RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI BALI TIMUR

06 Jan

Desa Panglipuran Tempat Wisata Menawan di Bali TimurDesa Panglipuran, Desa Adat yang sudah ada sejak 700an tahun yang lalu

 

Bagi yang mencari ketenangan, Tempat Wisata di Bali Timur adalah tempat yang tepat, sementara Kalau Sahabat elora pengen cari hingar-bingar  pusatnya ada di Bali Selatan, dari Kuta, Legian, hingga pusat Kota Denpasar.  eloratour mencoba membuat catatan tentang Tempat Wisata Menawan di Bali Timur.

 

TEMPAT WISATA PALING DI BALI TIMUR

Daftar Tempat Wisata Paling Menawan di Bali Timur bisa kita kelompokkan jadi 3 wilayah, yaitu : Tempat Wisata di Wilayah Bangli, Karangasem dan Klungkung. Di wilayah Bangli, ada Obyek Wisata Desa Kintamani dan Desa Panglipuran. Wilayah Karangasem, punya Pura Besakih, Bukit Jambul, Desa Tenganan, Candi Dasa, Tirta Gangga, dan Taman Sukasada Ujung. Sementara di Wilayah Klungkung, kita bisa mengunjungi lokasi Kerta Gosa, dan Pura Goa Lawah. Total ada 12 Destinasi Wisata Paling menawan di Bali Timur versi eloratour

 

TEMPAT WISATA MENAWAN DI BANGLI, BALI TIMUR

 

Desa Penglipuran, Bali Timur

Destinasi Wisata di Bali Timur bernama Desa Panglipuran merupakan Desa Adat yang sudah ada sejak 700an tahun yang lalu, yaitu pada zaman kerajaan Bangli.   Desa Panglipuran terletak di Kabupaten Bangli, sekitar 45 km dari Denpasar.  Penglipuran sendiri berasal dari kata Pengeling Pura yang berarti tempat suci untuk mengingat para leluhur. Segala pengembangan fisik desa dan pengembangan budayanya masih mengacu pada tanah leluhur yang masih ada di Bayung Gede di Kintamani. Bahkan untuk berbagai upacara adat tertentu masih harus memohon restu ke tanah leluhur tersebut. 

Desa Panglipuran menganut tata ruang dengan konsep Trimandala,  dibagi ke dalam tiga ruang yang berbeda secara fungsi dan tingkat kesucian, yaitu utama, madya dan nista. Letak ketiga ruang ini membujur dari utara (gunung) ke selatan (laut), dengan jalan desa lurus berundak sebagai poros tengah, memisahkan  ruang madya  menjadi dua bagian.  Paling utara pada zona utama atau “ruang pada dewa”, berdiri bangunan suci pura bernama Penataran tempat beribadah para penduduk desa. Adapun zona madya atau “ruang manusia” terdapat 76  kaveling pekarangan dan rumah tempat bermukim warga terbagi ke dalam dua jajaran, yaitu barat 38 dan timur 38. Setiap kaveling memiliki ukuran 800-900 meter persegi memanjang dari barat ke timur. Jalan desa sebagai pemisah dipertahankan bebas dari kendaraan roda empat dan tidak menggunakan aspal tetapi paving block dan batu sikat. Bagian paling selatan adalah nista mandala atau “ruang bagi manusia yang telah meninggal” berupa tempat pemakaman penduduk desa.

Rumah setiap keluarga dalam setiap kaveling tampak hampir seragam semuanya, berada dalam pekarangan dan dibatasi oleh pagar tembok serta memiliki gerbang khas Bali sebagai pintu masuk. Setiap pekarangan mempunyai  beberapa bangunan berupa ruangan tidur, ruangan tamu, dapur, balai-balai, lumbung dan tempat sembayang dalam rumah. Antara satu pekarangan dengan pekarangan lainnya terdapat jalan sempit yang menghubungkan keduanya. Bangunan berarsitektur tradisional dengan material tiang dari kayu dan atap yang khas berupa sirap bambu. 

Penggunaan bambu yang cukup dominan tidaklah mengherankan karena 40% dari luas wilayahnya merupakan hutan bambu. Material untuk bangunan bisa diambil dari hutan ini, di samping juga untuk bahan barang kerajinan dan kebutuhan untuk ritual. Dari sisi ekologis, hutan bambu berfungsi vital untuk menahan erosi mengingat kondisi lahan desa yang miring.  Kemampuan mempertahankan penataan ruang dan bangunan secara tradisional di desa Penglipuran, menjadi suatu daya tarik tersendiri sehingga akhirnya tempat ini berkembang menjadi desa wisata. Kegigihan para penduduknya untuk memperjuangkan keaslian desa juga telah membuahkan penghargaan,  yakni anugerah Kalpataru.

 

Desa Kintamani, Bali Timur

Kintamani

Potensi wisata di Kintamani adalah pemandangan kawasan pegunungan yang sangat unik dan menakjubkan. Dengan jarak temput sekitar  2 jam perjalanan dari kota Denpasar, kita akan sampai di kawasan penelokan.  Sesuai dengan namanya, dalam bahasa Bali yang berarti tempat untuk melihat-lihat,  merupakan lokasi yang paling strategis untuk menikmati pemandangan alam di kawasan wisata ini. Penelokan terletak di wilayah Desa Kedisan, salah satu desa di Kecamatan Kintamani.

Dari Penelokan kita bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan. kombinasi antara Gunung Batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau Batur yang berbentuk bulan sabit berwarna biru di sebuah kaldera, yang oleh para wisatawan dikatakan sebagai kaldera terindah di dunia.  Dari penelokan kita mempunyai dua alternatif untuk melanjutkan perjalanan di Kintamani. pertama kita bisa melanjutkan ke arah utara menuju Desa Batur. Di desa ini kita bisa berkunjung ke salah satu Pura kahyangan jagat di Bali yang bernama Pura Batur. pura ini pada awalnya terletak di sebelah barat daya Gunung batur yang kemudian dipindahkan bersamaan dengan pindahnya warga desa ke bagian atas.

Alternatif kedua kita bisa turun ke pusat Desa Kedisan untuk selanjutnya menyeberang melintasi danau ke sebuah desa tua yang bernama Terunyan. Di Desa Terunyan kita bisa melihat peradaban Bali kuno yang disebut Bali aga. di desa ini orang-orang yang sudah meninggal tidak dikubur tetapi diletakan begitu saja di bawah sebuah pohon. Mayat-mayat ini tidak mengeluarkan bau sama sekali.  Penelokan sudah mempunyai infrastruktur yang cukup memadai sebagai tempat wisata, ntara lain penginapan maupun restoran.

Guys, sekarang lanjut ke Wilayah Klungkung … let’s go !

 

TEMPAT WISATA MENAWAN DI KLUNGKUNG, BALI TIMUR

Pura Goa Lawah, Bali Timur

 Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah terletak sekitar 49 km dari Kota Denpasar tepatnya di Kecamatan Dawan, Klungkung.  Tidak diketahui pasti siapa pendiri dan kapan didirikannya, tetapi diperkirakan didirikan oleh Mpu Kuturan pada abad XI. 

Pura Goa Lawah, yang dihuni oleh ribuan kelelawar ini menempati wilayah pantai yang bertemu dengan wilayah perbukitan, memberikan panorama yang ‘komplit’.

 

Kerta Gosa, Bali Timur

 Kerta Gosa

Kerta Gosa salah satu objek wisata yang terletah di tengah Kota Kabupaten Klungkung, Bali, sekitar 40 km sebelah timur Denpasar. Kertagosa merupakan tempat permbahasan segala sesuatu yang bertalian dengan situasi keamanan, kemakmuran serta keadilan wilayah kerajaan Bali. Suasana kerajaan sangat terasa di tempat ini, semua tertata rapih dan bersih.  Daya tarik dari balai Kerta Gosa ini adalah di langit-langit bangunan terdapat lukisan-lukisan wayang yang memiliki cerita tentang kehidupan sehari-hari, karma phala, ramalan gempa dan filsafat hidup. Di samping balai Kerta Gosa terdapat banguan yang dikelilingi oleh kolam bernama Taman Gili.

Kerta Gosa terdiri dari dua buah bangunan (bale) yaitu Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang. Disebut Bale Kambang karena bangunan ini dikelilingi kolam yaitu Taman Gili.  Fungsi dari kedua bangunan terkait erat dengan fungsi pendidikan lewat lukisan-lukisan wayang yang dipaparkan pada langit-langit bangunan. Ya, salah satu keunikan Kerta Gosa dengan Bale Kambang ini adalah pada permukan plafon atau langit-langit bale ini dihiasi dengan lukisan tradisional (gaya wayang).

 

Terakhir, kita ke wilayah Karangasem …

TEMPAT WISATA MENAWAN DI KARANGASEM, BALI TIMUR

Pura Besakih, Bali Timur

 Pura Besakih

Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya).

Di Pura Basukian, di areal inilah pertama kalinya tempat diterimanya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markendya, cikal bakal Agama Hindu Dharma di Bali. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, terbanyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di komplek Pura Besakih.  Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca atau candi utama simbol stana dari sifat Tuhan Tri Murti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur/Reinkarnasi.

 

Pantai Perasi Bali, Bali Timur

pantai-perasi-karangasem-bali-timur-eloratour
Pantai Perasi Bali, atau lebih dikenal sebagai Virgin Beach Bali.  Sumber: di sini

Bali Timur juga punya Pantai cantik.  Pantai Perasi Bali namanya, dapat dicapai hanya dalam waktu sekitar 20 menit dari tempat wisata Candidasa.  Pantai Perasi Bali adalah sebutan masyarakat setempat, sedangkan kalau wisatawan mancanegara lebih mengenalnya dengan sebutan  White Sand Beach Bali atau lebih terkenal dengan sebutan Virgin Beach Bali.

Pantai Perasi Bali masih asri, tenang, sepi dan bersih, maka wisatawan asing menyebutnya dengan nama Virgin Beach.

 

Tulamben,Karangasem,  Bali Timur

tulamben-spot-diving-di-bali-timur-eloratour
Tulamben, Spot diving di Bali Timur. Sumber: di sini

Bali Timur juga punya tempat diving menawan, yakni di Desa Tulamben. Tulamben terletak di pantai timur laut Bali di kaki Gunung AgungTulamben sudah tidak asing bagi wisatawan yang hobi dengan olahraga air menyelam, sebab  Tulamben memiliki keunikan tersendiri yaitu keberadaan bangkai kapal US Liberty di kedalaman 30 meter dari permukaan laut.  Kapal US Liberty karam pada tahun1942, akibat ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada perang dunia ke-2.

Tulamben kaya akan keragaman biota laut, seperti: terumbu karang, bernagai jenis ikan hias, rumput laut dan kehidupan alam laut lainnya.  Keragaman biota laut itu menjadikan Desa Tulamben sebagai salah satu tempat penyelaman terbaik di dunia.  Para penyelam bahkan pernah bertemu dengan Ikan Mola Mola, Hiu Martil, dan Paus Hiu di perairan Tulamben.

 

 

 

Bukit Jambul, Bali Timur

Bukit Jambul

Bukit Jambul terletak di desa tradisional Pesaban, Desa Nongan, Kecamatan Rendang. Bukit Jambul terletak 8 km dari Kabupaten Klungkung, 51 km dari Denpasar atau 15 km dari Pura Besakih.  Bukit Jambul dikenal sebagai tujuan wisata yang mengagumkan karena kombinasi harmonis antara perbukitan, persawahan, lembah, dan panorama laut yang indah. Dari ketinggian bukit kita bisa menyaksikan keindahan alam di bawahnya.  Nama Bukit Jambul pertama kali diberikan pada saat invasi Belanda ke Indonesia oleh seorang wisatawan yang melihat sebuah bukit tinggi berdiri di sebelah selatan jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Klungkung dan Besakih.

Di puncak bukit terdapat sebuah pura yang disebut Pura Pucak Sari yang dikelilingi oleh pepohonan besar. Sementara, di bawah kompleks pura terdapat panorama persawahan yang memukai. Ini membuat pepohonan terlihat seperti jambul.  Di objek wisata ini banyak terdapat warung dan restoran, serta tempat parkir yang luas.

 

Tirta Gangga, Bali Timur

taman tirta gangga

Tirta Gangga memiliki luas sekitar 1,2 hektar, yang terdiri atas tiga kompleks. Kompleks pertama yakni pada bagian paling bawah dapat ditemukan dua kolam teratati dan air mancur. Kompleks kedua adalah bagian tengah dimana dapat ditemukan kolam renang; sementara, pada bagian ketiga, yakni kompleks ketiga, kita dapat menemukan tempat peristirahatan raja.

Sebelum konstruksi Tirtagangga, terdapat sumber mata air besar di daerah ini; sehingga masyarakat setempat menyebut daerah ini “embukan” yang artinya mata air.  Mata air itu kemudian difungsikan untuk memenuhi kebutuhan penduduk akan air dan juga sebagai “pemurnian” dari para Dewa. Untuk tujuan ini, mata air ini dianggap suci dan sacral.  Aspek religius dalam mengkonstruksi Tirtaganga untuk rumah istirahat raja dan juga untuk fungsi umum layak untuk disaksikan.

 

Candi Dasa, Bali Timur

Candi Dasa

Candi Dasa adalah sebuah resor yang terletak di kabupaten Karangasem, Bali, sekitar 90 km di sebelah timur laut Denpasar. Dari Candi Dasa untuk menuju Tenganan jaraknya hanya kira-kira 10 kilometer.  Candi Dasa terletak di Teluk Amuk yang merupakan salah satu tempat terkenal untuk menyelam.

Pulau-pulau kecil di Teluk Amuk (Gili Tepekong, Gili Biaha, Gili Mimpang) menawarkan pengalaman menyelam yang menakjubkan. Namun, para pemandu penyelaman di sana harus memperingatkan para penyelam yang dipandunya untuk sangat berhati-hati karena arus tempat penyelaman yang sangat kuat dan seringkali tak bisa diperkirakan kehadirannya. ‘Efek mesin cuci’ dapat dengan mudah membuat panik para penyelam. Oleh karena hal ini beberapa lokasi dinyatakan sebagai tempat yang berbahaya untuk penyelam pemula.

 

Desa Tenganan, Bali Timur

Desa Tenganan

Desa Tenganan adalah sebuah desa tradisional di pulau Bali. Desa ini terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem di sebelah timur pulau Bali. Tenganan hanya berjarak sekitar 10 km dari Candi Dasa.

Desa Tenganan merupakan salah satu desa dari tiga desa Bali Aga — desa yang masih mempertahankan pola hidup yang tata masyarakatnya mengacu pada aturan tradisional adat desa yang diwariskan nenek moyang mereka — selain Trunyan dan Sembiran.

Bentuk dan besar bangunan serta pekarangan, pengaturan letak bangunan, hingga letak pura dibuat dengan mengikuti aturan adat yang secara turun-temurun dipertahankan.

 

Taman Sukasada Ujung, Bali Timur

Taman Sukasada Ujung

Kompleks Taman Soekasada Ujung merupakan kombinasi dari arsitektur Bali dan Eropa. Terdapat tiga kolam besar dan luas di daerah ini. Di tengah kolam utama, terdapat bangunan yang menghubungkan sisi-sisi kolam dengan dua jembatan.  Pada kompleks tertinggi, kita akan menemukan patung “warak” (badak). Dari tempat tinggi ini kita bisa melihat pemandangan laut yang mengagumkan dengan hutan yang menghijau, keindahan Gunung Agung yang dikombinasikan dnegan persawahan yang hijau.

Kemegahan Obyek Wisata di Bali Timur bernama Taman Soekasada Ujung ini sempat rusak akibat meletusnya Gunung Agung pada tahun 1963 dan diperburuk dengan gempa bumi pada tahun 1979. Namun, penyelematan telah dilakukan untuk membawa kembali kejayaan kompleks istana air ini dengan merekonstruksi dan merevitalisasinya. Meskipun tidak seutuh dulu, namun kemegahannya terlihat sampai sekarang.

 

Demikian Sahabat elora, semoga artikel Tempat Wisata Menawan di Bali Timur ini bermanfaat.

Trimakasih sudah mampir di blog elora, jangan lupa like & share

Kembali ke : DESTINASI WISATA BALI BARAT

 

 

SUMBER :
http:// organizebalitours. com/
http:// denpasarcultures.blogspot. com/2011/08/kerta-gosa.html
http:// www. baligetarounddriver. com/bali-tours-adventure/bali-popular-tours/kintamani-tour/
http:// technooffuture.wordpress. com/2012/11/15/goa-lawah-temple/
http:// commons. wikimedia. org/wiki/
http:// tourismbaliblog.wordpress. com/2012/11/13/bali-aga-pegringsingan/
http:// cultures-of-denpasar.blogspot. com/2011/10/tirta-gangga-park-cultures-of-denpasar.html
http:// helixwahyudipra.blogspot. com/

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Januari 2014 in WISATA BALI

 

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: