RSS

8 ALASAN LIBURAN KE LAMPUNG

11 Nov

8 ALASAN LIBURAN KE LAMPUNG

 

alasan-liburan-ke-lampung-karena-ada-pahawang

8 ALASAN KENAPA ORANG MEMUTUSKAN MENGHABISKAN LIBURAN DI LAMPUNG

Kenapa orang memilih Liburan ke Lampung ?  Apa keistimewaan Provinsi Lampung sehingga orang memutuskan untuk berlibur ke Lampung ?

INILAH 8 ALASAN KENAPA ORANG LIBURAN KE LAMPUNG

Pemasaran ? Simak 8 Alasan Kenapa Orang memilih menghabiskan Liburan di Lampung ?

 

ALASAN PERTAMA SEBAB LAMPUNG DEKAT & CUKUP MUDAH DIJANGKAU

Jika Anda ialah warga Jakarta yang bosan dengan kemacetan Bandung ataupun Puncak di akhir pekan, atau warga Sumatera Selatan yang ingin menikmati aneka wisata alam Pantai tanpa perlu jauh-jauh pergi ke Bali, yuk Menghabiskan Liburan di Lampung aja. Lampung cukup dekat, cukup dengan waktu liburan akhir pekan dari jakarta ataupun Palembang. Lampung tidak begitu jauh dari Jakarta. Hanya butuh 55-60 menit penerbangan saja. Saat ini, ada sekitar 17 penerbangan dari Jakarta ke Lampung, pp. Harga juga relatif terjangkau.  Sementara dari Palembang, untuk menjangkau lewat udara, malah harus mutar alias transit ke Jakarta dulu.

Alternatifnya adalah Jalan Darat, dengan waktu tempuh sekitar 6,5 – 7,5 jam.  Banyak Travel tersedia dengan harga terjangkau.  So, buat rencana Liburan ke Lampung guys !

.

ALASAN KEDUA KARENA LAMPUNG PUNYA PANTAI TANJUNG SETIA

Lampung punya Pantai Tanjung Setia. Letaknya di Krui, Lampung Barat, sekitar 275 km dari Bandar Lampung dengan waktu tempuh perjalanan darat sekitar 6 – 7 jam.   Dari Jakarta dan Bandar Lampung, untuk mencapai Tanjung Setia lebih cepat dapat menggunakan Pesawat Susi Air.

Harga tiket Jakarta (Bandara Halim) – Krui (Bandara Serai) atau Krui – Jakarta sekitar  Rp. 700.000/pax sedangkan harga tiket Krui – Bandar Lampung atau Bandar Lampung – Krui sekitar  Rp. 500.000/pax.  Kalau sewa mobil sekelas avanza, harga pasaran sekali jalan sekitar Rp. 1 juta.  So, kalau mau hemat sebaiknya bawa rombongan.

Sekitar bulan Juli- Agustus, ombak pantai itu sedang cantik-cantiknya. Tentu saja menurut para surfer, ya. Tingginya nyaris 7 meter dengan panjang ombak sampai 200 meter.  Tapi biasanya, dari bulan Mei bule2 sudah berdatangan, dan terus bergantian hingga bulan Oktober.  Dinas kebudayaan dan pariwisata pemerintah provinsi Lampung mencatat, wisman asal Australia paling banyak menyambangi tempat ini.

Tapi waktu Eloratour jalan-jalan ke sana, dan nginap di penginapan yang hanya beberapa puluh meter dari bibir pantai — Lovina Krui Surf, ketemunya sama bule Jerman, Belanda, Brazil … alias Lokasi Surfing di Bumi Lampung ini sudah terkenal ke seantero dunia.

Mau nyobaik kopi termahal di dunia ?  Lampung Barat pusatnya Kopi Luwak !

Lovina Krui Surf                 Foto Lovina
Lovina Krui Surf, Tanjung Setia             Owner Homestay & Tamu sama-sama Narsis, ha ha 😀

surfing Tanjung Setia 1      surfing Tanjung Setia 2
Surfing di Ombak Pantai Tanjung Setia      Gimana nggak klepek2 hati para Pecinta Surfer ?! .. ha ha 😀

kopi-luwak-lampungkata Mister Meneer  “Kopi Luwak … Mak Nyuuuzzz”  ! 😀

Untuk Lebih Lengkapnya, bisa dibaca di sini :SURFING TANJUNG SETIA SOUTH SUMATRA

.

ALASAN KETIGA KARENA LAMPUNG PUNYA TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

Taman Nasional Way Kambas cocok untuk weekend mereka penggemar wisata lingkungan. Juga pas untuk edukasi bocah. Dari Bandar Lampung, waktu tempuhnya masih sekitar 2 jam lagi menuju Taman Nasional Way Kambas.

Ada sekitar 65 Gajah Sumatera  yang dilatih, dan Anda bisa menunggangi. Tarifnya Rp 150 ribu per 30 menit.

Gajah duduk          Gajah Main Bola
Atraksi Gajah Duduk, keren kan ?!                    Yuk kita main bola lagi ?! … ha ha 😀

Untuk Lebih Lengkapnya, bisa dibaca di sini :TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

ALASAN KEEMPAT SEBAB LAMPUNG PUNYA BANYAK PANTAI DENGAN PANORAMA MENAWAN

Sebut saja Pantai Sari Ringgung.  Pemandangannya cantik, dengan kontur pantai yang lain, pasir putih yang halus.  Destinasi leyeh-leyeh ini hanya berjarak 25 kilometer dari pusat kota. Para traveler pelamun perlu mencermati waktu jika bertandang ke pantai ini. Sebab Pantai Pasir Putih mulai penuh dengan wisatawan nusantara dari Jakarta. Pilihan lain yang tidak terlalu ramai ialah Pulau Tangkil, menyeberang dari Pantai Mutun.

Selengkapnya bisa dibaca di : Eksotisme Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

Waterboom di Pantai Mutun  banana boat di Pantai Mutun
Srorotan yang nyemplungnya ke laut   😀  Pisangnya Bisa Ngebut …“Tariiik Maaang” 😀

Adapun ‘versi mini’ Way Kambas ialah Taman Wisata Lembah Hijau.  Bumi Kedaton cocok untuk rekreasi keluarga. Lokasinya di Teluk Betung, bisa dicapai dengan 20 menit perjalanan dari pusat kota.

Bumi Kedaton lebih mirip kebun binatang karena disana terdapat sejumlah hewan khas Sumatera. Antara lain Gajah Sumatera, siamang, kera ekor panjang, beruk, elang juga ayam hutan dan biawak.

Suasana Bumi Kedaton pun teduh dan rindang. Tersedia area perkemahan jika Anda berminat menginap di tenda.  Bumi Kedaton juga ada Kolam Renang dan Water Boomnya.

.

ALASAN KELIMA KARENA LAMPUNG PUNYA KAIN TAPIS SULAM USUS

Kain tapis asli Lampung sudah mulai tampil dalam bentuk busana siap pakai.  Masih bisa terkesan etnik, walau tak sedang mengenakan batik. Yang penting, punya penjahit pintar, sehingga tapis tak akan berkesan ‘berat’ seperti hiasan dinding menempel di badan.  Tahun lalu, desainer Dee Onk membawa Tapis ke atas catwalk Jakarta Fashion Week 2011.

Di Lampung, terdapat sentra perdagangan kain tapis di Pasar Bambu Kuning. Pedagang disana rajin menjelaskan macam ragam kain tapis, termasuk bisa menyarankan jenis kain tapis yang sesuai kebutuhan.  Mereka, biasanya juga akan merekomendasikan kebaya sulam usus.

 

Tapis Lampung          Busana dari Tapis & Sulam Usus
Tapis Lampung, Kekayaan Seni Budaya             Makin Cantik lho Mbak, Jeng kalau pakai Sulam Usus  😀

ALASAN KEENAM ADALAH KARENA LAMPUNG PUNYA KULINER LEZAT DAN KOPI YANG NIKMAT

Menu Seruit                         Pindang Meranjat
Seruit Lampung: Mak Nyuusss !                              Pindang Meranjat, bikin Terpanjat ! .. ha ha 😀

Mumpung di Lampung, cobalah seruit. Ini makanan khas Lampung, terdiri dari nasi putih, lalaban, ikan mas goreng dan sambal terasi.  Jangan bayangkan sambal terasi yang umum dibuat di Jawa. Sedapnya beda!   Sayang tak banyak tempat menjual menu ini, sehingga kalau ditanya “Apa makanan khas Lampung” ? , saya dan teman2 sering bercanda : Nasi Padang, atau Pindang (Sumatera Selatan) … he he 😀

Pilihan lain untuk bersantap ialah makanan Palembang Pindang Meranjat. Pindang ikan ini disajikan dengan kuah yang pedas kaya rempah, lengkap dengan lalapan dan sambal mangga ataupun sambal nanas. Biasanya, ada tambahan ikan lais kecil atau ikan seluang yang digoreng kering. Seporsi pindang ikan ini cuma Rp15ribuan saja.

 

Keripik Pisang  Empek-empek  Dodol Durian  Kopi Lampung
Keripik Pisang, Empek-empek, Dodol dan Lempok Durian, Kopi Lampung …. mau ?! 😀

Untuk lebih mengenal aneka Kuliner khas lampung, selengkpnya dapat dibaca di sini : KULINER KHAS LAMPUNG

Buat cemilan, Pempek Palembang yang ada di Lampung juga nikmat. Kerupuk Kemplang-nya juga sedap. Dan jangan lupa beli keripik pisang rasa coklat, moka, stroberi, melon, keju, dll.  Keripik singkongnya juga nggak kalah sama yang di Padang.  Sentra industri keripik pisang terletak di Kedaton, Bandar Lampung, atau bisa langsung ke Toko manisan Yen-yen di Teluk Betung.

Kala senja, di sekitar Museum Lampung dan di PKOR Way Halim, banyak penjual jagung manis bakar, ada rasa original, rasa keju, pedas, dll.

Nah, minumnya, tentu kopi. Kita bisa beli Kopi Lampung ataupun Kopi Luwak dalam kemasan untuk oleh-oleh. Lucunya, Lampung yang kaya kopi tak lantas penuh dengan kedai kopi. Baru muncul beberapa kafe dalam beberapa tahun terakhir ini.  Selain kopi luwak, sahabat elora juga bisa kasih oleh2 berupa Kaos Lampung.  Pasti yang di rumah seneng  😀

Kaos Lampung
Kaos Khas Lampung, cocok buat oleh-oleh 🙂

ALASAN KETUJUH KARENA LAMPUNG PUNYA TELUK KILUAN

Salah satu destinasi favorit untuk menonton aksi lumba-lumba ialah Teluk Kiluan. Memang, Teluk Kiluan merupakan lokasi kawin lumba-lumba hidung botol, dan beberapa Hewan Laut langka dan dilindungi, seperti Penyu, dll.  Disini, mereka bisa dilihat sepanjang tahun, paling banyak terlihat di pagi hari.  Jika memang berniat pergi ke tempat ini dan Anda cuma punya waktu weekend, lebih baik segera atur paket perjalanan dengan biro travel. Bukan apa-apa, infrastruktur menuju Teluk Kiluan tengah dalam perbaikan.

Teluk Kiluan Kawanan lumba-lumba Teluk Kiluan eloratour
Teluk Kiluan, Surga Dolphin !  Ratusan Lumba-lumba siap menari untuk Anda …

Selain Tour Lumba-lumba, Teluk Kiluan juga menawarkan Wisata Hiking yang menantang dan memberikan Pemandangan Alam yang Indah: HIKING ke LAGUNA KILUAN.

Debur Ombak Pantai Laguna Hiking menuju Laguna Kiluan
Wisatawan akan disuguhi Pemandangan Pantai yang indah, dan trek Hiking yang menantang

Tapi bukan hanya Teluk Kiluan yang ‘punya’ lumba-lumba atau Dolphin, Pulau Pisang yang terletak tak jauh dari Pantai Tanjung Setia (Lampung Barat, sekarang sedang proses pemekaran daerah menjadi Kabupaten Pesisir Barat)  juga punya.  Cantiknya nggak kalah sama Luar Negeri Punya !!  Makanya Bangga dong jadi Orang Indonesia … 😀

Pulau Pisang 1  Pulau Pisang 2
Pantai Pulau Pisang Nan Eksotis !                      Tarian Lumba-lumba Pulau Pisang

Selengkapnya bisa dibaca di sini :TELUK KILUAN

 

ALASAN KEDELAPAN SEBAB LAMPUNG PUNYA PAHAWANG

8 alasan liburan ke lampung eloratour

Bagi penikmat keindahan karang bawah laut, khususnya lewat snorkeling, Lampung punya pulau-pulau cantik yang bisa menawarkan kepuasan: Pulau pahawang, Pulau Kelagian, atau Tanjung Putus.  Pasirnya yang lembut, Air lautnya yang jernih hijau kebiruan, Binatang Laut yang cantik … akan memberikan kepuasan kepada Sahabat dan siapapun yang berkunjung ke sini.

Pahawang EkoWisata & Snorkeling Panorama Bawah laut Pulau Pahawang
Wisatawan sedang Hapy Snorkeling di Pahawang

Sebagai gambaran lebih lengkap, bisa dibaca di sini : PAHAWANG, LAMPUNG SNORKELING AREA

Selain itu, bagi yang senang dengan Wisata Minat khusus, seperti VOLCANOES TOUR, bisa menikmati hiking ke GUNUNG KRAKATAU sambil Snorkeling di perairan Pulau Sebesi dan sekitarnya.  Gimana Guys, Komplit kan Wisata di Lampung ?

Saran saya, berangkatlah dari Jakarta di hari Kamis malam (dengan travel, bus Damri)  atau Jumat pagi-pagi (dengan pesawat), supaya bisa menghabiskan liburan weekend cukup puas di Lampung.

Sahabat elora, demikianlah artikel  8 ALASAN LIBURAN KE LAMPUNG ,Semoga bermanfaat.

Jangan lupa like dan share ya Guys 🙂

 

Kembali ke : TEMPAT WISATA DI LAMPUNG

SOURCES :

http://lovinakruisurfsumatra.blogspot.com, http://www.halolampung.net, http://www.wego.co.id/berita/7-alasan-menghabiskan-weekend-di-lampung/, http://endangguntorocanggu.blogspot.com/2012/02/eksotisme-pulau-pisang-lampung-barat.html, http://www.bolalob.com, http://www.kopitanggamus.com.

Save

Save

Save

Save

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 11 November 2013 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

5 responses to “8 ALASAN LIBURAN KE LAMPUNG

  1. sefti

    5 Juli 2014 at 12.29

    saya sedang tugas kerja di bandar lampung (di cv.bumi waras) nanti kalau pulang lagi ke bandung sya ingin membeli oleh2 kaos khas lampung seperti gambar diatas, kira2 dimana ya tempatnya?
    terimakasih.

     
    • eloratour

      7 Juli 2014 at 14.58

      Bisa di Distro yg ada di dekat Perpustakaan Kota Bandar Lampung (satu deretaan) Mbak Sefti,

      Tapi setau saya, Distro desainl gambarnya ganti-ganti.

      Trimakasih.

       
  2. sandra

    15 Desember 2014 at 10.33

    kalo trip k pulau pisang , biasanya sekitar bln apa ya ?

     
    • eloratour

      16 Desember 2014 at 12.07

      Kalau di kami, Trip Pulau Pisang itu Variant dari Trip Ke Pantai Tanjung Setia Mba Sandra.
      Kalau Bulan yg bagus untuk ke Tanjung Setia (Surfing) antara bulan Mei-Oktober setiap tahunnya. Itu musim tamu dari Australia, dll.

      Demikian Mba Sandra, kalau kurang jelas, silahkan kontak ke BB kami. 763D496F

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: