RSS

CERITA UNIK MENGENAI KOPI LUWAK

23 Nov

Luwak Makan Kopi

Kopi Luwak memang unik, sebab kopi ini merupakan kopi yang prosesnya dibantu oleh binatang luwak atau musang.  Kopi Luwak atau Civet Coffee merupakan kopi termahal di dunia.  Kopi Luwak memiliki rasa yang nikmat, aroma yang mantab, unik dan khas berpadu jadi satu, menghadirkan sensasi yang sulit dideskripsikan, sehingga wajar kalau harganya selangit.  Artikel kali ini elora nulis Cerita Unik Mengenai Kopi Luwak.   Cerita dimaksud adalah tentang Asal mula Kopi Luwak.  Langsung saja ya Guys 😀

 

ASAL MULA KOPI LUWAK

Sejarah lahirnya Kopi Luwak tak lepas dari sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-18, Belanda membuka perkebunan tanaman komersial di koloninya di Hindia Belanda terutama di pulau Jawa dan Sumatera. Salah satunya adalah bibit kopi arabika yang didatangkan dari Yaman.

Pada era “Tanam Paksa” atau Cultuurstelsel (1830—1870), Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi, akan tetapi penduduk lokal ingin mencoba minuman kopi yang terkenal itu. Kemudian pekerja perkebunan akhirnya menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan buah kopi, tetapi hanya daging buahnya yang tercerna, kulit ari dan biji kopinya masih utuh dan tidak tercerna.

PROSES PENGOLAHAN KOPI LUWAK

Biji kopi dalam kotoran luwak ini kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, kemudian diseduh dengan air panas, maka terciptalah kopi luwak yang nikmat !  Kabar mengenai kenikmatan kopi aromatik ini akhirnya tercium oleh warga Belanda pemilik perkebunan, maka kemudian kopi ini menjadi kegemaran orang kaya Belanda. Karena kelangkaannya serta proses pembuatannya yang tidak lazim, kopi luwak pun adalah kopi yang mahal sejak zaman kolonial.

Kotoran Luwak
Kotoran Luwak Liar   😀

Pencucian  Pencucian 1
             Kopi Kotoran Luwak dicuci bersih sebelum dijemur

Luwak, atau lengkapnya musang luwak, senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya. Dengan indera penciumannya yang peka, luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul matang optimal sebagai makanannya, dan setelahnya, biji kopi yang masih dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Hal ini terjadi karena luwak memiliki sistem pencernaan yang sederhana, sehingga makanan yang keras seperti biji kopi tidak tercerna.

Biji kopi luwak seperti ini, pada masa lalu hingga kini sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami di dalam sistem pencernaan luwak. Aroma dan rasa kopi luwak memang terasa spesial dan sempurna di kalangan para penggemar dan penikmat kopi di seluruh dunia.

Penjemuran Biji Kopi Luwak
Dijemur hingga Kering

Pengupasan Kulit Biji Kopi Luwak secara Tradisional
Pengupasan secara Tradisional

Biji Bersih Kopi Luwak yang sudah kering
   Biji Bersih siap diroasting

Seorang Turis sedang menyangrai biji kopi luwak          Sangrai atau Roasting secara Tradisional
Disangrai (Traditional roasting)                                             Sabar ya masih 1/2 mateng … 😀

.

Grinding dengan cara ditumbuk                 cup testing kopi luwak
Ditumbuk (Traditional grinding)                                 Diseduh … hmmmmm, maknyus !   😀

Sahabat elora, salah satu daerah penghasil kopi luwak adalah Lampung, tepatnya Lampung Barat.  Di sana daerah penghasil kopi, dengan alam yang eksotis.  Di sana Sahabat juga bisa menikmati pantai nan cantik, Surfing di Pantai Tanjung Setia atau naik perahu sambil menikmati tarian lumba-lumba di Pulau Pisang, dan tentu saja menikmati sensasi lezat kopi luwak !

Demikianlah Sahabat, CERITA UNIK MENGENAI KOPI LUWAK … sampai jumpa dilain cerita.

Trimakasih atas kunjungannya, jangan lupa like dan share Guys

 

 

SUMBER :
http: //id.wikipedia. org/wiki/Kopi_luwak, wildkopiluwak. org, listverse. com,

www. seaislandcoffee.com, ko-piluwak. blogspot. com, vacitana.blogspot. com,

http :// wahw33d.blogspot.com/2010/07/pembuatan-kopi-luwak-kopi-indonesia.html,

expatcassie.wordpress. com, matadornetwork. com, kabarmag. com

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23 November 2013 in WISATA INDONESIA

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: