di Sumatera Utara yang elora susun, khusunya

 

DANAU TOBA

wisata sumatera utara danau toba Panorama Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba diperkirakan para ahli terbentuk setelah letusan gunung api super sekitar 75 ribu tahun lalu. Saat itu diperkirakan 2,8 juta m3 bahan vulkanik dimuntahkan Gunung Toba yang meletus, hingga debu vulkanik yang ditiup angin menyebar ke separuh wilayah Bumi. Letusannya terjadi  selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 kilometer di atas permukaan laut.  Masyarakat sekitar Danau Toba percaya Toba merupakan tempat tinggal Namborru — Tujuh dewi nenek moyang Suku Batak. Apabila suku Batak akan melakukan upacara di sekitar danau, maka mereka harus berdoa dan meminta izin Namborru terlebih dahulu.

Danau Toba adalah danau teluas di Asia Tenggara, dan terbesar kedua setelah Danau Victoria di Afrika. Terbentuk dari letusan Gunung Toba, menghasilkan kawah seluas 1.145 km2, dengan kedalaman hingga 450 m. Suasana udaranya sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan mempesona dari pegunungan hijau adalah danau raksasa yang berada 900 meter di atas permukaan laut itu.

 

Baca juga : Tempat Wisata di Lampung

 

PULAU SAMOSIR

tempat wisata menawan sumatera utara Pulau SamosirPemandangan Pulau Samosir, sumber : Asia Explore

Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba, adalah pulau vulkanik dengan ketinggiannya 1.000 m di atas permukaan laut, memiliki luas hampir sama dengan negara Singapura. Meskipun telah menjadi tempat tujuan wisata sejak lama, bahkan bisa dikatakan sebagai icon tempat wisata di Sumatera Utara, Pulau Samosir bisa dikatakan masih memiliki keindahan alam yang belum terjamah.

Di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Daerah sekitar Danau Toba memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri. Di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona. Di sekitar Danau Toba juga akan Anda dapati tempat pemandian air belarang. Pulau yang juga dikenal dengan julukan Danau Debata ini menawarkan keindahan alam berupa perbukitan yang menghijau, air danau yang jernih, dan udara yang segar.

 

SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA

Wisata Sumatera Utara Salju Panas Dolok Tinggi Raja Ini bukan Pamukkale di Turki, tapi Salju Panas Dolok Tinggi Raja, Simalungun   sumber : hanminlyn

Tempat Rekreasi Air Panas di Sumatera yang bernama Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara. Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah sebuah kawasan bukit kapur, menyerupai sebuah danau, dan memiliki warna tanah yan gunik, yakni bewarna putih menyerupai salju.

Di tengah-tengah Salju panas Dolok Tinggi Raja, terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang belum terkenal namun sangat menarik untuk dikunjungi. Berita miringnya, berdasarkan info dari blog-walking, kondisi jalan menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja kualitasnya kurang mendukung, bahkan banyak warga setempat yang meminta uang.

 

DANAU LINTING

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Danau LintingBirunya Danau Linting, sumber : kas-kus

Danau Linting berlokasi di Desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan. Danau Linting adalah salah satu danau unik yang bisa dikunjungi di sekitar Kota Medan. Unik sebab airnya berwarna hijau dan biru, yang disekelilingnya terdapat batu cadas.

Danau Linting merupakan sebuah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang sehingga warna airnya bewarna kehijauan. Apabila anda ingin berenang berhati-hatilah karena Danau Linting memiliki air cukup dalam, diperkirakan kedalaman lebih dari 100 meter.

Danau mungil yang memiliki nuansa menyejukkan ini disekelingnya terdapat pepohonan dengan akar yang panjang, bernuansa mistis sekaligus mempesona.

 

AIR TERJUN AEK SIJORNIH

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Air Terjun Aek SijornihAir terjun Aek Sijornih, sumber : anthonynh

Air terjun Aek Sijornih — bahasa batak yang mempunyai arti air jernih — berlokasi di Desa Aek Libung, Aek Sijornih, Tapanuli Selatan. Air terjun ini merupakan sebuah tempat wisata di Sumatera Utara. Aek Sijornih adalah terdiri dari dua buah air terjun berukuran kecil yang melewati tebing miring dengan kandungan kapur. Tempat ini belum begitu populer, maka dari itu jadilah yang pemula. Sumber kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi. Konon, pada musim hujan, sumber air yang mengandung kapur di perbukitan itu tidak pernah keruh. Sedang  pada musim kering, curah air justru semakin meningkat.

Air terjun Aek Sijornih ini memiliki ketinggian sektar 10 m dan dikelilingi pohon-pohon kelapa disekitarnya bahkan ada yang tumbuh di tengah air terjun. Pada aliran air terjun pertama dibiarkan mengalir dalam bentuk parit-parit kecil, sedangkan yang aliran yang lebih besar ditampung dalam kolam-kolam buatan untuk pemandian. Kolam-kolam tersebut terbagi dua, besar, ada yang dan kecil. Yang kecil dibuat dengan kedalaman setengah meter untuk anak-anak, sedangkan yang besar dengan kedalaman lebih dari satu meter untuk orang dewasa. Dari kolam dewasa, pengunjung dapat naik ke atas menelusuri aliran sungai dan dapat memilih tempat yang nyaman.

 

TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Taman Nasional Gunung Leuser Pemandangan Taman Nasional Gunung Leuser, sumber : id travelinfo

Taman Nasional Gunung Leuser adalah sebuah area pelestarian alam yang berlokasi di 2 Provinsi yaitu Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darusalam. Selain berfungsi sebagai area pelestarian alam, Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi tempat wisata alam di Sumatera Utara yang cukup menarik karena keanekaragaman fauna dan floranya. Taman Nasional Gunung Leuser sangat cocok untuk mencari ketenangan dari keseharian suasana kota yang biasa kita rasakan.

 

TANGKAHAN

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara TangkahanTangkahan, sumber : indonesia travel

Tangkahan merupakan kawasan yang termasuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Wisata Tangkahanberupa jelajah hutan liar, gua kalong, cubbing, treking gajah dan air terjun atau sekedar mandi di Sungai dengan pemandangan indah pegunungan. Tangkahan merupakan salah satu eko wisata yang ada di Indonesia.

Dengan bentuk tanah berbukit, hutan tropis yang rindang, dan suasana yang sejuk, Tangkahan sangatlah cocok untuk pecinta wisata alam. Kegiatan yang dapat anda lakukan di Tangkahan adalah berenang, trekking, menaiki gajah, masuk goa kelelawar, bermain di air terjun, dan lain-lain.

 

HILLPARK SIBOLANGIT

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Hillpark SibolangitSalah satu Wahana Permainan di Hillpark Sibolangit, sumber : trip advisor

Hillpark Sibolangit adalah sebuah taman rekreasi yang mempunyai banyak jenis permainan, bisa dibilang sebagai Dufan nya Sumatera Utara. Berlokasi di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang. Hillpark Sibolangit adalah salah satu taman permainan yang terbesar di Sumatera dengan luas sekitar 20 hektar, dengan aneka wahana permainan sepeti waterpark, waterboom, rollercoaster, kincir raksasa, dan sebagainya.

Sesuai dengan namanya, Hillpark Sibolangit berada di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 550 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki udara yang lumayan sejuk.

 

AIR TERJUN TELAGA DUA WARNA SIBOLANGIT

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Air Terjun Dua Warna SibolangitKeindahan Air Terjun Dua Warna Sibolangit, sumber : wd mungkur

Air Terjun Telaga Dwi Warna berada di dalam hutan Sibolangit. Air terjun setinggi sekitar 100 meter ini, sesuai namanya memiliki dua warna yang berbeda; yang satu air terjunnya berwarna biru bersuhu dingin. Satunya lagi tak jauh dari air terjun pertama terdapat air terjun yang hangat yang berwarna putih.  Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit mempunyai warna putih ke abuan dan biru muda karena kandungan fosfor dan belerang yang dimilikinya.

Untuk sampai ke Telaga Dua Warna butuh 3 jam perjalanan dengan kaki menjelajah hutan dari Taman Wisata Sibolangit. Lelah perjalanan selama 3 jam dengan kaki melewati pegunungan dan bukit, jalan menurun curam, serta melewati hutan akan terbayar ketika melihat keindahan air terjun Dua Warna. Jika ingin ke sana sebaiknya menyewa tour guide/ranger hutan agar tidak tersesat.

Tempat wisata ini cocok untuk camping. . Untuk dapat mencapai lokasi Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit, anda akan melewati hutan jadi persiapkan diri anda sebelumnya. Apabila takut tersesat, anda dapat menyewa pemandu jalan.

 

DANAU LAU KAWAR

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Danau Lau KawarKeindahan Danau Lau Kawar dipagi hari, sumber : joko prabowo

Danau Lau Kawar, dengan airnya yang berwarna biru, terletak di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Danau Lau Kawar memiliki luas sekitar 200 hektar. Walau lebih kecil dari Danau Toba, Danau Lau Kawar memiliki suasana yang asri dengan banyak pepohonan hijau di kaki gunung sehingga tidak kalah indah dari Danau Toba. Pinggir Danau Lau Kawar sering digunakan oleh grup yang berkemah, beristirahat saat mendaki Gunung Sinabung. Selain itu kita juga dapat melihat beberapa orang memancing di tengah danau dengan menggunakan perahu kecil.

 

GUNUNG SIBAYAK

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Gunung SibayakPesona Gunung Sibayak, sumber :yuk pegi

Gunung Sibayak atau Gunung Raja, merupakan gunung berapi aktif setinggi 2.095 m, yang terletak di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Untuk mencapapai tempat ini, diperlukan waktu tempuh dengan kendaraan, sekitar 2 jam dari Kota Medan. Di dalam kawah Gunung Sibayak yang memiliki diameter 200 m, terdapat bebatuan yang mengeluarkan asap.

Gunung Sibayak jalur terdekat dari desa Raja Berneh (Semangat Gunung) Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Karo (60 KM dari Kota Medan) . Untuk mencapai ke sana, salah satu jalurnya melalui Desa Semangat Gunung (Desa Raja Berneh). Desa itu sangat indah dengan panorama alam dan hamparan perkebunan sayur-sayuran,  tanaman hias dan buah-buahan. Masyarakatnya bercorak masyarakat agraris, yang masih berpegang pada tradisi leluhur dengan kehidupan sosial yang multikultural. Dalam perjalanan menuju Gunung Sibayak, di sepanjang jalan akan terlihat pemandangan tradisional, berupa rumah-rumah adat Batak Karo yang telah berusia sekitar  250 tahun. Di kaki  Gunung Sibayak terdapat sumber air panas yang sering didatangi para pengunjung. Uap airnya mengandung belerang, sehingga tercium agak menyengat. Kondisi  alamnya masih natural, dipenuhi pepohonan bambu dan rotan. Untuk menuju arah puncak, para pendaki dapat melewati jalan setapak sebagai jalur resmi  pendakian.

Jalur lainnya dari kota Berastagi,  yang berjarak lebih kurang 77 km dari Medan , dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih dua jam dengan mengendarai kendaraan roda dua atau empat. Oleh karena lokasi ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Kabupaten Karo, dengan demikian tidak sulit mencari penginapan kelas melati di Desa Semangat Gunung atau pun hotel berbintang. Restoran dan kedai makanan juga ada di sekitar Berastagi. Dari puncak Gunung Sibayak, wisatawan dihadiahi pemandangan indah Kota Medan dan Dataran Tinggi Berastagi. Suasana Brastagi yang dingin mirip Bandung dan juga seperti Bogor, dingin dan sejuk.

 

BUKIT GUNDALING

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Bukit GundalingBukit Gundaling, sumber : jalan-jalan.com

Bukit Gundaling adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang terletak sekitar 60 km dari kota Medan, dan berjarak kurang lebih 3 km dari pusat kota Brastagi.  Berada di pinggir kota Berastagi, Bukit Gundaling berada di ketinggian 1.575 m di atas permukaan laut.

Lokasi wisata Gundaling ini sudah dikenal sejak jaman penjajahan Belanda sebagai tempat rekreasi yang mengasyikan. Menurut cerita masyarakat setempat, asal mula kenapa dinamakan “Gundaling” bermula dari kejadian seorang tentara asing yang kehilangan sebuah senjata kesayangannya disebuah bukit. Yang pada akhirnya tentara asing tersebut menuliskan sebuah kalimat “Gun Darling” dipuncak bukit tersebut sebagai bentuk ungkapan kesedihannya. Percaya atau tidak, namun begitulah cerita yang tentang asal mula bukit “Gundaling”. Berjalan kaki sambil menyusuri puncak bukit Gundaling yang di tumbuhi pohon pinus akan menjadi sensasi tersendiri dan menyenangkan bagi para pengunjung karena pengunjung dapat menikmati udara yang begitu sejuk dan menyegarkan, tidak hanya pohon pinus saja, di sini juga terdapat taman yang banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga yang indah serta patung-patung manusia yang mengenakan pakaian adat khas suku Batak Karo.

Kini Gundaling dikenal sebagai kota Markisa dan Jeruk Manis di Brastagi yang merupakan daerah yang sejuk serta memiliki hamparan perladangan pertanian yang indah, luas dan hijau.

 

AIR TERJUN SIGURA GURA

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara air-terjun-sigura-gura-sumatera-utara-indonesia-eloratourPanorama Air Terjun Sigura gura, sumber : finspi

Air Terjun Sigura-gura adalah air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 250 meter. Berlokasi di Kabupaten Toba Samosir, letaknya tak jauh dari Danau Toba, dan dari informasi walk blogging, air terjun ini bersumber dari Danau Toba.

Tempat wisata Air Terjun Sigura-gura cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun macanegara. Biasanya mereka yang datang ke Danau Toba, menyempatkan diri berkunjung ke air terjun tertinggi Sigura gura ini.

 

AIR TERJUN SIPISO PISO

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Air Terjun Sipiso pisoKeasrian Air Terjun Sipiso piso, sumber : uniqpost

Air terjun Sipiso-piso terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Indonesia. Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Air terjun Sipiso piso hanya terpisah jarak sejauh 35 km dari kota wisata Berastagi, Kabupaten Karo, dan hanya memerlukan sekitar 45 menit dari Kota Medan, Ibukota Provinsi Sumatra Utara, Air Terjun Sipiso-piso terbukti mampu mengangkat reputasi Kabupaten Karo sebagai salah satu daerah tujuan pelancong domestik maupun mancanegara. Air terjun ini berada di ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.

Air Terjun Sipiso piso merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak tidak jauh dari permukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Dengan mengunjungi Desa Tongging, Anda akan menikmati pemandangan yang indah seperti kawasan wisata di Desa Tao Silalahi yang berada di dekatnya. Sebelum menikmati air terjun dari dekat, kita akan disuguhi pemandangan indah Tanah Karo dari gardu pandang yang ada di puncak bukit, titik pangkal aliran air terjun Sipiso-piso. Dari puncak bukit yang mengitari Air Terjun Sipiso-piso ini pula kita dapat menyaksikan keindahan lansekap Danau Toba, sebuah danau vulkanik terbesar kedua di dunia.

 

PANTAI LAGUNDRI DAN PANTAI SORAKE

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Pantai Sorake  Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Pantai Legundri
Kiri : Kejuaraan Selancar di Pantai Sorake, sumber : travelmatekamu ;
Kanan : Pantai Lagundri, sumber : tempatwisataid

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake merupakan 2 pantai yang berada dalam satu garis pantai. Jarak kedua pantai itu hanya dua kilometer. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Kedua pantai tersebut sudah tersohor di kalangan para peselancar profesional domestik maupun mancanegara. Penggila olahraga selancar dari mancanegara beduyun-duyun berkumpul di pantai ini pada April hingga September setiap tahunnya.

Para pecinta surfing itu tergila-gila karena lipatan gelombang yang tingginya mampu mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan.   Selain itu, panjang daya dorong ombak di kawasan ini nyatanya bisa mencapai 200 meter.   Akan lebih menarik dan menantang ombaknya saat tiba bulan purnama. Salah satu yang membuat ombak di Pantai Lagundri ini ideal bagi selancar adalah karena lokasinya berhadapan dengan Samudera Indonesia dan juga merupakan tempat bertemunya teluk sehingga ombak akan mengalir besar. Pantai Lagundri sudah beberapa kali menjadi lokasi lomba selancar baik nasional maupun internasional. Nias Open adalah salah satu kejuaraan yang rutin  diselenggarakan dimana ratusan peselancar mancanegara terutama dari Australia begitu mendominasi lautannya.

Selain kedua pantai di Nias tadi, Sumatera masih punya satu lagi Lokasi Surfing ajib, yaitu di Krui, Lampung Pesisir Barat.  silahkan langsung diklik Guys : Surfing Tanjung Setia South Sumatra

 

PANTAI TURELOTO

pantai tureloto nias utara sumatera utara

Pantai Tureloto merupakan pantai unik yang ada di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Pantai Tureloto adalah “Laut Mati” nya Indonesia, sebab pantai ini merupakan pantai dengan kadar garam air laut sangat tinggi, sehingga kita bisa tidur melayang di permukaan airnya. Penasaran melayang di atas permukaan laut ? Yuk wisata ke Pantai Tureloto ….

 

SUNGAI SEMBAHE DAN GOA KEMANG

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Sungai SembahePemandian Alam Sungai Sembahe, sumber : Pariwisata Sumut

Sungai Sembahe, merupakan sungai yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara.   Untuk mencapai Sungai ini, dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dari Medan menuju Berastagi. Di aliran sungai Sembahe, dibuat pemandian alam yang kemudain diberi anam seperti nama sungainya.  Untuk sampai ke pemandian Alam sembahe ini tidaklah sulit karena, berada dipinggir jalan lintas medan-berastagi, dan hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalan.

Desa ini menjadi sebuah desa wisata karena ditengahnya mengalir sungai Lau Biang yang berhulu dari Pegunungan Bukit barisan di kabupaten karo dan sekitarnya sehingga desa ini menjadi objek wisata alam yang banyak dikunjung semua orang. Pemandangan sekitar sungai berupa pepohonan hijau dan bebatuan besar. Arus sungai Sembahe ini juga sering dijadikan tempat arung jeram bagi anak-anak sekitar yang bermain di sungai ini. Tapi pengunjung perlu waspada akan adanya air bah yang muncul tiba-tiba ketika hujan di hulu sungai.

GOA KEMANG

Goa kemang ditemukan masyarakat pada zaman penjajahan Belanda. Banyak orang yang berusaha memindahkan batu ini termasuk koloni Belanda itu sendiri. Namun tidak ada satupun yang mampu mengangkatnya. Orang – orang primitif sekitar kampung kemudian menyembah batu ini , mengantar sesajen juga memohon permintaan di Batu Ini, sejak saat itulah desa ini di juluki dengan desa Sembahe yang dalam bahasa Karo berarti sembahlah itu.

  Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Goa Umang Karo Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Goa Kemang
Goa Kemang, sumber : kiri : umangkaro; kanan : Panduan Wisata

Bentuk goa kemang ini memang unik. Batu ini mengerecut seperti segitiga , kemudian ditengahnya terdapat lubang berbentuk kotak, berukuran 50 x 50 cm. Dari lubang itu kita bisa melihat isi dalam gua , terdapat lantai seperti ruangan istirahat yang dibuat oleh manusia. dibagian depan terdapat tulisan – tulisan kuno dibagian atas pintu gua. Kemungkinan ini adalah tulisan bahasa karo yang asli karena mirip dengan tulisan arab. Di punggung batu terdapat 2 relief seperti bentuk manusia kecil. Tepatnya disebelah kanan dan bagian belakang batu . Masyarakat setempat meyakini relief ini adalah sosok dari dari Umang tersebut.

Pemerintah Sumatera Utara saat ini sudah menetapkan Situs Gua Kemang , sebagai wisata budaya dan sejarah. Sebagaimana yang tertulis di pagar bagian depan ” Situs Gua Kemang (Gua Batu), Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara

Legenda Goa Kemang

Tempat Wisata Menawan Sumatera Utara Goa KemangBatu UmangBatu Umang, sumber : Lima Marga

Dikisahkan, pada jaman dahulu ada seorang kakek petani yang ingin membuka ladang di Kampung Uruk Rambutan (sekarang namanya diganti Sembahe), tanah Karo. kakek ini (Bolang – yang berarti kakek dalam bahasa Karo) ingin membuka ladang untuk ditanami. Sat menuju lokasi, betapa terkejutnya Bolang tersebut ketika melihat Umang – dalam bahasa Karo berarti Jin atau makhluk halus benukuran kecil dengan tumit terbalik sedang melintas disekitar tempat yang akan dijadikan ladang. Jalan.
Singkat cerita, Umang ini bersedia  membantu Bolang tersebut untuk membuka , membersikan dan menanami lahan. Umang memberikan syarat kepada Bolang agar tidak memberi tahu orang lain tentang hal ini, dan Bolang juga dilarang membawa perempuan dan anak kecil ke tempat tersebut. Bolang menyanggupi syarat yang diajukan Umang. Ladang berisi semak belukar itupun akhirnya selesai dibersihkan dalam satu hari , berkat bantuan Umang.
Ketika Bolang kembali kerumah dan menceritakan bahwa ladang telah dibersihkan dan digarap, istrinya merasa heran dan menaruh curiga. Maka keesokan harinya secara diam-diam sang istri mengikuti Bolang ke ladang. Betapa terkejutnya sang istri saat melihat makhluk-makhluk kecil menggarap lahan. Umang yang mengetahui keberadaan istri Bolang tersebut kecewa dan menanggap bolang ingkar janji, sehingga kesepakatan batal.  Lahan yang sudah digarap kembali seperti semula. Bolang  yang mengetahui hal itu marah besar kepada istrinya.
Keesokan harinya Bolang kembali kehutan untuk menemui Umang, namun Bolang hanya menemukan satu bongkahan batu besar dengan lubang 50 x 50 ditengahnya .Batu ini dipercaya sebagai tempat tinggal Umang dan diberi nama dengan Goa Kemang.

 

Demikian Sahabat elora, artikel berjudul TEMPAT WISATA DI SUMATERA UTARA, semoga bermanfaat.

 

Menuju ke : Tempat Wisata di Indonesia

 

Save

Save

Simpan

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 25 November 2014 inci WISATA SUMATERA UTARA

 

Tag: , , , , , , , , , , , , ,

5 responses to “TEMPAT WISATA MENAWAN DI SUMATERA UTARA

  1. Tempat Wisata Di Bali

    12 Agustus 2015 at 13.18

    SALJU PANAS DOLOK TINGGI RAJA sangat menakjubkan belum pernah saya dengar ternyata di Indonesia ada salaju juga

    Suka

     
    • eloratour

      12 Agustus 2015 at 16.16

      Betul, Indonesia ibarat SUrga Wisata,
      Semoga seluruh elemen Pariwisata bisa berkolaborasi dan menjadi Tuan Rumah di negeri sendiri.

      Salam Indonesia

      Suka

       
  2. wisatasenibudaya

    12 Maret 2016 at 14.22

    keren brooo…danau linting enak tuh buat berenang kayaknya

    Suka

     
    • eloratour

      15 Maret 2016 at 13.45

      Thanks Wisata Seni Budaya …
      Makasih sudah mampir & komen.

      Suka

       
  3. Hon BookStore

    23 Februari 2017 at 11.16

    Tempat wisatanya sangat banyak sekali, namun sayang pemasaran tempat wisata nya belum dioptimalkan, sehingga kami yang tidak tinggal di Sumatera Utara tidak mengetahui bahwa ada wisata-wisata menarik seperti itu di sana.
    Ketika wisata Sumatera Utara dipasarkan pasti yang dipasarkan yang sudah terkenal, seperti Danau Toba, Istana Maimun, Masjid Raya Medan, Pulau Nias, dan Gunung Leuser.
    Kami ada buku “Pemasaran Pariwisata”. Diharapkan buku ini dapat berguna bagi semua kalangan seperti mahasiswa pariwisata, para pengelola bisnis pariwisata, dan masyarakat umum lainnya.

    Suka

     

Tinggalkan komentar