RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI BALI SELATAN

03 Jan

 

blue-point-bay-villas-and-spa-di-bali-selatan

Bali Selatan juga punya banyak Tempat Wisata Menawan, dengan aneka pilihan jenis wisata.  Pemandangan Tempat wisata Bali Selatan sungguh eksoktik dan romantis, mampu menggetarkan rasa, dan membuat kita, sekali lagi ingin kembali ke sana.

 

TEMPAT WISATA DI BALI SELATAN

Panorama elok dari menyatunya pemandangan bukit-bukit di ujung selatan Bali dan deburan ombak pantai-pantai nya, lokasi yang jauh dari kebisingan kota, membuat suasana obyek wisata di Bali Selatan menjadi tentram,  menghadirkan suasana alam nan damai dan menyejukkan perasaan. So, langsung saja guys, kita tengok Daftar Tempat Wisata di Bali Selatan

 

12 DESTINASI WISATA PALING MENAWAN DI BALI SELATAN

 

1. Kuta, Bali Selatan

Kuta-Beach-Bali

Tempat Wisata di Bali Selatan yang pertama adalah Pantai Kuta.  Siapa sih yang belum tau Kuta , Bali ?
Pantainya yang terkenal,  bahkan menjadi inspirasi beberapa pencipta lagu.  Salah satunya yang dinyanyikan Andre Hehanusa itu guys .. 😀

Di Kuta Bali, Kaupeluk erat tubuhku … di Kuta Bali cinta kita
Bersemi dan entah kapan kembali … Mewangi dan tetap akan mewangi
Bersama rinduku, walau kita jauh Kasih … suatu saat di Kuta Bali

 

Kembali ke Laptop …
Pantai Kuta dahulunya merupakan perkampungan nelayan Bali, dapat dikatakan Kuta memang merupakan salah satu cikal bakal perkembangan pariwisata Bali.  Seiring berkembangnya pariwisata Indonesia dan Bali khususnya, penduduk lokal mulai menyewakan rumah pribadi untuk disewakan sebagai tempat penginapan.  Sekarang kawasan Kuta telah berkembang menjadi ikon pariwisata Bali atau lebih dikenal dengan sebutan International city karena merupakan tempat bertemunya wisatawan dari seluruh dunia dan juga wisatawan lokal.

Dilihat dari segi fasilitas Kuta memiliki fasilitas yang lengkap. Penginapan atau hotel, restoran, spa dan pendukung pariwisata lainnya banyak ter dapat di sini.  Pantai Kuta merupakan tempat wisata yang banyak dipilih untuk menghabiskan liburan selama di Kuta. Pantai dengan pasir putih ini dipilih sebagai tempat olahraga surfing dan juga sangat cocok untuk tempat bersantai sambil menantikan indahnya sunset pantai Kuta. Tidak salah ribuan wisatawan selalu memadati pantai ini.  Atraksi lain yang bisa dinikmati di Kuta diantaranya Waterbom Bali, Bali Slingshot atau juga Bungy Jumping.

 

2. Pantai Pandawa, Bali Selatan

pantai-pandawa-destinasi-bali-selatan-eloratour
Pantai Pandawa, Destinasi Wisata Bali Selatan yang lagi sexi.

Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali yang sedang sexi belakangan ini. Pantai Pandawa terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penjelasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa.

Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa.

 

3. Pantai Dreamland, Bali Selatan

pantai-dreamland-bali-selatan-eloratour
Pantai Dreamland, tanah impian warga desa Pecatu

Pantai Dreamland adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Bali di daerah bernama Pecatu. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan dikelilingi batu karang yang lumayan besar di sekitar pantai. Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yaitu sekitar 30 menit dari pantai Kuta.

Pantai Dreamland sendiri hampir mirip dengan pantai Kuta. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Lokasi berpasir putih bersih di pantai sempit tepat di bawah dinding karang curam cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekadar menyaksikan atraksi para peselancar. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing), bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali.

 

4. Pura Taman Ayun, Bali Selatan

 

Pura Taman Ayun

Taman Ayun terletak di desa Mengwi Badung, sekitar 18 km barat laut Denpasar, sekitar  25 menit jika ditempuh dengan kendaraan. Taman Ayun bisa diartikan sebagai taman yang indah.  Pura Taman Ayun konon dibangun pada abad 17 (tahun 1634) oleh raja pertama Kerajaan Mengwi Tjokerda Sakti Blambangan dengan arsitek yang berasal dari cina. Awalnya pura ini didirikan, karena pura pura yang saat itu tersedia jaraknya terlalu jauh untuk dijangkau oleh masyarakat Mengwi.

Pura Taman Ayun merupakan Pura lbu (Paibon) bagi kerajaan Mengwi. Setiap enam bulan sekali tepatnya setiap “Selasa Kliwon Medangsia” – berdasarkan perhitungan tahun Saka – seluruh masyarakat Mengwi merayakan piodalan selama beberapa hari memuja Tuhan dengan segala manifestasinya.  Pura Taman Ayun terdiri atas 4 halaman yang berbeda, yang satu lebih tinggi dari yang lainnya.

Halaman Pertama Pura Taman Ayun, disebut dengan Jaba yang bisa dicapai hanya dengan melewati satu-satunya jembatan yang berada di sisi kolam dan Pintu gerbang. Begitu masuk di sana ada tugu kecil untuk menjaga pintu masuk dan di sebelah kanannya terdapat bangunan luas (wantilan) dimana sering diadakan sabungan ayam saat ada upacara. Di halaman ini, juga terdapat tugu air mancur yang mengarah ke 9 arah mata angin. Sambil menuju ke halaman berikutnya, di sebelah kanan jalan terdapat sebuah komplek pura kecil dengan nama Pura Luhuring Purnama.

Areal ke tiga Pura Taman Ayun atau Halaman ke dua, posisinya lebih tinggi dari halaman pertama untuk masuk ke halaman ini, pengunjung harus melewati pintu gerbang kedua. Begitu masuk, pandangan akan tertuju pada sebuah bangunan Aling-aling “Bale Pengubengan” yang dihiasi dengan relief menggambarkan “Dewata Nawa Sanga”, (9 Dewa penjaga arah mata angin). Di sebelah timur halaman ini ada satu Pura kecil disebut Pura Dalem Bekak, sedangkan di pojok sebelah barat terdapat sebuah Balai Kulkul menjulang tinggi.

Areal ke empat atau halaman terakhir Pura Taman Ayun adalah yang tertinggi dan yang paling suci. Pintu gelung yang paling tengah akan dibuka di saat ada upacara, tempat ke luar masuknya arca dan peralatan upacara lainnya. Sedangkan Gerbang yang di kiri kananya adalah untuk keluar masuk kegiatan sehari-hari di pura tersebut. Halaman ini terdapat beberapa meru menjulang tinggi dengan berbagai ukuran dan bentuk. Tiga halaman dari Pura ini melambangkan tiga tingkat kosmologi dunia, dari yg paling bawah adalah tempat / dunianya manusia, ke tingkat yang lebih suci yaitu tempat bersemayamnya para dewata, serta yang terakhir melambangkan Sorga tempat beristananya Tuhan Yang Maha Esa. Seperti dikisahkan dalam cerita kuno Adhiparwa , keseluruhan kompleks pura menggambarkan Gunung Mahameru yang mengapung di tengah lautan susu.

Pura ini sempat hancur karena gempa bumi hebat yang terjadi pada tahun 1917 dan tidak dipugar hingga tahun 1950. Candi bentar dan tugu yang tingginya mencapai 16 meter di halaman bagian dalam Pura tersebut dibangun sesuai arsitektur Jawa, sedangkan candi yg kecil berupa tempat duduk dari batu berjumlah 64 buah merupakan tugu leluhur jaman megalitikum untuk mengenang para ksatria yang gugur dalam perang.

 

5. Jimbaran, Bali Selatan

 Jimbaran

Jimbaran merupakan salah satu tempat wisata favorit di Bali, dikenal dengan pusat makanan laut (seafood center) serta suasana malam pantai yang indah dan romantis.  Tidak hanya itu, Kawasan wisata Jimbaran juga memiliki fasilitas wisata yang lengkap seperti akomodasi, restoran dengan menu masakan lokal ataupun internasional, spa, tempat belanja dan fasilitas lainnya.

Kawasan Jimbaran dan kedonganan dikenal sebagai kampung penghasil ikan, dimana sebagian warganya berprofesi sebagai nelayan. Seiring waktu, banyak yang berinisiatif untuk mendirikan restoran/cafe khusus untuk olahan dari hasil laut, dan akhirnya dikenal hingga sekarang.   Sambil menikmati indahnya malam dan desiran lembut ombak di pantai Jimbaran, kita bisa menikmati lezatnya olahan berbagai menu dari hasil laut. Pilihannya cukup banyak dan memanjakan bagi anda yang doyan akan masakan dari olahan hasil laut.

 

6. Garuda Wisnu Kencana, Bali Selatan

 

Garuda Wisnu Kencana  Patung Garuda

 

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini berlokasi di Bukit Ungasan, Jimbaran Bali,  buah karya Seniman Bali I Nyoman Nuarta.   Saat ini Garuda Wisnu Kencana dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi Landmark bagi pariwisata Bali dan Indonesia.  Patung Garuda Wisnu Kencana dibangun dengan ketinggian 140 meter, diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km, sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot.

Patung Garuda Wisnu Kencana berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pelindung, mengendarai burung Garuda. Diambil dari cerita “Garuda & Kerajaannya” dimana rasa bhakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.  Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

 

7. Uluwatu, Bali Selatan

 

pura-uluwatu

Uluwatu, dengan Pura yang berdiri kokoh di atas batu karang yang menjorok ke arah laut dengan ketinggian sekitar 50 meter ini terletak di ujung selatan pulau Bali dan mengarah ke samudra Hindia, merupakan tempat wisata yang menawan.

pura-uluwatu & Tari kecak

Di sore harinya sambil menikmati indahnya sunset, kita dapat menyaksikan pementasan tari bali yang terkenal hingga ke manca negara: tari Kecak.  Tidak hanya itu, bagi kita yang senang belajar sejarah, pura yang satu ini sarat akan nilai sejarah dan spiritualitas, yakni kisah tentang Danghyang Dwijendra, seorang Pendeta Hindu kelahiran Kediri, Jawa Timur, yang datang ke Bali sekitar tahun 1489 Masehi.Selain itu kawasan pantai di Uluwatu dengan ombaknya yang cukup besar sangat menantang untuk pencinta olahraga surfing. Tiap tahun event berlevel internasional selalu diadakan di pantai seputaran Pura Uluwatu ini.

 

8. Pantai Blue Point, Bali Selatan

pantai-blue-point-bali-selatan-eloratour
Pantai Blue Point atau Pantai Suluban, Bali Selatan

Pantai Blue Point atau Pantai Suluban, Uluwatu, merupakan pantai dengan tebing yang terjal dan ombak yang cukup besar.  Pantai Blue Point berjarak sekitar 3 kilometer dari Pura Uluwatu.

Pantai Blue Point Bali lebih cocok untuk tempat bagi penghobi olah raga selancar air oleh karena itu jika anda liburan ke pantai Blue Point, anda akan lebih banyak melihat bule dari pada wisatawan domestik.  Pantai ini lebih cocok di kunjungi oleh anak-anak muda terutama yang suka surfing karena hempasan ombak nya cukup besar.

 

9. Nusa Dua, Bali Selatan

 

nusa-dua

Nusa Dua terletak sekitar 40 kilometer dari Denpasar, ibukota provinsi Bali.  Merupakan sebuah enklave berisi resor besar internasional berbintang 5 di tenggara Bali.  Enklave Nusa Dua di utara adalah Tanjung Benoa yang berisi sedikit hotel eksklusif dan desa Benoa. Sebuah wilayah multi-denominasional, Tanjung Benoa memiliki sebuah masjid, dan tempat ibadah Cina dan Hindu di dekatnya.

10. Tanjung Benoa, Bali Selatan

 tanjung-benoa-beach-bali

Tanjung Benoa, lokasinya bertetanggaan dengan kawasan wisata Nusa Dua.  Tanjung Benoa menjadi tempat yang sangat cocok untuk kegiatan watersport atau olahraga air. Pantai di kawasan ini sangat tenang, berbeda dengan di Kuta, Sanur atau Uluwatu sehingga menjandikan kawasan ini sebagai satu-satunya tempat untuk permainan-permainan menyenangkan ini.

Olah raga air yang bisa dinikmati di sini diantaranya adalah jetski, parasailing, banana boat, scuba diving, snorkeling , Glassbottom plus kunjungan ke Turtle Island (pulau penyu) dan Flying Fish.  Kegiatan di Tanjung Benoa biasanya dimulai di pagi hari sekitar jam 8 sampai dengan jam 12-an, karena setelah itu air akan surut dan  kita tidak bisa menikmati permainan-permainan lagi karena boatnya tidak bisa digunakan.

 

11. Pantai Legian, Bali Selatan

pantai-legian-destinasi-wisata-bali-selatan-eloratour
Pantai Legian, Destinasi Wisata di Bali Selatan

Ingin berlibur di salah satu pantai cantik di Pulau Bali, tapi tidak terlalu ramai pengunjung ? kunjungi pantai Legian. Dengan lingkungan pantai yang menyerupai pantai Kuta, karena memang lokasi pantai Legian berdekatan dengan pantai Kuta, tidak terlalu ramai, membuat pantai Legian sangat diminati oleh wisatawan asing yang berlibur di Bali, terutama wisatawan dari negara Australia.

Pantai Legian menawarkan wisata pantai di Bali dengan pasir putih bersih, pemandangan sunset dan ombak yang cocok untuk aktivitas berselancar.  Pantai Legian Bali memiliki pasir putih dan keindahan pemandangan matahari terbit di sore hari. Sebagian besar wisatawan yang berlibur di pantai ini akan berjemur di bawah sinar matahari, berenang dan bermain selancar.  Ombak di pantai Legian banyak diminati oleh peselancar, oleh karena itu lomba selancar sering di adakan di pantai ini.

Selain itu wisatawan dapat melakukan permainan pantai di Bali, seperti bermain bola di pasir putih atau jika anda mahir dalam berselancar, anda dapat menyewa papan selancar yang banyak tersedia di pinggir pantai.

 

12. Bali Shell Museum, Bali Selatan

bali-shell-museum-eloratour
Bali Shell Museum, Sumber: di sini

Bali Shell Museum merupakan satu-satunya museum kerang yang ada di Indonesia. Ada banyak fosil kerang dalam beragam jenis, bahkan yang berusia ratusan tahun.  Museum kerang unik ini merupakan ‘saudara muda’ dari museum kerang yang ada di Prancis, Thailand, Jepang, Filipina, dan AS.

Bali Shell Museum adalah salah satu hasil kerja keras Stephen, pemilik Bali Shell Museum.  Ia tertarik pada dunia kerang sejak masih kecil, dan kemudian melakukan traveling ke seluruh dunia untuk mengoleksi fosil kerang langka.  Tak tanggung-tanggung, tempat wisata di Bali ini dibangun seluas 1.500 m2 ini. Di Museum Kerang Bali ini kita bisa melihat ribuan jenis kerang.

Wisatawan yang berkunjung ke museum ini tak hanya dari domestik, tapi juga mancanegara seperti Amerika, Eropa, Australia, Jepang, dan Malaysia. Anda tak akan menyesal datang ke Bali Shell Museum ini. Selain memperkaya pengetahuan, Anda juga bisa melihat kekayaan alam yang tak ternilai harganya.

 

Demikian Sahabat elora, semoga artikel TEMPAT WISATA MENAWAN DI BALI SELATAN, semoga bermanfaat.

 

Trimakasih atas kunjungan blognya Guys, jangan lupa like dan share

 

 

SUMBER :
http:// www. nakarasido. com/2011/09/pura-taman-ayunbaliindonesia.html
http:// www. gobalitour. com/taman-ayun.html http:// organizebalitours. com/
http:// nexttriptourism. com/kuta-beach-tourism-bali/
http:// www. bubblews.com/news/528252-discovery-bali-1-garuda-wisnu-kencana-gwk
http:// wikitravel. org/
www. tripadvisor. com
ubudscooterrental. blogspot. com
bali-news-views. blogspot. com

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 3 Januari 2014 in WISATA BALI

 

Tag: , , , , ,

One response to “TEMPAT WISATA MENAWAN DI BALI SELATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: