RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI BALI UTARA

05 Des

Peta Bali UtaraPeta Wilayah Bali Utara

Pulau Bali, merupakan Destinasi Wisata paling dikenal di Indonesia, bahkan lebih terkenal dibandingkan Indonesia sendiri. Namun tidak semua wilayah Bali cukup mendunia, salah satu contohnya adalah wilayah Buleleng, Bali Utara.  Tempat wisata di Bali Utara  belum setenar Kabupaten Badung dengan Pantai Kuta -nya, atau Wilayah Tabanan, dengan Tanah Lot -nya. So, elora mencoba mengangkat Pariwisata Bali Utara ini dengan menulis artikel tentang Tempat Wisata paling Menawan di Bali Utara, supaya bisa seramai yang lain.

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI BALI UTARA

Salah satu penyebab kurang dikenalnya Buleleng sebagai tempat wisata mungkin karena daerahnya yang terletak agak jauh dari kabupaten lain. Dari Denpasar, dia harus ditempuh sekitar 2,5 jam. Itupun harus melewati jalanan berliku dan mendaki. Sementara dari Pelabuhan Gilimanuk, agak lebih dekat, sekitar 1,5 jam.

Meski tidak setenar kabupaten lainnya dalam hal potensi wisata, Buleleng juga menyimpan potensi besar.  Letaknya yang dekat dengan laut dan bukit membuat wisata pegunungan dan bahari dapat dinikmati di sini. Bila kita menjangkau Singaraja dari Denpasar, maka kita akan disuguhi pemandangan alam berupa bukit, gunung dan danau yang cantik, sedangkan kalau dari arah barat, dari Gilimanuk, maka pemandangan yang dapat dinikmati adalah pemandangan laut. Kabupaten Buleleng, dengan ibukota Singaraja sebenarnya sering dibaca di buku-buku sejarah. Sebagai bekas ibukota Sunda Kecil, Singaraja mempunyai peran besar di masa lalu. Bahkan, ibunda presiden pertama kita, Presiden Soekarno berasal dari kabupaten ini.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI BALI UTARA

Inilah Daftar 9 Tempat Wisata Paling Menawan di Bali Utara yang wajib dikunjungi

 

Gitgit Waterfall Bali Utara

Git git WaterfallGitgit Waterfall

Gitgit Waterfall sesuai namanya terletak di Desa Gitgit Kecamatan Sukasada. Dari Kota Singaraja berjarak 11 km ke arah selatan menuju Desa Pancasari dan Bedugul. Air terjun Gitgit yang berketinggian ± 35 meter ini memiliki pemandangan yang sangat asri berhawa sejuk.  Turun dengan jalan kaki setelah melewati tempat Parkir Gitgit, beberapa pemuda lokal yang diorganisir oleh desa adat setempat menawarkan jasa mengantar para wisatawan menuju wisata air terjun yang indah ini. Disamping suara deburan air terjun dan kicauan burung, hamparan sawah, perkebunan cengkeh dan kopi / begitu pula tumbuhan bambu sepanjang jalan menuju air terjun menyuguhkan suasana damai dan alami.

Pantai Lovina Bali Utara

 

Pantai Lovina Bali  Tour Lumba-lumba Pantai Lovina

Pantai Lovina atau sering juga disebut Lovina, merupakan salah satu kawasan wisata laut yang terdapat di bagian utara Pulau Bali. Pantai yang terletak di Lovina di daerah Bali Utara ini memang menarik karena masih relatif alami. Salah satu keunikan di pantai ini adalah Anda bisa menyaksikan aksi hewan laut yang cerdas : lumba-lumba liar yang terdapat di laut.

Danau Buyan dan Danau Tamblingan Bali Utara

    Danau Buyan

Danau Buyan dan Danau Tamblingan berlokasi di Kecamatan Sukasada, 21 km sebelah Selatan Kota Singaraja, terletak di pinggir jalan Denpasar-Singaraja.  Danau Buyan dan Danau Tamblingan seolah danau kembar yang memiliki daya tarik yang sangat mempesona. Keaslian alam di kedua danau ini masih sangat terasa, misalnya dengan tidak adanya penggunaan perahu bermotor di kedua danau ini.

Danau Buyan dan Danau Tamblingan ideal untuk rekreasi air seperti mendayung dan memancing. Bagi mereka yang menyenangi alam dan rekreasi, kedua danau inilah tempatnya.  Keberadaan satwa kera didekat kedua danau ini, yaitu di jalan raya sebelah danau Buyan jurusan Denpasar-Singaraja, yang semakin hari semakin banyak jumlahnya, menambah daya tarik kawasan Danau Buyan dan Danau Tamblingan ini sebagai obyek wisata.

Singsing Waterfall Bali Utara

 Singsing Waterfall

Letak Air Terjun Singsing (Singsing Waterfall) nya yang tidak jauh dari kawasan Lovina, bahkan dapat dicapai dengan jalan kaki dari Lovina, menjadikan obyek ini banyak dikunjungi wisatawan yang umumnya mereka yang tinggal di kawasan Wisata Lovina.   Pada waktu musim panas, volume air terjun relatif menurun. Jalan menuju air terjun yang sedikit mendaki merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk kegiatan trekking.

Tidak jauh dari air terjun Singsing ini, terdapat monumen Belanda. Monumen ini dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda untuk memperingati gugurnya seorang Perwira tentara Belanda didalam perang Banjar pada tahun 1868. Sekitar tahun 1956 monumen ini dihancurkan karena dianggap menghormati penjajah.  Air Terjun Singsing terletak di Banjar Labuhan Haji Desa Temukus Kecamatan Banjar, 3 km dari Lovina dan 13 km dari Singaraja. Untuk menuju obyek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor sampai ke jurusan desa Tigawasa.

 

Pelabuhan Buleleng Bali Utara

 

Pelabuhan Buleleng Bali
.

Nama besar Pelabuhan Buleleng nyaris tak berbekas. Pusat jajan serba ada menggantikan tempat yang dulu digunakan sebagai dermaga terbesar di Pulau Bali itu hingga tahun 1950-an. Bekas kantor kepabeanan pun dibiarkan telantar, kosong.

.

Pantai Penimbangan Bali Utara

 

Pantai Penimbanangan bali
Pantai Penimbangan merupakan pantai yang terkelola dengan baik dan bersih, terletak di kota Singaraja tepatnya di Desa Pemaron. Di sore dan pagi hari, banyak dipilih sebagai tempat beragam aktifitas seperti jogging, atau hanya duduk-duduk sambil menikmati suasana pantai.  Pantai Penimbangan ini paling favorit dipilih sebagai tempat tongkrongan para kawula muda di kota ini, dipantai ini banyak tersedia warung-warung dengan aneka hidangan yg menarik dan murah.

Yeh Sanih Bali Utara

 

Yeh Sanih

Yeh Sanih atau Air Sanih terletak  sekitar 17 km disebelah timur Singaraja. Tempat ini merupakan tempat permandian dengan sumber air.  Menurut Legenda tempat ini merupakan tempat permandian bagi pasangan muda. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sumber air Yeh Sanih ini mempunyai asal-usul dari Danau Batur yang letaknya ratusan kilometer dari tempat ini. Air dari sumber Yeh Sanih ini sering digunakan dalam upacara agama Hindu. Di tempat ini juga dapat ditemui pura yang diujukkan kepada dewa Wisnu. Obyek wisata tirta ini merupakan kolam renang alami.

Pulau Menjangan Bali Utara

 

Pulau Menjangan bali

Pantai Pulau Menjangan Panorama bawah laut Pulau Menjangan.

 

Pulau Menjangan berjarak sekitar 76 kilometer sebelah Barat Kota Singaraja. Untuk mencapai Pulau para wisatawan harus naik perahu bermotor (boat) sekitar 30 menit dari Labuhan lalang.  Pulau menjangan merupakan sebuah pulau kecil tanpa penghuni dengan luas kurang lebih 175 hektar terdiri dari karang, batu batuan vulkanik serta tanah vulkanik hitam. Sesuai dengan namanya pulau ini dahulu terkenal dengan menjangannya (Cervus Timorensis).

Pulau Menjangan menawarkan potensi keindahan laut sekitarnya yang sangat cocok untuk kegiatan rekreasi serta olah raga air seperti : Snorkeling dan Scuba Diving. Keindahan alam bawah lautnya sangat menarik karena kita dapat menemukan terumbu karang serta flora dan hewan laut yang berwarna warni. Dengan kondisi air laut yang tenang dan panorama teluknya sangat mempesona.

Kehidupan bawah laut yang sangat mempesona dengan berbagai jenis ikan laut hias yang hanya ditemukan dibeberapa daerah saja di dunia. Hampir sekitar 59% dari nilai eksport ikan hias Indonesia berasal dari Pulau Menjangan.  Yang perlu diperhatikan saat kita diving atau snorkeling di perairan Pulau Menjangan adalah menghindari binatang dan tumbuhan laut yang berbahaya bagi manusia.

 

Banjar Hotspring Bali Utara

 

Banjar Hot Spring
.

Tidak jauh dari kawasan Lovina, ada tempat pemandian Banjar Hotspring alias air panas Banjar.  Banjar Hotspring sesuai namanya, terletak di Desa Banjar, Kecamatan Banjar, sekitar 5 km sebelah barat dari Lovina dan 1 km sebelah barat Wihara Budha.   Sumber mata air Panas Banjar diperkirakan berusia ratusan tahun, dimana sejak jaman pendudukan Jepang sumber air panas ini telah dibenahi dan dimanfaatkan. Pemerintah Jepang pada saat itu membangun tiga buah kolam penampungan air untuk berendam, karena air yang dihasilkan mengandung belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Sampai saat ini pemandian Banjar Hotspring masih dimanfaatkan oleh masyarakat umum dan wisatawan. Disamping sebagai tempat untuk berendam dan berenang Para wisatawan bisa juga menikmati jatuhnya air pancuran ditubuhnya seolah-olah seperti dipijat terutama kolam yang dilengkapi pancuran setinggi 3,5 meter sehingga badan menjadi lebih segar. Air panas yang muncul dari perbukitan setempat dibuat bertingkat, ditingkat pertama terdiri dari beberapa pancoran dimana wisatawan dapta mandi air panas. Kolam kecil juga tersedia pada tingkatan ini. Pada tingkatan kedua kolam dibuat lebih besar.

 

Demikian Sahabat elora, semoga artikel Tempat Wisata Paling Menawan di Bali Utara ini bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir di blog elora, jangan lupa like & share ya Guys 😀

 

Kembali ke : WISATA INDONESIA

 

SUMBER :
http:// pancasaribuleleng06.blogspot.com/p/potensi.html, http:// www. kaskus.co.id/post/000000000000000731013443, http :// organizebalitours. com/, http: //syahgunadesain007. blogspot. com/2013/09/pantai-penimbangan-tongkrongan.html, www. beritabali.com, http:// wisata-bali.com/air-panas-banjar.html/.

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 5 Desember 2013 in WISATA BALI

 

Tag: , , , , ,

5 responses to “TEMPAT WISATA MENAWAN DI BALI UTARA

  1. Danan Wahyu Sumirat

    5 Desember 2013 at 23.26

    aku bali malah belum pernah tuh sengaja kesana buat jalan2 , paling transit beberapa jam aja

     
    • eloratour

      5 Desember 2013 at 23.33

      Saya juga baru sekali Mas Danan,
      gara2 diminta menggantikan juragan mengikuti pertemuan .. 😀

       
  2. paket wisata bali 3 hari 2 malam

    13 Januari 2015 at 21.12

    info yang sangat menarik sekali, kami biro wisata dari semarang, bolehkah kami menjalin kerjasama
    kami ingin mendapat info lebih banyak lagi..
    adakah kontak person yang bisa kami akses?.. terimakasih infonya.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: