RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI BALI BARAT

07 Jan

Taman Nasional Bali Barat

Tempat Wisata di Bali Barat menyajikan wisata alam yang menawan.  Tempat Wisata Menawan di Bali Barat cocok bagi yang menyukai panorama alam yang indah sekaligus dapat dimanfaatkan untuk ilmu pengetahuan, penelitian, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI BALI BARAT

Berikut ini Daftar Tempat Wisata Paling menawan di Bali Barat menurut eloratour

 

Taman Nasional Bali Barat

papan-nama-taman-nasional-bali-barat

Sesuai namanya, Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian barat dari pulau Bali.  Secara administratif terletak di Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Buleleng.   Taman nasional ini mempunyai luas sekitar 77,000 hektar atau sekitar 10% dari luas daratan pulau Bali.  Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu kawasan pelestarian alam di Bali yang memiliki ekosistem asli dan merupakan habitat terakhir bagi burung Curik Bali (Leucopsar rothschildi, streesman 1912).

 

Jalak bali di Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat dikelola dengan sistem zonasi, dimana sesuai dengan SK Direktur Jenderal PHKA No.SK.143/IV-KK/2010 tanggal 20 September 2010 tentang Zonasi Taman Nasional Bali Barat, bahwa Taman Nasional Bali Barat terbagi menjadi beberapa zona diantaranya : Zona Inti dengan luas sekitar 8.023,22 Ha, Zona Rimba sekitar 6.174,756 Ha, Zona perlindungan Bahari sekitar  221,741 Ha, Zona Pemanfaatan sekitar 4.294,43 Ha, Zona Budaya, Religi dan Sejarah seluas  50,570 Ha, Zona Khusus sekitar 3,967 Ha dan Zona Tradisional seluas  310,943 Ha.

Taman Nasional Bali Barat terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana. Di tengah-tengah taman ini didominasi oleh sisa-sisa empat gunung berapi dari zaman Pleistocene, dengan gunung Patas sebagai titik tertinggi di tempat ini.  Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.  Secara keseluruhan, jumlah spesies yang ada di Taman Nasional ini sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dilindungi di taman nasional ini.  Hewan-hewan seperti Banteng, Rusa, lutung, kalong dan aneka burung.

 

Terumbu Karang di perairan Taman Nasional Bali Barat

So guys, di Taman Nasional Bali Barat kita bisa menambah ilmu pengetahuan, melakukan penelitian, menunjang upaya-upaya budidaya plasma nutfah, serta pariwisata dan rekreasi dari lintas alam, diving, dan sebagainya.

 

Pantai Medewi

Pantai Medewi saat SunsetSunset di Pantai Medewi

Pantai Medewi terletak sekitar 75 kilometres sebelah barat Denpasar, sekitar 34 kilometer disebelah barat Tabanan.   Seperti halnya Pantai Kuta, Pantai Medewi cocok untuk tempat surfing karena ombaknya yang panjang.

Selain cocok untuk surfing, Pantai Medewi juga cocok untuk menikmati sunset yang indah. Kini pantai ini telah menjadi pilihan favorit terutama bagi wisatawan manca negara karena tidak begitu ramai dan suasana pantainya bagus.

Pantai Medewi lokasi Surfing

Buat yang nggak suka surfing, kita bisa nunggu sunset, jalan-jalan di pantai, sambil ngobrol sama nelayan setempat.  Fasilitas di lokasi wisata ini cukup representatif, ada beberapa hotel yang tersedia di sekitar pantai, pun untuk urusan kuliner, restoran yang ada siap menghidangkan makan siang dan malam buat kita guys.

 

Pura Luhur Rambut Siwi, Bali Barat

pura-rambut-siwi-bali-eloratour
Pura Rambut Siwi, Bali

Pura Luhur Rambut Siwi terletak di Jalan Denpasar – Gilimanuk, di Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali Indonesia.  Berjarak sekitar 18 KM timur Kota Negara dan sekitar 200 meter ke selatan dari Pura Penyawangan.

Pura Rambut Siwi di datangi oleh sebagian besar umat Hindu yang ada di Bali saat odalan Pura yang jatuh setiap 210 hari pada Buda(rabu), umanis, wuku prangbakat. Odalan yang jatuh pada hari biasa akan dilakukan Odalan Tingkatan Madia(menengah), kecuali jika bertepatan pada saat bulan Purnama atau Tilem, maka akan dilaksanakan Odalan Tingkatan Utama (odalan Nadi).

 

Bendungan Palasari, Bali Barat

bendungan-palasari-bali-barat-eloratour
Bendungan Palasari, Bali Barat

Bendungan Palasari dibangun pada bulan April 1986 dan memiliki luas genangan waduk 100 Ha dengan volume air 8.000.000 m3.  Bendungan Palasari terletak di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana 26 Km ke arah barat dari kota Negara.
Pada awalnya Bendungan Palasari ini merupakan waduk pengendali bencana banjir dan irigasi bagi lahan pertanian. Selain berfungsi sebagai sumber pengairan pertanian dengan belakang hutan lindung yang luas serta berudara sejuk Bendungan Palasari juga dijadikan objek wisata Bali. Daerah genangan air bendungan yang cukup luas sangat bermanfaat pula bagi usaha perikanan air tawar.

Demikian Sahabat eloratour, semoga artikel Tempat Wisata Menawan di Bali Barat  ini bermanfaat.

 

Thanks sudah mampir di blog elora, jangan lupa like dan share

 

Menuju ke : WISATA MENAWAN INDONESIA

 

SUMBER :
http: //organizebalitours. com/
http:// www. tnbalibarat. com/
http:// wisatabali2010.wordpress. com/taman-nasional-bali-barat/
http:// beritadaerah. com/2013/08/15/pesona-jalak-bali-di-taman-nasional-bali-barat/
http:// www. klm. com/destinations/gb/en/denpasar/article/
http:// wikitravel. org/en/Medewi_Beach
http:// wallpaperdekstoppc.blogspot. com/

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Januari 2014 in WISATA BALI

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: