RSS

TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

18 Feb

Gajah di Taman Nasional Way KambasPusat pelatihan Gajah (PLG) Taman NasionL Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) berlokasi di Kabupaten Lampung Timur, Propinsi Lampung, berjarak sekitar 110 km dari Kota Bandar Lampung,  atau jika dari sekitar 130 km dari Bakauheni, berupa dataran rendah di sekitar Sungai Way Kambas, pantai timur Lampung.  Obyek Wisata Gajah Way Kambas ini terkenal di skala nasional karena Atraksi Sepak Bola Gajah nya.

TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS IKON WISATA LAMPUNG TIMUR

Taman Nasional Way Kambas merupakan ikon Wisata Kabupaten Lampung Timur.  Taman Nasional Way Kambas adalah tempat hidup aneka satwa langka dilindungi seperti badak, harimau sumatera serta hewan langka lainnya. Taman Nasional yang sudah ditetapkan sebagai taman nasional oleh Menteri Kehutanan dengan SK No. 670/Kpts-II/1999 itu merupakan taman nasional yang sudah terkenal ke mancanegara. 

Taman Nasional Way Kambas mempunyai luas 125.621,3 hektar dan secara administratif pemerintahan terletak di Kabupaten Lampung Timur dan Kabupaten Lampung Tengah, Propinsi Lampung ini merupakan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang/semak belukar, dan hutan pantai di Sumatera.  Pengen tau apa saja yang bisa kita nikmati di Taman Nasional Way kambas ini ?

 

Pusat Latihan Gajah Way Kambas

Pusat Latihan Gajah (PLG) Way Kambas atau saat ini bernama Pusat Konservasi Gajah (PKG) merupakan pusat latihan gajah pertama di Indonesia, dan merupakan pusat latihan gajah-gajah Sumatera.   Di tempat ini gajah-gajah liar Sumatera dilatih, untuk kepentingan konservasi, untuk mengurangi konflik gajah – manusia.  Sebagai contoh, untuk menghadang serbuan gajah liar sehingga tidak memasuki perkampungan, atau mengusir gajah-gajah liar yang terlanjur memasuki permukiman.

Pusat Konservasi gajah Way Kambas

Selain itu gajah-gajah terlatih dapat dan dimanfaatkan untuk wisata,  seperti atraksi permainan sepak bola, berenang, dan lain sebagainya. Pengunjung dapat menunggang gajah dengan didampingi pawang.

Gajah-gajah liar dilatih di Pusat Konservasi Gajah Way Kambas (PKG Way Kambas) yang didirikan pada tahun 1985 ini  telah menghasilkan sekitar 290 ekor gajah yang terlatih.  Gajah-gajah dapat dijadikan sebagai gajah tunggang, atraksi, angkutan kayu dan bajak sawah. Pada Pusat Latihan Gajah tersebut dapat disaksikan Pelatih dan mendidik dan melatih gajah liar, menyaksikan atraksi gajah yang sangat luar biasa (main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, berenang dan masih banyak atraksi lainnya).  Awalnya perintah-perintah untuk gajah-gajah itu menggunakan bahasa Thailand, karena para Pawang kita awalnya belajar di sana.  Tapi lama kelamaan karena Pawang-pawang kita cerdas, kemudian menggunakan bahasa lokal.  Hebat kan guys ?!  😀  😀

Waktu SMA dulu elora sering masuk ke PLG, menemui teman yang bekerja disitu sebagai Pawang.  Pernah  elora diajak mencari gajah-gajah yang belum pulang dari diumbar.  Berangkatnya satu ekor dinaiki berdua, pulangnya elora dipaksa jadi ‘driver’ sendiri.  Kebayang nggak guys, naik gajah yg punggungnya lurus, dengan medan naik-turun lumayan terjal, dan kadang oleh teman sengaja dicarikan jalur yang lewati air lumayan dalam.  Tau sendiri kan, kalau gajah berenang yg nongol cuman kepalanya … Basah kuyup deh ! … tapi puas, pengalaman yg menyenangkan deh.

PLG 1

Di lain kesempatan diajak mutar-mutar sekitar  basecamp, kadang kalau pas beruntung dapat jambu-klutuk (jambu biji) matang-matang.  Gajah yg bertugas menarik dahan-dahan jambu supaya buahnya bisa kita petik dengan mudah.  Kadang gajahnya ngiler, dahannya diarahin ke mulutnya.  Kalau udah gitu teman yg jadi ‘driver’ getok kepala gajah itu pakai tongkat khusus.  Dan dengan berat hati, gajah tadi ngebatalin niatnya makan jambu.  Untung gajahnya sabar ya guys, coba kalau emosian, bisa dibanting kami berdua … 😀  😀

PLG 3

  PLG 5

Seiring waktu elora tidak lagi ke sana, karena teman tadi ikut Program Konservasi gajah di Afrika.  Keren ya guys 😀  😀
So, kalau pengen naik gajah dan keliling taman, atau menikmati atraksi gajah, silahkan datang ke PLG. Lokasinya, dari Pintu masuk Plang Ijo sekitar 27 km.

 

Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas

Suaka Rhino Sumatera
Kelahiran Badak di Suaka Rhino Sumatera TNWK.

Suaka Rhino Sumatera (SRS) merupakan satu-satunya tempat pengembang biakan satwa liar badak sumatera di Indonesia.  Bahkan Suaka Rhino Sumatera merupakan satu-satunya lokasi tempat pengembang biakan badak Sumatera secara semi alami di Asia atau mungkin dunia. Namun kunjungan wisata alam di SRS sangat dibatasi karena untuk kepetingan penelitian dan pengembangan badak sumatera.

Suaka Rhino Sumatera merupakan Proyek Penelitian Pembangunan Populasi Badak Sumatera di habitat aslinya, serta penelitian populasi Harimau Sumatera.  Kegiatan yang dapat kita lakukan di sini yaitu Tracking di hutan Rimba atau berperahu motor kehulu atau hilir sungai.   Untuk kegiatan Penelitian dan penangkaran Badak Sumatera, sudah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium alam dan wisma peneliti.

Wisata Pendidikan dan Penelitian Taman Nasional Way Kambas

Potensi wisata pendidikan dan Penelitian di Taman Nasional ini meliputi Pendidikan/ Penelitian mengenai Flora dan Fauna. Taman Nasional Way Kambas merupakan habitat Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Gajah Sumatera (Elephas maximus), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), Tapir (Tapirus indicus), Beruang madu (Helarctos malayanus), Anjing hutan (Cuon alpinus), Rusa (Cervus unicolor), Ayam hutan (Gallus gallus), Rangkong (Buceros sp.), Owa (Hylobates moloch), Lutung Merah (Presbytis rubicunda), Siamang (Hylobates syndactylus), Bebek Hutan (Cairina scutulata), Burung Pecuk Ular (Anhinga melanogaster) dan sebagainya.

Harimau Sumatera TNKW    Kera TNKW Rangkok TNKW
Harimau Sumatera, Owa dan Rangkong, sebagian Fauna di TNKG

Taman Nasional Way Kambas, seperti dikatakan di atas, ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang/semak belukar, dan hutan pantai di Sumatera.  Kawasan ini terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang/semak belukar dan hutan payau/pantai dengan jenis floranya yaitu: Api-api (Avicenia marina), Pidada (Sonneratia sp.), Nipah (Nypa fructicans), gelam (Melaleuca leucadendron), Salam (Eugenia polyantha), Rawang (Glocchidion boornensis), Ketapang (Terminalia cattapa), Cemara Laut (Casuarina equisetifolia), Pandan (Pandanus sp.), Puspa (Schima walichii), Meranti (Shorea sp.), Minyak (Diptorecapus gracilis), Merbau (Instsia sp.), Pulai (Alstonia angustiloba), Bayur (Pterospermum javanicum), Keruing (Dipterocarpus sp.), Laban (Vitex pubescens) dan lain-lain.

kantung-semar TNWKKantung Semar.

Resort Way Kanan Taman Nasional Way Kambas

Way Kanan ini bukan Way Kanan nama Kabupaten lho guys , tapi adalah nama tempat di wilayah Taman Nasional Way Kambas.   Lokasinya sekitar 13 km dari pintu gerbang utama Plang Ijo.   Di sepanjang jalan itu pengunjung yang beruntung akan dapat melihat satwa liar yang berkeliaran atau melintas di jalan. Way Kanan adalah surga bagi pencinta alam dikarenakan flora dan faunanya.

Resort Way Kanan, TNWK
  Resort Way Kanan.

Ini rangkumannya guys,  😀
Way Kambas, bisa untuk kegiatan berkemah; Way Kanan, untuk kegiatan Penelitian dan penangkaran Badak Sumatera dengan fasilitas laboratorium alam dan wisma peneliti;  sedangkan Rawa Kali Biru, Rawa Gajah, dan Kuala Kambas, untuk kegiatan menyelusuri sungai Way Kanan, pengamatan satwa (bebek hutan, kuntul, rusa, burung migran), pdang rumput dan hutan mangrove.

Tips Wisata ke Taman Nasional Way Kambas

Kalau mau tracking di TNWK, yang perlu diingat adalah TNWK merupakan taman nasional yang terletak di daerah dataran rendah, so suhu udara sangat tinggi dengan terik matahari yang bisa membakar kulit.  Agar kita merasa nyaman selama menikmati petualangan di Way Kambas, sebaiknya kita meyiapkan baju tangan panjang, topi (kalo bisa topi rimba) untuk melindungi wajah kita.  Usahakan memakai sepatu yang meutupi tumit.  Jika kita memutuskan untuk menginap, kita bisa mendirikan tenda atau menginap di mess pawang gajah.

Guys,  kalau kita mau ke PLG dari Bandar Lampung sebetulnya kita bisa melewati 2 jalur: Lewat Sribahawono (Bandar Lampung – Sribhawono – Way jepara -Way Kambas) , atau lewat Metro (bandar Lampung – Metro – Sukaana – Way Kambas) .  Tapi sekarang ini, elora sarankan lebih baik lewat Metro, sebab jalur Bandar Lampung – Sribhawono rusak parah.  Lobang jalan rata, ukuran besar2 … bahkan ada yg sebesar mobil keluarga.

Kalau dari Pelabuhan Bakau Heni, jangan lewat Bandar Lampung, tapi ambil jalur Lintas Timur (Bakau Heni – Labuhan maringgai – Sribhawono – Way Jepara – Way kambas).

 

Ok guys, demikian artikel eloratour tentang  TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS, semoga bermanfaat.

Thanks udah mampir di blog elora, jangan lupa like & share ya Guys .. thank you … 🙂

Salam Wisata Indonesia,

 

PAKET TOUR GAJAH ini : Elephant Tour at Way Kambas

 

Menuju ke : TEMPAT WISATA DI LAMPUNG

 

 

SUMBER :


http:// www. indonesia.travel/id/destination/611/taman-nasional-way-kambas

https: //www. facebook.com/notes/info-tempat-wisata-dunia/taman-nasional-way-kambas-surga-flora-n-fauna-langka-d/197884316921536

http:// way-kambas.blogspot. com/

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 Februari 2014 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: