RSS

CATATAN KAMIS – EMAIL DARI SEORANG KAWAN

05 Des

Catatan Kamis, Tentang email dari Seorang Kawan

 

Siang tadi, cuaca Bandar Lampung gerimis, dan kemudian berubah hujan lebat.  Suara gemuruh kali (sungai) terdengar jelas.
Sambil membuat tulisan untuk blog ini, saya ngecek email, dan betul ada email baru yang masuk, dari seorang kawan, Indriyati.  Dosen Fakultas FISIP Universitas negeri di Lampung, teman diskusi ‘makan siang’, yang sedang menempuh study S3nya.  Saya baca subjectnya tentang leadership,  tapi ketika lanjut ke isi email, ternyata berisi artikel berita, dengan judul :  Optimisme dari Tepi Pesanggrahan. Silahkan baca artikel di sini.

Hmm, ada rasa dejavu … Sekitar bulan Juli 2013 saya sudah membaca berita dan profile Bang Idin — sapaan akrab H. Chaerudin,  penerima Kalpataru 2013 sebagai perintis lingkungan hidup. Beritanya ada di sini.

Bang Idin

Hujan deras, deru sungai … terbayang air coklat kehitaman, sampah-sampah menghiasi derasnya aliran air …
Aaaah, di kampungku masih seperti itu, sungai masih menjadi tempat sampah bagi warga. Teringat pertengahan 2010, di malam saat ngobrol dengan Mas Anang di Joglo Tani, Yogyakarta.  Pendapat kami ternyata sama, bahwa indikator negara maju (sejahtera) adalah ketika sungai (dan danau) tak lagi dipantatin oleh rumah-rumah warga.  Sungai tidak lagi dijadikan tempat membuang sampah.

 

Hujan deras, email dari seorang kawan dan suara deru hitam sungai

Pikiranku melayang lagi, kali ini tentang keyakinan bahwa hujan adalah anugerah semesta, salah satunya adalah membantu sungai-sungai membersihkan diri dari sampah-sampah.  Debit lebihnya akan menggelontor sampah, dan menjadikan urat nadi itu menjadi lebih bersih.  Sehingga, sebenarnya warga sekitar sungai cukup menghentikan kebiasaan membuang sampah, alam lewat mekanisme nya sendiri, akan akan membersihkan dirinya, dan selebihnya kita manusia akan memetik dan menikmati hasilnya: tempat hidup yang kembali sehat, air yang kembali jernih, potensi hasil sungai semacam ikan, udang, wisata arung jeram (rafting), wisata susur sungai, atau sekedar jeburan – mandi rame2, dan lain-lain.

Masyarakat kita kini sedang sakit, seperti tadi, saat menjemput anak di sekolah, mendengar dari obrolan sesama penjemput, bahwa ada anak kandung membunuh ibu kandungnya, Pelajar  (lagi-lagi) merekam adegan XXX yang dilakukannya.  Pintu2 komunikasi langsung antar sesama warga, atau bahkan dalam keluarga seolah tergembok, dan kuncinya entah hilang kemana.      Maka orangpun banyak yang lari ke dunia maya, dan disana mengkreasi dunianya yang baru.

Saya berkeyakinan, Sungai, dengan jernih airnya bisa jadi wahana bagi warga saling bersosialisasi, misalkan Ibu-ibu dapat kembali mencuci baju bersama, sambil membincangkan berbagai hal.   Sungai dengan air jernihnya bisa menjadi mainan lagi untuk warga, bisa memberikan kesibukan, yang secara langsung maupun tak langsung, dapat merilis sebagian kepenatan, uneg-uneg dan stress yang mendera.

Hujan gerimis, email seorang kawan dan mimpi ke Kampung Badui

Minggu ini saya ada urusan ke Bintaro, ada setitik harap, bisa meluangkan waktu mengunjungi Bang Idin, menyerap energi positifnya, dan bisa menularkannya di kampung halaman nanti.  Mimpi ini mengingatkanku pada mimpi lain, bahwa suatu ketika bisa menginap di Kampung Badui Dalam, menyaksikan mereka memanen padi, ke Kampung Naga, ke Kampung Sedulur Sikep.  Semoga itu bukanlah obsesi yang terlalu mewah, Semoga semesta mengampu.


Bandarlampung, 5 Desember 2013.

eloratour
Your Travel Partner

SUMBER :
http://asriwiratama.com/tanam-satu-pohon/

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 5 Desember 2013 in Uncategorized

 

Tag: , , , , , , ,

3 responses to “CATATAN KAMIS – EMAIL DARI SEORANG KAWAN

  1. Danan Wahyu Sumirat

    5 Desember 2013 at 23.21

    ajak2 om kalo mau ke kampung naga aku belum pernah kesana

     
    • eloratour

      5 Desember 2013 at 23.36

      Mungkin saya nyari momen masa tanam atau masa panen padi Mas kalau ke sana nanti,

      Kalau Badui Dalam sudah ?

       
  2. eloratour

    6 Desember 2013 at 08.24

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: