RSS

AIR TERJUN SUKADANAHAM

01 Des

 AIR TERJUN SUKADANAHAM

 

Air Terjun batu Putu, SukadanahamAir Terjun Sukadanaham terletak di Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Utara

 

AIR TERJUN SUKADANAHAM AIR TERJUN MENAWAN FAVORIT PARA PECINTA ALAM

Air Terjun Sukadanaham yang merupakan bagian dari aliran sungai Way Belau ini terletak di Kawasan Hutan Konservasi dekat perkebunan durian dan kakao.  Jika dari kota Bandar Lampung, hanya sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor. Bagi sebagian besar pecinta alam di Bandar Lampung, nama Air Terjun Sukadanaham atau juga dikenal dengan Air Terjun Batu Putu sudah tak asing lagi. Kawasan ini menjadi tempat favorit “nongkrongnya” para pecinta alam.

Waktu elora masih sekolah dulu, kalau malam minggu nggak punya acara, suka pergi dadakan ke Air Terjun Sukadanaham, kadang baru punya ide pergi sudah  jam 9 malam.   Berbekal paravin, kopi, mie instant,  atau satu-dua bungkus roti, dan snack, bersama 3-5 teman yg sama2 jomblo menghabiskan malam minggu kelabu .. ha ha 😀 .  kami lebih menyukai lewat jalur tikus, jalur para petani dan warga dusun yang menghubungkan dusun dengan kebun mereka, sebab lebih melatih fisik dan pemandangannya masih amat asri.

 

BATU LAPIS LOKASI CAMPING MENAWAN DI KAWASAN AIR TERJUN SUKADANAHAM

Batu Lapis yang terdapat di kawasan Air Terjun Sukadanaham menjadi tempat favorit untuk ngecamp.  Lokasinya berada di bawah Air Terjun.  Dinamakan Batu Lapis, mungkin karena banyak batu batu lebar di sepanjang aliran sungai di bawah Air Terjun SukadanahamSampai lokasi biasanya sudah hampir tengah malam, sambil menunggu air yang dijerang mendidih, kami mengistirahatkan badan dengan tiduran di batu lebar yang banyak terserak di pinggir sungai, mata menerawang menatap langit, berharap ada bintang jatuh dan supaya bisa ngucapin permohonan “kasih gue pacar dooong”  … ha ha :D.

AIR TERJUN SUKADANAHAM STORY JOMBLO DAN DURIAN

Air-Terjun-Batu-Putu-Sukadanaham

Lokasi favorit lain yang sering kami tongkrongi, terutama kalau pas musim duren, masih di lereng Gunung Betung, yang biasa kami sebut basecamp (kalau nggak salah milik warga dusun yang bernama Mas Yanto), cukup menampung 20 orang, ada dapurnya, ada tempat mandi darurat.

Tapi yang kami kejar bukan itu.   Sore, kami bisa nongkrong dipinggir jalan setapak depan basecamp, nunggu warga setempat turun gunung dari kebun kopi mereka di Gunung Betung.  Pasti ada warga yang  pulang sambil mikul buah duren.  Modus kami waktu itu pura-pura mau beli … dan mungkin lihat tampang kami melas alias memprihatinkan biasanya kami dapat 1-2 butir duren jatuhan (masak pohon dan jatuh sendiri, bukan dipetik) gratis !  😀 😀

ilustrasi petani memikul durianIlustrasi Petani Memikul Durian.  sumber : tribunnews

 

Sekarang untuk mencapai tempat ini tidak lah sulit, jalan sudah beraspal, selanjutnya dari ujung desa jalan sudah dipercantik dengan paving blok.  Fasilitasnya juga lumayan, sudah dilengkapi tempat parkir yang luas, mushola atau tempat ibadah, kantin, kamar kecil (WC), area perkemahan dan jalan setapak.  Bahkan kini tersedia tempat penyewaan kuda untuk ditunggangi mengelilingi daerah sekitar.

Kita bisa menikmati keindahan air terjun ini namun untuk sampai ke lokasi air terjun ini kita harus menuruni sekitar 300 lebih anak tangga.  Air terjun ini biasanya ramai dikunjungi saat hari libur. Keindahan air terjun ini bisa dinikmati pengunjung dari dekat. Meski keindahan air terjun ini tak kalah dengan objek wisata lain, namun tak banyak warga kota bandar Lampung yang mengetahui keberadaan lokasi wisata ini. Hanya warga setempat yang mengunjungi lokasi wisata ini.

 

FOTO TERBARU KAWASAN AIR TERJUN SUKADANAHAM

Kondisi catchment area atau daerah tangkapan air Air Terjun Sukadanaham saat ini masuh cukup terjaga.  Hutan lindungnya masih cukup hijau dan asri.  Seperti ini penampakan terupdate kondisi hutan lindung di sekitar Air Terjun Sukadanaham, yang saya ambil sekitar bulan lalu.

 

Hutan yang Menyokong Air Terjun Sukadanaham

View di puncak pintu masuk sangat cantik, lanscape pegunungan di satu sisi, dan kota Bandar Bampung dengan Teluk Lampung-nya di sisi lain.

Cocok buat yang hobi fotografi.  Dan yang jelas, bikin tenteram hati siapapun yang memandangnya.

View Gunung Betung dari Parkiran

View Kota Bandar Lampung dari Parkiran

 

Satu lagi, Sekarang tak jauh dari lokasi Air Terjun Sukadanaham ada sentra salak, yakni kebun salak milik warga Lingkungan 2, Kelurahan Batu Putuk, Teluk Betung Barat.

Demikian Sahabat elora, artikel mengenai salah satu Air Terjun di Lampung : Air Terjun Sukadanaham ini semoga bermanfaat .. 😀

 

Kembali ke : TEMPAT WISATA DI LAMPUNG

 

SUMBER :
https://sites.google.com/site/wisataairterjun/lampung/ir-terjun-batu-putu-sukadanaham—bandar-lampung, http://cmontobandarlampung.blogspot.com/2013/02/segarnya-air-terjun-sukadanaham.html
bastianbalabara.blogspot.com, www.panoramio.com

Save

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 1 Desember 2013 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , , , , , ,

5 responses to “AIR TERJUN SUKADANAHAM

  1. Danan Wahyu Sumirat

    2 Desember 2013 at 00.56

    wah jadi pengen ke sini …..

     
    • eloratour

      2 Desember 2013 at 07.55

      Dari Natar paling 1 jam Mas Danan …
      Dulu teman sekolah (ketua Angkatan) ada yg tinggal di Natar, kalau dari Bandarlampung gg Pasar masuk ke kanan … Sekarang jadi juragan jamu, dagangnya di Pasar Natar.

       
  2. Raka Nya Mhemhe

    24 Januari 2015 at 12.14

    Alamat ny yg jlas ky mn shi mas klw dri pnjng

     
    • eloratour

      27 Januari 2015 at 07.42

      Maaf baru On Line Mas Raka,
      Prinsipnya sama dengan kalau kita mau ke Tempat Wisata Bumi Kedaton.
      Dari Bumi kedaton naik terus kurang lebih 2-3 km, pintu gerbangnya di sebelah kanan jalan.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: