RSS

PANTAI GUCI BATU KAPAL YANG MENAWAN

23 Sep

 

Pantai Guci Batu KapalPantai Guci Batu Kapal, salah satu Pantai di Lampung

 

Pantai Guci Batu Kapal terletak di Desa Maja, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.  Lampung Selatan memang dikenal sebagai Kabupaten seribu pantai, kesan itu akan muncul ketika Anda menyusuri pesisir selatan Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Anda akan menemukan lebih dari 10 pantai dengan kondisi yang masih alami, Salah satunya adalah Pantai Guci Batu Kapal.  Kondisi Pantai di Lampung Selatan pada umumnya memiliki seperti karang dan pasir berwarna putih, tersebar di berbagai titik dengan pemandangan Gunung Rajabasa di sisi sebaliknya.

 

PANTAI GUCI BATU KAPAL SALAH SATU PANTAI MENAWAN DI LAMPUNG SELATAN

Pantai Guci Batu Kapal Lampung Selatan

Tempat wisata Pantai Guci Batu Kapal memiliki pantai berpasir putih terhampar sejauh mata memandang.  Deburan ombak yang tenang membelah perlahan di antara batu karang besar di sisi kanan pantai.  Keunikan pantai yang berjarak sekira lima kilometer dari pusat kota Kailanda tersebut adalah di sana terdapat  pada batu-batu karang besar serta legenda yang menjadi latar belakangnya.

Keistimewaan pantai Batu Guci Kapal yaitu pantai ini memiliki dua spot bermain yang bisa dipilih. Spot pertama, seperti pantai-pantai lainnya, deburan ombak yang berkejaran. Sedangkan spot kedua yakni kolam renang alami yang berada di antara bebatuan karang dengan airnya yang jernih.  Batu-batu karang tersebut seakan menjadi ceruk yang memerangkap air laut dan membentuk kolam berair jernih yang menampakkan pemadangan indah dasar pantai yang penuh dengan karang.  Bila air surut, karang-karang itu seakan menjadi akuarium alami berisi ikan-ikan kecil yang terperangkap di dalamnya.

Untuk mencapai Pantai Guci Batu kapal ini tidaklah susah. Bila menyusuri pesisir Kalianda, ada plang berwarna cokelat di pintu masuk pantai. Namun, bila membawa kendaraan harap hati-hati karena jalan masuk masih tanah. Terlebih, jika sehabis diguyur hujan.

Pantai Guci Batu Kapal dan Legenda Si Pahit LidahPantai Guci Batu Kapal & Legenda Si Pahit Lidah

 

ASAL MULA NAMA PANTAI BATU GUCI KAPAL

Pengelola Pantai Batu Guci Kapal, SH Rachman (54), mengatakan, zaman dahulu, pantai tersebut adalah dermaga yang menghubungkan antara Sumatera dan Jawa.  ”Pantai ini sebenarnya adalah pelabuhan. Batu-batu karang yang berukuran panjang itu adalah dermaganya. Dan pesisir pantainya adalah sebuah desa tua,” jelas Rachman.  Asal mula Pantai Batu Guci, sambung Rachman, konon karena ditemukan sebuah guci peninggalan pedagang di atas karang yang paling besar. Tapi sekarang gucinya sudah tidak ada. Itu kata orang-orang zaman dahulu,” imbuhnya.

 

PANTAI BATU GUCI KAPAL DAN LEGENDA SI PAHIT LIDAH

Versi lain menyebutkan,nama Pantai Batu Guci Kapal, berasal dari kutukan Si Pahit Lidah terhadap kapal-kapal bangsa asing menjadi batu karang di tengah laut. ”Legendanya, batu-batu karang yang ada di tengah laut itu dulunya adalah kapal-kapal bangsa asing pada zaman Majapahit. Si Pahit Lidah tidak menyukai itu lalu mengutuk mereka menjadi batu,” katanya.

Si Pahit Lidah adalah tokoh legenda di Sumatera yang memiliki kesaktian mampu mengubah apa pun yang dikutuknya menjadi batu. Menurut cerita, dia bernama asli Serunting, seorang pemuda asal jazirah Arab yang berkelana ke Sumatera dan masuk melalui Aceh. Wilayah kelananya meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, dan Lampung..

Rachman menambahkan, pengunjung paling sering datang ke Pantai Batu Guci Kapal pada hari libur, seperti Sabtu, Minggu atau hari besar.Dia yakin, bila sarana yang ada diperbaiki lagi akan bertambah banyak orang yang datang. ”Yang penting, jalan masuk diperbaiki, diaspal, tidak jalan tanah seperti sekarang ini,” tukas Rachman.

 

Demikian Sahabat Elora, artikel mengenai PANTAI GUCI BATU KAPAL YANG MENAWAN.  Semoga bermanfaat ….

Trimakasih udah mampir, dan Jangan lupa like dan share ya guys

 

Kembali ke: Tempat Wisata di Lampung

 

Source Link :
news . okezone . com/read/2013/05/08/345/803880/pesona-pantai-batu-guci-dan-legenda-si-pahit-lidah
Source Photo :
news. okezone. com/read/2013/05/08/345/803880/pesona-pantai-batu-guci-dan-legenda-si-pahit-lidah

 

Save

Save

Save

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23 September 2013 in WISATA LAMPUNG

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: