RSS

MeRAYAkan Air (Hari Air Sedunia) 2014

22 Mar

Logo World Water Day 2014

Hari ini, tanggal 22 Maret 2014, merupakan hari raya … Hari Raya bagi segenap makhluk hidup, dan kehidupan, sebab hari ini adalah Peringatan Hari Air Sedunia.  Hari Air Sedunia, diperingati setiap tanggal 22 Maret, sejak diumumkan pada Sidang Umum PBB ke-47, di Rio de Jeneiro, Brazil, pada pada 22 Desember 1992.

PERAYAAN HARI AIR SEDUNIA

Hari Air Sedunia (World Day for Water) adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

 

Sejarah Hari Air Sedunia

Secara formal hari air sedunia ini diajukan dalam agenda 21 pada pertemuan di Rio de Janeiro, Brazil di tahun1992 oleh badan PBB yang mengurusi lingkungan dan pembangunan (UNCED — United Nations Conferece on Environment and Development).

Isu tersebut terus bergulir dan berkembang dan menjadi perhatian serta mendapat dukungan dari publik sampai saat ini. Di saat inipun Hari Air Seduinia menjadi trend popular di kancah jejaring sosial, semoga mendapat sambutan yang sama di Indonesia, khususnya Sahabat elora pecinta traveling. 😀

PBB dan anggotanya, termasuk Indonesia, menyerukan penetapan Hari Air Sedunia ini, dan merekomendasikannya untuk dipromosikan lewat kegiatan kegiatan nyata. Setiap tahunnya, salah satu lembaga dunia yang berkecimpung dalam isu isu air memprakarsai dan mengkoordinasi kegiatan internasional untuk Hari air Sedunia.

Sejak 2003, UN-Water bertanggungjawab dalam tema, pesan, dan membidangi badan dunia berkenaan dengan Hari Air Sedunia. Salah satu anggota PBB dari Internasional NGO yang bergerak dalam isu mempromosikan air bersih dan habitat air berkelanjutan menggunakan Hari Air Sedunia sebagai waktu untuk memfokuskan perhatian publik pada krisis air saat ini. Setiap 3 tahun, sejak tahun 1997, WWC (World Water Council) menghadirkan ribuan partisipan dalam pertemuan Forum Air Dunia, selama sepekan dalam Hari Air Sedunia. Partisipan dari lembaga lembaga dan NGO menekankan bahwa isu ketersediaan air sehat bagi jutaan umat manusa dan keterkaitan gender di konsumsi air sehat bagi keluarga.

 

Tema Perayaan Hari Air Sedunia

Dari tahun ke tahun, perayaan Hari Air Sedunia memiliki Tema, sebagai titik fokus perhatian, dan sekaligus sebagai kelanjutan dari tema-tema perayaan tahun-tahun sebelumnya.

Berikut ini rangkuman Tema Hari Air Sedunia sejak tahun 1994.

1. Tema Hari Air Sedunia 1994: Peduli pada Sumber Air adalah Kepentingan Semua Pihak.

 

2. Tema Hari Air Sedunia 1995: Air dan Perempuan

 

3. Tema Hari Air Sedunia 1996: Air Untuk Kota Kota yang Kehausan
Hari Air Dunia 1996 menekankan pada berkembangya krisis air pada kota kota di berbagai belahan dunia dimana mengancam pembangunan sosial dan ekonomi.

4. Tema Hari Air Sedunia 1997: Air Dunia: Apakah Cukup?
Dikoordinasi oleh UNESCO (United Nations Education, Science and Culture Organization) dan WMO (World Meteorological Organization), Pesan Hari Air 1997 adalah pada air sebagai persyaratan dasar segala aspek kehidupan, dimana sumber air dihadapkan pada semakin tingginya permintaan, dan kompetisi antara para pemakai.

5. Tema Hari Air Sedunia 1998: Airtanah – Sumber yang tak Telihat.
Dikoordinasi oleh UNICEF (The United Nations Children’s Fund) , hampir separuh pupulasi dunia tergantung pada air tanah sebagai sumber air minum dan penggunaan lainnya. Fokus peduli pada tiga gap utama dalam manajemen air tanah yang berimplikasi banyak pada pembangunan berkelanjutan:
(1) Peningkatan degradasi sistem air tanah melalui polusi air,
(2) Ketiadaan tenaga profesional dan kesadaran publik pada penggunaan yang berkelanjutan dan kepentingan ekonomi dari sumber air tanah secara umum,
(3) Implikasi ekonomi dari ketidakterpecahkannya permintaan air tanah dan manajemen pasokan.

6. Tema Hari Air Sedunia 1999: Hidup Semua Orang Menuju ke Hilir
Dikoordinasi oleh UNEP – (United Nations Environment Programme), tema 1999 mengusung pesan utama bahwa ketika menggunakan air bersih, umat manusia, dimanapun mereka tinggal, di desa, ataupun di kota besar, tidak dapat mengisolasi mereka dari bertetangga. Sebalikanya, secara fundamental mereka saling terhubung dan berketergantungan antara pengguna air dan penggunaan saluran drainase yang berakibat pada saluran air semua orang.

7. Tema Hari Air Sedunia 2000: Air untuk Abad 21
Dikoordinasi oleh UNESCO ((United Nations Education, Science and Culture Organization)

8. Tema Hari Air Sedunia 2001: Air untuk Kesehatan.
Dikordinasi oleh WHO (World Health Organization), temanya “upaya nyata penting dilakukan untuk menyediakan air minum yang bersih dan meningkatkan kesehatan sebagaimana juga meningkatkan kesadaran pada masalah dan solusi dunia luas.

Tanggal 22 Maret ini menjadi peristiwa unik untuk mengingkatkan semua orang bahwa solusi itu mungkin. Menggunakan informasi-informasi pada official website peringatan air dunia untuk membantu kata-kata tersebut menjadi komitmen politik dan aksi.

9. Tema Hari Air Sedunia 2002: Air untuk Pembangunan
Dikoordinasi oleh IAEA (International Atomic Energy Agency), Tema 2002 ‘Air untuk Pembangunan’ menggendong pesan bahwa si miskin dan kondisi buruk dari sumber air pada banyak belahan dunia meminta perencanaan dan manajemen air yang terintegrasi.

10. Tema Hari Air Sedunia 2003: Air untuk Masa Mendatang
Dikoordinasi oleh UNEP. Air untuk Masa Depan menjadi tema Hari Air tahun 2003. Tujuannya untuk memberikan inspirasi politik dan aksi komunitas dan meneguhkan pemahaman global akan pentingnya penggunaan air yang bertanggungjawab dan konservasi.

11. Tema Hari Air Sedunia 2004: Air dan Bencana
Dikoordinasi oleh WMO (Worl Meteorological Organization) dan oleh UN-ISDR (International Strategy for Disaster Reduction). Tema kali adalah; Air, Iklim dan Sumber Air dapat menimbulkan dampak kerusakan pada pembangunan sosio-ekonomi dan peri kehidupan manusia.

Berdasarkan WMO, air dan iklim berkorelasi dengan kejadian ekstrim seperti tornado, badai, angin topan badai, siklon, banjir, kekeringan, terhitung pada 75% dari keseluruhan bencana. Hal itu mengakibatkan penderitaan umat manusia, kehilangan hidup dan kerusakan ekonomi. Memonitor kejadian-kejadian ini, memprediksi pergerakan dan peringatan tanda-tanda waktu menjadi esensi dari mitigasi terhadap dampak kerusakan besar dari kejadian kejadian tersebut terhadap pupulasi dan ekonomi.

12. Tema Hari Air Sedunia 2005: Air dan Kehidupan 2005-2015
Dikoordinir oeh UN, Rapat umum UN ke 58 pada 2003 menyepakati bahwa 2005 sd 2015 adalah dekade Internasional ‘Air untuk Kehidupan’ (Water for Life Decade) dan dimulai pada peringatan Hari Air Internasional 22 Maret 2005.

Dekade Air untuk Kehidupan mengarah pada tujuan  “fokus besar isu-isu air, disamping memastikan partisipasi perempuan dalam pembangunan terkait air yang penting dan kerjasama kedepan di setiap level guna mencapai dekarasi tujuan millenium sebagai implementasi rencana pada pertemuan tingkat tinggi untuk pembangunan berkelanjutan agenda abad 21 di Johannesberg.

13. Tema Hari Air Sedunia 2006: Air dan Budaya
Dikoordinasi oleh UNESCO, tema yang diangkat adalah ‘Air dan Budaya’. Pada 2006 ini menggambarkan perhatian pada fakta bagaiaman berbagai pandangan dan penggunaan dan merayakan air sebagai bagaian dari tradisi di seluruh dunia.

14. Tema Hari Air Sedunia 2007: Menundukkan Kekurangan Air
Dikoordinasi FAO, tema tahun 2007 menggarisbawahi signifikansi krisis air dunia dan peningkatan integrasi dan kerjasama untuk memastikan keberlanjutan, efisiensi dan manajemen yang pantas pada krisis sumber air dalam level lokal maupun internasional.

15. Tema Hari Air Sedunia 2008: Sanitasi
Dikoordinasi oleh UNICEF dan WHO, Hari Air Sedunia 2008 juga dibarengkan dengan Pencanangan Tahun Sanitasi Sedunia (2008) yang diorganisir oleh UNDESA (United Nations Department of Economic and Social Affairs) berkolaborasi dengan gugus kerja Sanitasi dari UN-Water.

16. Tema Hari Air Sedunia 2009: Transportasi Air
Dikoordinasi oleh UNESCO (Education, Science and Culture Organization) , dibantu oleh UNECE (United Nations Economic Commission for Europe) dan Departemen Air dari FAO (Food and Agriculture Organization). Dalam kesempatan Hari Air Sedunia 2009 ini, ICRC khusus dimandati untuk memastikan air sehat dan kesulitan sanitasi pada masyaraakat konfilk. Dalam banyak lokasi konflik, penyakit membunuh banyak penduduk daripada peluru.

17. Tema Hari Air Sedunia 2010: Air Bersih Untuk Sebuah Dunia yang Sehat
Dikoordinasi oleh Lembaga Dunia dalam Urusan Lingkungan (UNEP-United Nations Environment Programme). Materi Kampanye dan Visual oleh Departemen Air dari FAO. Hari Air 2010 mengambil tema kualitas air karena melihat pada refleksi  kepentingan pengadaan kuantitas pada manajemen pengelolaan sumber sir.

Air Bersih dan Perang: dalam perang akses pada air bersih umumnya minim karena suplai water dan sistem penjernihan air yang hancur, karena cadangan air di sekitar lokasi menjadi berbahaya oleh kerusakan masif. Orang orang terpaksa mengkonsumsi sumber air yang beresiko mengganggu kesehatan dan banyak orang terkontaminasi penyebaran penyakit.

18. Tema Hari Air Sedunia 2011:Air Untuk Kota-Kota: Mensikapi Tantangan Perkotaan
Dikoordinasi oleh UN-HABTAT, identitas visual dan materi kampanye oleh FAO WATER, oleh departemen air FAO.

19. Tema Hari Air Sedunia 2012. : Air dan Ketahanan Pangan
Dikoordinasi oleh UN-Water dengan badan PBB, Food and Agriculture Organization (FAO). Dalam pertemuan Hari air Dunia 2012, ICRC menyerukan perhatian ketersediaan air dalam masyarakat yang didera konflik. Acara sehari yang dikelola oleh kepala bidang Air Stephen Tummon. Acara sehari tersebut dijuluki “Piknik Aquatic”. Dalam pidatonya Tummon mengatakan; “Sangat mengagumkan bagaimana banyak orang tidak mengetahui bagaimana kehadiran air, Saya pertama kali berlajar tentang ‘Air’ di 2009 dan hidup saya berubah dalam tahun yang sama. Hal itulah apa apa tentang ‘aquatic’.
20. Tema Hari Air Sedunia 2013 : Kerjasama Air (Water Cooperation)

21. Tema Hari Air Sedunia 2014 : Air dan Energi (Water and Energy)
Pada peringatan tahun 2014 ini, Hari Air Sedunia mengambil tema Air dan Energi (Water and Energy).

 

Perayaan Hari Air Sedunia di Indonesia

Air memang masih menyisakan berbagai masalah yang pelik di Indonesia. Padahal dengan rata-rata curah hujan yang mencapai 2.779 milimeter pertahun, Indonesia seharusnya mampu menjadi negara yang kaya akan air. Sayangnya, 66% dari air hujan tersebut justru berubah menjadi bencana (banjir dan tanah longsor) yang menyengsarakan rakyat.

Dan saat kemarau tiba, negara kaya air ini pun kekurangan air. Di kota-kota, berbagai permasalahan air telah menghantui setiap orang. Ketersediaan Air bersih yang semakin mahal dan langka serta pencemaran air menjadi masalah nyata. Sebuah ironi.

Maka,

Dengan berbagai tema peringatan Hari Air Sedunia tadi,kita semua diharapkan semakin menyadari bahwa Air adalah kehidupan. Tanpa Air bersih, kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia terancam. Padahal kita tau, ketersediaan air di bumi adalah tetap, tapi ditengah meningkatnya kebutuhan makhluk hidup akan air bersih, jumlah air bersih yang tersedia semakin berkurang.

Semoga tulisan sederhana ini menggerakkan kita, untuk lebih bijaksana menggunakan air, sekaligus mulai melakukan upaya-upaya bagi terjaganya ketersediaan air bersih bagi seluruh ciptaan secara nyata.

Teman-teman Kompasianer, di mana pun berada, Selamat Merayakan Hari Air Sedunia 2014, dengan PeRAYAan yang sesungguhnya: lewat karya nyata dalam kehidupan, dalam keseharian kita.

Trimakasih sudah mampir ke blog elora, jangan lupa like dan sharenya ya Guys 🙂

 

 

Sumber Referensi :

1. http: //id. wikipedia.org/wiki/Hari_Air_Sedunia

2. http:// www. unwater.org

3. http:// alamendah. org

4. http ://www. pusdatarawa.or.id/index.php/2013/01/25/hari-air-sedunia-2013/

5. http:// www. hijau.or.id/index.php/54-artikel/agenda/agenda-lingkungan/62-hari-air-sedunia-22-maret

6. http:// geoenviron.blogspot. com/2012/04/hari-air-sedunia-world-water-day.html

Save

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Maret 2014 in Uncategorized

 

Tag: , , , , ,

2 responses to “MeRAYAkan Air (Hari Air Sedunia) 2014

  1. Halra

    10 April 2014 at 20.37

    air sangat identik dengan kesegaran,
    asyik banget jika kita bermain di dunia air bakalan fresh pikiran,
    🙂

     
    • eloratour

      11 April 2014 at 23.26

      Ya Bung Halra,
      Seandainya kita mampu menjaga Air, mungkin kita bisa mandi gratis di Kali/Sungai, bisa miara ikan di keramba sungai, nggak perlu beli air kemasan dari Pabrik (privatisasi), dll.

      Trimakasih sudah berkenan mampir dan berbagi.

      Salam Air

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: