RSS

DATARAN TINGGI DIENG YANG MENAWAN

30 Okt

DATARAN TINGGI DIENG YANG MENAWAN

 ImageGapura Pintu Masuk Komplek Wisata Dataran Tinggi Dieng

PANORAMA ALAM DATARAN TINGGI DIENG YANG SANGAT MENAWAN

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.  Nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu  “Di”  yang berarti tempat yang tinggi dan ”Hyang” yang artinya tempat para Dewa Dewi. Diartikan kemudian sebagai tempat kediaman para dewa dan dewi.Ada juga yang mengartikannya dari bahasa Jawa yaitu “adi” berarti indah, berpadu dengan kata “aeng” yang artinya aneh.

Penduduk setempat kadang mengartikan Dieng sebagai tempat yang indah penuh dengan suasana spiritualDataran Tinggi Dieng sungguh Mempesona, bagaikan negeri di atas awan.Terhampar di ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut membuat udara di Kawasan Dataran Tinggi Dieng terasa sejuk dan menyegarkan serta ditutupi kabut tebal. Karena keindahannya yang menakjubkan inilah diyakini bahwa Dieng dipilih sebagai tempat yang sakral dan tempat bersemayamnya dewa dewi.

 

7 TEMPAT WISATA DI DATARAN TINGGI DIENG DENGAN PANORAMA YANG SANGAT MENAWAN

Dataran Tinggi Dieng memiliki 7 tempat wisata dengan panorama alam yang sangat menawan yang wajib untuk dikunjungi, yaitu : 

  1. Bukit Sikunir,

  2. Telaga Warna,

  3. Kawah Dieng,

  4. Sumur Jalatunda,

  5. Candi Dieng,

  6. Telaga Cebong, dan

  7. Telaga Balekambang,

 

1.  BUKIT SIKUNIR, DIENG, JAWA TENGAH

Bukit Sikunir Dieng Jawa Tengah eloratourGolden Sunrise di Bukit Sikunir, Dieng, Jawa Tengah.  Sumber: di sini

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa, terletak di ketinggian 2400 mdpl.  Salah satu bukit di Dataran Tinggi Dieng ini terkenal dengan Golden Sunrise-nya, yang  merupakan salah satu spot menikmati sunrise terbaik di dunia.

dieng7

Dari puncak Bukit Sikunir, wisatawan dapat menikmati 5 puncak gunung di Jawa Tengah, yakni: Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Ungaran. Di sebelah kiri bukit adalah “gunung kembar” yakni gunung Sindoro dan Sumbing, sedangkan dari arah tenggara ada gunung Merapi dan Merbabu.  Selain menikmati panorama gunung tadi, dari ketinggian Bukit Sikunir wisatawan juga bisa melihat keindahan panorama Danau Cebong, yang semakin memukau saat matahari keluar dengan utuh. Hijaunya perkebunan menambah cantiknya pemandangan dari Bukit Sikunir.

Untuk menuju ke Bukit Sikunir ini ada dua alternatif, yang pertama dengan cara trekking dari Dataran Tinggi Dieng dengan jarak sekitar 8 km.  Alternatif yang kedua menggunakan sepeda motor menuju Desa Sembungan dilanjutkan jalan kaki sekitar 800 m.

 

2.  TELAGA WARNA, DIENG, JAWA TENGAH

 

Telaga Warna Dieng eloratourWarna warni Air Telaga Warna Dieng.  Sumber : di sini

Telaga Warna Dieng merupakan salah satu landmark wisata Dieng Wonosobo. Nama “Telaga Warna“berasal dari warna air telaga yang memiliki warna berbeda-beda, dari warna hijau, biru laut dan putih kekuningan. Secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga tersebut karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

Image

Di tepian Telaga Warna, terdapat balkon yang dapat digunakan untuk duduk bersantai menikmati keindahan telaga ini.

 

3.  KAWAH DIENG, JAWA TENGAH

 

Kawah Sikidang Dieng eloratourKawah Dieng, sumber : di sini

Kawah Dieng yang memiliki panorama yang menawan ada 3, yaitu Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri yang masih aktif.  Disebut Kawah Sikidang karena kolam magma di kawah ini sering berpindah-pindah seperti kidang, bahasa Jawa untuk hewan kijang. Gejolak magma di kawah ini juga cukup tinggi, antara setengah hingga satu meter.  Kawah Sikidang merupakan kawah yang menjadi destinasi andalan di Kawasan Wisata Dieng, berjarak sekitar 7 km dari kawasan wisata utama Dieng.

Nama Candradimuka memang sudah tidak asing ditelinga kita, yakni nama kawah dalam cerita pewayangan, yang merupakan tempat Gatotkaca digodok hingga memperoleh kesaktian mandraguna otot kawah tulang besi itu menjadi nama yang diberikan pada kawah yang berada di Desa Pekasiran Batur Banjarnegara.  Kawah Candradimuka hingga kini masih dalam keadaan aktif. Lokasi Kawah Candradimuka memungkinkan para wisatawan bisa melihat aktivitas kawah dari berbagai sisinya.

dieng2
Kawah Candradimuka
diambil dari cerita legenda pewayangan, terletak sejauh 6 km dari pusat wisata Dieng.

Kawah Sileri merupakan salah satu kawah terbesar di dataran tinggi Dieng dengan luas sekitar 4 hektar. Kawah Sileri masih masih mengepulkan asap putih.  Diberi nama Sileri karena warna air kawah ini putih dan aromanya seperti air leri — air bekas mencuci beras dalam Bahasa Jawa. Dapat dicapai dengan menempu perjalanan sejauh 7 km dari kawasan wisata utama Dieng.

 

4.  SUMUR JALATUNDA, DIENG, JAWA TENGAH

 

Sumur Jalatunda Dieng eloratourSumur Jalatunda, Dieng.  Sumber: di sini

Sumur Jalatunda berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur, Kabupaten Banjarnegara, kurang lebih sekitar 12 km di sebelah barat lokasi utama wisata Dieng.  Sumur Jalatunda ini dulunya adalah sebuah rekahan kawah yang kemudian digenangi air.  Berbentuk ceruk dengan diameter 90 meter dan kedalaman lebih dari 200 meter, mirip sumur, sehingga diberi nama Sumur Jalatunda.

Untuk mencapai Sumur Jalatunda ini, wisatawan harus menyiapkan fisik untuk menaiki tangga sebanyak 257 anak tangga. Pada anak tangga terakhir, kita akan menemukan tumpukan kerikil beralaskan karung beras.  Aneh bukan ?  Menurut mitos masyarakat setempat, barang siapa yang dapat melempar kerikil dari seberang sumur ke seberang yang berlawanan, maka harapannya bisa terkabul.  Banyak wisatawan yang mencoba peruntungannya dengan melempar batu kerikil yang dijual seharga seribu rupiah itu.

 

5.  CANDI DIENG, JAWA TENGAH

 

Candi Dieng eloratourCandi Dieng.  Sumber: di sini

Kawasan Dieng memiliki banyak candi-candi  kecil yang dinamai tokoh-tokoh cerita epik Mahabrata seperti Bima, Gatot kaca, Arjuna dan Srikandi. Diyakini bahwa candi-candi ini dulu digunakan sebagai tempat tinggal para pendeta yang menyebarkan ajaran Hindu.

Image

dieng1

Candi merupakan simbol kepariwisataan di Dieng, sekaligus membuat Dieng menjadi tempat yang sakral.

 

6. TELAGA CEBONG, DIENG, JAWA TENGAH

 

Telaga Cebong Dieng Jawa Tengah eloratourTelaga Cebong, Dieng, Jawa Tengah.  Sumber: di sini

Telaga Cebong berlokasi di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.  Sebuah desa kecil seluas 2,65 km², dan dihuni sekitar 1400 jiwa. Dinamai Telaga Cebong karena dulu ditemukan banyak anak katak (kecebong) di tepian danau tersebut. Dari bentuknya pun Telaga Cebong agak mirip dengan kecebong.

Image  dieng 3

Tidak seperti kondisi air Telaga Warna yang tercampur belerang, air Telaga Cebong bersih dan jernih, sehingga selain dijadikan tempat wisata Telaga Cebong sejak dahulu sudah dimanfaatkan airnya untuk irigasi pertanian penduduk. Kedalaman telaga ini hanya berkisar 2-4 meter.  Telaga Cebong atau juga sering disebut dengan Telaga Anak Katak selain sebagai salah satu tujuan wisata, juga di manfaatkan masyarakat setempat untuk pengairan lahan pertanian berupa tanaman sayur mayur.  Telaga Cebong masih sangat alami, pada waktu pagi hari disekitar Telaga Cebong masih terdengar suara kokok ayam hutan, yang menandakan terbitnya matahari. Selain itu di Telaga Cebong hidup beragam jenis ikan dari berbagai ukuran.  Hal ini menjadi daya tarik tersendiri obyek wisata Telaga Cebong.

Jalur akses yang masih cukup sulit menyebabkan Telaga Cebong belum begitu mendapat perhatian para wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi Dieng. Namun kondisi tersebut justru merupakan surga bagi para pecinta alam sejati, sebab akan menjadi lokasi kemah yang amat spesial.  Telaga ini berada di bawah bukit Bukit Sikunir, jadi bagi kalian yang menyaksikan golden sunrise dari Bukit Sikunir, jangan lupa untuk menikmati panorama cantika Telaga Cebong dari atas sana.

 

Satu Lagi Keistimewa Dataran Tinggi Dieng Yang Mempesona

Satu lagi keistimewaan yang dimiliki Dataran Tinggi Dieng, yakni merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati langit malam bertabur bintang.  Di sana kita dapat menyaksikan kerlip jutaan bintang-bintang di langit di atas Dieng, dari sela-sela Candi Arjuna, di atas Bukit Sikunir, atau di Gunung Prau.

 

Akses ke Dataran Tinggi Dieng

Cara termudah untuk sampai ke dataran tinggi Dieng ialah dengan mengendarai mobil. Dieng berada di Jawa Tengah, berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Yogya atau hanya 25 km dari Wonosobo. Siapapun dapat menyambangi wilayah yang indah ini bahkan dengan transportasi umum.  Jika Anda menggunakan transportasi umum maka Anda dapat menggunakan bus dari Yogya ke Magelang dan ke Wonosobo. Dari Wonosobo, gunakanlah minibus menuju Desa Dieng. Kawasan Dieng dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari Desa Dieng. Jika Anda mengendarai mobil, maka Anda dapat parkir di tempat sekitarnya.

 

Akomodasi Di Dataran Tinggi Dieng

Jika Anda ingin tinggal di desa sekitar Dieng, ada banyak losmen kecil dan hotel di sini. Anda juga dapat tinggal di rumah penduduk yang dapat disewa dengan harga relatif murah.

 

 

Demikian Sahabat Elora, yang dapat kami informasikan mengenai DATARAN TINGGI DIENG YANG MENAWAN,  Semoga bermanfaat untuk perencanaan liburan Anda.

Trimakasih sudah mampir ke blog eloratour Guys,  Jangan lupa like & share  ya  🙂

 

SUMBER :

http://id.wikipedia.org/wiki/Dieng
http://indonesia.travel/id/destination/450/dataran-tinggi-dieng
http://www.kaskus.id; coretanpetualang.wordpress.com
http://www.flickr.com; uniqpost.com; inloveindonesia.com

Save

Save

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Oktober 2013 in WISATA JAWA TENGAH

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: