RSS

TELUK KILUAN YANG MENAWAN

23 Sep

Teluk Kiluan yang MenawanLumba-lumba di Teluk Kiluan yang menawan

 

TELUK KILUAN HABITAT LUMBA-LUMBA DI LAMPUNG

Teluk Kiluan merupakan habitat lumba-lumba yang ada di Provinsi Lampung.  Lampung memang beruntung punya tempat menawan bernama Teluk Kiluan.  Ada 2 jenis lumba-lumba yang hidup di perairan Teluk Kiluan, yakni lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang.  Menurut acara traveling salah satu TV Nasional Teluk Kiluan merupakan Habitat Lumba-lumba terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.  Tak heran jika Teluk Kiluan Lampung menjadi salah satu Tujuan Wisata terfavorit di Indonesia.

TELUK KILUAN HABITAT PENYU HIJAU DAN PENYU SISIK

Selain lumba-lumba, ada pula Satwa Langka lain yang dilindungi, yang terkadang ditemui di Perairan Teluk Kiluan, yakni : penyu hijau dan penyu sisik. eloratour sempat 2 kali menemukan penyu sisik di sana, pertama dalam keadaan mati terdampar di Pantai Pulau kelapa, kedua sedang berenang di perairan pantai Teluk Kiluan. 

Sayang pada pertemuan ke dua itu penyunya tak sempat difoto, sebab saat itu eloratour sedang melintas dengan perahu jukung, dan begitu mendengar suara mesin mendekat, penyu tersebut segera menyelam.

 

AKTIVITAS YANG DAPAT DINIKMATI DI TELUK KILUAN

Menikmati Panorama Pulau Kelapa yang Menawan

Pantai Pulau Kelapa Teluk KiluanHamparan Pasir Putih di Pantai Pulau Kelapa

Aktivitas Wisata Teluk Kiluan yang pertama adalah di Pantai Pulau Kelapa di Teluk Kiluan.  Pantai Pulau Kelapa Teluk Kiluan sangat bersih dengan hamparan pasir putih, terasa lembut saat disapu dengan kaki. Lautnya pun biru jernih, dengan gradasi kehijauan, dan dipadu dengan hijaunya pulau dan perbukitan.  Panorama Pantai Pulau Kelapa sangat instagramable deh.  Paduan antara Pantai yang indah, Laut yang Biru, dan bukit-bukit hijau berjajar, di bawah langit dengan arakan awan yang mempesona.

Kita juga bisa mencoba snorkeling di Pulau Kiluan — atau yang oleh masyarakat setempat disebut Pulau Kelapa.  Apalagi pemandangan bawah laut Kiluan punya keindahan tersendiri, cocok untuk Snorkeling. Banyak hewan laut cantik, seperti ikan berwarna-warni yang ada berenang-renang di lautan. Bintang lautnya juga berwarna-warni lho! Tapi iIngat, ombak-ombak di sini cukup kencang, jadi kita harus berhati-hati. Kalau nggak bisa berenang sebaiknya nggak usah snorkeling,  meskipun sudah dilengkapi life jacket.

 

Menikmati Tour Lumba-lumba Teluk Kiluan yang Menawan

Tour Lumba-lumba Teluk KiluanLumba-lumba Teluk Kiluan yang menawan

AKSES JALAN MENUJU KE TELUK KILUAN

Akses jalan menuju Teluk Kiluan
Pemandangan Cantik di perjalanan menuju ke Teluk Kiluan

Teluk kiluan berada di pesisir Lampung bagian selatan, tepatnya di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tenggamus, Dari Pelabuhan Bakaheuni, kita masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 2 jam menuju Bandar Lampung.  Dari Bandar Lampung ke Teluk Kiluan berjarak sekitar 90 km, namun dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam lagi untuk mencapai Teluk Kiluan. Penyebabnya apalagi kalau bukan karena akses menuju Teluk Kiluan masih banyak yang rusak meski cukup sering diperbaiki, mungkin persoalan klasik kualitas.

Satu jam awal dari Bandar Lampung menuju ke Teluk Kiluan, lalu lintas kendaraan masih ramai karena masih di sekitar kota. Tapi 2 jam sisanya inilah perjalanan yang lebih seru lagi. Perjalanannya mulai masuk ke pelosok-pelosok desa pedalaman Lampung. Naik turun bukit, belokan-belokan dan tikungan tajam. Jalanannya sudah bukan aspal lagi, tapi kerikil, tanah, banyak lubang dan lumpur. Jangan coba-coba membawa mobil jenis sedan ke Teluk Kiluan ya !

Kita akan melihat kolam-kolam ikan dengan banyak kincir airnya. Jalan berkelok, hamparan sawah, bukit-bukit yang hijau terbentang, sangat asri.  Di saat musim cengkih, di sepanjang jalan juga banyak biji-biji cengkeh yang dijemur.  Di depan rumah penduduk juga banyak dijemur biji kakao hasil kebun mereka.  Sapi-sapi dan kambing-kambing juga banyak kita temui di sepanjang jalan dekat perkampungan warga.

Meskipun perjalanannya sangat melelahkan, tapi begitu sampai Teluk Kiluan, rasa capeknya akan menguap Guys. Pemandangan Teluk Kiluan sungguh cantik !!

Demikian artikel tentang TELUK KILUAN YANG MENAWAN, semoga bermanfaat.

 

Trimakasih sudah mampir ke blog eloratour, jangan lupa bantu like & share ya Guys 🙂

 

Paket Wisata Teluk Kiluan klik : 2D1N Dolphin Tour at Kiluan Bay

 

Kembali ke : TEMPAT WISATA DI LAMPUNG

 

Source link :
travel.detik . com/read/2013/06/02/155000/2084792/1025/teluk-kiluan-sekali-datang-tak-mau-pulang
Source Photo :
warungkopi28 . wordpress.com/2013/03/25/teluk-kiluan/
boskoluther14 . blogspot.com/

Save

Save

Save

Save

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 23 September 2013 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , , , , , ,

2 responses to “TELUK KILUAN YANG MENAWAN

  1. Aldy

    25 Desember 2013 at 12.59

    Izin mengambil foto 1 dan 2-nya mas untuk dikutip di blog saya. Terima kasih dan sukses selalu 🙂

     
    • eloratour

      28 Desember 2013 at 09.53

      Silahkan Mas Aldy … tolong masukkan juga Link sumber aslinya ya, soalnya saya juga dapat copy dari kebaikan orang lain.

      Terimakasih.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: