RSS

PESONA PANTAI BERPASIR PINK DI NUSA TENGGARA

22 Nov

Pantai Pink Lombok

Indonesia punya dua Pantai Pink atau Pink Beach, yaitu pantai dengan pasir berwarna pink. Pantai Berpasir Pink yang ada di Indonesia, semuanya terletak di Nusa Tenggara, satu di Lombok Nusat Tenggara Barat (NTB), satu lagi di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).  Sebagai orang Indonesia kita mesti melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana Pesona Pantai Berpasir Pink di Nusa Tenggara, Indonesia.

 

DUA PANTAI BERPASIR PINK DI NUSA TENGGARA 

Jadi buat kalian yang udah pernah menjejakkan kaki di pantai yang pasirnya berwarna pink selamat deh, sebab jarang banget kok pasir pantai yang warnanya pink.  Konon hanya ada 8 Pantai berpasir Pink di dunia, dan 2 Pantai Pink ada di Nusa Tenggara Indonesia .. keren banget kan Indonesia ? 

Inilah 6 Pink Beach lainnya :

1. Pink Beach di Harbor Island, Bahamas
2. Pink Beach Bermuda
3. Pink Beach Santa Cruz Island, Filipina
4. Budelli Island, Sardinia, Itali
5. Bonaire, Dutch Caribbean Island; dan
6. Balos Lagoon, Crete, Yunani.

Wow !  Betapa kaya dan cantik alam Indonesia punya 2 dari total 8 Pantai Pink di seluruh dunia !!!

 

Pantai Pink di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Pantai Tangsi Pantai Berpasir Pink di Lombok Nusa Tenggara Barat

Pantai Pink ini sebenarnya bernama Pantai Tangsi.  Disebut sebagai Pantai Pink ya karena warna pasirnya yang di dominasi oleh warna Pink.  Pantai yang berlokasi di desa kecil Sekaroh, Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur ini merupakan bagian dari Pantai Tanjung Ringgit, namun karena lokasi dan infrastruktur Jalan yang mungkin kurang memadai sehingga Pantai Pink ini menjadi tidak terekspose media dan wisatawan.

Kemungkinan diberi nama Pantai Tangsi  karena di tempat ini dulunya adalah lokasi yang dijadikan markas oleh tentara Jepang.  Hal itu dibuktikan dengan adanya gua buatan dan juga sebuah Meriam peninggalan Penjajah Jepang.

Kalau dilihat lebih dekat, sebenarnya warna asli pasir Pantai ini sebenarnya putih, namun karena bercampur dengan serpihan serpihan terumbu karang yang berwarna pink, seiring prosesi alam lalu serpihan serpihan terumbu karang ini kemudian menyatu dan membentuk warna merah muda, apalagi saat terkena air laut dan terpapar sinar matahari, sehingga warna Pink nya jelas sekali terlihat.

pantai pink tangsi lombok

pantai pink lombok nusa tenggara barat

Selain pasir pantainya yang berwarna pink, pantai ini juga memiliki panorama alam yang khas dan  mengesankan. Dikelilingi oleh tebing – tebing yang cukup tinggi, dan diatasnya sudah disediakan pondok atau pendopo, sehingga para wisatawan menikmati hamparan lautan lepas.

 

Menuju Lokasi Pantai Pink Lombok

Untuk mencapai lokasi Pantai Tangsi dibutuhkan waktu sekitar dua jam dari Kota Mataram, jarak tidak terlalu jauh. Rutenya sama persis dengan rute menuju Tanjung Ringgit, karena memang lokasi keduanya berdekatan.  Pintu masuk Pantai Pink Tangsi berada di sebelah kiri, sekitar 1 kilometer sebelum Tanjung Ringgit.  Nah di Pintu masuknya itu ada petunjuk berupa rambu kecil disebelah kiri jalan bertuliskan “Pantai PINK 50 meter”

Arus Pantai Pink  cukup tenang dengan deburan ombak yang sangat kecil, sehingga asik untuk bermain – main dan tidak membahayakan. Sempatkanlah bersnorkling, maka anda akan dibuat takjub oleh terumbu terumbu karangnya yang sangat indah. Walaupun sebagian titik terumbu terumbu karang yang terlihat hanya berupa sisa sisa terumbu karang yang sudah hancur oleh jangkar – jangkar perahu para Nelayan.

 

Pantai Pink di Flores,  Nusa Tenggara Timur

Pantai-Pink-Pulau-Komodo-Flores

 

Masyarakat lokal lebih suka menyebutnya Pantai Merah, sementara wisatawan asing lebih suka menyebutnya Pink Beach. Warna pink yang lembut tampak kian jelas terutama saat pasir tersapu ombak.  Pantai Pink merupakan daya tarik lain dari Taman Nasional Komodo yang telah dinobatkan menjadi salah satu dari nominasi tujuh keajaiban alam di dunia. Dinamakan Pink Beach karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink).

 

Menuju Lokasi Pantai Pink Flores

Untuk mencapai lokasi pantai yang tak berpenghuni dan sepi ini dapat ditempuh dengan menyewa kapal atau speed boat dari Labuan Bajo. Paket tur perjalanan biasanya akan membawa Anda ke Pulau Rinca lalu kemudian ke Pulau Komodo terlebih dahulu.

Dari Labuan Bajo menuju Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca memakan waktu sekira 45 menit. Di pulau-pulau tersebut Anda dapat melihat langsung komodo yang langka itu di habitat asli mereka dengan memilih jalur trekking tertentu.

Dari Dermaga Loh Liang, sebuah dermaga di Pulau Komodo, diperlukan waktu sekira 30 menit perjalanan dengan kapal untuk menginjakkan kaki di pink Beach, pantai yang warna pasirnya tidak biasa ini.

Catatan:
Usahakan datang pada sore hari, karena konon pasir pantainya akan terlihat pink bercahaya ketika terkena air laut dan pada waktu sore hari.  Kalau siang hari pasir akan terlihat putih atau pink pucat.

Demikian Sahabat elora, artikel tentang PESONA PANTAI BERPASIR PINK DI NUSA TENGGARA, INDONESIA. Semoga bermanfaat

 

Thanks sudah mampir di blog elora, jangan lupa like dan share Guys

 

Menuju ke : Wisata Nusa Tenggara Timur

 

 

 

SUMBER :
http ://lombok-cyber4rt. blogspot. com/2013/03/pantai-pink-di-desa-sekaroh-jerowaru.html
http :// www . pasirpantai. com/balintb/lombok/pantai-pink-lombok-nusa-tenggara-timur/
http ://anakpapabandy.blogspot. com/2013/06/eksotisme-si-merah-muda-dari-jerowaru.html
http :// realwonderoftheworld. com/7-pink-beaches-in-the-world/

 

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan
 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: