RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI BANGKA BELITUNG

05 Nov

TEMPAT WISATA MENAWAN DI BANGKA BELITUNG

Pantai Rambak, Sungailiat, Pulau BangkaPantai Rambak, salah satu Pantai Menawan di Negeri Laskar Pelangi

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI BANGKA BELITUNG

Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi muda di Pulau Sumatera, yang namanya diambil dari dua  kepulauan yaitu Bangka dan Belitung. Nama Bangka sendiri berasal dari kata vangka yang berarti timah, sebab terkandung banyak timah di pulau tersebut. Selain timah,

Bangka Belitung memang sangat tepat bagi wisatawan yang menyukai panorama alam pantai. Keindahan pantai-pantai di Bangka Belitung tidak kalah dengan pantai di Bali seperti Pantai Sanur, Kuta, atau Seminyak. Berikut informasi yang berhasil kami rangkum, mengenai Lokasi Wisata yang ada di sana.  Yuuuk  🙂

 

DAFTAR TEMPAT WISATA PALING MENAWAN PROVINSI BANGKA BELITUNG


PANTAI RAMBAK

Batu Pantai Rambak, Sungailiat, Pulau Bangka
Pemandangan Pantai Rambak, sumber : Indonesia.Travel

Pantai Rambak adalah salah satu pantai yang mesti dijelajahi di Sungailiat.  Dari semua pantai yang ada di Pulau Bangka, daerah Sungailiat memiliki koleksi pantai terbanyak dengan pemandangan yang tidak selalu dimiliki pantai lain. Pantai Rambak berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Sungailiat ini menawarkan hamparan pasir putih sepanjang 3 km.

Di beberapa sudut pantai, beberapa batuan raksasa menjulang, cocok dijadikan spot foto pagi hari. Sunrise begitu memesona di tempat ini oleh pantulan cahaya pagi di balik Pantai Rambak, menghasilkan bentangan biru langit yang sempurna.

 

PANTAI PARAI TENGGIRI

Batu Granit Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri, sumber : blog. hi-Indonesia

Pantai Parai Tenggiri terletak di daerah Sungai Liat, Bangka. Lokasi pantainya tidak begitu jauh dari Bandara Deputi Amir, kira-kira 40 km atau ditempuh dalam waktu satu jam dengan kendaraan bermotor. Saat ini, kawasan Pantai Parai Tenggiri ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau dengan sebutan Parai Green Resort  yang memiliki kepedulian yang besar terhadap usaha penyelamatan lingkungan dengan cara mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat mencemari pantai, seperti plastik, serta menanam banyak pohon di lokasi wisata ini.

Parai Tenggiri merupakan pantai paling populer dan eksklusif di Bangka Belitung. Pantai ini sudah memiliki fasilitas memadai, berupa resort, hotel berbintang, sarana outbound, parasailing, dan permainan air. Pantai Parai Tenggiri mempunyai pemandangan alam yang menakjubkan. Pantainya cukup landai dan memiliki ombak yang lembut, pasirnya putih dengan laut biru yang menawan, dipadu dengan batu-batu granit raksasa dengan aneka bentuk uniknya, tersebar di bibir pantai, akan membuat wisatawan yang datang semakin terpesona.

 

PANTAI MATRAS

Pantai Matras, Bangka Belitung
Pantai Matras, sumber : Pasir Pantai.com

Pantai Matras ini terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, disebelah Timur Laut Pulau Bangka dan berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau 7 km dari Kota Sungailiat. Pantai Matras belum terlalu banyak diekspose, pantainya masih bersih dan alami, dengan pasir putih dan aneka bebatuan di tepi pantai. Satu kelebihan yang dimiliki Pantai Matras dibandingkan pantai di sekitarnya adalah adanya danau air tawar kecil di bibir pantai. Danau tersebut airnya sangat jernih dan dangkal, sehingga aman untuk berbilas atau sekedar bermain air.

Disekitar Pantai Matras terdapat bungalow sederhana namun nyaman. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan nyiur yang melambai-lambai dan aliran sungai alami, dalam suasana tenang dan damai.

 

PANTAI TANJUNG TINGGI

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung
Pantai Tanjung Tinggi, sumber : go sumatra.com

Pantai Tanjung Tinggi terletak sekitar 30 km dari Kota Tanjung Pandan, Belitung. Pantai Tanjung Tinggi menjadi sangat terkenal semenjak dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi yang fenomenal itu. Pantai ini memiliki kekhasan berupa batu-batu granit besar yang banyak tersebar di tepi pantai. Pasir pantai Matras berwarna putih bercampur dengan birunya laut bisa membuat betah wisatawan untuk berlama-lama di pantai. Akomodasi sudah tercukupi dengan mulai adanya resort dan penginapan di kawasan pantai.

 

PULAU PULAU LENGKUAS

Pantai Lengkuas, Bangka Belitung
Pantai Lengkuas, sumber : yuk pegi.com

Pulau Lengkuas hanya seluas kurang lebih 1 ha ini berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Memiliki ciri khas berupa mercusuar yang berusia ratusan tahun, konon merupakan peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1882. Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lengkuas diijinkan menaiki tangga mercusuar, sehingga dapat menikmati keindahan pasir pantai nan putih dengan laut biru ndari ketinggian sekitar 50 m tersebut. Apabila Anda tidak sanggup mencapai puncak maka jangan khawatir. Di setiap lantai mercusuar terdapat jendela yang menghadap ke berbagai arah sehingga pemandangan indah di bawah sana tetap dapat dinikmati atau diabadikan dengan kamera.

Bagi wisatawan penyuka mandi laut dan snorkeling, sebaiknya berkunjung di bulan maret – September, di saat ombak laut lebih tenang dan bersahabat. Tidak disarankan mengunjungi Pulau Lengkuas pada bulan Desember-Januari. Selain musim hujan, ombak dan arus pun cenderung besar dan dapat membahayakan.

Hingga tahun 2008, Pulau Lengkuas hanya dihuni beberapa orang penjaga mercusuar, tapi semenjak “film “Laskar Pelangi” mengambil setting di Bangka Belitung, wisatawan mulai memadari pulau tersebut. Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup sebab tidak terdapat warung di Pulau Lengkuas. Gunakanlah air bersih yang disediakan secara bijaksana, sebab ketersediaan air bersih di pulau ini sangat terbatas.

 

KULINER KOTA PANGKAL PINANG

Mie Koba Iskandar, Pangkal Pinang
Salah satu Kedai Mie di Pangkal Pinang: Mie Koba Iskandar, sumber : trip advisor

Terletak di pantai timur Pulau Bangka, Kota Pangkalpinang adalah kota terbesar di Pulau Bangka sekaligus ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ketika Anda turun dari pesawat di Bandara Depati Amir, sebuah marka menyambut hangat Anda bertuliskan “Selamat datang di Serumpun Sebalai Tanah”. Kalimat ini juga menjadi slogan Provinsi Bangka Belitung yang heterogen masyarakatnya.

Pangkal atau Pengkal dalam bahasa Melayu berarti pusat atau awal, merujuk pada peran kota ini sebagai pusat industri pertambangan timah. Kota pertambangan yang dahulu kecil ini, sekarang berkembang menjadi pusat komersial pulau dan pelabuhan yang menghubungkan pulau-pulau di sekitarnya. Sementara itu kata ‘pinang’ mengarah pada tempat ini yang ditumbuhi pohon palem.

Kota Pangkalpinang menawarkan hamparan pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Pasir Padi yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota Pangkalpinang. Pantai ini juga merupakan tempat sempurna untuk menyaksikan matahari terbit bersama pasir putih dan air laut biru yang jernih. Ketika air surut, Anda dapat berjalan ke Pulau Punan dan bermain-main di perairannya yang tenang. Tidak terlalu jauh dari Pantai Pasir Padi, sekitar 2,5 km, dapat Anda kunjungi pula Pantai Tanjung Bunga yang merupakan pantai datar dihiasi serentetan formasi batuan besar.

Selain pesona pantainya, Kota Pangkal Pinang memiliki kuliner khas yang patut dicoba, terutama bagi penyuka seafood, dan olahan Mie.  Kue dan jajanan lokal khas etnis China, juga tak kalah menarik, seperti Martabak Bangka, Kue Terang Bulan, dll.

 

PANTAI PASIR PADI

Pantai Pasir Padi, Bangka Belitung
Pantai Pasir Padi, sumber : Bangka Tour.com

Pantai ini berjarak sekitar 7 Km dari Kota Pangkalpinang, Ibukota Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Pasir Padi merupakan salah satu pantai tujuann wisata yang populer di Bangka Belitung. Jangan heran ketika Anda menginjakkan kaki di pantai ini, karena pasir pantai ini berbentuk seperti bulir-bulir padi. Itulah sebabnya, warga Bangka menyebut pantai ini dengan nama Pasir Padi.

Daya tarik utama pantai Pasir Padi ini adalah hamparan pasir putihnya yang luas. Di pantai ini pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas belitung yang didominasi sea food, serta gebung yaitu semacam ikan dengan daging lembut dan lezat.

 

PANTAI TANJUNG BUNGA

Pantai Tanjung Bunga, Bangka Belitung
Pantai Tanjung Bunga, sumber :Tiket.com

Pantai Tanjung Bunga berdekatan dengan kawasan pantai Pasir Padi, jaraknya hanya sekitar 2,5 km. Pada bagian arah ke darat Tanjung Bunga memiliki satu kawasan yang berbukit dengan panorama yang indah ke arah laut. Dan kita dapat menyaksikan hilir mudiknya kapal penumpang dan barang, yang keluar masuk pelabuhan Pangkalbalam.

Pantai Tanjung Bunga didominasi oleh bebatuan berwarna kemerahan. Inilah yang memebedakan dengan pantai Pasir Padi yang landai dengan pasir kekuningan, maupun pantai Sampur. Di lokasi ini sesuai site plan nya akan dibangun TAC TOS ( Tanjung Bunga circuit and town square). Lokasi Pantai Tanjung Bunga juga sangat cocok untuk petualangan dengan menyusuri pantai dan alam berbukit.

 

Demikian Sahabat elora, artikel TEMPAT WISATA MENAWAN DI BANGKA BELITUNG, semoga bermanfaat.

Trimakasih sudah ammpir di blog ini, jangan lupa  like & share ya Guys 🙂

Salam Wisata Indonesia

 

Kembali ke : ELORATOUR BLOG WISATA INDONESIA

 

Save

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 November 2014 in WISATA BANGKA BELITUNG

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: