RSS

PANTAI PANTAI MENAWAN DI YOGYAKARTA

17 Jul

pantai-wediombo-yogyakarta

Yogyakarta juga memiliki Pantai-pantai yang menawan, selain Wisata Candi dan Wisata Kuliner.  Pantai-pantai di Yogyakarta selama ini tidak terlalu banyak diexplore, kalah pamor dari Malioboro, Kerajinan Perak, Kuliner, Batik, dan Candi, namun di tahun-tahun belakangan Pantai-pantai di Daerah Instimewa Yogyakarta itu menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan.  Mari kita telisik Daftar Pantai Paling Menawan di Provinsi Yogyakarta.

 

PANTAI PANTAI PALING MENAWAN DI YOGYAKARTA

PANTAI PARANGTRITIS

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan kendaraan pribadi maupun  transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00. Pantai Parang Tritis adalah tempat wisata terbaik untuk menikmati sunset,  sambil menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis.

.

PANTAI PARANGKUSUMO

Parangkusumo, gumukpasir

Mau merasakan suasana Sahara nggak usah jauh2 ke Afrika, di dekat Pantai Parangkusumo ada Gumuk Pasir yang memberikan sensasi serupa. Eksotis ! Pantai Parangkusumo akan memberikan sensasi mistis, dengan melawati Batu Cinta yang ada dalam cerita mitos Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul.  Kesakralan Parang Kusumo semakin terasa ketika anda melihat taburan kembang setaman dan serangkaian sesajen di Batu Cinta yang terletak di dalam Puri Cepuri, tempat Panembahan senopati bertemu dengan Ratu Kidul dan membuat perjanjian.

Senopati kala itu duduk bertapa di batu yang berukuran lebih besar di sebelah utara sementara Ratu Kidul menghampiri dan duduk di batu yang lebih kecil di sebelah selatan.

AIR TERJUN PANTAI JOGAN

Pantai-Jogan

Air terjun Pantai Jogan yang terdapat di bibir laut adalah sesuatu yang langka di Indonesia, bahkan dunia. Tersembunyi di balik perbukitan karst, Gunungkidul di selatan Yogyakarta ternyata menyimpan air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut. Sebuah pesona yang sulit dilupakan.

PANTAI INDRAYANTI

Indrayanti

Selain menawarkan pesona pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih, Pantai Indrayanti juga menawarkan sensasi dinner romantis bertabur bintang di restauran yang terletak di tepi pantai.

 

PANTAI SIUNG

Pantai Siung

Pantai Siung terletak di sebuah wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah selatan kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan. Menjangkau pantai siung ini dengan sepeda motor atau mobil menjadi pilihan banyak orang, sebab memang sulit menemukan angkutan umum. Colt atau bis dari kota Wonosari biasanya hanya sampai ke wilayah Tepus, itupun mesti menunggu berjam-jam.

Pantai Siung kaya akan karang-karang raksasa. Tebing karangnya memiliki 250 jalur pemanjatan, juga tempat tepat untuk menikmati panorama pantai. Ada pula karang menyerupai siung wanara yang menjadi dasar penamaan pantai.

PANTAI WEDI OMBO

pantai-wediombo-gunungkidul-yogyakarta

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini sangat mudah dijangkau bila sebelumnya telah datang ke Pantai Siung.  Selain panorama pantai yang mengagumkan, Pantai Wedi Ombo juga menawarkan pengalaman wisata unik, bahkan ekstrim, yaitu memancing di ketinggian bukit karang. Saat ini jenis wisata yang bermula dari kebiasaan memancing penduduk setempat ini tengah digemari oleh pehobi dari kota Yogyakarta dan Wonogiri.  Pantai Wediombo juga memiliki Kolam renang alami, sangat menawan unuk dinikmati.

PANTAI SEPANJANG

pantai-sepanjang-gunung-kidul-yogyakarta

Bila ingin bernostalgia menikmati nuansa Pantai Kuta tempo doeloe, Pantai Sepanjang adalah tempat yang tepat. Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang, pasir berwarna putih yang masih terjaga, dan ombak yang sedang. Anda tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir menikmati terik matahari, membelah ombak dengan papan selancar, ataupun hanya melihat keindahan pantai. Semuanya bisa Anda nikmati begitu tiba di pantai yang berjarak beberapa kilometer dari Pantai Sundak ini.

Sepanjang juga memiliki situs bersejarah, yaitu Banyusepuh : “Banyu” berarti air dan “sepuh” berarti basuh atau membasuh. Sesuai namanya, tempat yang tadinya berupa mata air ini digunakan untuk membasuh atau memandikan. Penggunanya konon adalah para wali yang biasanya membasuh pusakanya.

PANTAI SUNDAK / PANTAI WEDI BELAH

Pantai Sundak, Wonosari

Ada fenomena alam unik akibat aktivitas tersebut yang akhirnya menjadi titik tolak penamaan pantai ini. Jika musim hujan tiba, banyak air dari daratan yang mengalir menuju lautan. Akibatnya, dataran di sebelah timur pantai membelah sehingga membentuk bentukan seperti sungai. Air yang mengalir seperti mbedah (membelah) pasir. Bila kemarau datang, belahan itu menghilang dan seiring dengannya air laut datang membawa pasir. Fenomena alam inilah yang menyebabkan nama pantai menjadi Wedibedah (pasir yang terbelah).

Namun kini Pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Sundak.  Konon, sekitar tahun 1976, ada sebuah kejadian menarik, yakni perkelahian antara seekor anjing dan seekor landak laut.  Kejadian itu diketahui pemilik anjing, bernama Arjasangku, yang melihat setengah tubuh landak laut di mulut anjing. Sejak itu, nama Wedibedah berubah menjadi Sundak, singkatan dari asu (anjing) dan landak.

PANTAI KRAKAL

pantai-krakal1

Gunungkidul menyembunyikan beberapa spot surfing yang menantang, salah satunya adalah Pantai Krakal.   Garis Pantai Krakal didominasi oleh karang-karang tajam, sehingga tidak mudah untuk mencapai surf spots-nya. Ombaknya cukup bagus, terutama pada saat dry season (antara bulan Maret dan September) yang memungkinkan terciptanya barrel.

 

PANTAI POK TUNGGAL

Pok Tunggal

Pesona Pantai Pok Tunggal dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh dinding perbukitan merupakan lokasi yang asyik untuk dieksplorasi. Pantai Pok Tunggal yang terletak di antara  Pantai Indrayani dan Pantai Siung ini semakin mengukuhkan Gunungkidul sebagai gudangnya pantai-pantai cantik berpasir putih yang masih alami.  Di sana terdapat tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter, dan juga mata air tawar, kemungkinan besar berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst.

 

PANTAI GLAGAH

Glagah

Pantai Glagah menawarkan wisata pantai yang lengkap, mulai pemandangan laguna yang indah, fasilitas biking dan motorcross hingga agrowisata pantai.  Selain pemandangan pantai yang indah, Pantai Glagah juga memiliki beragam fasilitas wisata pantai. Salah satu adalah area motor cross yang terletak persis di pinggir pantai dengan luas yang cukup besar, memberi kepuasan bagi anda penggemar olahraga ini. Sementara itu, jalan beraspal yang menghubungkan pantai Glagah dengan pantai-pantai lain bisa dimanfaatkan sebagai arena olah raga sepeda pantai.

Anda bahkan bisa menikmati fasilitas agrowisata pantai dengan mengunjungi perkebunan Kusumo Wanadri. Di sana, anda bisa mengamati proses budidaya beragam tanaman obat mujarab, seperti buah naga dan bunga roselle. Selain itu, anda juga bisa menyewa gethek, kano dan bebek dayung yang bisa digunakan untuk tur menyusuri laguna atau sekedar menyeberang lewat jembatan kayu menuju lokasi gundukan pasir di tepi pantai.

PANTAI CONGOT

Congot

Pantai Congot adalah pantai wisata yang paling tepat dikunjungi setelah bertandang di Pantai Glagah. Kedua pantai itu berjarak sangat dekat dan dihubungkan oleh jalan beraspal halus yang bahkan cukup mudah ditempuh menggunakan sepeda. Terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Pantai Congot menjadi pusat kegiatan warga sekitar yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan.

Di sepanjang garis pantai congot, anda bisa melihat aktivitas warga sekitar dan wisatawan lokal memuaskan kegemaran memancing. Di sudut lain, terdapat para nelayan yang tengah menjala ikan di tepi pantai, menghancurkan cangkang rajungan yang melekat di jala ataupun membersihkan perahu.

PANTAI SADENG

Sadeng

Pantai Sadeng merupakan muara sungai Bengawan Solo.  Konon, dulunya Sungai Bengawan Solo mengalir tenang dari hulunya di wilayah utara hingga bermuara di Pantai Sadeng yang kini berada di Kabupaten Gunung Kidul. Namun, sekitar empat juta tahun yang silam, akibat Lempeng Australia menghujam ke bawah Pulau Jawa, dataran Pulau Jawa perlahan terangkat.

Arus sungai akhirnya tak bisa melawan hingga akhirnya aliran pun berbalik ke utara. Jalur semula akhirnya tinggal jejak yang perlahan mengering karena tak ada lagi air yang mengalirinya. Wilayah ini menjadi kaya akan bukit-bukit kapur yang menurut beberapa penelitian, semula merupakan karang-karang yang berada di bawah permukaan laut.

Berkeliling ke penjuru pantai adalah cara untuk menikmati kemajuan perikanan di Sadeng. Akan tampak sekelompok nelayan yang membersihkan perahu, mengangkut ikan dari perahu ke tempat pelelangan, menggiling es batu untuk dimasukkan dalam kotak ikan sebelum didistribusikan, hingga ibu-ibu nelayan yang mengasuh anak-anak di pondokan. Seluruh warga pantai seolah sibuk dengan aktivitas perikanannya.  Selain itu, bisa juga menyusuri bibir pantai di sebelah timur dan menuju gundukan pasir yang berada di dekat mercusuar. Pemandangan laut lepas akan tampak jelas, beserta deburan ombaknya yang besar. Tak seperti pantai di Gunung Kidul umumnya, Sadeng tak banyak memiliki karang-karang raksasa sehingga pandangan mata tak akan terhalang. Kadang, bisa juga disaksikan perahu nelayan yang tengah melaut.

 

PANTAI DEPOK

pantai-depok

Angin laut di sebelah timur menerbangkan pasir hasil aktivitas Merapi yang terendap di dekat sungai menuju daratan, membentuk bukit pasir atau gumuk, memberi kesempatan kita menikmati panorama gumuk pasir satu-satunya di kawasan Asia Tenggara.  Pantai Depok menyajikan hidangan ikan segar dan sejumlah hasil tangkapan laut lainnya dalam nuansa khas restaurant pesisir.

PANTAI DRINI

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pantai Drini menjadi salah satu pantai istimewa di pesisir Gunung Kidul.  Konon di pulau tersebut banyak ditumbuhi santigi (Pemphis acidula), atau masyarakat di sana biasa menyebutnya Ndrini. Itulah kenapa pantai dan pulau ini diberi nama drini. Bila laut sedang surut, kita bisa pergi ke pulau.

Sebuah pulau karang di bibir pantai membelah Pantai Drini menjadi dua bagian dengan karakter bertolak belakang. Sisi Timur yang tenang dan bagian Barat yang garang, membuat Pantai Drini menjadi sebuah pantai berkarakter ganda.

Satu lagi keistimewaan Pantai Drini adalah pantai ini merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang merupaan salah satu spot untuk menikmati Milky Way.

 

PANTAI NGRENEHAN

ngrenehan beach, pantai ngrenehan, indah is beauty

Pantai Ngrenehan terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.

Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan kurang lebih 1 km di sebelah Barat terdapat Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi di Pantai Ngobaran di laksanakan upacara Melasti.

 

Demikian Sahabat elora, tulisan eloratour tentang PANTAI PANTAI MENAWAN DI YOGYAKARTA, semoga bermanfaat.
Thanks udah mampir di blog elora, jangan lupa like & share  ya guys

 

ARTIKEL TERKAIT :

SUMBER :

yogyakarta.panduanwisata.com, pasirpantai.com, sarangpenyamun.wordpress.com, gunungkidulonline.com, ensiklopediaindonesia.com, www.toursvirtual.com, budiuzie.wordpress.com, log.viva.co.id, http://kulonprogo.blogspot.com, jogjabiz.com, arantan.wordpress.com, yogyatrip.com, www.indonesia-tourism.com, amriholiday.blogspot.com,

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 17 Juli 2014 in WISATA YOGYAKARTA

 

Tag: , , ,

2 responses to “PANTAI PANTAI MENAWAN DI YOGYAKARTA

  1. jogjaminded.com

    4 Agustus 2014 at 23.55

    4 view dalam Wisata pantai Jogja sangat menantang. Sebenarnya ada banyak view yang bisa kita nikmati dari satu pantai. Tidak hanya dari bibir pantai saja. Melainkan bisa dari beberapa tempat. Contohnya : ada setidaknya 4 View untuk menikmati Ngrenehan Beach. view mana saja?
    Mlaku-mlaku Nang JOGJA #Pantai

     
  2. Paket Wisata Dieng

    10 April 2017 at 14.29

    makasih buat info nya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: