RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI NANGROE ACEH DARUSSALAM

24 Okt

panorama-laut-pulau-rubiah-aceh

Propvinsi Nangroe Aceh Darussalam yang berada di ujung barat-utara Indonesia menyimpan banyak Tempat Wisata Menawan yang keindahan alam yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan dari luar Aceh. Apa saja Tempat Wisata Paling Menawan di Aceh yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Aceh ?

 

DAFTAR TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI PROVINSI NANGROE ACEH DARUSSALAM

Berikut ini Daftar Tempat Wisata Paling Menawan di Aceh :

 

Bukit Pantan Terong

 

Bukit Pantan TerongBukit Pantan Terong, Kabupaten Aceh Tengah. Sumber : Ensiklopedia Indonesia

Bukit Pantan Terong terletak di Kecamatan Bebesan, sekitar 7,5 km atau 15 menit menggunakan kendaraan dari kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Bukit ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati Kota Takengon karena objek wisata alam yang satu ini memang berada pada ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut dan merupakan bukit tertinggi pada dataran tinggi Gayo.

Dari atas Pantan Terong kita bisa melihat seluruh pemandangan Takengon dari atas, danau laut tawar, dan gunung-gunung juga bukit yang mengelilinginya. Kita bisa mencoba paralayan, menikmati pemandangan dari ketinggian dengan sensasi adrenalin. Bukit Pantan Terong juga terkenal dengan keindahan sunset dan sunrisenya.

 

Danau Laut Tawar

 

Danau Laut Tawar Danau Laut Tawar atau Danau Aneuk Laut, Kab. Aceh Tengah.  Sumber : Wisata Indonesia.biz

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Nanggröe Aceh Darussalam. Suku Gayo menyebutnya dengan Danau Lut Tawar. Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km.  Danau ini merupakan danau terluas di propinsi Aceh yang luas permukaan danaunya mencpai 5.472 hektar. Oleh sebab itu, tidak heran jika danau ini menjadi objek wisata kebangaan masyarakat di Aceh dan tidak hanya banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik tetapi juga wisatawan asing.

Anda mungkin penasaran mengapa danau ini dinamai Danau Laut Tawar Diberi nama Danau Laut Tawar karena luas danau ini menyerupai lautan tetapi air yang mengisi danau tersebut tidak asin seperti air laut melainkan merupakan air tawar. Wisata Danau Laut Tawar Aceh ini menyimpan banyak kekayaan alam laut dengan beragam flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Danau Laut Tawar ini juga menyimpan banyak hasil laut. Salah satu spesies ikan yang cukup ikonik di danau ini adalah ikan Depik. Ikan Depik merupakan ikas hias yang memiliki tubuh ramping dengan sisik putih yang berkilau.

 

Air Terjun Blang Kolam

 

Air Terjun Blang KolamAir Terjun Blang Kolam, Aceh Utara.  Sumber : Aneka Tempat Wisata.com

Air Terjun Blang Kolam berlokasi di hutan yang teduh dan terdapat di Kabupaten Aceh Utara dengan ketinggian sekitar 75 Meter.  Untuk mencapai lokasi Blang Kolam sebenarnya tidak sulit, cukup banyak jalur yang bisa ditempuh, bisa melalui Cunda Kota Lhokseumawe, Kandang Aceh Utara dan kawasan muara satu kota lhokseumawe, namun sayang kondisi jalan menuju objek Wisata Air Terjun Blang Kolam sangat memprihatinkan; jalan yang terjal dan licin juga menjadi salah satu penghambat bagi pengunjung yang ingin menikmati objek wisata ini. Hal lain yang kurang dalam objek wisata ini adalah sarana pendukung seperti Mushalla, MCK, dan tali pembatas jalur.

Suasana Air terjun Blang Kolam sejuk dengan alam yang masih asri sekali. Bagi yang ingin merasakan dinginnya air terjun, bisa berendam disini atau sekedar bersantai diakhir pekan. Tempat ini sangat cocok sebagai rekreasi keluarga.

 

Pulau Rubiah

 

Keindahan Bawah Laut Pulau Rubiah Keindahan Bawah Laut Pulau Rubiah, Sabang.  Sumber : U-ticket.com

Pulau Rubiah terletak di sebelah Pulau Weh, Sabang.  Nama Pulau konon diambil  dari nama Nyak Rubiah, salah satu keramat dari 44 keramat yang menjaga Kota Sabang. Dulunya Pulau ini merupakan asrama untuk jemaah haji yang akan pergi naik haji ke Mekah.

Keindahan bawah laut Pulau Rubiah ini tidak diragukan lagi, banyak wisatawan yang datang sekedar untuk berenang atau bermain dengan ikan hias.  Taman Laut Rubiah memiliki luas sekitar 2.600 ha, dengan kekayaan biota laut yang cantik, seperti ikan kakak tua, atau ikan macan. Setidaknya ada 14 biota laut yang dilindungi di Indonesia terdapat di Pulau Rubiah ini.

 

Air Terjun Pria Laot

 

Air Terjun Pria Laot Air Terjun Pria Laot, Sabang.  Sumber : Kaskus.co.id

Air terjun Pria Laot terletak di desa Pria Laot, 12 kilometer dari usat kota Sabang. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda harus berhenti di ujung jembatan desa yang berada persis di depan menara Pompa Air Minum kota Sabang, dan dari situ dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh kurang lebih 1,5 km.  Di Obyek Wisata Air Terjun Pria Laot, kita dapat menikmati alam dengan berenang di kolam di bawah terjunan, atau sekedar menikmati panorama hutan lindung dengan kupu-kupu yang beterbangan di sekelilingnya.

Kolam Air Terjun Pria Laot terdapat banyak ikan drupa, atau masyarakat setempat menyebutnya ikan bulan.  Jika kita berendam diam, maka ikan-ikan tersebut akan mengerubungi tubuh kita, dan memakan kulit-kuli mati disekujur tubuh, satu terapi alami yang membuat tubuh jadi segar.  Jika di kota besar, terapi ikan drupa setidaknya Rp. 30.000 / 30 menitnya.

 

Pantai Lampuuk

 Pantai LampuukPantai Lampuuk, Aceh Besar.  Sumber : The Gloge Journal.com

Pantai Lampuuk berada di Aceh Besar, sekitar 45 menit dengan kendaraan dari Banda Banda Aceh. Pada hari libur, Pantai Lampuuk sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota, dan bahkan manca negara.

Keindahan dari pantai ini adalah pasirnya yang membentang luas dan air lautnya yang sangat jernih.  Obyek Wisata Pantai Lampuuk sudah dilengkapi permainan-permainan air, salah satu contohnya adalah banana boat.

 

Pantai Lhoknga

 

Pantai Lhoknga Pantai Lhoknga, Banda Aceh.  Sumber : Paradise Beaches. Blogspot. com

Pantai Lhoknga berada tak jauh dari Pantai Lampuuk. Tempat wisata ini berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Di sini, Anda bisa bersantai di bawah pepohonan yang rindang atau bermain voli pantai di pasirnya yang luas dan landai.

Obyek Wisata Pantai Lhoknga memiliki ombak dengan ketinggian 1,5 – 2 meter yang cocok untuk surfing.  Saat hari menjelang sore, ada satu lagi pemandangan alam disuguhkan, yakni sunset cantik pantai ini.  Waktunya untuk duduk santai sambil menikmati suguhan jagung bakar yang nikmat.

 

Air Terjun Suhom

Air Terjun Sughom Air Terjun Suhom, Aceh Besar.   Sumber : Travel Kompas. com

Air Terjun Suhom, sesuai namanya berada di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Untuk bisa mencapai tempat wisata ini, Anda harus melewati jalanan naik-turun dengan pemandangan pegunungan Paro dan Kulu. Di tengah perjalanan, jangan kaget saat melihat banyak monyet berkeliaran di jalan. Monyet-monyet ini biasanya meminta buah-buahan atau makanan ringan lain pada pengguna jalan yang lewat.

Meskipun begitu, Obyek Wisata Air Terjun Suhom tetap menyajikan pemandangan yang luar biasa. Anda bisa berenang di telaga sedalam dua meter di bawah air terjun atau menemani anak-anak bermain air di kolam renang anak. Tak ingin bermain air ? Silakan bersantai di gazebo yang telah disediakan sambil menikmati makanan yang banyak dijual di sekitar lokasi air terjun

 

Kuala Merisi

Kuala Merisi Kuala Merisi, Nangroe Aceh Darussalam.  Sumber : Beauty About Nature. com

Kuala Merisi merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pantai dengan suasana yang sepi dan tenang. Tempat wisata di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak kecil yang cocok untuk bermain air di tepian

Silakan duduk santai di atas tikar Anda dan nikmati deburan ombak dan hembusan angin pantainya. Tak jarang tempat wisata di Aceh bernama Kuala Merisi ini dijadikan lokasi berselancar karena ombaknya yang cocok untuk olahraga air ini.  Selain itu, pantai ini juga memiliki fasilitas pendukung lainnya seperti kamar mandi dan deretan warung makan.

 

Air Terjun Lae Gecih

 

Air Terjun lae GecihAir Terjun Lae Gecih, Aceh Singkil.  Sumber : tiket . com

Air Terjun Lae Gecih terletak kira-kira 90 km dari Ibukota kabupaten Aceh Singkil, tepatnya di desa Kuta Tinggi,  Lae Gecih, kecamatan Simpang Kanan. kegiatan masyarakat di daerah ini mayoritas budidaya ikan air tawar dan bertani, sehingga wisatawan yang berkunjung di daerah ini dapat melihat kegiatan pedesaaan.

 

Air Terjun Tingkat Tujuh

Air Terjun Tingkat TujuhAir Terjun Tingkat Tujuh, Aceh.  Sumber : Wisata Indonesia . biz

Air terjun Tingkat Tujuh terletak di Desa Batu Hitam, Tapak Tuan.  Obyek wisata Air terjun Tingkat Tujuh masih sangat alami, airnya yang sejuk dan dingin, suasana alam yang tenang, dapat membuat pengunjung selalu ingin kembali.  Sesuai namanya, air terjun ini memiliki 7 tingkatan, yang terbentuk dari proses alam, menghadirkan pemandangan yang memukau.  Beberapa air terjun kecil di lokasi ini menambah eloknya pemandangan.

Bagi yang Anda yang belum puas memandangi keindahan pemandian ini, cobalah naik ke atas bukit dan Anda akan semakin terpukau dengan keindahan pemandangan suasana Kota Tapak Tuan dari atas.

 

Tapaktuan Tapa

Tapak Tuan Tapak Tuan Tapa, Aceh Selatan.  Sumber : Samwil Blogdetik . com

Tapaktuan adalah ibu kota dari Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh Kota.  Tapaktuan dikenal dengan sebutan Kota Naga dimana berasal dari sebuah Legenda Putri Naga dan Tuan Tapa yang sudah menjadi sejarah lisan masyarakatnya secara turun temurun.  Anda dapat membaca utuh legenda masyarakat Aceh Selatan ini dalam sebuah buku,“Legenda Tapaktuan dan Kisah Naga Memelihara Bayi Raja” yang ditulis Daruk Qutni Ch, terbit 2002.

Tapaktuan terletak sekitar 3 jam perjalanan dari Meulaboh Aceh.   Perjalanan dengan jalur tempuh dari Banda Aceh menyajikan pemandangan pesisir pantai yang memukau dan salah satu gugusan pesisir terpanjang di Sumatera. Begitu pula jalur tengahnya melalui Trans Sumatera yang menyuguhkan gugusan Bukit Barisan yang megah.

 

Pusat Pelatihan Gajah Saree

Pusat Latihan Gajah Saree
Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree, Aceh.  Sumber : Antara News . com

Pusat Pelatihan Gajah Saree ini termasuk sangat strategis. Lokasinya persis di pinggir jalan Negara Banda Aceh-Medan sekitar 75 km dari Kota Banda Aceh.  Pusat Pelatihan Gajah ini terletak di daratan tinggi yang diapit oleh 2 gunung yaitu Gunung Seulawah Agam dan Seulawah Inong, dengan kawasan hutan masih terasa sejuk dan segar.  Salah satu atraksi hiburan di Pusat Pelatihan Gajah Saree adalah atraksi gajah bermain bola.

 

Taman Nasional Gunung Leuser

Orang Utan di Taman Nasional Gunung Leuser
Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser.   Sumber : Ayo ke Aceh. WordPress . com

Taman Nasional Gunung Leuser atau Kawasan Ekosistem Leuser merupakan satu Kawasan Pelestarian Alam seluas 1.094.692 hektar, yang secara administrasi terletak di dua provinsi yaitu Provinsi Nangroe Aceh Darussalam  dan Sumatera Utara.   Taman Nasional ini merupakan Situs Warisan Dunia yang diakui UNESCO.

Taman Nasional ini dikelola dengan sistem zonasi untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya,pariwisata, dan rekreasi.  Wilayah Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL)  meliputi ekosistem asli dari pantai hingga ekosistem pegunungan tinggi yang diliputi hutan lebat khas hujan tropis, dan merupakan kelompok berbagai cagar alam dan hutan, yaitu: Cagar Alam Gunung Leuser, Kappi Cagar Alam, Cagar Alam Kluet, Sikundur-Langkat Wildlife Reserve, Ketambe Research Station, Singkil Barat, dan Dolok Sembilin.

Ada sekira 130 spesies dapat diidentifikasi di Taman Nasional Gunung Leuser, diantaranya : harimau sumatera, gajah, badak, orangutan, siamang, kera, macan tutul, reptil, ikan, dan juga sekitar 325 spesies burung.

 

Demikian Sahabat elora, artikel mengenai TEMPAT WISATA MENAWAN DI NANGROE ACEH DARUSSALAM yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog elora Guys.  jangan lupa like & share ya 🙂

 

Kembali ke : WISATA INDONESIA

Save

Iklan
 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 24 Oktober 2014 in WISATA NAGROE ACEH DARUSSALAM

 

Tag: , ,

5 responses to “TEMPAT WISATA MENAWAN DI NANGROE ACEH DARUSSALAM

  1. Sari Novita

    10 Desember 2015 at 22.38

    Cantiikkkk banggettt Indonesia

     
    • eloratour

      10 Desember 2015 at 23.04

      Iya Mbak Sari Novita ..
      INDONESIA memang Menakjubkan,
      Kalau ada kesempatan pengen banget mengexplore Keindahan alamnya, kebhinekaan budayanya, aneka rupa kulinernya ..

      Terimakasih sudah berkunjung ke Blog kami,

      Salam jelajah Indonesia

      #eloratour

       
  2. eloratour

    15 April 2016 at 13.44

    Betul Mas Wirawan,
    Banyak lokasi keren, indah, yang masih tersembunyi …
    Trimakasih sudah mampir & meninggalkan komentar baik.
    Salam Jelajah Indonesia ..

     
  3. TraveldiMalang.com

    29 Agustus 2016 at 23.25

    Artikelnya sangat bagus,N.A.D layak untuk dikunjungi terimaksih sudah mamu berbagi informasi

     
    • eloratour

      30 Agustus 2016 at 01.07

      Trimakasih TraveldiMalang,
      Iya sama-sama, trimakasih sudah berkenan mampir & meninggalkan komentar.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: