RSS

FESTIVAL MUSIK BAMBU NUSANTARA 2014

08 Mei

Buat kalian Pecinta Seni, ada berita bagus :
Tanggal 15 dan 16 Mei 2014 ini akan ada

FESTIVAL MUSIK BAMBU NUSANTARA 2014.

 Festival Bambu Nusantara 2014Poster Festival Musik Bambu Nusantara 2014, Sumber: Situs Resmi Kabupaten Pringsewu

BAMBU DAN SENI 

Bambu mrupakan salah satu bahan untuk membuat perkakas seni tradisional, diantaranya untuk bahan membuat alat musik tiup, ‘goncang’,  dan pukul.  Salah satu yang hingga kini masih lestari adalah alat musik angklung.

Dan buat Sahabat elora yang tinggal di Lampung, berbahagialah, sebab Perhelatan Seni Nusantara itu akan diselenggarakan di Lampung, tepatnya di Kabupaten Pringsewu. Dipilihnya Kabupaten Pringsewu menjadi tempat pelaksanaan Festival Musik Bambu kali ini terbilang cukup nyeleneh: Karena Nama Kabupatennya Pringsewu, yang dalam bahasa Indonesia secara harafiah berarti “Bambu Seribu”.

Festival Musik Bambu ini nantinya akan diikuti oleh peserta dari berbagai provinsi yang memiliki kesenian bambu, diantaranya: Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan kalimantan Selatan, dan tentunya dari provinsi Lampung sebagai tuan rumahnya.

Festival Musik Bambu Nusantara ke 8 yang akan digelar di Lapangan Perkantoran Kabupaten Pringsewu itu menurut pers release di Harian Tribun Lampung, Rabu, 7 Mei 2014, akan dimeriahkan artis-artis Ibukota seperti : Dwiki Darmawan – Krakatau & Bamboo Orchestra, Putri Ayu, Geisha, Kerispatih, Babenjo, Komunitas Hong, serta Musisi Bambu Nusantara Republik Indonesia.

Dalam rangkaian acara festival musik bambu, hasil kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Pemerintah Provinsi Lampung ini nantinya akan ada penampilan dari 400 musisi gamolan sekaligus, sebagai upaya memecahkan rekor MURI.

Kalau mau liat serunya penampilan Om Dwiki Dharmawan, silahkan intip aksinya lewat lagu Arafura saat mentas bersama World Peace Orchestra di  California tahun 2007 lalu.  Langsung klik di sini : Arafura, Live at The Backed Potato, North Holiwood, California

 

BAMBU DAN KEHIDUPAN MANUSIA

Selain atraksi musik dan seni bernuansa bambu, para pengunjung juga dapat menikmati pameran alat-alat atau instalasi berbahan bambu, serta kuliner yang terbuat dari bambu.

O ya Sahabat elora, udah tau belum kalau menurut Bog Tulisan Calon Petani, Bambu merupakan salah satu tanaman pencipta mata air ?!   Kalau Sahabat elora mau baca mengenai hal ini, silahkan klik di sini : Bambu, Tanaman Multiguna Pencipta Mata Air.

Itu berarti, secara tidak langsung, ketika Seni dan Budaya berbasis Bambu kita jaga dan lestarikan, kita turut menjaga dan melestarikan alam, melalui tanaman bambu.  Hal tersebut akan memberikan andil positif bagi pertanian, sosial dan ekonomi di wilayah yang bersangkutan.  Mantab kan, lewat satu penyelenggaraan kegiatan, ada banyak rantai manfaat yang akan terbangun …

So Sahabat elora,
untuk memajukan kesenian dan budaya Nusantara, khususnya berbasis bambu, mari ramaikan Festival Musik Bambu Nusantara 2014 di Pringsewu.  Jayalah Budaya Nusantara Kita

Demikian Guys infonya.
Thanks udah mampir ke blog elora, jangan lupa komen like dan share nya 🙂

Salam Bambu Nusantara,

eloratour
Your Travel Partner

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 8 Mei 2014 in Uncategorized

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: