RSS

BROMO YANG MENAWAN

03 Des

Bromo yang MenawanSunrise memulas warna emas di permukaan Puncak Semeru-Bromo-Batok.

Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar.  Puncak Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). 

Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru.  Taman Nasional unik yang berada pada ketinggian ± 2.100 meter dari permukaan laut di dalamnya terkandung sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia dan 4 jenis reptilia.  

 

BROMO SUNRISE YANG MENAWAN

Bromo terkenal dengan Bromo Sunrise serta kaldera berupa lautan pasir dan kawah yang eksotis menawan.  Kawasan Wisata Bromo terletak pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, dan diapit oleh empat kabupaten bagian dari pemerintahan Pripinsi Jawa Timur yakni Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.  Maka ada empat pintu masuk pula untuk mencapai Obyek Wisata Bromo, yaitu  Desa Cemorolawang (Probolinggo), Desa Wonokitri (Pasuruan), Desa Ngadas Tumpang ( Malang) dan Desa Burno (Lumajang).

Untuk menyaksikan keindahan Bromo Sunrise dari Penanjakan, biasanya tour dimulai sekitar pukul 3 dinihar oleh para wisatawan yang menginap di hotel sekitar Cemoro Lawang.    Ketika sampai di puncak Penanjakan, rasa lelah dan mengantuk akan hilang sebab terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan ketika matahari mulai menampakkan sinarnya dari ufuk timur. Dari puncak Penanjakan, kita bisa menikmati Bromo Sunrise dengan kemilau kuningnya menyinari hamparan lautan pasir luas dan pemandangan latar belakang yang indah yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Batok.   Ditemani minuman hangat (kopi dan teh), serta jajanan ringan yang di jual di sekitar puncak penanjakan, menikmati indahnya pemandangan di puncak penanjakan terasa sangat lengkap dan tak terlupakan.

 

Berkuda di Bromo   parkir Jeep bromo
The Transporter, Kuda & Jeep

 

Setelah Puas menikmati Bromo Sunrise, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju kaki Gunung Bromo. Perjalanan sekitar 45 menit dari Puncak penanjakan dengan mengendarai Jeep yang biasanya di sewakan satu paket antara Puncak penanjakan dan kawah Bromo. Perjalanan ini melewati lautan pasir yang membentang sangat luas.

Tiba di kaki Gunung Bromo, dari titik parkiran jeep, pengunjung masih melanjutkan perjalanan sekitar 2 km, bisa naik kuda sewaan yang banyak menawarkan jasa di situ, maupun dengan berjalan kaki.  Selesai melintasi padang pasir Bromo, perjalanan kemudian dilanjutkan menapaki anak tangga yangberjumlah sekitar 250 an anak tangga menuju puncak.  Sesampainya di puncak Bromo , pengunjung  dapat melihat kawah Gunung Bromo yang mengeluarkan asap putih yang tebal dan tentu saja fenomenal karena jarang ada di Indonesia bahkan di dunia.

 

pura suci di bromo
Pura Suci, di sisi Hamparan Pasir.

Kawasan Wisata Gunung Bromo sudah di dukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, misal penginapan, hotel, homestay serta transportasi yang mudah di temukan untuk mengunjungi Gunung Bromo.  Bagi wisatawan, berkunjung ke Gunung Bromo sangatlah istimewa karena  lautan pasirnya yang  luas mengelilingi  kawah Bromo yang mengepulkan asap putih.   Hamparan Pasir Berbisik, tempat Si Cantik Dian Sastro menempelkan Telinganya  😀

tangga di bromo   kepulan asap bromo
Anak Tangga Menuju Puncak.                      Kepulan asap Belerang

 

 

UPACARA KASODO DI GUNUNG BROMO YANG MENAWAN

Selain menyaksikan keindahan panorama di kawasan Wisata Gunung Bromo, wisatawan juga bisa menyaksikan bagaimana Masyarakat Suku Tengger mengadakan upacara adat yang terkenal dengan nama Upacara KasodoRitual Kasodo dilakukan pada bulan purnama tanggal 14 atau 15 bulan Kasodo menurut penanggalan Jawa,

Upacara Kasodo merupakan upacara untuk memohon panen yang berlimpah atau meminta tolak bala dan kesembuhan atas berbagai penyakit, yaitu dengan cara mempersembahkan sesaji dengan di lemparkan ke kawah Gunung Bromo.

 

persembahan upacara kasada
Menggotong Persembahan Kasodo

WAKTU TERBAIK MENIKMATI BROMO

Waktu terbaik mengunjungi Kawasan Wisata Bromo adalah pada saat musim kemarau antara bulan Mei sampai Oktober karena pengunjung bisa menikmati keindahan panorama Gunung Bromo dengan sempurna

Sahabat eloratour, demikian artikel mengenai BROMO YANG MENAWAN .  Semoga bermanfaat.

 

Mau Menikmati keindahan Menawan Bromo ? klik ini : Paket Tour Bromo Sunrise and Ijen Blue Fire

 

Menuju ke : WISATA INDONESIA

 

 

SUMBER :

http: //wisata-bromo.com/pesona-wisata-gunung-bromo/
http:// www. dephut.go.id/uploads/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_bromo.htm
, http: // news. liputan6. com/read/686149/sejuta-pesona-indahnya-gunung-bromo,  bpm.jatimprov. go.id, artmospher.blogspot.com, jobspapa. com, uniqpost. com, http:// kfk. kompas.com/kfk/view/102278, hobbyterbang. com, www. wijanarko. net, http:// kfk.kompas. com/kfk/view/132350-Naik-kuda-ke-Gunung-Bromo,mad-geodet.blogspot.com, jelajah-nesia2. blogspot. com,

 

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Desember 2013 in WISATA JAWA TIMUR

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: