RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI SOLO

31 Okt

TEMPAT WISATA MENAWAN DI SOLO

 

tempat-wisata-menawan-di-solo-eloratourCandi Cetho atau Ceto salah satu Tempat Wisata Menawan di Solo

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI SOLO

Solo – tanah tumpah darahnya Pak Jokowi, menyimpan Tempat-tempat Wisata MenawanSolo memiliki banyak Tempat Wisata, seperti Wisata Budaya seperti Candi, Museum, Keraton,  dan Solo juga punya Tempat Wisata Alam dengan panorama yang indah serta hawa yang sejuk seperti Tawang Mangu. 

Uniknya, ada Candi di Solo yang bangunannya mirip dengan Piramida Suku Maya di Amerika ?Yuk kita lihat ada apa saja di Daftar Tempat Wisata Paling Menawan di Solo.

 

DAFTAR TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI SOLO


CANDI SUKUH

ImageCandi Sukuh

Candi Sukuh terletak di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.   Candi Sukuh merupakan salah satu candi paling menarik di Asia Tenggara. Candi ini penuh dengan ornamen erotis. Yang unik, bangunan Candi Sukuh mirip dengan piramid Suku Maya di Amerika Tengah.  Yang menarik adalah adanya relief beberapa sosok manusia dalam keadaan polos, tanpa busana sama sekali!  Sesuatu yang cukup mencengangkan jika mengingat budaya timur yang sangat kental dengan norma susila di Indonesia. Ditambah lagi bila mengingat bahwa ini adalah candi, sebuah bangunan yang identik sebagai tempat persembahyangan dan pemujaan dewa. Melongok ke lorong gapura, sesaji bunga dan dupa berada di lantai, dekat sebuah relief lingga dan yoni dalam sebentuk lingkaran rantai.  Kontroversi ini mungkin mengingatkan orang pada Serat Gatholoco yang mengupas tentang falsafah spiritual lingga-yoni.

Satu lagi yang menarik dari Candi Sukuh adalah arsitekturnya yang berbeda. Jika candi-candi lain dibangun dengan bentuk yang menyimbolkan Gunung Meru, maka Candi Sukuh memiliki tampilan yang sangat sederhana dengan bentuk trapesium. Dibangun pada abad XV, beberapa saat sebelum runtuhnya Kerajaan Majapahit, candi ini lebih menyerupai piramida suku bangsa Maya dari Amerika Tengah. Mungkinkah dua suku bangsa berbeda dari dua benua yang berbeda bisa membuat bangunan dengan arsitektur dan desain yang nyaris serupa? Ataukah memang ada pengaruh dari suku Maya dalam pembangunan Candi Sukuh pada masa pemerintahan Raja Brawijaya ini?

Jadwal Buka
Senin – Minggu pk 08.00 – 17.00 WIB

 

CANDI CETHO

Image
Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Desa Ceto, Kecamatan Jenawi, Karanganyar.  Berbeda dengan candi-candi lainnya, candi Hindu ini terkesan misterius dan sangat kental aura spiritualnya. Selain menjanjikan ketenangan dan keindahan pemandangan, perjalanan ke Candi Cetho adalah sebuah tantangan keberanian dan uji nyali tersendiri.

Dalam bahasa Jawa, cetho berarti jelas atau jernih. Berada pada ketinggian 1400 meter di lereng Gunung Lawu, Candi Cetho hanya bisa dicapai melalui jalan aspal sempit, menanjak curam dan berkelok-kelok. Rasa was-was dan takut akan terbayar lunas begitu sampai di kompleks candi. Sejuknya udara pegunungan dan indahnya pemandangan alam akan menjadi teman setia menjelajahi Candi Cetho.

Sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa, candi Cetho dihiasi dengan arca phallus yang menjadi symbol Siwa. Terdapat juga patung Brawijaya V serta penasehatnya dan susunan batu berbentuk lingga dan yoni berukuran dua meter. Bangunan utama berbentuk trapesium berada di teras paling atas. Sampai saat ini Candi Cetho masih dipergunakan oleh penduduk sekitar sebagai tempat beribadah. Mereka meletakkan sesajen di arca-arca kemudian naik ke teras tertinggi untuk ritual keagamaan. Harum bunga sesaji dan dupa ditambah dengan kabut yang sering turun menyelimuti area candi memberi kesan mistis.

Jadwal Buka
Senin – Minggu pk 09.00 – 17.00 WIB

 

MUSEUM MANUSIA PURBA SANGIRAN

Image
Museum Manusia Purba Sangiran.

Museum Manusia Purba Sangiran, terletak di Desa Sangiran, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen.  Situs Manusia Purba Sangiran berawal ketika pada tahun 1930an seorang antropologis Jerman bernama Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald menemukan fosil-fosil manusia purba di Sangiran. Penemuan fosil-fosil dalam penggalian dan penelitian ini menguatkan teori adanya evolusi manusia dari manusia kera hingga menjadi manusia seperti saat ini. Paling tidak ditemukan fosil dari 5 jenis manusia purba yang berbeda. Penemuan ini sangat mencengangkan dan menjadi kunci utama dalam perkembangan teori evolusi manusia. Sangiran menjadi situs yang menyumbangkan hampir 50% dari penemuan fosil manusia pra sejarah di dunia.

Tak hanya manusia dan kehidupan pra sejarah, di Situs Manusia Purba Sangiran ditemukan juga fosil makhluk bawah laut sehingga menimbulkan teori bahwa Pulau Jawa terangkat dari dasar laut jutaan tahun yang lalu. Bahkan pada tahun 1980an, para ilmuwan digemparkan dengan penemuan fosil utuh seekor mammoth dengan tinggi 4 meter. Fosil ini sekarang disimpan di Museum Geologi Bandung. Karena kontribusi terhadap dunia arkeologi, antropologi, geologi dan ilmu pengetahuan yang begitu besar, UNESCO menetapkan Sangiran sebagai Warisan Kebudayaan Dunia ke 593 pada 5 Desember 1996 di Merida, Meksiko. Kemudian dibangunlah Museum Manusia Purbakala untuk menyimpan dan memamerkan fosil-fosil yang ditemukan.

Jadwal Buka
Selasa – Minggu pk 08.00 – 16.00 WIB

 

KERATON SURAKARTA HADININGRAT

Image

Kraton Surakarta Hadiningrat atau yang kemudian lebih dikenal sebagai Kraton Kasunanan Surakarta telah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Kraton ini adalah “penerus” dari Kerajaan Mataram Islam. Setelah berganti-ganti pusat pemerintahan mulai dari Kotagede, Pleret hingga Kartasura, pemberontakan kuning oleh etnis Tionghoa memaksa Mataram untuk memindahkan Kratonnya ke Desa Sala. Konflik internal dan campur tangan Belanda kemudian memaksa kerajaan ini pecah menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta pada tahun 1755 melalui perjanjian Giyanti.

Perjalanan diawali dari gerbang Kraton paling utara yaitu gapura Gladag. Gapura ini dijaga oleh dua arca Dwarapala bersenjata gada. Layaknya gaya khas sebuah tata kota tua, Kraton Kasunanan Surakarta terletak dalam satu kompleks dengan Alun-Alun dan Masjid Agung. Sebuah pendapa terbuka besar berdiri megah tepat di seberang alun-alun, sementara bangunan utama kraton berada di belakangnya. Di dalam bangunan utama ini terdapat sebuah museum yang dulunya merupakan kompleks perkantoran pada jaman Paku Buwono X.  Bangunan ini terbagi atas 9 ruang pameran yang berisi aneka macam benda dan pusaka peninggalan Kraton, hingga diorama kesenian rakyat dan upacara pengantin kerajaan lengkap dengan berbagai macam peralatannya.

Jadwal Buka
Senin – Kamis pk 09.00 – 14.00 WIB
Sabtu – Minggu pk 09.00 – 13.00 WIB

 

KOMPLEK MAKAM ASTANA GIRI BANGUN

Image

Kompleks Makam Astana Giribangun di lereng barat Gunung Lawu, tepatnya di Desa Karangbangun, Matesih, Karanganyar sangat megah dan luas. Makam di atas sebuah bukit itu dibangun tepat di bawah Astana Mangadeg, kompleks pemakaman para penguasa Pura Mangkunegaran Surakarta. Jika Astana Mangadeg berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut (dpl), Giribangun pada 666 meter dpl. Bukan tanpa alasan kenapa lokasi kedua kompleks makam itu bersebelahan, mengingat Ibu Tien Soeharto selama ini mengaku keturunan Mangkunegoro III.

Kompleks makam Astana Giribangun terdiri dari tiga bagian. Yakni Cungkup Argosari, Cungkup Argokembang, dan Cungkup Argotuwuh. Cungkup Argosari seluas 81 meter persegi merupakan Bangunan utama dan berada di dalam ruangan tengah. Bangunannya dilindungi cungkup rumah bentuk joglo beratap sirap dengan dinding rumah dari kayu berukir.

 

 

MUSEUM BATIK KUNO DANAR HADI

Image

Museum Batik Kuno Danarhadi dikenal juga sebagai Museum Batik Danarhadi.  Didorong oleh kecintaannya terhadap batik, Haji Santosa Doellah, pemilik usaha Batik Danarhadi ini mengumpulkan batik dari seluruh penjuru negeri. Hingga kini koleksinya sudah mencapai lebih dari sepuluh ribu lembar kain batik kuno, 600 di antaranya dipamerkan di Museum Batik Danarhadi.

Ruang galeri dipenuhi dengan koleksi Batik Kraton, baik Kraton Surakarta, Mangkunegaran, Yogyakarta, maupun Pakualaman. Motif batik dari keempat kraton ini hampir sama, hanya modifikasi motif dan cara pemakaiannya saja yang berbeda. Ada pula koleksi yang disebut dengan Batik Tiga Negeri. Batik yang menggunakan tiga warna yaitu merah, biru, dan coklat ini ternyata dibuat di tiga tempat yang berbeda. Pemberian warna merah dikerjakan di Lasem, warna biru di Pekalongan, sementara warna coklat di Solo.

Koleksi Batik lain yang bisa dinikmati di Museum Batik Kuno Danarhadi  adalah Batik China, Batik Jawa Hokokai (batik yang terpengaruh oleh kebudayaan Jepang), Batik Pesisir (Kudus, Lasem, Pekalongan), Batik Sumatra, Batik Saudagaran, Batik Petani, Batik Kontemporer, dan berbagai jenis batik lainnya. Salah satu yang menarik perhatian adalah Batik Cirebon. Selain pengaruh China, jenis batik ini memiliki motif-motif sayap yang menunjukkan pengaruh budaya Hindu dari Kerajaan Mataram Kuno.   Ada pula beberapa koleksi batik kuno dengan motif unik yang terinspirasi oleh cerita rakyat ataupun cerita legenda. Salah satunya adalah motif Snow White. Batik ini dibuat dengan motif berupa gambar-gambar yang bertutur tentang cerita Snow White.

Jadwal Buka
Senin – Minggu pk 09.00 – 16.30 WIB

 

KAMPUNG BATIK LAWEYAN

Image 

Laweyan, sebuah kampung tua yang memiliki sejarah lebih panjang daripada Surakarta sendiri. Sudah ada sejak jaman Kerajaan Pajang pada abad XIV, Laweyan dulu adalah pusat perdagangan pakaian. Nama Laweyan berasal dari kata “lawe”, berarti benang dari kapas yang dipintal. Seorang sesepuh desa bernama Kyai Ageng Henis adalah orang yang bisa dibilang paling berjasa bagi kemajuan daerah ini. Beliau tidak hanya mengajarkan ilmu agama, namun juga mengajarkan ilmu dan seni membatik pada masyarakat sekitar. Seni batik ini terus berkembang pesat hingga sekarang.

Memasuki kampung Laweyan, hampir seluruh rumah penduduk yang umumnya berukuran besar dan megah merangkap fungsi sebagai showroom batik. Mulai dari batik seharga puluhan ribu hingga jutaan rupiah bisa dibeli disini. Beberapa tempat bahkan menawarkan kesempatan untuk melihat langsung proses pembuatannya. Bagi yang ingin belajar membatik, jangan khawatir karena ada paket kursus singkat yang juga tersedia di Kampung Batik Laweyan.

 

PASAR KLEWER

Image

Pasar Klewer merupakan pasar batik terbesar di Indonesia, sangat sayang jika dilewatkan, terutama bagi pecinta wisata belanja. Mulai dari batik cap kain katun seharga belasan ribu, hingga batik tulis sutra seharga jutaan rupiah tersedia disini.

Jadwal Buka
Senin – Minggu pk 09.00 – 16.30 WIB

 

PASAR BARANG ANTIK WINDUJENAR ( PASAR TRIWINDU )

Image

Pasar Windujenar adalah salah satu pasar barang antik yang populer di Pulau Jawa.  Persis di depan pintu masuk pasar, Anda akan disambut oleh patung laki-laki dan perempuan Jawa sedang duduk bersila di atas panggung batu.  Menyusuri lorong-lorong Pasar Windujenar yang penuh dengan aneka barang-barang antik yang bertaburan di kanan kirinya, akan membuat kita merasa berada di surga barang antik. Aneka koleksi kain batik, uang dan koin kuno, cap batik, gramofon tua dari Eropa, wayang-wayang yang terlukis di papan kayu tua, sepeda dari tahun 1930an, hingga berbagai benda yang diklaim sebagai fosil makhluk purba dari Sangiran bisa ditemukan disini. Tidak ketinggalan pula lukisan-lukisan tua, lampu minyak, patung-patung Budha, hingga setrika arang. Tidak hanya itu saja, Pasar Barang Antik Windujenar atau juga dikenal sebagai Pasar Triwindu ini juga akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para kolektor dan penggila otomotif karena bisa mendapatkan onderdil langka yang sudah tidak diproduksi lagi.

Harap teliti !
Tidak semua barang yang dijual di Pasar Triwindu merupakan barang yang benar-benar antik. Sebuah barang yang diklaim penjualnya berusia ratusan tahun mungkin saja baru dibuat beberapa minggu lalu. Namun jika beruntung, Anda bisa mendapatkan pusaka yang dulunya adalah milik kraton. Berbagai spekulasi berkembang mengenai keberadaan benda-benda milik kraton di pasar ini. Namun pihak kraton mengatakan bahwa benda-benda itu kemungkinan adalah benda yang dihadiahkan pada abdi dalem dan kemudian dijual, atau didapatkan oleh orang yang membeli dari kerabat kraton. Berbelanja di Pasar Triwindu sungguh membutuhkah ketelitian dan keahlian tawar-menawar, jadi jangan ragu untuk menawar setengah harga.

Jadwal Buka
Senin – Minggu pk 09.00 – 16.00 WIB

 

TAWANGMANGU

Image

Tawangmangu menawarkan keindahan alam dan kesejukan lereng Gunung Lawu. Menikmati hamparan persawahan pagi hari yang berkabut atau mencicipi sate kelinci sebagai salah satu kuliner khas di kawasan hulatan lindung Grojogan Sewu akan membuat Anda ketagihan.

ImageGrojogan Sewu

  Image
Worta, Wortel Tawangmangu – instan, tinggal di seduh dengan air.

Suasana pagi Tawangmangu sangat indah dan eksotik. Udara dingin khas pegunungan dan kabut dari puncak gunung yang menyelimuti memberikan aura keindahan tersendiri. Berjalan-jalan sambil menikmati indahnya areal persawahan, melihat aktivitas penduduk di pagi hari, ataupun menjelajahi pasar sangat manjur untuk menghilangkan penat dari kesibukan sehari-hari. Tawangmangu juga populer dengan produksi sayur dan buah-buahan segar. Sawah-sawah yang ditanami sawi, wortel, lobak, strawberry, dan aneka hasil bumi lainnya membentang dimana-mana.  Salah satu oleh-oleh yang bisa Anda borong adalah “Worta” – Wortel Tawangmangu, hasil karya sahabat saya Petani di sana, sudah dalam bentuk serbuk instant, tinggal seduh dengan air hangat.  Nikmat diminum hangat maupun dingin, dan tentu berkhasiat menyehatkan mata Anda.

Sebuah air terjun setinggi 81 meter yang terletak di kawasan ini. Grojogan Sewu yang berarti “seribu air terjun”, air terjun ini terletak di dalam sebuah kawasan hutan lindung seluas 20 ha. Area wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas flying fox, arung jeram kecil, duta playground dengan pemancingannya, dan arena outbond dengan taman lalu lintas dan kereta pohon. Tak hanya manusia, ribuan kera juga betah berlama-lama di sini. Mereka berkeliaran dengan bebas tanpa rasa takut pada manusia. Meskipun nampak jinak, namun kita harus tetap waspada karena sewaktu-waktu mereka bisa tiba-tiba mengambil tas ataupun barang bawaan lainnya.   Tips supaya pengunjung tidak diganggu oleh monyet-monyet liar itu salah satunya dengan mendekap barang bawaan seperti tas di dada.

 

Jadwal Buka
Senin – Minggu pk 08.00 – 16.00 WIB
Idul Fitri pk 06.00 – 18.00 WIB

 

PASAR MALAM KOTA SOLO

 

PASAR MALAM GALABO

  pasar malam galabo

Galabo merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan, diresmikan sebagai Pusat Jajanan Malam oleh Joko Widodo, sewaktu beliau menjabat sebagai Wali Kota Solo. Terletak di Jalan Mayor Sunaryo atau sisi selatan benteng Vastenburg.

 

PASAR MALAM NGARSAPURAN

pasar malam ngarsapuran

Pasca Revitalsiasi Kawasan Ngarsapuran yang berada di jalan Diponegoro Solo diiproyeksikan jadi sebuah pasar malam. dengan letaknya yang strategis, antara Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Ronggo warsito , diharapkan Pasar malam Ngarsapuran bisa menjadi icon wiasta baru kota bengawan. NIlai lebih pasar malam ini adalah dekat dengan pasar antik windu jenar, pasar elektronik dan Pura mangkunegaran. Menurut rencana night market yang buka mulai pukul 17.00 hingga pukul 22.00 tersebut akan dihuni 344 pedagang yang dipayungi 86 tenda.

 

Demikian Sahabat elora artikel TEMPAT WISATA MENAWAN DI SOLO, semoga bermanfaat.

Trimakasih sudah mampir ke blog elora, jangan lupa like & share ya Guys 🙂

 

Salam Wisata Indonesia 🙂

 

SUMBER :

Wisata.kompasiana.com; dishubkominfo.surakarta.co.id; Kostgriyamas.com; Solo.yogyes.com; keraton.surakarta.info; rajakamar.com; http://www.tripadvisor.co.id; http://www.teropongbisnis.com; merdeka.com; nexttriptourism.com; metrotvnews.com; traveldetik.com; candi1001.blogspot.com; forkishe.blogspot.com; aishapurnama.blogspot.com; agrodev.blogspot.com       

 

Save

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Oktober 2013 in WISATA JAWA TENGAH

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: