RSS

WISATA GOA PALING MENAWAN DI INDONESIA

29 Okt

WISATA GOA PALING MENAWAN DI INDONESIA

wisata-goa-paling-menawan-di-indonesia

 

OBYEK WISATA GOA PALING MENAWAN DI INDONESIA

Bagi Anda yang suka wisata alam, khususnya menyusuri keindahan Goa, berikut ini kami sajikan artikel tentang Goa di Indonesia dengan pemandangannya yang menawan.  Bahkan ada Goa di Indonesia yang diakui sebagai Goa Paling Menawan di Asia.

DAFTAR GOA DI INDONESIA DENGAN PANORAMA PALING MENAWAN

Dalam Daftar Goa di Indonesia dengan panorama, terdapat 9 Goa di Indonesia yang panoramanya paling menawan 

1. Goa Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah

Goa-Jatijajar

Goa Jatijajar berlokasi di Kebumen Jawa Tengah, sekitar 21 KM dari Gombong. Goa Jatijajar ini dikaitkan dengan cerita legenda ” Lutung Kasarung”, maka di dalam goa ada patung-patung yang menggambarkan kisah tersebut. Dinamakan Jatijajar karena adanya dua pohon jati kembar yang tumbuh berjajar di mulut Goa tersebut, sehingga disebut “JATIJAJAR“.

 

2. Goa Gong di Pacitan, Jawa Timur

goa gong 2

Goa Gong diklaim sebagai goa terindah di Asia Tenggara. Di dalam Goa Gong Anda dapat menyaksikan berbagai macam tonjolan batuan (stalaktit/stalakmit) yang sangat menarik dan proses terjadinya secara alami. Goa ini terletak di area pegunungan, tepatnya di dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, 37 KM ke arah barat Kota Pacitan, dimana Goa Gong ini dikelilingin oleh beberapa deretan gunung, diantaranya : Gunung Mayar, Gunung Gede, Gunung Karang Pulut dan Gunung Gugrah.

 

3. Goa Istana Maharani di Tuban, Jawa Timur

goa maharani

Goa Istana Maharani ini letaknya sangat strategis dan menarik karena terletak di dekat pantai kurang lebih 500 m dan berada di tepi jalan Gresik-Tuban tepatnya di kecamatan Paciran Lamongan. Salah satu keajaiban alam berupa gua istana maharani yang menyimpan keindahan alam lebih spesifik dan unik diatas rata-rata gua wisata yang lain.

 

4. Goa Pindul di Gunung Kidul, Yogyakarta

goa pindul

Goa Pindul ( Pindul Cave ) terletak di Padukuhan (Dusun) Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS: S7°55’42” E110°38’53”. Desa Bejiharjo merupakan salah satu Desa Wisata di Kabupaten Gunungkidul yang berhasil menyabet predikat sebagai De sa Wisata Terbaik Nasional Tahun 2012 dan mendapat penghargaan dari Kemenparekraf.  Salah satunya berkat keberadaan Obyek Wisata Goa Pindul.

 

5. Goa Ngalau Indah di Sumatera Barat

ngalau-indah-6

Ngalau Indah adalah nama sebuah goa yang berada di lereng perbukitan yang terdapat di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Objek Wisata Ngalau Indah dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi darat. Dari kota Padang ke Payakumbuh, perjalanan ditempuh sekitar 3 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Di dalam Goa Ngalau Indah terdapat batu stalagmit dan stalagtit yang terbentuk dari proses endapan kapur yang berlangsung ratusan tahun. Kedua jenis batu tersebut mempunyai ukiran beraneka macam bentuk, dengan ornamen-ornamen yang menakjubkan, seperti: ruang kamar tidur, kursi, kelambu dan lain sebagainya.

 

6. Goa Putri di Sumatera Selatan

goa putri

Goa Putri adalah tujuan wisata terkemuka di Provinsi Sumatera Selatan, terletak 230 kilometer dari Palembang, atau 35 kilometer dari Baturaja, ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Gua ini terletak sekitar satu kilometer dari jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim.  Goa Putri ni penuh dengan stalaktit dan stalagmit. Stalaktit merupakan kalsium karbonat yang menggantung dan membeku di langit-langit gua dan dapat ditemukan di gua kapur.

Stalagmit adalah batuan berbentuk kerucut es yang menghadap ke atas dapat ditemukan di lantai gua. Di Goa Putri, stalaktit dan stalagmit bertemu membentuk pilar yang unik. Gua ini juga memiliki kolam yang airnya berasal dari gua-gua yang airnya berasal dari Sungai Semuhun, yang bermuara di Sungai Ogan.

 

7. Goa Mampu di Sulawesi Selatan

goa mampu

Goa Mampu adalah gua terluas yang berada di Propinsi Sulawesi Selatan, legenda Goa Mampu ini jauhnya kira-kira 140 km dari kota Makassar dalam penambahan untuk stalagmites dan stalagtites terdapat susunan batu yang mirip dengan wujud manusia dan binatang, semuanya memiliki legenda yang nyata.

Goa yang terletak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ini, tidak hanya sekedar Goa. Terlebih bagi masyarakat yang berdiam di sekitar Goa Mampu, demikian nama gua ini. Goa Mampu, sarat dengan cerita legenda yang begitu diyakini dan dipercaya Nyata Adanya. Goa Mampu yang luasnya sekitar 2000 meter persegi, terletak di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe, yang berjarak 34 kilometer dari Watampone, ibukota Kabupaten Bone.

 

8. Goa Pegunungan Lina di Manokwari, Papua Barat

Tim ekspedisi Speolelogi (ahli goa) Prancis menemukan Goa dengan kedalaman mencapai 2000 meter di pegunungan Lina, Kampung Irameba, Distrik Anggi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Ketua tim ekspedisi berkebangsan Prancis, Bruno Thery, dalam laporannya kepada Pemkab Manokwari yang dikutip Antara di Manokwari, Jumat mengatakan, kedalaman gua tersebut mencapai sekitar 2.000 meter, dan merupakan salah satu yang terdalam di dunia.

goa-pegunungan-lina-di-manokwari-eloratour

Berhubung dalam pencarian melalui google search angine saya gagal menemukan foto yang menampakkan panorama bagian dalam goa pegunungan lina ini, maka saya hanya bisa menduga-duga bagaimana eksotisme goa tersebut. Dugaan saya, Goa yang ditemukan itu tidak kalah cantik dengan Goa yang ditemukan di Papua New Guinea, sebagaimana diabadikan oleh Philippe Bence, fotografer dari Perancis.

goa papuanugini

9. Goa Rangko di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Goa Rangko di Manggarai Barat, NTT, eloratour

Goa Rangko terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur kini tengah ramai diperbincangkan di jagad media sosial, khususnya instagram.  Untuk mencapai Obyek Wisata Goa Rangko yang keren ini, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam berkendara dari Labuan Bajo atau dari Bandara Komodo.  Problem klasik obyek wisata baru adalah belum adanya kendaraan umum untuk menuju lokasi.  Selain jalannya yang masih berupa jalan berbatu, untuk ke sana, wisatawan harus sewa mobil atau motor.  etelah sampai desa nelayan yang bernama Rangko, perjalanan dilanjutkan dengan perahu tradisional; dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

 

Demikian Sahabat Elora, artikel tentang GOA-GOA MENAKJUBKAN DI INDONESIA, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian, dalam merencanakan tujuan wisata.

Trimakasih sudah mampir ke blog elora ini, jangan lupa tinggalin komentar dan share artikelnya ya  😀

Happy Traveling … 😀 😀

 

eloratour
Your Travel Partner

 

 

 

SUMBER :
chacaa.blogspot.com; rofiqdoni.blogspot.com; oediku.wordpress.com; indonesiaindonesia.com; kabarsatu.com; blogakses.blogspot.com; buktitinggitourism.blogspot.com; rofara.blogspot.com; goapindul.com; riskylestari.blogspot.com; pancawisatagelbang.blog.com;blog,ub.ac.id; kedaisusu01.blogspot.com; fotografer.net; www. indonesia.travel; kopral80.blogspot.com; cavinglizsea.blogspot.com; http://www.pbhase.com; http://www.kempor.com; wrlov.blogspot.com; http://1000warnaindonesia.blogspot.co.id/2015/11/wisata-papua-barat.html.

Save

Save

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 29 Oktober 2013 in WISATA INDONESIA

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

4 responses to “WISATA GOA PALING MENAWAN DI INDONESIA

  1. ikhsan

    7 Mei 2014 at 20.59

    artikel yang menarik dan bermanfaat.
    kunjungi kami bagi anda yang ingin melakukan berwisata di keindahan alam Sumatra Barat
    salam kenal.
    terima kasih

     
    • eloratour

      8 Mei 2014 at 10.58

      Trimakasih Bung Ikhsan.

      Siap meluncur.
      Semoga Jaya Wisata Nusantara di negeri sendiri.

      Salam Hormat,

       
  2. Raja Jaya

    16 Juli 2015 at 15.37

    2 dari gua diatas sudah pernah saya kunjungi yang lain akan segera saya kunjungi.

     
    • eloratour

      20 Juli 2015 at 20.50

      Sip Mas Raja Jaya,
      Selamat meng-explore keindahan Indonesia 🙂

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: