RSS

TEMPAT WISATA MENAWAN DI JAWA BARAT

28 Okt

Gunung Padang di Jawa Barat, Photo: PaulKijlstra

Terbentang dari pesisir Indramayu di bagian utara hingga Pangandaran di bagian selatan, dari sukabumi di barat sampai Kuningan di ujung timur, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan populasi terpadat di Indonesia. Jawa Barat memiliki banyak Tempat Wisata Menawan serta memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.  untuk itu eloratour mencoba merangkum Obyek Wisata di Jawa Barat agar sahabat elora mudah menetapkan Destinasi Wisata saat liburan. Dari sekian banyak Tempat Wisata di Jawa Barat, berikut ini Daftar Tempat Wisata Paling Menawan di Jawa Barat versi eloratour. 

 

TEMPAT WISATA PALING MENAWAN DI JAWA BARAT

Arung Jeram Sungai Citarik

Sungai Citarik tempat Rafting
Tempat Wisata Menawan di Jawa Barat salah satunya adalah Sungai Citarik.  Pacu adrenalinmu dengan menjajal Arung Jeram di Sungai Citarik, salah satu sungai di Kabupaten Sukabumi yang dijadikan lokasi untuk kegiatan rafting.  Dengan air sungai Citarik yang cukup deras, kita akan dilayani oleh sekitar lima operator arung jeram dengan pemandu yang bersertifikat dan berstandar nasional bahkan internasional.

 

Cukang Taneuh, Green Canyon nya Jawa Barat

Green Canyon Cukang TaneuhGreen Canyon Cukang Taneuh.  Photo: Youkeepustravelng

Tempat Wisata Menawan di Jawa Barat berikutnya adalah Cukang Taneuh.  Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah salah satu primadona wisata di pesisir Selatan Jawa Barat. Di tempat ini, kita dapat menikmati aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang masih meneteskan air. Air terus menerus dikeluarkan di tebing sehingga daerah ini disebut sebagai daerah hujan abadi.

Cukang Taneuh

Pemandangan semakin cantik ketika menyaksikan Air Terjun Palatar yang terdapat dalam Gua Green Canyon Kita dapat berenang di air yang dingin sambil menikmati tebing-tebing tinggi. Untuk mencapai lokasi ini, kita dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh.

 

Kampung Naga

Kampung Naga

Jalan Kampung Naga Rumah Kampung Naga Tugu Kujang Kampung Naga

Tempat Wisata Menawan di Jawa Barat yang satu ini adalah suatu perkampungan tradisional.  Namanya Kampung Naga, secara administratif berada di wilayah Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat. Lokasi Kampung Naga tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Garut dengan kota Tasikmalaya. Kampung ini berada di lembah yang subur, dengan batas wilayah, di sebelah Barat Kampung Naga dibatasi oleh hutan keramat karena di dalam hutan tersebut terdapat makam leluhur masyarakat Kampung Naga.

Kampung Naga di sebelah Selatan dibatasi oleh sawah-sawah penduduk, dan di sebelah Utara dan Timur dibatasi oleh sungai Ciwulan yang sumber airnya berasal dari Gunung Cikuray di daerah Garut. Jarak tempuh dari Kota Tasikmalaya ke Kampung Naga kurang lebih 30 kilometer, sedangkan dari Kota Garut jaraknya 26 kilometer. Untuk menuju Kampung Naga dari arah jalan raya Garut-Tasikmalaya harus menuruni tangga yang sudah ditembok (Sunda sengked) sampai ke tepi sungai Ciwulan dengan kemiringan sekitar 45 derajat dengan jarak kira-kira 500 meter. Kemudian melalui jalan setapak menyusuri sungai Ciwulan sampai ke dalam Kampung Naga.

Kampung Naga terdiri dari 113 bangunan dengan 110 rumah. Ada 108 kepala keluarga di Kampung Naga. Menurut Aki Entang, sejak dahulu, jumlah bangunan hanya sebanyak itu. Kawasan Kampung Naga yang inti hanya seluas satu setengah hektar.  Uniknya semua bangunan menggunakan kayu dan atap dari alang-alang. Di luar kawasan satu setengah hektar tersebut, rumah-rumah diperkenankan dibangun seperti rumah modern dengan seng dan batu bata.Kearifan lokal juga tercermin dari rumah-rumah tersebut. Rumah yang terbuat dari kayu dan dinding bambu tersebut tahan gempa. Saat terjadi gempa di Tasikmalaya beberapa tahun silam, bangunan di Kampung Naga utuh berdiri.

Saat mampir ke kampung Naga ini, mintalah izin untuk masuk ke dalam rumah. Di dalam rumah pun sama uniknya. Dapur yang berada di bagian depan, bersebelahan dengan ruang tamu. Setiap tata letaknya pun berfilosifis.   Misalnya ruang tamu yang lapang tanpa kursi, menandakan bahwa semua orang duduk sejajar. Letak antara rumah yang saling berhadapan pun punya maksud sendiri.  Sampai saat ini, Kampung Naga tak dialiri listrik. Bukan karena tak mendapat jatah dari PLN, tetapi sengaja tak mau dialiri listrik.

Pengunjung yang datang juga dapat melihat secara langsung proses pembuatan beberapa kerajinan tangan dari bambu dan batok kelapa, seperti angklung, camping, sampai aneka wadah. Jangan lupa membeli hasil karya masyarakat setempat. Di bagian depan saat akan masuk ke Kampung Naga, terdapat kolam ikan.   Pengunjung pun dapat melihat langsung proses menumbuk padi dengan lesung dan alu. Atau, coba sendiri sensasi menumbuk padi dengan cara tradisional. Buktikan sejauh mana kekuatan Anda. Jangan lewatkan pula kesempatan membeli beras di Kampung Naga. Tentu saja beras yang dihasilkan adalah beras organik.

Sangat mudah mencapai lokasi Kampung Naga. Dari Jakarta, lebih mudah dicapai melalui Garut. Walaupun Kampung Naga secara administratif berada di Tasikmalaya. Jika menggunakan transportasi umum, dari Jakarta bisa naik bus jurusan Singaparna. Di terminal Kampung Rambutan, pilihan bus adalah bus Karunia Bakti.  Dari pusat kota Garut, perjalanan darat ditempuh sekitar satu jam melewati jalan berkelok dan menanjak khas pegunungan. Arahkan perjalanan menuju Singaparna. Lalu turun di jalan raya yang menghubungkan Garut dan Tasikmalaya.  Cukup bilang ke supir untuk diturunkan di Kampung Naga.

Di area parkir, warung-warung menyambut pengunjung. Sebagai penanda, Tugu Kujang gagah berdiri. Ini bukan sembarang tugu. Tugu setinggi sekitar tiga meter itu memang benar-benar sebuah kujang atau senjata khas masyarakat Sunda yang raksasa.  Tak sekedar sebagai warisan budaya Sunda, Kujang pada Tugu Kujang tersebut terbuat dari hasil leburan senjata-senjata pusaka dari 900 Kerajaan Nusantara.

 

Kawah Putih

Wisata di Kawah Putih      Kawah Putih

Tempat Wisata Menawan di Jawa Barat berikutnya adalah Kawah Putih.  Kawah Putih, kawah tua yang unik, bersembunyi di ketinggian Gunung Patuha.  Bau belerang akan langsung menyambut kita begitu tiba di tebing kawah, menjadikannya sajian yang tak terpisahan ketika mengagumi kawah berwarna hijau muda yang dikelilingi pasir putih serta riak air dalam kawah yang bertabur asap tipis.

Sesekali, letupan lumpur hidup, menjadi sebuah atraksi alam yang tiada duanya. Sebagai tambahan, warna air Kawah Putih selalu berubah-ubah bila terkena sinar matahari.

 

Pantai Pelabuhan Ratu

pantai pelabuhan ratu jawa barat

Tempat Wisata Menawan di Jawa Barat yang satu ini sudah sangat dikenal, karena merupakan obyek wisata yang sudah sejak lama ada.  Pantai Pelabuhan Ratu yang terletak kurang lebih 60 km arah selatan Kota Sukabumi, merupakan salah satu objek wisata kebanggaan Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Pantai yang sangat terkenal ini merupakan pantai teluk yang secara keseluruhan memiliki karakter yang unik, yaitu perpaduan antara pantai curam dan landai.

Karang-karang terjal dalam hempasan gelombang dahsyat di satu sisi, dan hutan-hutan cagar alam di sisi lainnya, merupakan karakter yang melekat pada pantai pelabuhan ratu. Keunikan itu menjadi kian menarik manakala keganasan ombak Laut Selatan itu dihubungkan dengan legenda Nyi Roro Kidul.

Buat peselancar yang suka ombak lumayan tinggi dengan power lumayan panjang, bisa nyoba Pantai di Lampung : Pantai Tanjung Setia

 

Curug Cikaso

Curug Cikaso
Tempat Wisata Menawan di Jawa Barat ini berada di kabupaten Sukabumi, namanya adalah air terjun Curug Cikaso. Air terjun dengan ketinggian hampir 80 meter ini memiliki 3 air terjun dan lebar tebingnya hampir 100 meter. Untuk menuju ke lokasi air terjun Curug Cikaso, selain bisa ditempuh dengan berjalan kaki yang menyusuri pematang sawah, juga bisa dicapai dengan naik perahu motor dengan melewati bantaran sungai.

 

Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

Tempat Wisata Menawan di Jawa Barat yang satu ini adalah sebuah gunung berapi, namanya Gunung Tangkuban Perahu.  Berkunjung ke Tangkuban Perahu, kita dapat melihat keindahan sepuluh kawah yang letaknya berdekatan. Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas, merupakan tiga kawah Gunung Tangkuban Perahu yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk menuju kawah-kawah itu, kita dapat berjalan kaki melewati jalan setapak dengan jarak tempuh antarkawah yang tidak begitu jauh. Kita juga dapat menyewa kuda tunggangan khusus untuk menuju lokasi Kawah Ratu.

 

GUNUNG PADANG

gunung padang tempat wisata sejarah di jawa barat
Situs Megalitik Gunung Padang. Photo: galihnusahakim

Di lintasan gunung berapi di kawasan Cianjur terdapat sebuah penemuan besar yang sukses mengubah sejarah peradaban masa lalu.Ketika reruntuhan candi ditemukan di bukit setinggi 100 meter ini, awalnya semua orang menganggap itu hal biasa. Namun 20 tahun lalu barulah diketahui bahwa candi tersebut bukan berdiri di atas bukit, melainkan di sebuah piramida buatan manusia yang terkubur oleh tanah.

Dari uji karbon, disimpulkan bahwa batu-batuan yang digunakan untuk membangun piramida ini diperkirakan telah berusia antara 9.000 hingga 20.000 tahun silam, atau 6.000 tahun sebelum Raja Tut membangun piramida-piramida di Mesir – dan menjadikannya sebagai piramida tertua di dunia.  Meski hingga saat ini bermacam penelitian sejarah masih berlangsung, namun Gunung Padang telah dibuka untuk umum. Untuk menuju puncaknya dibutuhkan waktu daki selama 20 menit melalui jalan setapak. Di teras pertama dan yang paling luas, pengunjung akan disambut oleh sebuah pohon besar.

 

TEGAL ALUN GUNUNG PAPANDAYAN


Tegal Alun Gunung Papandayan, Padang Edelweis terluas di Jawa Barat. Photo: Stenisia

Gunung Papandayan terletak di Desa Karamatwangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.  Gunung ini termasuk cocok bagi para pendaki pemula, karena untuk mencapai area perkemahan di Papandayan Anda hanya perlu trekking selama dua jam saja. Usai mendirikan tenda, pendaki dapat berjalan-jalan di Tegal Alun, sebuah padang bunga Edelweiss terluas di Jawa Barat sekaligus tempat terbaik untuk melihat matahari terbit.

 

DANAU HIJAU KAWAH GUNUNG GALUNGGUNG

Letusan hebat yang terjadi pada tahun 1982, nembuat sebuah kaldera terbentuk di puncak Gunung Galunggung.  Seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan terisi oleh air yang berasal dari tanah dan guyuran hujan sehingga terciptalah sebuah danau di dasar kawah gunung tersebut.  Danau Hijau Kawah gunung Galunggung berlokasi di Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya.

 

 

Demikian Sahabat eloratour artikel tentang TEMPAT WISATA MENAWAN DI JAWA BARAT  Semoga dapat membantu Anda merencanakan liburan yang tak terlupakan.

 

Trimakasih sudah mampir di Blog eloratour, jangan lupa Like & share ya  🙂

 

Kembali ke : Wisata Indonesia


 

 

Sumber :
travel. kompas.com; dimasadityo. wordpress. com; feel-indonesia. blogspot.c om; bandung-panduanwisata. com; e-pustaka.com; travelkompas. com; contentrajakamar. com; detik. com; jacqq. blogspot. com; bestplacevacation. com; sudutnusantara. com; sundanetwork. com; triphemat. com; budak-cecen. blogspot. com; energitoday. com; www. disparbud. jabarprov. go. id/wisata; http :// esensi.co. id/lifestyle/travelling; tugaskab. blogspot. com

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 28 Oktober 2013 in WISATA JAWA BARAT

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: