RSS

11 TEMPAT WISATA ALAM INDONESIA YANG SANGAT MENAWAN

30 Okt

11 TEMPAT WISATA ALAM INDONESIA YANG SANGAT MENAWAN

lokasi-alam-paling-menawan-di-indonesia-eloratour

 

11 TEMPAT WISATA DI INDONESIA DENGAN ALAM YANG SANGAT MENAWAN

Sahabat elora, kali ini elora membuat ulasan singkat tentang Tempat Wisata Alam Indonesia yang sangat Menawan.  Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia Indonesia memiliki ribuan pulau, dengan keindahan yang khas menawan, yang membuat dunia terkagum-kagum dan berbondong-bondong datang berkunjung.

Pulau-pulau nusantara itu dirangkai oleh lautan, sehingga Indonesia memiliki keindahan alam bahari dan kontinental sekaligus.  Indonesia memiliki Lokasi Pantai dan laut nan cantik menawan, dipadu dengan gunung dan lembah yang hijau menawan.  Untuk itu eloratour mencoba menuliskan Daftar Lokasi Alam Indonesia yang memiliki Panorama sangat Menawan

 

DAFTAR 11 TEMPAT WISATA DI INDONESIA DENGAN PANORAMA ALAM YANG SANGAT MENAWAN

Dari Daftar Tempat Wisata Alam di Indonesia dengan Panorama yang sangat Menawan kira-kira ada Obyek Wisata Alam Indonesia mana saja yang termasuk di dalamnya ?!  Yuk kita cek satu per satu dari 11 Obyek Wisata Alam Indonesia dengan panorama yang sangat menawan.

 

1.  Danau Toba di Sumatera Utara

 

Image

Danau Toba konon terbentuk dari letusan gunung berapi purba, memiliki ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, adalah danau vulkanik terbesar di dunia.  Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

 

2. Gunung Anak Krakatau di Lampung

Image

Anak Gunung Krakatau merupakan gunung berapi yang masih aktif, berlokasi di Selat Sunda, yakni selat antara Pulau Jawa dan Sumatra.  Gunung Krakatau dikenal dunia, karena letusan dasyatnya pada tahun 1883, yang menyebabkan gelombang tsunami dasyat yang melemparkan kapal-kapal nelayan hingga ke Provinsi Lampung (sekitar 100 km), dan abu vulkanisnya  konon mencapai Benua Eropa.

.

3. Gunung Bromo di Jawa Timur

Image

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur.  Dari puncak Bromo terlihat gunung Batok, Pura Luhur Poten dan hamparan padang pasir, benar – benar great view.   Artikel lebih lengkap mengenai Gunung Bromo, dapat dibaca di sini : Gunung Bromo yang Menawan

.

4. Kawah Gunung Ijen di Jawa Timur

Image

Kawah Gunung Ijen terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur.  Keindahan kawah Ijen yang berwarna hijau toska berpadu dengan langit cerah kebiruan dan hutan hijau seklilingnya yang masih asri.    Saat pagi hari kabut tebal masih menyelimuti pepohonan, menghadirkan suasana yang sejuk dan pemandangan yang sangat eksotis.  Di perjalanan kita juga akan berpapasan dengan penambang belerang yang mengangkut belerang di pundaknya.

 

5. Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat

Image

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung favorit para pendaki Indonesia yang sudah terkenal ke mancanegara, dengan keindahannya banyak menarik wisatawan dan pendaki untuk menjejakan kakinya di puncak rinjani. Gunung dengan ketinggian 3.762 m.dpl ini terletak di utara Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ketiga setelah Jayawijaya di Papua dan Kerinci di Sumatera.

6.  Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur

kelimutu

Danau Kelimutu terletak di Puncak Gunung Berapi Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur.  Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan Danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

 

7.  Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur

pulau komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.  Taman Nasional Komodo (TN. Komodo) merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Pulau-pulau tersebut merupakan habitat satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil purba satu-satunya yang tersisa di bumi. Kondisi alamnya unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya (Borassus flabellifer).

 

8.  Pegunungan Jaya Wijaya di Papua

jaya wijaya1

Pegunungan Jayawijaya adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di tengah provinsi Papua Barat dan Papua (Indonesia) hingga Papua Newguinea di Pulau Irian. Sebelum penyatuan Papua Barat ke Indonesia, pegunungan ini dikenal dengan nama Pegunungan Orange. Deretan Pegunungan yang mempunyai beberapa puncak tertinggi di Indonesia ini terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Meski berada di ketinggian 4.800 mdpl, fosil kerang laut, misalnya, dapat dilihat pada batuan gamping dan klastik yang terdapat di Pegunungan Jayawijaya. Karena itu, selain menjadi surganya para pendaki, Pegunungan Jayawijaya juga menjadi surganya para peneliti geologi dunia.

Pegunungan Jayawijaya juga merupakan satu-satunya pegunungan dan gunung di Indonesia yang memiliki puncak yang tertutup oleh salju abadi. Meskipun tidak seluruh puncak dari gugusan Pegunungan Jayawijaya yang memiliki salju. Salju yang dimiliki oleh beberapa puncak bahkan saat ini sudah hilang karena perubahan cuaca secara global.

 

9.  Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara

bunaken

Bunaken adalah lokasi diving terindah di Indonesia yang legendaris. Pulau Bunaken yang terletak d Manado, Sulawesi Utara adalah Kawasan Taman Laut Nasional karena memiliki keanekaragaman hayati yang paling tinggi di dunia dan terletak di Segitiga Terumbu Karang. Ada 20 spot diving d sekitar Pulau Bunaken, namun hanya 12 titik yang paling sering dikunjungi oleh para diver dan pecinta wisata bawah laut.  Pulau Bunaken pernah mencatat rekor baru dalam kategor penyelam terbanyak (2861 penyelam) yang diberi nama “Sail Bunaken” dan mendapat pujian dari para diver di seluruh dunia.

 

10. Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat

pulau-raja-ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua.  Selain wisata bawah air dan pemandangannya yang luar biasa Raja Ampat juga memiliki bekas peninggalan prasejarah dan sejarah yang tidak kalah menariknya, Seperti halnya di kawasan pulau Misool telah ditemukannya peninggalan prasejarah berupa cap tangan yang tertempel di dinding batu karang dan diperkirakan usia cap cap tangan itu berumur 50.000 tahun  yang mana ini menjadi bukti salah satu dari rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia dari kawasan barat Nusantara menuju Papua dan Melanesia, kemudian anda juga bisa menngunjungi sisa pesawat karam bekas peninggalan Perang Dunia II di beberapa tempat penyelaman di kawasan Raja Ampat seperti di Pulai Wai. Akses menuju tempat inipun tidak sulit, akomodasi di kawasan Raja Ampat juga sudah tersedia cukup banyak.

Di Raja Ampat ini anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indahnya, yakni pulau pulau kecil disekitar kepulauan Raja Ampat, pasir pantai yang bewarna putih, air laut yang bewarna biru kehijauan, bukit bukit yang cantik, flora dan fauna seperti merak dan berbagai macama anggrek dan yang paling menakjubkan dari wisata ini adalah wisata alam bawah lautnya yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Di dalam air mata anda akan di manjakan oleh pemandangan bawah laut yang luar biasa, seperti halnya karang karang keras, keanekaragaman flora dan faunanya yang tak terhingga.

 

11. Batu Gigi Hiu di Lampung

batu-gigi-hiu-tempat-wisata-alam-menawan-di-lampung-eloratour

Batu Gigi Hiu atau Batu Layar terletak di Kelumbayan, Tanggamus, Lampung.  Pantai Batu Gigi Hiu memiliki panorama yang menawan berupa gugusan karang yang tinggi menjulang dengan bentuk runcing seperti gigi hiu.  Batu karang di pantai Gigi Hiu sebagian lagi berbentuk lebih lebar seperti layar terkembang.

Tempat Wisata Alam Batu Gigi Hiu sudah amat dikenal dikalangan pecinta fotografi.  Panorama sunset di Pantai Batu Gigi Hiu yang sangat menawan terlalu sayang dika tidak diabadikan di kamera sahabat eloratour.

 

Demikian Sahabat elora, artikel tentang 11 Tempat Wisata Alam Indonesia yang Sangat Menawan, semoga Anda senang membacanya.

Trimakasih udah mampir ke blog elora Guys, jangan lupa like & share ya … 🙂

 

Salam Wisata Indonesia

Home  : ELORATOUR – BLOG WISATA INDONESIA

SUMBER :

Meja-kotak.blogspot.com; http://www.merdeka.com; balibackpacker.blogspot.com.; luxcu.com; kompas-travel.com.; mendakigunungrinjani.blogspot.com., wikipedia.org; ranselkosong.com.; bonaaguskalesara.wordpress.com.; ainzacha.blogdetik.com.; cerita.kbatur.blogspot.com., http://www.lihat.co.id/wisata/pantai-gigi-hiu-lampung.html., https://www.wisatania.com/pantai-karang-gigi-hiu-di-pegadungan-batu-layar-lampung.

 

Save

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Oktober 2013 in WISATA INDONESIA

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: